Apa itu Sitelink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


Apa itu Sitelink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?  GOOGLE WEB MASTER TOOLS, SITELINK, SITELINK BLOG, PENGERTIAN SITELINK, TIPS MENDAPATKAN SITELINK UNTUK BLOG


Konten Gaptek - Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah artikel tentang pengertian sitelink pada suatu website/blog , dan cara untuk mendapatkan sitelink itu sendiri.

Apa sih Sitelink?
Sitelink artinya ialah peta situs.
Peta situs itu biasanya berisi artikel atau halaman yang ada pada suatu situs web/blog.
Kira-kira seperti inilah gambaran tentang sitelink.
(Lihat Gambar)


Setiap situs web/blog yang memiliki sitelink umumnya yang sudah berumur lama  ≥ 3 bulan. Sitelink ini sebuah keistimewaan tersendiri bagi suatu situs web/blog yang mendapatkannya, karena sitelink merupakan hadiah dari google untuk sebuah web/blog yang bereputasi baik di mata mesin pencari google.

Lalu bagaimana sih cara untuk mendapatkan sitelink pada web/blog ?
Secara pasti tidak ada cara khusus untuk mendapatkannya, akan tetapi ada trik yang memungkinkan agar web/blog anda bisa mendapatkan hadiah dari google berupa sitelink. Cara yang akan saya bagikan ini tidak bisa dibilang mudah namun juga tidak bisa dibilang sulit, sebab pasalnya sitelink ini ialah rahasia pihak google. Namun kita hanya bisa mengupayakan untuk mendapatkan sitelink itu sendiri.

Oke baiklah langsung saja disimak ulasan ini sampai akhir.

Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink

1. Sering Update Konten

Yaa, setiap situs web/blog yang sudah memiliki konten yang banyak pasti rata-rata sudah memiliki sitelink dari google. Hal ini disebabkan karena mereka selalu mengupdate artikel atau konten mereka secara terjadwal dan konsisten.

Walaupun ada sebagian yang jarang mengupdate kontennya secara teratur , akan tetapi situs web/blog mereka sudah mendapatkan sitelink. Namun anda jangan salah persepsi karena hal tersebut, boleh jadi situs itu memang jarang update konten akan tetapi isi kontennya sangatlah lengkap dan bermanfaat . Maka dari itu google memberikan sitelink pada situs tersebut. Namun hal tersebut jarang terjadi, oleh karenanya kalau anda mau mendapatkan sitelink cobalah untuk rutin dalam mengupdate konten di situs web/blog mu.

2. Optimalkan Konten

Kalau pada point no 1 sering update konten, maka pada point no 2 ini ialah mengoptimalkan konten. Bagaimana mengoptimalkan konten? Yakni dengan memperbaharui artikel atau konten anda yang kiranya sudah usang/kedaluwarsa dan ketinggalan zaman.

Contohnya Sebuah situs web/blog yang menyediakan niche tutorial , pemilik situs harus mengetahui cara-cara keluaran terbaru yang mungkin cara lama yang ada di situs web/blognya sudah kedaluwarsa dan jadul.

Mengoptimalkan konten juga dengan memperbaiki internal link di dalam artikel yang tidak bisa ditemukan (404 not found), karena hal tersebut membuat turun reputasi situs anda di mesin pencari google.

Dan jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan situs anda di google webmaster tools, seperti mengecek link yang rusak atau tidak ditemukan. Karena Hal tersebut bisa menghambat web/blog anda mendapatkan sitelink.

3. Lengkapi Navigasi Situs

Setiap sebuah situs web/blog yang telah mendapatkan sitelink umumnya tidak akan ditemukan navigasi yang belum diisi url link atau link yang tidak mengarah ke tempat yang sesuai. Sebab sang pemilik situs selalu memperhatikan kesehatan blog mereka, jangan sampai ada navigasi yang tidak bisa di klik.

Jadi Kalau anda menginginkan sitelink menghinggapi situs web/blog anda , cobalah periksa navigasi yang ada disitus mu. Pastikan semuanya sudah terisi dengan url link yang mengarah dengan sesuai ke tempat yang dituju.

4. Situs Sudah Berumur

Sitelink ini tidak akan didapatkan bagi situs web/blog yang baru berumur <3 bulan, Sebab situs tersebut pasti belum memiliki konten yang banyak dan pengoptimalan konten yang belum sempurna.

Coba anda lihat situs-situs terkenal yang telah mendapatkan sitelink , pasti sudah berumur lama dan sudah memiliki banyak visitor organik atau pengunjung yang murni asli dari pencarian google tiap harinya.
Jadi jikalau anda menginginkan situs web/blog anda mendapatkan sitelink , anda harus menunggu ≤3 bulan agar situs anda mendapatkan sitelink seutuhnya.

5. Pakai Template Seo Friendly

Template yang sudah seo friendly dapat lebih mudah mendapatkan sitelink dari google, hal ini karena template tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar google lebih mudah mengindex artikel terhadap situs yang memasang template seo friendly.

Banyak sekali template yang seo friendly , recommended dari saya coba pakai template evomagz buatan mas sugeng sebab template tersebut dapat diatur dan dipahami dengan mudah.

6. Memasang Meta Schema

Pada point terakhir ini ialah dengan memasang meta tag schema pada situs web/blog mu.
Apa sih itu meta schema ?
Meta schema ialah rangkaian kode yang akan membantu mesin pencari baik itu google, bing, yahoo, yandex, dll agar lebih mudah mengindeks situs web/blog dan meta schema juga berfungsi untuk menampilkan informasi data paling akurat  kepada pengguna dan pengunjung.
Meta schema ini bisa mengundang sitelink untuk merayapi sebuah situs.

Umumnya setiap template yang sudah seo friendly telah terpasang meta schema didalamnya. Namun kalau di template anda belum dipasang meta schema, anda harus memasangnya segera.
Lalu , bagaimana cara memasangnya ?

Pertama, backup terlebih dahulu template anda agar dapat dikembalikan jika terjadi yang error , lalu masuklah ke dashboard blogger dan kemudian masuk ke mode html.

Klik edit html kemudian letakkan script meta tag dibawah ini dan letakkan di bawah kode <body>

<div itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Blog' style='display: none;'><b:if cond='data:blog.pageType !=&quot;index&quot;'> <meta expr:content='data:blog.pageName' itemprop='name'/> <meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' itemprop='url'/> <b:else/> <meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/> <meta expr:content='data:blog.homepageUrl' itemprop='url'/> </b:if> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/> <b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'> <meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' itemprop='image'/> <b:else/> <meta content='//blog-logo-url-square-size-is-good' itemprop='image'/> </b:if></div>

Silahkan ganti kode yang berwarna hijau dengan url situs web/blog mu.

Itulah ke-6 (enam) point untuk memungkinkan dan membuka peluang agar situs web/blog anda bisa mendapatkan sitelink dari google, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat blogger semua.

Saya minta tolong dari sahabat blogger semua dengan memberikan kritik dan saran yang positif tentang tulisan ini yaa.
Dengan senang hati saya akan menerima sebuah kritikan dari anda semua untuk menjadikan tulisan ini lebih baik lagi.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda, untuk mengunjungi pada artikel saya kali ini.
Tetap pantau terus Situs Konten Gaptek dengan cara mencamtumkan email kalian pada kolom subcribe yang telah tersedia.

Karena masih banyak tutor dan tips yang akan saya bagikan di situs Konten Gaptek secara gratis.

Jika ada hal yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan , silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia , dengan senang hati saya akan menjawab pertanyaan anda. Terima kasih!!


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Apa itu Sitelink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

4 Responses to "Apa itu Sitelink dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?"

  1. mampir kesini bener-bener nambah ilmu untuk Ane, terus semangat menulis bro, ane yakin makin kedepan pasti makin maju blog ini. aamiin

    salam blogger dan salam HOKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas,, semoga apa yang saya share dapat bermanfaat..
      tetap berkunjung ke situs konten gaptek yaa..

      Delete
  2. sy masih kesulitan dalam hal update konten berkualitas soalnya ini menyankut kesibukan kesibukan yang lain.

    gimana solusinya agar tetap update konten pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari saya, cobalah melihat tujuan awal dari kita ngeblog..

      Kalau ngeblog untuk branding dan bisnis diusahakan selalu update artikel, minimal 1 hari 1 post..
      Tapi kalau ngeblog, hanya untuk sekedar melatih kemampuan menulis dan tidak ada tujuan untuk komersil.. Tidak apa" jika tidak rutin update konten..

      Terus yang paling penting sih, bisa mengatur waktu..
      Karna pasti setiap orang memiliki kesibukan masing-masing.


      Kemudian kalo untuk menulis konten yang berkualitas, cobalah sering-sering membaca artikel orang lain. Karna akan semakin banyak kita membaca akan semakin menambah pemahaman akan kalimat yang efektif, dan konten yang berkualitas.

      Kalo kriteria artikel yg berkualitas itu bisa diliat dari pemahaman visitor terhadap artikel tersebut. Biasanya artikel yang berkualitas tak akan hanya dibaca sekali oleh sih pembaca, bahkan kadang pembaca menyimpan halaman artikel tersebut untuk dibaca dilain waktu..

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih