Tips Mengetahui Web yang Berpotensi Phising

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Tips Mengetahui Web yang Berpotensi Phising


Konten Gaptek - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan untuk mengetahui ciri sebuah situs web/blog yang berpotensi phising agar  akun dan identitas anda dapat terselamatkan dari intaian para hacker.

Web / blog Phising pasti sudah tidak asing lagi bukan di dunia internet, phising sendiri merupakan kata serapan yang di ambil dari bahasa inggris "Fishing" yang artinya memancing.
Maksudnya ialah sebuah usaha untuk memancing dan mengelabui para pengunjung agar mereka memasukkan data identitas penting dari sebuah akun di form palsu yang telah disediakan disitus web/blog phising tersebut.

Yang mana nantinya data identitas akun tersebut akan terscann dan tersimpan di server situs phising tersebut, dan akan dibaca oleh sih pemilik situs web/blog phising. Lalu ia akan merubah dan menghack data penting dari identitas akun yang telah dimasukkan oleh pemilik akun sehingga mereka akan kehilangan akses login / data penting akun nya.

Nah untuk mengatasi dan mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut, anda harus selalu waspada dan cermat dalam mengunjungi sebuah situs web/blog yang kiranya situs tersebut mengarah kepada kegiatan phising.

Berikut sedikit tips dari saya agar anda dapat mengetahui situs web/blog yang terindikasi kegiatan phising, hal ini supaya kita semua bisa terhindar dari aktivitas penghackan akun atau pencurian identitas, silahkan disimak sampai akhir artikel ini!

1. Domain dan Url Address

Situs web/blog phising kebanyakan dibuat menggunakan domain gratis atau menggunakan subdomain, karena hal tersebut lebih hemat biaya.
Misalnya domain gratis dari freenom , yang biasanya berekstensi .cf .tk .gq dll.

Lalu perhatikan juga url address nya, biasanya situs web/blog phising meniru, menyamarkan, dan membuat mirip url nya seperti situs resmi.

Contoh : url situs resmi facebook ialah facebook.com , url web phising facebo0k.com

Secara sekilas memang kita lihat seperti situs resminya bukan?
Yaa , karena memang tujuan hal tersebut dibuat dengan semirip mungkin agar banyak orang yang terkecoh.

2. Pesan Menggiurkan

Di setiap situs web/blog phising pasti didalam nya selalu ada sebuah artikel atau pesan apapun itu yang sangat menggiurkan sang pembaca.

Contoh : dapatkan hadiah menarik ini secara gratis untuk anda segera , hanya cukup ikuti tautan ini.

Nah, kalau anda menemukan iming-iming hadiah dan sejenisnya pada sebuah situs web/blog, maka sudah dipastikan situs tersebut merupakan situs web/blog phising.

3. Situs Tidak Terenskripsi Ssl

Apa maksudnya ssl?
Ssl merupakan kependekan dari (Secure Socket Layer) yaitu sebuah standar teknologi yang digunakan untuk membangun koneksi terenskripsi antara webserver (website) dengan client (Browser) atau antara mail server dengan mail client.
Situs yang sudah terenskripsi ssl, urlnya diawali dengan Https dengan logo gembok berwarna hijau. Sedangkan situs yang belum memasang ssl diawali dengan http dan tidak ada logo gembok warna hijau di samping sebelah kiri url address bar.

Kebanyakan Sebuah situs web/blog phising tidak memakai ssl pada situsnya. Karena untuk memakai ssl pada situs itu perlu mengeluarkan modal , sedangkan para peretas ini banyak yang tidak bermodal walaupun sebahagian dari mereka terdapat yang rela mengeluarkan modal membeli ssl demi mendapatkan data identitas dari yang dijadikan target pencurian.

4. Terdapat Fake Form/Formulir Palsu

Pemilik situs web/blog phising pasti sudah menyiapkan fake form pada situsnya yang digunakan untuk memasukkan identitas dan data akun yang nantinya akan diambil serta dihack oleh sih peretas tersebut.

5. Internal link Not Found

Jika anda menemukan sebuah situs yang didalamnya banyak internal link yang ketika di klik tidak menuju ke halaman yang dituju, melainkan malah menuju halaman yang tidak jelas, maka anda harus waspada karena boleh jadi itu merupakan jebakan dari situs phising.

Karena biasanya para pembuat Situs web/blog phising tidak terlalu memikirkan link internal yang ada di dalam situs mereka, tetapi fokus mereka adalah pada tampilan yang dibuat semenarik mungkin agar banyak yang terpedaya dan masuk dalam perangkap phising.

6. Login Failed

Pernahkah anda Jika sedang ingin login ke sebuah akun anda, Baik itu akun sosmed, game, onlineshop, dll. Lalu anda sering mengalami gagal untuk login??

Jika iyaa , anda perlu waspada karena bisa jadi situs tersebut merupakan ulah tangan-tangan nakal dari pelaku pembuat situs phising.
apabila anda sudah terlanjur login, langkah yang harus segera anda lakukan ialah mengunjungi situs resmi dan langsung mengubah pasword anda sebelum akun anda menjadi korban penghackan.

Itulah beberapa tips untuk mengetahui sebuah situs web/blog yang kemungkinan besar berpotensi phising.
Apabila anda menemukan ke-6 (enam) ciri-ciri point diatas. maka waspadalah , dan segeralah anda close dan jangan pernah lagi untuk mengunjungi situs web/blog tersebut.

Mari sama-sama kita menjadi pengguna internet yang cerdas dan dapat memilah memilih serta membedakan antara situs resmi dengan situs phising.
dan apabila anda menemukan sebuah situs web/blog phising segeralah laporkan ke google supaya situs tersebut lenyap dari mesin pencari.

Anda dapat melaporkan situs web/blog phising tersebut melalui tautan url di bawah ini :
http://trustpositif.kominfo.go.id
Untuk menggunakannya, tinggal anda ikuti langkah-langkah melalui petunjuk yang sudah tersedia di situs tersebut.

Atau kalau anda tidak mengerti menggunakan situs diatas, anda dapat menggunakan layanan email dengan mengirim laporan ke email aduankonten@mail.kominfo.go.id
Jangan lupa lengkapi dengan bukti screenshoot atau video agar proses penghapusan situs semakin cepat.

Oke mungkin itu saja pembahasan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat blogger semua.

Saya minta tolong dari sahabat blogger semua dengan memberikan kritik dan saran yang positif tentang tulisan ini yaa.
Dengan senang hati saya akan menerima sebuah kritikan dari anda semua untuk menjadikan tulisan ini lebih baik lagi.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda, untuk mengunjungi pada artikel saya kali ini.
Tetap pantau terus Situs Konten Gaptek dengan cara mencamtumkan email kalian pada kolom subcribe yang telah tersedia.

Karena masih banyak tutor dan tips yang akan saya bagikan di situs Konten Gaptek secara gratis.

Jika ada hal yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan , silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia , dengan senang hati saya akan menjawab pertanyaan anda. Terima kasih!!


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Tips Mengetahui Web yang Berpotensi Phising

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

0 Response to "Tips Mengetahui Web yang Berpotensi Phising"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih