Kenali Virus di Komputer Beserta Cara Mengatasinya


Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Pada Ulasan kali ini saya akan menguraikan seputar virus - virus pada komputer dan cara mengatasi virus-virus tersebut.
Namun Sebelum itu, kita ketahui dulu apa itu defenisi virus?

nama nama virus pada komputer, virus komputer s, virus komputer 4 huruf, macam virus komputer, virus komputer tts, jenis virus komputer s, jenis virus komputer awalan s 4 huruf, virus komputer paling berbahaya 2017, arti anti virus, contoh virus komputer, cara kerja virus komputer, pengertian worm, mengapa orang menciptakan virus komputer, sejarah virus komputer, cara mengatasi virus komputer, nama nama virus pada komputer, Virus komputer ini sangat berbahaya karena ia dapat menggandakan dirinya tanpa sepengetahuan dari penggunanya, oleh karenanya banyak yang tidak merasakan bahwa komputer mereka sudah terindeksi oleh virus-virus jahat yang akan membuat kerusakan.


Apa Itu Virus?

Virus komputer merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain, serta dapat menimbulkan kerusakan data system pada komputer yang dapat mengganggu bagi para penggunanya ataupun tidak menimbulkan dampak sama sekali. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis karena virus tersebut menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke dalam sel makhluk hidup.

Virus komputer ini sangat berbahaya karena ia dapat menggandakan dirinya tanpa sepengetahuan dari penggunanya, oleh karenanya banyak yang tidak merasakan bahwa komputer mereka sudah terindeksi oleh virus-virus jahat yang akan membuat kerusakan.

Akan tetapi virus-virus yang terdapat pada komputer hanya dapat membuat kerusakan pada software/perangkat lunak, dan tidak dapat membuat kerusakan pada hardware/perangkat keras. Meskipun terdapat virus ganas yang dapat merusak hardware/perangkat keras, namun virus tersebut jarang ditemukan.
Walaupun virus pada komputer hanya merusak software , anda harus tetap mengantisipasi dan menyangkal agar virus tidak menyelundup masuk kedalam komputer.

Virus pada komputer jika dibiarkan dan tak segera di atasi , maka ia akan semakin memperbanyak dirinya dan terus-menerus menyalin dirinya pada dokumen yang ada di komputer. Sehingga menimbulkan efek yang paling mencolok ialah kapasitas penyimpanan seperti (Ram & Harddisk) yang dikonsumsi pada komputer akan mudah habis dan berkurang walaupun anda hanya menginstall sedikit software pada komputer.

Maka dari itu bertindak segeralah membasmi virus jahat tersebut , demi menyelamatkan data-data penting yang ada pada komputer anda.
Sebelum masuk ke cara mengatasi virus-virus tersebut, alangkah baiknya kenali terlebih dahulu berbagai macam virus yang ada pada komputer.

Virus-Virus Pada Komputer

Virus di komputer ini banyak sekali jenisnya dan tingkat keganasannya dan cara kerja masing-masing viruspun sangat berbeda-beda.
Berikut macam-macam virus pada komputer :
1. Worm sebuah virus yang dapat Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Virus Ini dapat membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh karena banyaknya worm tersebut.

2. Spyware yaitu virus pada komputer yang dapat memantau pada komputer yang terinfeksi, virus spyware ini tidak terlalu berbahaya.

3. Trojan yaitu sebuah virus komputer yang dapat mengambil data-data pada komputer dan setelah itu ia akan mentransfer data yang telah dicuri tersebut kepada pembuat virus trojan itu sendiri.

4. Backdoor yaitu sebuah virus komputer yang jenisnya mirip dengan virus trojan. Hanya saja virus backdoor ini tidak begitu berbahaya karena ia hanya menyerupai pada file-file yang dianggap baik saja. Seperti game pada komputer.

5. Rogue yaitu sebuah  virus komputer yang dapat meniru seperti layaknya program anti virus pada umumnya,lalu virus rogue ini akan memberikan alih-alih peringatan palsu tentang adanya virus yang terinfeksi pada komputer. Yang bertujuan untuk mengelabui pengguna komputer agar pengguna membeli dan mengaktivasi program anti virus palsu , sehingga hal ini akan mendatangkan keuntungan dan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Virus rogue ini berbahaya karena ia  juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

6. Rootkit yaitu sebuah Virus komputer yang tidak terlalu berbahaya , karena ia hanya bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.

7. Metamorphic virus yaitu sebuah virus komputer yang dapat mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

8. Polymorphic virus yaitu sebuah virus komputer yang sangat pintar dalam menyembunyikan identitas dirinya, pasalnya virus ini dapat mengubah dirinya agar  tidak dapat terdeteksi.

Itulah berbagai macam virus yang ada pada komputer , virus-virus komputer tersebut 95% berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2IBM, dan Sun Operating System.

Cara Mengatasi Virus Pada Komputer

Setelah mengetahui definisi virus beserta macam-macam virus , selanjutnya ialah ketahui bagaimana cara untuk mengatasi virus-virus jahat tersebut.
Berikut cara mengatasi dan mencegah virus pada komputer :

1. Pasang Software AntiVirus - Untuk mengatasi dan mencegah  virus jahat tersebut anda dapat menginstall sebuah software aplikasi antivirus pada komputer anda. Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus pada komputer.
Software/perangkat lunak anti virus yang sangat populer dan direkomendasikan ialah Smadav dan Microsoft Security , kedua aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan serta tampilannya yang mudah untuk dimengerti .
Untuk mendapatkan aplikasi ini anda hanya perlu mendownload software tersebut lalu install pada komputer anda.

2. Jangan Sembarangan Memasukkan Flashdisk - Sering kali seseorang mencolok cabut flashdisk ke dalam komputer , hal tersebut sangat rentan terhadap masuknya virus dengan  menyisipkan dirinya pada dokumen.

3. Jangan Menginstall Sembarang Software Hasil Download - Software yang berada di situs-situs download google umumnya bajakan dan terdapat malware yang berbahaya, oleh karenanya jika ingin mendownload software cobalah melalui website resmi nya untuk mencegah virus masuk ke komputer.

4. Mengaktifkan FireWall Pada Komputer - FireWall pada komputer sangatlah penting untuk mencegah masuknya virus kedalam komputer, maka dari itu segera aktifkan FireWall tersebut pada komputer sehingga meminimalisir virus-virus jahat yang akan menyelundup masuk.

5. Update Software AntiVirus Secara Berkala - Sering kali ketika sedang membuka dan menjalankan antivirus tiba-tiba muncul notif untuk memperbarui antivirus, jika anda mendapatkan notif tersebut segeralah untuk mengupdate antivirus. Karena akan muncul virus-virus baru yang tidak bisa terdeteksi dengan fitur software antivirus versi lawas, namun dengan memperbaharui software antivirus maka virus baru tetap akan terscann dan terdeteksi oleh software tersebut.

Nah jika 5 point diatas telah dilakukan dengan benar, kemungkinan virus untuk masuk ke komputer anda sangatlah tipis. Sehingga komputer anda akam tetap bersih dan higenis daripada virus-virus jahat yang ada.

Mungkin itu saja ulasan yang bisa saya share , mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua.

Saya mohon minta tolong dari sahabat blogger semua dengan memberikan kritik dan saran yang positif tentang tulisan ini yaa.
Dengan senang hati saya akan menerima sebuah kritikan dari anda semua untuk menjadikan tulisan ini lebih baik lagi.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda, untuk mengunjungi pada artikel saya kali ini.
Tetap pantau terus Situs Konten Gaptek dengan cara mencamtumkan email kalian pada kolom subcribe yang telah tersedia.

Karena masih banyak tutor dan tips yang akan saya bagikan di situs Konten Gaptek secara gratis.

Jika ada hal yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan , silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia , dengan senang hati saya akan menjawab pertanyaan anda. Terima kasih!!


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Kenali Virus di Komputer Beserta Cara Mengatasinya

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

10 Responses to "Kenali Virus di Komputer Beserta Cara Mengatasinya"

  1. Replies
    1. iya sama sama.
      terus berkunjung ke blog saya yaa

      Delete
  2. Kalo ramsomware masuknya apa tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ramsomware itu malware.
      dia bisa mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui penggunanya.

      Delete
  3. Selain smadav apa aja antivirus yg bagus ?

    ReplyDelete
  4. Wah saya suka nih saya juga suka bereksperimen membuat virus 3 Laptop saya sebagai tempat eksperimen saya rusak semua wkwkwk. Thanks yah info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama..
      tetap berkunjung ke situs konten gaptek yaa..

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih