Teknologi Jaringan Internet 5G akan Menjadi Penerus 4G

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

teknologi jarinagn 5G, iNTERNET 5G,jaringan 5g di indonesia ,jaringan 5g di dunia kecepatan 5g, teknologi 5g samsung, jaringan 5g telkomsel, 5g lte indonesia, kapan 5g masuk indonesia, makalah jaringan 5g,teknologi 5g, jaringan 5g di dunia, penemu teknologi 5g, teknologi 5g samsung, negara yang menggunakan 5g, jaringan 5g telkomsel, kecepatan jaringan 5g,


Pada ulasan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi berupa akan rilisnya sebuah teknologi jaringan internet baru yaitu 5G.

Tidak diragukan lagi bahwa pada zaman era digital sekarang ini setiap orang rata-rata menggunakan layanan internet, baik itu dari kalangan anak-anak bahkan sampai pada kalangan orang tua  juga mereka telah menggunakan sebuah layanan internet.

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang lumrah lagi , segala bentuk aktivitas kita pasti banyak yang mengetahuinya dari internet.
Contohnya : anak sekolah yang mencari informasi pelajaran melalui internet, pengusaha menjalankan bisnis melalui internet, ibu rumah tangga mencari resep masakan melalui internet, dll. Apapun bisa kita cari informasi melalui yang namanya internet ini.

Semakin banyaknya pengguna internet di belahan penjuru dunia, maka semakin banyak pula teknologi-teknologi canggih yang akan dikeluarkan nantinya.
Yang mana dulu jaringan internet awalnya hanya sampai berkecepatan GSM/2G , kemudian naik menjadi H/3G, lalu naik lagi menjadi LTE/4G.
Dan kemudian terdengar kabar akan muncul jaringan baru yakni jaringan 5G.

Untuk saat ini sinyal jaringan 4G masih menjadi Top level dalam kecepatannya.
Namun posisi tersebut akan tergantikan dengan sebuah teknologi jaringan baru yaitu jaringan 5G, jaringan 5G ini pasti akan membuat tertarik seseorang karena kecepatan jaringan 5G diprediksi mempunyai kecepatan jaringan  100 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya yakni 4G LTE. Selain itu juga, jaringan 5G ini juga diprediksi memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat ketimbang Google Fiber yang biasa ditawarkan pada jaringan di rumah.

Layanan jaringan internet 5G ini akan terbesut pada perangkat modern seperti smartphone. Spesifikasi yang ditawarkan jaringan 5G yaitu dukungan spektrum frekuensi rendah (600MHz, 700MHz), menengah (3,5GHz),  dan frekuensi tinggi (50GHz).

Dengan standar baru yang telah ditetapkan 3GPP untuk mensupport dan membantu para pembuat chip agar segera mulai merancang komponen berbasis silicon terbaru, yang mana komponen silicon tersebut nantinya akan bekerja dengan jaringan 5G sehingga hal tersebut akan menambah kecepatan dalam mengakses, sehingga hal tersebut pasti akan membuat nyaman bagi para pengguna layanan 5G ini.

Teknologi jaringan 5G dijanjikan akan bereaksi dengan cepat dan akan memberikan banyak ruang pada perangkat untuk terhubung. Dan bukan hanya itu , teknologi jaringan  5G ini juga tidak akan menguras baterai secara berlebihan.

Kapan Indonesia Dapat Merasakan Jaringan 5G?

Bukan hanya di indonesia, masyarakat di seluruh dunia saat ini hanya bisa menunggu dan bertanya-tanya, kapan jaringan internet 5G akan dirilis ? Apalagi di media massa telah banyak terlihat perkembangan berita seputar teknologi jaringan 5G tersebut. Qualcomm merupakan salah satu dari yang melakukan penelitian dan pengembangan teknologi jaringan 5G tersebut. Qualcomn memprediksi kalau jaringan 5G tersebut baru akan tersedia secara global secepat-cepatnya pada 2019 mendatang. Walaupun pada Sebelumnya, banyak pihak yang memprediksi jaringan  5G akan dirilis pada 2020.

Berikut tutur ucapan dari salah seorang yang bernama durga malladi selaku Senior Vice President Engineering Qualcomm Technologies pada pertemuan acara Mobile World Congress Shanghai (MWCS) di China.

"Teknologi Jaringan 5G diperkirakan bakal tersedia secara komersial pada 2019 mendatang, sudah ada perbincangan dengan mobile operator, cakupannya global" 

Itu artinya jaringan 5G masih belum bisa dirasakan pada tahun ini, dan juga Jikalau kita melihat keadaan jaringan di Indonesia pada saat ini, kemungkinan 5G belum akan rilis di Tanah Air indonesia pada tahun 2019 mendatang. Hal tersebut dikarenakan masih Banyaknya yang harus dipersiapkan oleh para operator, apalagi masih banyak daerah di indonesia yang masih belum dapat menikmati jaringan 4G sampai saat ini.

Kita hanya bisa menunggu dan berharap semoga teknologi jaringan 5G akan cepat dirilis secara global. Sehingga semua masyarakat dapat merasakan daripada kecepatan internet teknologi jaringan 5G tersebut.

Mungkin itu saja cara yang bisa saya share , mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua.

Oh iyaa, tolong berikan kritik dan saran yang positif tentang tulisan ini yaa.
Dengan senang hati saya akan menerima sebuah kritikan dari anda semua untuk menjadikan tulisan ini lebih baik lagi.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda, untuk mengunjungi pada artikel saya kali ini.
Tetap pantau terus Situs Konten Gaptek dengan cara mencamtumkan email kalian pada kolom subcribe yang telah tersedia.

Karena masih banyak tutor dan tips yang akan saya bagikan di situs Konten Gaptek secara gratis.

Jika ada hal yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan , silahkan bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia , dengan senang hati saya akan menjawab pertanyaan anda. Terima kasih!!


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


» Thanks for reading: Teknologi Jaringan Internet 5G akan Menjadi Penerus 4G

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

12 Responses to "Teknologi Jaringan Internet 5G akan Menjadi Penerus 4G"

  1. Boro2 5G, 4G aja lum dapet di pedaleman Banten :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul..
      masih banyak daerah yang belum bisa menikmati jaringan 4G

      Delete
  2. wihh.. 5G. pasti akan lebih jos ya dari 4G.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, kecepatan 5G pasti lebih jozz dari generasi sebelumnya

      Delete
  3. Jadi ga sabar untuk menunggu jaringan 5G dirilis, keren banget nih pastinya.

    Nice artikel (y)

    ReplyDelete
  4. Gokil dsh bro udh pengen muncul aja jaringan yNg 5g thank infonya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ,terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya

      Delete
  5. Jadi gasabar nunggu 5G
    Thnx infonya minnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama..
      terus berkunjung ke situs konten gaptek yaa.

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih