Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, dan Penyebab Situs Menjadi Lambat

Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, dan Penyebab Situs Menjadi Lambat

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, dan Penyebab Situs Menjadi Lambat

Konten Gaptek – Kecepatan situs menjadi sebuah kekuatan utama yang harus dimiliki oleh pemilik blog / website, dengan loading yang tidak memakan waktu banyak sehingga para pengunjung pun betah untuk berlama-lama dalam menunjungi sebuah situs. Situs yang memiliki loading yang lama untuk memuat seluruh halaman, sangat tidak disukai oleh manusia (Human Friendly) dan juga tidak disukai oleh Search Engine Google (SEO Friendly).

Oleh karenanya pemilik situs blog / website harus memperhatikan kondisi keadaan situs miliknya, jangan sampai kamu kehilangan visitior organic mu hanya dikarenakan loading situsmu yang begitu lemot. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perlu bagi Kamu sang pemilik situs mencari tahu apa saja penyebab dari situs menjadi lemot dan memiliki loading yang lama. nah, setelah Kamu mengetahui penyebab semuanya, kemudian langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki kecepatan situsmu itu secepatnya.

Oke memang nya apa aja sih penyebab situs menjadi lemot? Setidakya ada beberapa faktor disini yang dapat saya jelaskan, mari disimak.

Penyebab Loading Speed Situs Lemot / Lambat


Pasti Kamu penasaran kan kok bisa ya situs milikmu memiliki kecepatan loading yang buruk. Jangan bingung jangan linglung, setiap masalah pasti ada penyebabnya. Tidak mungkin kan situs secara tiba-tiba mengalami penurunan kecepatan loading, pasti ada faktor penyebab yang menjadi biang dari kelolaan loading blog hehe..

Apa aja sih itu penyebabnya?

1. Template Tidak SEO Friendly


Salah satu dari yang termasuk template / theme bisa dikatakan tidak SEO friendly adalah karena memiliki loading speed yang lemot. Cara mengetahui template tersebut tidak SEO friendly, bisa dilihat dengan Kamu menerapkan template tersebut ke sebuah situs blog / web. Jika yang terjadi setelah menggunakan template tersebut, situs menjadi loading nya lama maka sudah dipastikan template tersebut tidak SEO friendly, maka dari itu segeralah Kamu menggantinya dengan template yang baru.

Mencari template yang memiliki loading speed yang baik tidak terlalu sulit, banyak sekali template yang bertebaran di Google baik itu yang free (gratis) maupun yang premium (berbayar). Sebelum menggunakannya kamu harus melihat terlebih dahulu fitur yang dimiliki dari template yang akan Kamu gunakan, biasanya di tempat kamu mendownload template akan disebutkan beberapa fitur dan keunggulan dari template terkait. Jika dirasa memiliki speed loading yang bagus , tanpa banyak berfikir lagi langsung saja gunakan template itu.

2. Terlalu Banyak Widget


Widget juga berpengaruh besar dalam kecepatan loading situs, pada umumnya yang saya tau, situs yang memasang widget kebanyakan atau berlebihan akan memiliki kecepatan blog yang rendah. Hal ini harusnya sudah diketahui oleh sang pemilik situs, karena dia pasti mencoba membuka situsnya sendiri akan terasa lama. Nah, agar tidak terjadi penurunan kecepatan loading blog maka sebaiknya kamu copot deh widget yang tidak terlalu penting.

Semakin banyak widget memang benar sih bisa membuat situs terlihat keren, tapi apa kah dirasa keren jika widget yang Kamu pasang adalah widget yang keberadaannya tidak terlalu penting seperti halnya widget jam, animasi bergerak, cctv, dan lain sebagainya. Terlebih lagi widget-widget tersebut dapat menyebabkan kecepatan loading situsmu menurun, kan repot demi mempercantik tampilan situs sampai mengorbankan kecepatan situs.

3. Terlalu Banyak Script Tidak Berguna


Script salah satu komponen yang menjadi bagian dari isi template, semakin banyak script dapat membuat loading kecepatan blog menurun. Hal ini disebabkan karena situs akan memuat seluruh script yang ada didalam template , apalagi jika didalam template nya terdapat script dari pihak ketiga, itu akan memuat loading yang lebih lama lagi.

Kamu juga bisa mengecek beberapa script yang tidak berguna, setelah ketemu langsung segeralah menghapusnya supaya kecepatan loading situs bisa bertambah.

Dulu ketika saya pertama kali membuat blog pun demikian, banyak sekali script yang padahal jelas tidak berguna tapi main asal saya masukkan saja ke dalam template. Al hasil pun loading situs menjadi super lambat, dan yang parahnya visitor kabur entah kemana.

Tapi mulai sekarang saya lebih berhati-hati dalam menaruh script agar tidak terjadi hal yang serupa pada situs saya.

4. Terlalu Banyak Link Keluar


Kenapa Outbound Link? Karena outbound link itu didalamnya terdapat backlink yang mengarah ke sebuah situs lain. Setiap ada backlink yang mengarah ke situs lain, maka situs pun akan memuat halaman lebih lama. berbeda dengan halnya internal link karena ia backlink yang mengarah ke situs sendiri.

Saya sering melihat situs yang didalamnya terdapat poster atau logo berisi backlink yang mengarah ke sebuah situs lain, saat logo atau poster tersebut muncul di halaman tertentu pasti akan membuat loading kecepatan jadi lambat, tapi setelah di halaman yang logo atau poster tersebut tidak muncul kecepatan situsnya pun jadi agak cepat lagi. Boleh saja kamu menggunakan poster atau logo yang mengandung backlink, tapi sedikit solusi agar tidak membuat speed loading blog menurun mungkin Kamu bisa menggunakan Tag Conditional agar hanya muncul di halaman tertentu saja.

5. Ukuran Gambar Terlalu Besar


Resolusi atau size ukuran gambar juga mempunyai efek dalam kecepatan loading situs, size gambar yang ideal untuk sebuah situs setidaknya jangan sampai melebihi 1 MB (Mega Byte) jika Kamu ingin situsmu tetap memiliki kecepatan loading yang baik. Apabila gambar yang akan kamu upload itu memiliki size yang terlalu besar, Kamu bisa mengcompressnya terlebih dahulu.


Menurut saya yang terpenting adalah bukan ukuran / size gambar, tetapi resolusi dan pixel gambar tersebut. Apakah hasil gambarnya pecah atau tidak, blur atau tidak, karena banyak juga gambar yang memiliki resolusi dan pixel yang besar tapi sizenya tetap kecil. 

6. Trafik Bludak


Memiliki banyak trafik situs memang menjadi impian para pemilik situs, namun kebanyakan trafik juga ada dampak buruknya. Loh kok bisa emg apa dampak negatifnya? Jadi begini, jika sebuah situs mengalami pengunjung yang bludak dan membuka situs tersebut secara bersamaan maka server akan menjadi overload dan kinerja kecepatan situs pun akan semakin menurun.

Saya pernah mengalami kasus serupa ini ketika mengunjungi sebuah situs pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, disaat yang sama banyak sekali pengunjung yang membuka situs tersebut dan hasilnya situs jadi tak bisa dibuka karena saking banyaknya trafik.

Pengunjung banyak tak ada masalahnya jika Kamu menggunakan hosting yang benar-benar bagus, atau jika hosting masih kurang kamu bisa menggunakan VPS hosting.

Bagaimana Mempercepat Loading Situs


Setiap masalah pasti ada jalan keluar dan solusinya, begitupun dengan situs yang lambat juga bisa diatasi dengan berbagai cara, diantaranya :

1. Memperkecil CSS dan Menghapus Javascript


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa jika situs memiliki javascript dan css yang bermacam-macam jenisnya dan banyak, maka hal ini akan mampu memicu situs menjadi lambat loadingnya. Untuk itu Kamu perlu memperkecil css atau javascript tersebut dengan cara mengcompressnya. Kamu bisa cari beberapa situs yang bisa kamu manfaatkan guna memperkecil css salah satunya adalah cssdrive.com, untuk situs lainnya masih banyak sekali tinggal Kamu cari di Google.

2. Beralih ke VPS Hosting


Ini diperuntukkan bagi Kamu yang menggunakan platform Wordpress (WP), sebab hanya WP menggunakan hosting sedangkan platform blogspot tidak menggunakan hosting. Buat kamu kalau menggunakan wp mungkin bisa memilih penyedia hosting yang berkaulitas dan memiliki pelayanan yang baik, hal ini untuk meminimalisir terjadinya down dan situs mengalami penurunan speed.


Jika ingin yang lebih ampuh lagi, jalan keluarnya adalah dengan menggunakan VPS hosting sebab VPS terbukti lebih kuat ketimbang dengan hosting biasanya, namun harga VPS memiliki yang lumayan mahal.

3. Kurangi Widget


Widget adalah pernak-pernik dan hiasan dari sebuah situs, untuk mempecantik desain theme yang digunakan biasanya bisa dengan memperbanyak widget. Tapi perlu diingat widget tidak hanya dapat mempercantik saja, tapi disisi lain terdapat ssi negatifnya yaitu dapat merusak kecepatan situs.


Jangan Kamu gunakan widget yang berlebihan, cukup gunakanlah widget yang memang dirasa itu penting dan bermanfaat seperti halnya popular post, recent post, label, dan kategori.

4. Perkecil dan Compress Gambar


Memperkecil ukuran gambar selagi tidak merubah pixel kualitas gambar tidak jadi masalah, hal baiknya agar bisa membuat performa situs tetap melaju cepat. Jangan Kamu gunakan gambar yang size dan resolusinya terlalu besar jika tidak ingin situsmu menjadi lambat.

5. Pakai Theme yang Full Speed


Theme yang full speed loading sangat bagus untuk kinerja SEO dan mempengaruhi dalam persaingan artikel di SERP, biasanya posisi pageone diduduki oleh situs yang memang memiliki kecepatan full. Salah satu untuk mempercepat template adalah menggunakan template AMP.

6. Pakai Plugin Cache


Pernahka Kamu ketika mengunjungi sebuah situs, lalu terdapat notif muncul berupa peringatan “situs ini menggunakan cache,……” jika pernah itulah yang dinamakan plugin cache. Bagi Kamu yang menggunakan platform WP cobalah dengan menginstall plugin ini, tapi jika kamu menggunakan platform blogspot yaa harap bersabar hehe..

Cara Mengecek Kecepatan Situs


Setelah berhasil memperbaiki kecepatan situs, langkah selanjutnya Kamu harus mengecek seberapa cepat situsmu sekarang. Berikut ini caranya :

Cara Pertama
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs pagespeed insight.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kamu di kolom yang tersedia kemudian klik analisis.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa saat dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Cara Kedua
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs GT Metrix.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kamu di kolom yang telah tersedia kemudian klik analyze.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa saat dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Cara Ketiga
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs Test My Site.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kamu di kolom yang telah tersedia lalu klik enter.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa saat dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Catatan
untuk cara yang ketiga hanya untuk melihat kecepatan situs dari device / perangkat mobile, sedangkan untuk melihat kecepatan situs dari perangkat PC / Laptop Kamu bisa menggunakan cara pertama dan kedua.

Mengapa Harus Memiliki Loading Speed Situs yang Cepat



Mengapa sih kecepatan situs itu begitu penting? Sangat penting dong, sebab kalau situs Kamu lama siapa yang mau menunjungi situsmu. Saya sendiri sebagai pengunjung situs jika menemukan yang kecepatan loadingnya lambat kaya siput, maka langsung saja saya close.

Loh kenapa? Yapz benar saja, apalagi bagi para pelajar kalau lagi buru-buru mau ngerjain deadline tugas sekolah atau kuliah dan mau mencari sebuah referensi dari Google, tapi malah situs yang dibuka lambat banget, yang ada deadline gak kekejar nantinya.

Paling tidak sebuah situs seminim-minimnya harus memiliki kecepatan situs jangan sampai lebih dari 10 detik, jika lebih bersiaplah untuk kehilangan visitor berhargamu. Jadi mulai sekarang yuk lebih memperhatikan kecepatan situs dengan cara mempercepat dengan berbagai cara yang sudah saya jelaskan di paragraph atas.

Oke, mungkin itu saja ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih