Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Hello guys, pernah ga sih kamu bingung ketika mau milih template / theme pada blog? Seorang blogger yang akan membuat blog ataupun sudah memiliki blog harus memperhatikan ketika akan memakai template blogger yang nantinya akan digunakan di blognya. Sebab template ini yang bisa membuat pengunjung betah atau tidaknya nanti untuk mengunjungi blog / website kamu.

Kalau pengunjung melihat template blogmu keren maka mereka akan betah untuk berlama-lama di blogmu, selain keren kamu juga perlu memperhatikan kecepatan (speed) loading blog kamu. Sebab buat apa tampilan blog keren tapi jika ketika dibuka halaman blogmu begitu lemot dan lama, saya pun jika sebagai pengunjung merasa kurang nyaman.

Apalagi belakangan ini banyak sekali template untuk blog yang bertebaran di internet baik itu yang gratisan atau free dan yang premium (dengan cara membeli). Beruntungnya buat kamu yang memiliki template premium hasil dari membeli adalah ketika kamu mengalami error atau kerusakan pada template maka kamu bisa complain / mengadukan kepada si pembuat template tempat kamu membelinya agar si empu template tersebut memberi tau bagaimana cara memperbaikinya.

Namun apabila kamu memakai template hasil download yang gratis, jika terjadi kerusakan dan error maka kamu harus membenarkannya sendiri. Mau tidak mau, suka dan tidak suka kamu pun harus sedikit mengerti basic HTML dasar agar bisa mengatasi template yang rusak. Nah kalau kamu lagi bingung nyari template yang bagus tuh seperti apa, coba perhatikan beberapa kriteria template blog yang bagus dan layak untuk digunakan.

Kalo begitu sebenernya apa aja sih kriteria template yang bagus untuk digunakan? Kalo mau tau silahkan baca terus artikel ini sampai selesai.

Kriteria Template Bagus Untuk Blog


Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Template blog yang bagus setidaknya memiliki beberapa aspek penting didalamnya, yaitu :

1. Warna


Oke kita masuk ke warna, ini sering menjadi masalah dan perdebatan di kalangan blogger. Banyak mereka yang menganggap bahwa template yang bagus adalah yang menggunakan background yang terang (warna putih) dan font warna hitam, menurutku itu memang benar tapi itu balik ke diri pribadi masing-masing orang. Banyak juga kok template yang memakai background gelap (warna hitam) dan font putih tapi tetap terlihat clean dan rapih. Salah satunya adalah yang sedang kamu baca di blog konten gaptek ini yang memakai template berwarna gelap.

2. Navigasi Rapi


Template tidak akan lengkap jika tanpa adanya navigasi. Navigasi ini untuk memudahkan pengunjung untuk mengetahui apa aja sih yang dibahas pada blog / website yang sedang dikunjungi, sebab di navigasi ini adalah tempat untuk mencari topic/kategori konten yang dibahas pada sebuah blog. Dengan adanya navigasi dapat membuat kemudahan bagi visitor blogmu menemukan artikel / konten yang mereka cari.

Jangan sampai template blog yang kamu gunakan memiliki navigasi yang tidak jelas, bisa-bisa nanti visitor blogmu bisa kabur deh dan enggan untuk balik lagi.

3. SEO


Ini juga penting banget, SEO menjadi kebutuhan pokok bagi blogger agar artikel mereka dapat bersaing dengan para competitor di SERP. Nah maka dari itu kamu pun harus menggunakan template yang sudah support SEO. Untuk mengetahui apakah template sudah seo atau tidaknya salah satunya adalah dengan mengecek apakah template tersebut support dan valid HTML serta CSS atau tidak, meta tag nya lengkap atau tidak, javascript nya terlalu banyak atau tidak, dan lain sebagainya.

Jika iya maka template tersebut layak dan boleh kamu pertimbangkan untuk memakainya.

4. Font yang Elegan


Banyak sekali blogger yang menggunakan template dengan memakai font (jenis huruf) aneh-aneh dan hal ini bikin sakit mata menurutku, sebab saya melihat jika dari sisi pengunjung itu melihatnya saja sudah malas dan membosankan. Apalagi untuk membaca konten di blog tersebut, hmmm itu hal yang mustahil jika pengunjung akan betah di blog kamu, kecuali memang konten yang kamu sajikan di blog bermanfaat dan memiliki kualitas tinggi.


Jadi dalam memilih font paling tidak kamu harus menggunakan font yang enak dilihat dan dibaca, contohnya seperti font times new roman, verdana, calibri, atau arial, dll.

5. Fast Loading


Selanjutnya adalah dalam memilih template blogger kriteria yang harus kamu perhatikan adalah kecepatan loadingnya. Jangan sampai template sudah rapi dan bagus, akan tetapi kecepatan loading untuk memuat halaman saja membutuhkan waktu yang lama. Please Guys pengunjung tidak mempunyai banyak waktu, zaman sekarang semua orang ingin serba cepat begitupun untuk mendapatkan informasi dari sebuah blog pasti pun harus cepat juga.


Pastikan loading blog kamu tidak terlalu lama, semaksimal-maksimalnya adalah 10 detik jangan sampai melebihi dari itu jika kamu tidak ingin kehilangan pengunjung blog. 

6. Tata Letak


Selanjutnya adalah tataletak widget, template yang bagus adalah ditandai dengan cirinya tidak memakai widget yang terlihat kurang penting seperti widget jam, efek animasi bergerak, dll. Coba perhatikan dan periksa kembali template blog yang kamu gunakan, pastikan agar tidak ada widget sampah yang hanya akan membuat loading blogmu semakin lama dan berat.

Gunakanlah widget yang penting-penting saja dan jangan terlalu berlebihan cukup misalnya popular post, arsip, dan label itu sudah memuat semuanya kok.

7. Responsive


Nah kita menuju point terakhir yaitu responsive. Apasih itu responsive? Jadi gini guys, maksudnya adalah jika blog / website kamu dibuka menggunakan dari berbagai device (perangkat) itu tampilan templatenya tidak rusak dan berantakan, tapi tetap utuh rapi walaupun berubah-ubah ukuran sesuai dengan device.

Seperti yang kita tau sendiri bahwa tidak semua orang menggunakan perangkat yang sama ketika mengunjungi blog kamu, ada yang menggunakan smartphone dan ada juga yang menggunakan PC / Laptop. Jika template yang tidak responsive begitu dibuka disalah satu perangkat maka akan ada beberapa bagian dari template tersebut yang terlihat cacat dan rusak.

Nah buat mengatahui agar template yang kamu gunakan responsive atau tidak, saya ada solusinya nih yaitu dengan mengunjungi sebuah situs yang didalamnya tersedia tools untuk mengecek template yang responsive.

Cara Mengetahui Responsive Suatu Template



Cara Pertama
1.   Pertama, silahkan kamu kunjungi situs ami.responsivedesign.is/
2.   Kedua, setelah halaman situs terbuka, silahkan masukkan url blog / website yang ingin kamu cek pada kolom yang sudah tersedia.

Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

3.   Tunggu hingga loading selesai, dan setelah itu akan terbuka tampilan blog kamu dari berbagai perangkat mulai dari smartphone yang berukuran kecil hingga komputer berukuran lebar.

Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Cara Kedua
1.   Pertama, silahkan kamu kunjungi situs troy.labs.daum.net
2.   Kedua, masukkan link blog kamu di kolom pencarian yang telah tersedia.
3.   Ketiga, akan muncul tampilan blog kamu dari berbagai perangkat. Tinggal kamu cek satu-persatu blog kamu dari beberapa perangkat yang telah tersedia di tools ini.

Kriteria Template Blog yang Responsive dan Cara Mengetahuinya

Sampai disini, kamu telah berhasil mengeceknya. Coba kamu lihat pada tampilannya jika ada widget atau templatenya jadi berantakan berarti itu menandakan template yang kamu gunakan tidak responsive.
Cara pertama dan kedua sama saja, namun jika menggunakan cara yang kedua fitur toolsnya lebih lengkap.

Oke sampai disini dulu, ulasan kali ini.
SEOmoga dapat bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih