Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Pinjaman KTA

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Pinjaman KTA

Sebelumnya para pembaca udah pada tau kan apa itu KTA? Yapz, artinya adalah Kredit Tanpa Agunan yang berarti Kamu dapat meminjam sejumlah uang dengan tanpa syarat jaminan seperti sertifikat rumah, BPKB, dan sertifikat berharga lainnya. Di zaman sekarang ini kebutuhan manusia semakin meningkat untuk biaya hidup dan keperluan lainnya, maka dari itu tak heran sejumlah bank mempunyai produk pinjaman dana untuk nasabah dan masyarakat yang membutuhkan dana cepat dari masing-masing bank.

Banyak sekali kebutuhan manusia yang memerlukan uang, apalagi jika sedang krisis ekonomi dan sedang membutuhkan dana secepatnya. Tentunya yang dicari siapa? Pihak peminjam kan bisa itu bank, lembaga, fintech, pinjol (pinjaman online) dan sebagainya. Atau juga bisa melalui saudara atau kerabat, dengan meminta pinjaman uang secara langsung.

Akan tetapi sekarang semua orang ingin segala sesuatunya dengan cepat dan mudah, termasuk pinjaman dana. Maka dari itu disinilah peran dari produk KTA yang dikeluarkan masing-masing bank untuk mengatasi masalah banyaknya jumlah peminjam di Indonesia. Kredit Tanpa Agunan memang masih menjadi favorit dan disukai oleh masyarakat, disebabkan untuk mengajukan pinjamannya tidak begitu sulit mulai dari syarat dan prosesnya pun sangat cepat.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Pinjaman KTA

Namun tetap saja ada beberapa hal yang setidaknya Kamu ketahui terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan. Apa saja hal itu?

Hal yang Perlu Diketahui Saat Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan


1. BUNGA CICILAN


Nah hal pertama yang Kamu harus paham betul nih, yaitu terkait bunga cicilan masing-masing pihak bank. Semakin tinggi bunganya, maka semakin tinggi pula kewajiban Kamu untuk mencicilnya. Alangkah baiknya kamu bisa mempelajari dahulu tentang bunga cicilan ini, supaya nanti tidak kewalahan sendiri disaat akan membayar dan melunasi cicilan.

Sesuaikanlah dengan kesanggupanmu dalam membayar, jika memungkinkan lebih baik ambil Kredit Tanpa Agunan dengan bunga yang rendah. Biasanya pihak bank memberlakukan cicilan terendah sebesar 1% untuk setiap bulannya, atau 12% pertahun. 

2. REPUTASI BANK


Ini juga hal yang harus Kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan, sebab tak sedikit bank yang memiliki reputasi abal-abal. Pilihlah bank yang memang memiliki reputasi dan riwayat kredibilitas yang baik, untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga. Biasanya bank dengan reputasi baik tentu saja akan mempunyai banyak nasabah dan karyawan, sebab semakin banyak nasabah jelas saja menandakan bahwa bank tersebut terpercaya memiliki reputasi baik.

3. PIKIRKAN TEMPO MEMBAYAR


Mengapa harus dipikirkan? Sebab kalau Kamu terlalu lama melunasi dan membayar cicilan, dikhawatirkan nantinya akan ada biaya tambahan atau bunga tambahan. Bunga akan mengikuti dengan jangka waktu Kamu dalam membayar, jika terlalu lama, maka jangan kaget jika bunganya pun semakin tinggi juga.

Biaya tambahan yang dimaksud ialah seperti bunga, penalti, biaya di muka, dan biaya asuransi juga bisa saja dikenakan sewaktu-waktu jika Kamu terlalu lama dalam membayar. Untuk itu coba pikirkan dengan matang supaya kamu meminjam sesuai dengan kesanggupanmu. Biasanya pihak bank akan memberikan tempo waktu membayar  kepada nasabah selama 12-60 bulan tergantung pihak bank terkait.

4. BERAPA LIMIT PINJAMAN KTA


Kamu ingin meminjam uang dengan jumlah angka yang besar, sepertinya pertimbangkan lagi. Selain Kamu akan dikenakan bunga tinggi, tak jarang juga saat sedang mengajukan pinjaman akan mengalami limit atau dana yang ditawarkan bank tidak sebanyak yang Kamu pinjam. Tiap bank mempunyai ketetapan berbeda soal dengan limit ini, cek dan teliti kembali bank yang akan dijadikan tempat Kamu meminjam, pastikan limit nya jauh dari angka dana yang Kamu sedang butuhkan.

5. SEBERAPA CEPAT CAIRNYA


Seperti yang sudah disinggung di paragraph awal, Kredit Tanpa Agunan menjadi favorit pinjaman bagi masyarakat karena prosesnya yang cepat dan mudah. Sekarang cobalah buktikan sendiri seberapa cepatnya dana yang Kamu pinjam itu cair. Akan tetapi walaupun cepat, bukan berarti dalam hitungan detik langsung cair, setiap pengajuan KTA tentu saja membutuhkan proses. Cobalah untuk mencari informasi terhadap pihak bank terkait berapa lama untuk proses pencairan dana.

Hal tersebut pun penting diketahui nasabah yang ingin meminjam, bayangkan saja jika Kamu memerlukan dana darurat secepatnya tapi tak kunjung cair juga. Bagaimana nasibmu nantinya? Terlalu lama menunggu tentu saja tidak enak bukan? 

6. PROSES PELUNASAN


Ketika semua proses pengajuan pinjaman sudah selesai dan uang sudah berada di tangan Kamu, maka jangan terlampau senang. Ingatlah bahwa Kamu masih memiliki kewajiban untuk melunasi cicilan, cobalah untuk lebih hemat dan menyisihkan sebagian uang yang Kamu miliki untuk melunasi cicilan. Semakin cepat Kamu melunasi semakin besar pula Kamu terselamatkan dari bunga bank yang membengkak.

Nah, itulah beberapa hal yang setidaknya dapat Kamu ketahui untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan, untuk Kamu yang membutuhkan pinjaman KTA, Kamu bisa mendapatkannya di CekAja.com, silahkan buka https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ . Melalui situs CekAja.com Kamu dapat mengajukan pinjaman dan membandingkan pinjaman KTA bunga murah dengan cara online. 
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment