USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran

USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran

USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran
USB Charger Socket (Dok. pribadi)
Konten Gaptek - Salah satu penyebab korsleting listrik biasanya terjadi karena soket listrik di rumah Anda, yang mana instalasinya pada tembok sudah tidak menempel sempura. Hal tersebut menyebabkan ada kemungkinan kabel listrik yang terhubung pada soket listrik berpotensi rentan rusak dan terkelupas. 
Untuk mencegahnya, Anda bisa mengganti soket listrik rumah Anda dengan USB Charger Socket. Namun, tentunya pemilihan USB Charger Socket yang berkualitas perlu Anda perhatian. Terlebih banyaknya oknum pedagang nakal yang menjual USB Charger Socket abal-abal dengan kualitas buruk, hal tersebut juga yang menjadi salah satu faktor dari penyebab musibah bisa terjadi.
Harusnya masyarakat jeli dalam memilih mana USB Charger Socket yang memang berkualitas baik atau buruk. Namun sebagus apapun USB Charger-nya, jika cara penggunaannya tidak benar, tetap saja itu bisa memicu terjadinya musibah.
USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran
USB Charger Socket (Dok. pribadi)
Contohnya saja ketika seseorang menggunakan USB Charger untuk mengisi daya baterai gadget seperti smartphone atau laptop, dan digunakan untuk bermain sambil tetap beroperasi sistemnya. Hal ini sangat berbahaya dan ini juga sebagai indikasi faktor pemicu terjadi kebakaran. Dan yang perlu diketahui bahwa setiap tempat USB Charger dipasang itu tidak sama besaran tegangan listriknya. Jadi kamu harus berwaspada dalam menggunakan USB Charger Socket. Apalagi sekarang USB Charger bisa dengan mudah kita jumpai di berbagai tempat seperti mall, kafe, gedung, rumah, kantor, dll.

Selain memainkan gadget sambil mengisi daya baterai dapat menyebabkan terjadinya musibah kebakaran, di sisi lain juga dapat menyebabkan rusaknya baterai dari gadget itu sendiri. Ini yang perlu ditekankan kepada masyarakat, sebab masih sedikit kesadaran pada diri mereka untuk berhati-hati saat menggunakan gadgetnya. Kalo kamu tipe orang yang sabaran, mungkin tak akan kamu memainkan gadgetmu ketika sedang di charging.

Contoh  smartphone. Pasti kamu pernah bukan mengisi daya baterai smartphonemu semalaman suntuk dari malam sampai pagi. Ini juga tidak baik untuk kesehatan baterai dan dapat membuat smartphone panas yang dapat berakibat fatal pada smartphonemu.

USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran
USB Charger Socket (Dok.pribadi)
Di sinilah pentingnya menggunakan USB Charger Socket yang berkualitas baik, sebab di dalam USB Charger Socket terdapat fitur Over Heat Protection yang mampu mendeteksi suhu panas pada adapter dan secara otomatis akan menghentikan proses pengisian daya ketika terjadi suhu panas yang tinggi.


Pernah aku mendengar kasus kejadian gadget meledak karena cara pengisian daya baterai yang tidak benar. Tentu ini mengerikan sekali bukan. Nah, agar kejadian yang tidak diinginkan tersebut tidak terulang kembali, harus adanya kesadaran pada diri sendiri dan pemahaman edukasi tentang cara penggunaan USB Charger Socket yang benar.

Tips Dalam Menggunakan USB Charger Socket


1. Perhatikan Kabel Data USB


USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran
USB Charger Socket (Dok.pribadi)
Kabel data pada masing-masing gadget itu berbeda beda. Gunakanlah kabel data Universal Serial Bus (USB) yang sesuai dengan merek gadget yang kamu gunakan. Pastikan juga bahwa kabel data yang kamu gunakan tersebut original dan asli karena jika berbeda merek bisa saja dapat merusak baterai dan yang lebih parahnya bisa terjadi ledakan.
Kabel USB yang tidak sesuai biasanya ditandai dengan ketika sedang mengisi daya baterai sering terputus pengisian dayanya atau bisa juga ditandai dengan lamanya waktu pengisian daya. Hal itu terjadi karena besaran ampere antara kabel USB ori dan palsu itu tidak sama. Semakin besar ampere-nya, semakin cepat proses mengisi daya.
Setiap charger juga memiliki tegangan output dan arus yang berbeda. Bisa jadi ketika kamu menggunakan charger yang salah, proses charging pada smartphone tidak bisa dilakukan optimal.
Cara menggunakan USB Charger Socket juga terbilang mudah sama seperti halnya kamu mengisi daya lewat PC. Dengan menyambungkan sisi Plug charger kabel data ke USB Port pada USB Charger Socket, kemudian di sisi lainnya kabel data disambungkan ke gadget.
Untuk mendapatkan fitur lengkap pada USB Charger Socket, aku menggunakan “Schneider USB Charger Socket”. Sebab sistem keamanan dari Schneider sudah terbukti aman dan nyaman. Jenis USB Charger Socket dari Schneider terbagi 2 varian yaitu “Dual Outlet and Single Outlet” kalo Aku sendiri menggunakan yang single outlet.
USB Charger Socket, Amankan Hunian Dari Risiko Kebakaran
Schneider USB Charger Socket (Dok. pribadi)
Schneider USB Charger Socket juga memiliki kelebihan dimana terdapat fitur yang membuat proses isi daya menjadi lebih cepat karena kapasitas penambah dayanya 2.1 Ampere sehingga membuat baterai tetap sehat. Tipe USB Charger yang ditawarkan Schneider pun bermacam-macam diantaranya Pieno, Vivace, Neo, Zencelo, dan Ulti.

Sudah saatnya masyarakat sadar betapa pentingnya keamanan dalam menggunakan USB ChargerYuk bijak dalam menggunakan peralatan teknologi.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

45 comments

  1. Jika menggunakan socket ini apakah boleh menggunakan hp dalam keadaan dicharge?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan, untuk mengantisipasi hak yang tidak diinginkan.

      Delete
  2. Baru tau ada charger socket gitu mal. Thank infonya ya. Iya kalo bentuk socket.y USB kayaknya lebih praktis juga buat chraging hp, jadi kalo sewktu2 head charger.y rusak, tetep bisa cas hp deh sama socket branded dari Schneider ini. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang head charger gue juga sering rusak. Tinggal kabel datanya doang wkwk, tapi tenang selama make usb charger socket jadi tetep bisa ngecas deh hehe.

      Kalo pilihan socket terbaik ya schneider dong.

      Delete
  3. Membantu sekali menggunakan USB Charger Socket ini...

    ReplyDelete
  4. Selama ini sebisa mungkin menghindari ngecas sambil makai hp. Tapi kalau sama power bank gimana ya? Pas lagi dibutuhkan lowbat itu terpaksa deh ngecas sambil campaign hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, saya juga gak suka ngecas sambil dimainin. Karena udah pengalaman baterai jadi kembung, takut meledak nantinya hehe.

      Powerbank juga bisa kok di cash pake usb charger socket dari schneider.lebih aman..

      Delete
    2. Wah PB juga bisa ya? Keren nih. Jadi makin kepikiran buat memiliki usb ini

      Delete
  5. Saya sering memakai handphone ketika masih dalam kondisi pengisian baterai karena sedang butuh ternyata hal itu bisa menyebabkan kebakaran dan berbahaya ya Terima kasih infonya Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenarnya tidak baik mengecas sambil dimainkan. Sayangnya masih saja masyarakat yang belum mengetahuinya.

      Delete
  6. Wah gw banget nih, ngecas semalam suntuk, usb charger socket bisa jadi pilihan utama agar ponsel dan baterai tetap awet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua juga dulu begitu mas, tapi sekarang udah kurang-kurangin dikit hehe.

      Iya pakai usb charger socket juga bisa buat charging, dan tentunya lebih aman.

      Delete
  7. Bisa jadi pilihan nih pakau usb charger socket tapi kalau lagi ngecharge masih bisa dimainin gak hape nya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sih dihindari mba, kecuali memang dalam keadaan penting yang harus menggunakan smartphone saat itu juga.

      Itupun jangan terlalu lama dan sering, takutnya terjadi sesuatu yang tak diduga.

      Delete
  8. Ini lebih aman yak dan bebas dari debu juga karena ada penutupnya. Antisipasi dari hal-hal yang kurang menguntungkan itu memang perlu, sebab waspada itu perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, pakai usb charger socket mah aman dong.

      Yapz, antisipasi sangat penting. Karena kita manusia tidak bisa menebak apa yang akan terjadi.

      Delete
    2. Iya bener, pakai usb charger socket mah aman dong.

      Yapz, antisipasi sangat penting. Karena kita manusia tidak bisa menebak apa yang akan terjadi.

      Delete
  9. Udah pernah denger dan tahu sih sebenarnya sama produk ini, tapi belum tanya2 lebih jauh dan blm sempet masang juga jadi baca pengalaman pemakai dulu aja deh. Terima kasih ulasannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus udah dong kalo sudah tau dengan produk usb charger socket.

      Yuk kenali lebih dalam.

      Delete
    2. Wah bagus udah dong kalo sudah tau dengan produk usb charger socket.

      Yuk kenali lebih dalam.

      Delete
  10. Aduw, saya sering nih charge smartphone dari malam sampai subuh. Bahaya ternyata. Terima kasih sudah diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain bahaya, bisa mengurangi umur ketahanan baterai mba.

      Delete
  11. Saya yang ngga ngerti soal dunia electro jadi paham sekarang... dan jadi tahu nih bahayanya asal charge handphone.. memang ya mengantisipasi segala keburukan yang mungkin terjadi lebih baik.. thanks for sharing ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bahaya deh pokoknya.
      Kan pernah ada yang meledak batre smartphone nya saat sedang dicash sambil dimainkan.

      Lebih baik tinggalkan sebentar hingga baterai smartphone penuh. Untuk mengantisipasi hal yang merugikan.

      Namun, kalo mau lebih aman alternatifnya adalah bisa menggunakan usb charger socket. Salah satu nya dari schneider..

      Delete
  12. Jadi tinggal ganti kebiasaan aja nih. Dirumah juga jangan tinggal colok terus ditinggal. Aku malah lebih sering nyolokin di twmpat kerja sih . Jari bisa diawasi terus menerus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, harus ubah kebiasaan buruk charging hape sembari dimainkan.

      Nah itu juga, jangan meninggalkan lama-lama smartphone dalam keadaan di charging.

      Kalo mau lebih aman, sebaiknya gunakan usb charger socket seperti dari schneider..

      Delete
  13. Saya malahan baru tau ada usb cas socket, ternyata lumayan nggak update nih saya. Ini enak ya bebas debu dan listrik lebih stabil

    ReplyDelete
  14. Saya belum punya USB soket ini, boleh nih dicoba agar tetap aman dan tidak terjadi korsleting soalnya saya pernah mengalami sendiri pas tiba2 ada sengatan dari ujung tembaga colokan charger saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bahaya tuh mba, sebaiknya jangan dipakai lagi colokan nya.

      Beralih aja ke usb charger socket , supaya aman. Hehe

      Delete
  15. Eeeeh iyaaa aku mau beli yang semacem gitu tapi ga tau namanya hahaha. Sip informatif syekalii artikelnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah tau kan namanya USB Charger Socket. Yuk beli, pilih dari brand schneider

      Delete
  16. Baru kali pertama tau ada tools bantuan buat ngecharge hp walaupun hingga panas pun tetap aman tanpa harus pusing mikir terjadi konsleting listrik.

    Ternyata USB Charger Socket itu sebuah inovasi baru yang menarik sekaligus bermanfaat untuk membantu dalam menjauhi konsleting listrik saat charger hp dan lainnya ya.

    Kayanya bakal segera ngeborong nih, karena colokan dirumah ternyata diitung-itung ada banyak juga 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa solusi aman dari musibah kebakaran, setidaknya meminimalisir musibah kebakaranlah.

      Bisa menggunakan USB Charger Socket. Yuk lah borong, jngn lupa beli nya yang ada tulisan Schneider hehe..

      Delete
  17. Wahh ada juga yang kaya gituan, bermanfaat banget mal tips nya. Btw emang aga susah sih buat memastikan eh ini udah pas belum watt nya dkk.. sering banget ngalamin ini, sayang ya itu cuma bisa satu. Kalau ada yang banyak aku mau deh mal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma satu lubang ya kak? Ada kok kak yg dual deh kalo ga salah..

      Delete
  18. Menarik si model USB Socket kaya gini, dan gue baru tau masa ada inovasi USB kayak gini yang tentunya bikin aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kan wkwk.
      Yapz benar dengan USB Charger Socket lebih aman..

      Delete
  19. Wah keren nih, baru tau ada device macam ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih