Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit

Konten Gaptek - Kalo ngomongin perihal belanja, semua orang pasti menyukai belanja wabilkhusus perempuan nih hehe. Apalagi kalo baru aja abis gajian huft bawaannya pengen menghabiskan duit aja tuh hehe. Zaman sekarang mau belanja juga semakin dipermudah berkat kehadiran e-commerce dan market place yang bermacam-macam. Nah, biasanya kalo belanja melalui e-commerce harus secara online, tapi kemarin di Pasar idEA masyarakat bisa belanja produk dari berbagai e-commerce ternama secara offline dan bertatap muka langsung loh.

Wahh seru banget kan bisa langsung lihat produk top seller dari berbagai e-commerce, emangnya apa sih itu Pasar idEA?

Pasar idEA Apaan Ya?


Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit

Pasar idEA adalah festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia yang pada hari Kamis 15 Agustus 2019 lalu telah resmi dibuka di Jakarta Convention Center Senayan oleh Bapak Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika. Jadi Di pasar idEA masyarakat dapat merasakan sensasi dan pengalaman berbeda dalam belanja yakni bisa belanja dari macam-macam e-commerce dalam satu atap, dan juga pelaku industri e-commerce dari masing-masing platform dapat langsung menawarkan dan menampilkan produknya secara real-time kepada masyarakat yang datang ke acara festival belanja tersebut.

Pasar idEA bisa terlaksana karena kolaborasi dan kerjasama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan PT. Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia). Banyaknya opini masyarakat terkait belanja online banyak pengalaman buruk seperti tertipu, produk tidak sesuai pesanan, dll. Maka Pasar idEA disini bisa mengubah pola pikir masyarakat bahwa berbelanja online tidak seburuk itu. Oleh karenanya para pelaku e-commerce hadir dan juga banyak pelaku UMKM disana untuk memberikan kepercayaan dan menghilangkan opini negatif masyarakat terhadap belanja online.

Dalam sambutan pembukaan Pasar idEA Pak Rudiantara mengatakan ‘Bergabungnya pelaku e-commerce dan UMKM dalam satu atap diharapkan UMKM bisa menjadi tulang punggung dalam Produk Domestic Bruto (PDB) Indonesia. kombinasi e-commerce dan UMKM tentu akan sangat signifikan dalam mewujudkan Indonesia sebagai Negara dengan ekonomi terkuat di Asia Tenggara pada 2025 nanti. Sambung Beliau.


Festival Pasar idEA memiliki target 120.000 pengunjung dalam periode waktu 4 hari selama acara festival tersebut diselenggarakan. Dengan menghadirkan dari berbagai pihak, Mereka yang turut meramaikan dalam Pasar idEA sebanyak 250 peserta diantaranya ada: unicorn, pelaku usaha e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman paket, serta UMKM dengan produk lokal yang terkurasi di area khusus LokalGood.

Ada Apa ya di Pasar idEA?


Dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 15-18 Agustus 2019 di Hall A & B JCC Senayan, harga tiket masuknya juga cukup murah hanya Rp. 35.000 dan saat 17 Agustus gratis tiket masuk ke Pasar idEA. Kebetulan aku berkesempatan menyinggahi ke Pasar idEA pada hari Jum’at 16 Agustus 2019. Begitu aku masuk ke dalam JCC, langsung terpampang jelas di depan pintu masuk ada 2 e-commerce yaitu Tokopedia dan Blibli yang merupakan Duo Sponsor utama di Pasar idEA.

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
Tokopedia sebagai sponsor utama di Pasar idEA 
Ke-2 e-commerce tersebut lah yang menjadi primadonanya di pasar idEA. Pertama ada tokopedia yang merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang membawakan kisah perjalanannya selama 10 tahun dan telah menggandeng lebih dari 6,2 juta penjual yang tersebar di 85% kecamatan di Indonesia. Tokopedia pun memberikan promo menarik di pasar idEA berupa voucher diskon sebesar 90% di merchant tertentu, promo spesial tersebut dalam rangka karena Tokopedia telah menjadi super Ecosytem yang menjembatani semua pihak dengan misi sejalan untuk maju dan tumbuh bersama.

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
Produk di Merchant Tokopedia & Blibli
Selanjutnya ada Blibli.com yang juga mengepakkan sayapnya dengan mengadakan Blibli Travel Fest. Ini cocok banget buat yang suka traveling nih sebab didalamnya menawarkan berbagai produk pariwisata, walaupun produk yang ditawarkan adalah produk lokal namun kualitasnya tak kalah dengan kualitas global. Tak tanggung-tanggung Blibli pun memberikan diskon tiket pesawat hingga 80% baik untuk paket perjalanan domestik maupun perjalanan internasional. Terus juga ada diskon hotel, diskon paket tour, dan diskon-diskon lainnya yang sangat cocok buat traveler.

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
Blibli Travel Fest
Dan bukan hanya Blibli Travel Fest saja, tapi juga ada kategori lainnya seperti Blibli Galeri Indonesia yang dipersembahkan Blibli sebagai wujud komitmen dan konsistensinya untuk mendukung ekonomi digital dan pelaku usaha kreatif tanah air dan UMKM. Di Blibli Galeri Indonesia tersedia produk unggulan dari finalis The Big Start Indonesia. Juga ada diskon buat pengunjung yang belanja produk di Blibli Galeri Indonesia dengan menggunakan uang digital GoPay.

Ada juga booth Lazada, Shopee, dan Bukalapak. Lazada dengan programnya yaitu ‘Daftar jadi seller online enggak sampai 1 menit’. Hal ini guna mempermudah masyarakat yang berkeinginan untuk memulai usaha bisnis e-commerce sebagai seller. Shopee pun tak ketinggalan dengan membawakan seller terbaiknya yang menawarkan beragam produk Kreasi Nusantara dengan promo diskon hingga mencapai 89%.

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
aku lagi di booth ninja express 

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
aku lagi di booth lion parcel
Selain menghadirkan platform e-commerce, di pasar idEA juga diramaikan sejumlah perusahaan logistik pengiriman barang (J&T, Lion Parcel, JNE, Ninja Express, Tiki, dan Lalamove) yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat menjadi mitra bisnisnya. Semua perusahaan logistik diatas berlomba-lomba untuk memanjakan pengunjung yang datang ke Pasar idEA agar mampir di boothnya masing-masing. Upaya yang dilakukan seperti dengan memberikan games dan hadiah gratis kepada pengunjung Pasar idEA, seperti kemarin aku pun mendapatkan hadiah gratis dengan hanya memfollow akun dan mendownload aplikasi saja.

Aku lalu berkeliling dan menjajahi untuk melihat produk lokal Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan produk internasional loh. Aneka jenis produk mulai dari produk fashion, travel, kuliner, elektronik, perabotan, aksesoris, dan juga makanan pun tersedia disini. Terlebih banyak sekali promo spesial yang ditawarkan di pasar idEA kepada masyarakat, jadi dijamin enggak nguras isi dompet deh hehe.

Selain itu juga di Pasar idEA dilengkapi dengan terdapat sesi talkshow dan workshop (lokal good) yang menghadirkan industri leader dan pesertanya dari UMKM. Pengunjung yang datang ke Pasar idEA juga dapat mengikutinya untuk menambah pengetahuan ilmu seputar ekonomi digital dan bisnis e-commerce.
Lalu juga ada Loyalty Program dan Banyak games seru (play station, Nintendo, dingdong) yang dapat dicoba oleh pengunjung di booth-booth yang ada pada Pasar idEA. Seperti kemarin aku ikutan main games PS di Boothnya Home Credit, pokoknya seru banget. Hadiahnya juga lumayan banget loh ada payung, kipas, bahkan smartphone, dll.

Pasar idEA Surganya Berburu Belanjaan yang Enggak Bikin Dompet Melilit
Spot Foto Menarik yang Ada di Pasar idEA
Buat para selebgram yang suka mengoleksi poto-poto, di Pasar idEA juga banyak banget spot foto kece yang bisa dimanfaatin buat jadi baground hehe. Dijamin bakalan betah deh foto disana mah. Semua fasilitas lengkap di Pasar idEA laper tinggal jajan banyak merchant yang menyediakan makanan dan minuman enak-enak, mau sholat musholla juga udah tersedia, pokoknya lengkap.

Rasanya festival pasar idEA harus sering-sering diadakan supaya Pelaku UMKM semakin tumbuh berkembang dengan meningkatkan kualitas produk lokal yang berdaya saing agar dapat turut mendorong laju sektor ekonomi digital. Dan bagi masyarakat festival Pasar idEA sangat menguntungkan karena bisa berburu produk lokal dengan rasa global di Marketplace yang terhimpun dalam satu atap dengan harga yang murah meriah.

Yuk mulai sekarang cintai produk lokal, Semoga tahun depan akan ada lagi event festival Pasar idEA atau sejenisnya.

Aku harus siapin duit dari sekarang akh hehe.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Jadi ini semacam misi online shop untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat agar gak perlu takut lagi belanja online yak?! Hmmmm, boljug tuh misinya, tapi juga harus diimbangi dengan kualitas para seller nya di e-commerce tersebut yah. Karena gak jarang gara-gara ada 1 toko yang nakal, yang kena imbasnya kan e-commerce nya juga, alhasil konsumen jadi kurang percaya lagi...

    Tokopedia kan salah satu Unicorn di Indonesia toh, selain bukalapak, gojek and Traveloka??

    Kok saya gak diajak Mas bro??

    ReplyDelete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih