Belajar Memulai Bisnis UMKM Dari Hal Sederhana

Konten Gaptek - Saat pandemi seperti sekarang banyak sekali bisnis yang bertebaran namun harus merasakan imbas akibat pandemi, salah satunya yakni bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Yapz, bisnis UMKM menjadi salah satu dari yang terkena dampak akibat wabah virus covid-19, dimana pendapatan dari para pelaku UMKM ini pun mengalami penurunan, dan paling parahnya bangkrut karena mengalami kerugian yang besar. Namun tak sedikit juga yang masih tetap lancar bisnis UMKM-nya meskipun di tengah pandemi. Yaa memang semuanya tergantung sebagaimana ia mampu beradaptasi dan berinovasi mengembangkan kreativitas bisnisnya.

Kita sebagai warga Negara Indonesia sudah seharusnya untuk terus mensupport para pelaku UMKM tanah air agar bisa tetap produktif menjalankan bisnis UMKM miliknya. Salah satu bentuk kepedulian yang bisa kita lakukan yakni dengan membantu usaha mereka, dengan cara membeli produk yang mereka jual. Jangan sampai pandemi ini menjadikan krisis ekonomi bagi UMKM.

Bisnis UMKM Lokal Ibu Siti & Ibu Nurhayati

Hal ini juga lah yang dilakukan oleh Ibu Siti dan Ibu Nurhayati terhadap bisnis UMKM milik mereka masing-masing. Menurut penuturan keduanya sepakat bahwa di tengah kondisi seperti sekarang ini kita dituntut harus pintar-pintar dalam mengelola bisnis agar tidak mengalami penurunan. Bagaimana cara agar usaha yang kita jalankan tetap diminati oleh masyarakat.

Pertama ada Ibu Siti yang mana ia menjalankan usaha berupa jualan makanan kering seperti kacang-kacangan, keripik, dll. Bu siti dalam menjalankan usaha miliknya dibantu oleh anak kandungnya yang sekaligus juga sebagai teman saya sendiri. Kurang lebih 5 tahun ia menjalankan usaha tersebut. Mereka menjual usahanya melalui warung, jadi caranya adalah mereka singgah ke warung yang ada di wilayah tersebut dan meminta izin kepada pemilik warung untuk dititipkan jualan.

Belajar Memulai Bisnis UMKM Dari Hal Sederhana
Belajar Memulai Bisnis UMKM Dari Hal Sederhana
Belajar Memulai Bisnis UMKM Dari Hal Sederhana

Terkadang tidak jarang Ibu Siti dan anaknya menitipkan usaha jualannya di warung yang lumayan jauh dari rumah, karena sebagian warung ada yang tidak menerima penitipan jualan, makanya mereka mencari warung lain. Sebelum melakukan keliling dari warung ke warung, terlebih dahulu Ibu Siti membungkus beberapa jajanan untuk dijual, setelah semuanya dibungkus dengan plastik, barulah ia berangkat menitipkan. Untuk penghasilan dari usaha bisnis yang mereka jalankan ini, termasuk lumayan besar lohh. Faktanya dari hasil usaha UMKM-nya Ibu Siti mampu menabung hingga kebeli rumah sendiri. Lumayan banget kan.

Oh iya satu lagi ternyata Ibu Siti juga sangat kreatif dalam mengembangkan usahanya, terkadang ia pun kerap mendapatkan pesanan dari orang untuk dibuatkan kue bolu. Setelah pesanan diterima, maka ia dan anaknya bergegas membuat kue tersebut, yang kemudian akan diantar ke alamat rumah sih pemesan. Sungguh luar biasa produktif sih menurutku hal ini, yang awalnya hanya sekadar ibu rumah tangga, kini bisa menjadi pelaku UMKM lokal. kita harus bisa mengambil contoh nihh, jangan mau ketinggalan yaa teman-teman, lumayan buat penghasilan tambahan kan hehehe.

Kemudian ada juga Ibu Nurhayati yang menjalankan bisnis UMKM warung usaha. Anak dari seorang ibu ini pun juga merupakan teman baik saya sendiri. Jadi aku dengan mereka seperti keluarga sendiri, tak heran aku hampir setiap hari singgah ke usaha warung miliknya karena memang warung miliknya berdekatan dengan lingkungan tempat tinggalku. Kalau Ibu Nurhayati menjalankan bisnis usaha warung ini juga telah cukup lama, sekitar 3-4 tahun. Yang awalnya hanya iseng-iseng jualan, namun kini usaha warung miliknya sudah menjadi besar dan banyak dikenal oleh banyak masyarakat sekitar. Termasuk diriku yang menjadi salah satu pelanggan setianya hehehe.

Adapun warung usaha miliknya menjualkan berbagai aneka jajanan serta kebutuhan sehari-hari seperti gas, aqua galon, dll. tak hanya itu saja, beliau juga menjual usaha pulsa, token listrik, dan topup voucher game. Tentunya tak perlu diragukan lagi pemasukan dari usaha yang ia jalankan. Seiring perkembangan pesat teknologi, kita juga semakin mudah untuk membesarkan bisnis UMKM dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti platform digital untuk meningkatkan penjualan, tutur Ibu Nurhayati.

Apalagi kini berbelanja produk UMKM semakin mudah berkat teknologi, kita bisa mencari aneka jenis produk UMKM melalui marketplace ataupun sosmed hanya berbekal ponsel saja. Tinggal pilih, bayar, dan selanjutnya barang akan diantar deh ke alamat rumah oleh jasa kurir pilihanmu. Kalo aku sih biasanya via JNE, karna cepat dan terpercaya. Seneng banget denger teriakan kurir JNE pas nyebut ‘PAKET’ HEHEHE.

Aku sangat kagum dengan kegigihan ke-2 ibu tersebut, hingga detik ini bisnis UMKM mereka terus berjalan, justru semakin berkembang.

Intinya buat semua para pelaku usaha UMKM, yuk tetap semangat meskipun pandemi ini belum usai, jangan mematahkan semangat kita untuk tetap berbisnis. Sebab pada dasarnya UMKM lah tulang punggung perekonomian Negara, makanya tak ketinggalan juga kita membutuhkan turut andil semua pihak untuk mendukung pelaku UMKM agar cepat pulih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Berbagi Kisah Profil UMKM dan Raih Kesempatan Mendapatkan Hadiah Ratusan Juta

JNE Content Competition 2021
JNE Content Competition 2021

Oh iya teman-teman, buat kalian yang memiliki kisah juga tentang profil UMKM apapun kalian bisa banget lohh ikutan kompetisi JNE Content Competition 2021  yang diadakan oleh JNE dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya yang ke-31 tahun. Adapun untuk periode kompetisi ini diperpanjang berlangsung dari 6 Desember 2021 s/d 31 Januari 2022. Kompetisi ini dibuka untuk umum siapapun boleh mengikutinya termasuk content creator, masyarakat biasa, jurnalis, dll. Yang penting kalian mempunyai akun kompasiana. Jadi jangan sampai ketinggalan yaa teman-teman, kapan lagi yaa kan hanya menulis, kita bisa meraih jutaan.

Untuk tema kompetisinya yaitu ‘JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia’. terdiri dari beberapa kategori seperti lomba menulis, membuat video, photo, serta design. Tinggal sesuaikan saja dengan skill yang kamu kuasai mau ikutan yang mana hehe. Nantinya dari setiap kategori masing-masing akan dipilih masing-masing pemenangnya yang tentunya hadiahnya pun sangat menggiurkan lohh.

Buat kalian yang mau ikutan dan pengen tau info lengkapnya buruan deh cek di https://bit.ly/JNEContentCompetition atau kalian juga bisa cari tahu melalui akun instagram milik JNE di @jne_id. Pokoknya jangan sampai ketinggalan kompetisi ini yaa teman-teman.

Yuk ikutan kompetisinya, tuangkan karya terbaikmu! #JNE31Tahun #JNEMajuIndonesia
Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment