Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Konten Gaptek - Kebutuhan akan energi menjadi kebutuhan setiap manusia, semakin hari kebutuhan energi mengalami peningkatan. Oleh sebabnya pemerintah berupaya untuk mendorong masyarakatnya dalam memanfaatkan dan mengembangkan energi terbarukan sebagai energi alternatif yang dapat membantu mengatasi kebutuhan energi.

Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia
saatnya energi muda beraksi
Kemarin pada tanggal 27 November 2018 silam, saya bersama rekan blogger baru saja menghadiri acara yang diadakan oleh coaction Indonesia, acara dengan tagline "Saatnya Energi Muda Beraksi" tersebut membahas berbagai energi terbarukan di Indonesia yang sekiranya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Apa Itu Energi Terbarukan?


Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Manfaat dan Mengapa Menggunakan Energi Terbarukan


Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Potensi Energi Terbarukan di indonesia


Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia
Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Perlu kamu ketahui bahwa energi terbarukan dapat menghasilkan energi listrik jika dikonversi. Salah satunya adalah dengan mengkonversi energi biomassa/biogas menjadi energi listrik.
Energi listrik menjadi energi yang memiliki peran banyak di zaman sekarang ini. Barang-barang dirumah terutama elektronik pasti membutuhkan energi listrik.

Saya merasa prihatin terhadap masyarakat yang berada di pedesaan, banyak dari mereka yang belum bisa merasakan energi listrik.  Kita yang berada di perkotaan masih beruntung bisa mendapatkan pasokan listrik yang merata.

Melihat potensi yang besar di negara Indonesia terhadap energi biomassa , Maka Pemerintah melalui Kebijakan Energi Nasional (KEN) mengeluarkan beberapa solusi untuk mengatasi
kebutuhan masyarakat yang belum bisa merasakan energi listrik. Dengan konversi energi biomassa menjadi energi listrik.

Masyarakat yang Belum Bisa Merasakan Energi Listrik



Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia


Apa Itu Energi Biomassa?


Apa Itu Energi Biomassa?

Macam-macam Jenis Energi Biomassa


1. Bahan Bakar Padat Limbah Organik Atau Terurai Dari Alam


Contoh dari limbah ini adalah kayu serta limbah pertanian yang bisa dibakar dan digunakan untuk menghasilkan uap dan listrik. Sebab banyak listrik yang digunakan oleh industri dari hasil limbah yang bisa dipakai untuk menggerakkan mesin mereka sendiri (contohnya produsen furnitur).

2. Bahan Bakar Padat Limbah Anorganik


Limbah yang tidak dapat terurai oleh alam dengan sendirinya yaitu limbah anorganik misalnya plastik, kaleng, botol, dll. Limbah tenaga sampah tersebut dapat menjadi Pembangkit listrik. bekerja dengan cara yang sama sebagai pembangkit listrik tenaga batubara, kecuali bahan bakar tersebut bukan bahan bakar fosil tetapi sampah yang bisa dibakar.

3. Bahan Bakar Gas


Pernah liat tempat pembuangan sampah? Tau kah kamu kalau sampah disana akan membusuk dan menghasilkan gas metan. Jika gas metan tersebut ditampung, maka bisa langsung dimanfaatkan untuk dibakar yang mana dapat digunakan pada pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik.

Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia

Selain dari sampah, gas metan juga bisa dihasilkan dari limbah kotoran hewan dan manusia dengan proses pencernaan anaerob yaitu limbah kotoran difermentasi dalam kondisi tanpa oksigen.

4. Bahan Bakar Hayati Berbentuk Cair


Bahan bakar hayati merupakan bahan bakar yang biasanya digunakan untuk kendaraan atau mesin, Bahan bakar ini bisa digunakan sebagai tambahan atau menggantikan bahan bakar konvensional untuk mesin.

Secara simpelnya energi biomassa ada 2 jenis Limbah yaitu limbah dari tumbuhan/tanaman dan hewan.
Contoh dari limbah tanaman yaitu limbah padi, jagung, ubi kayu, kelapa, kelapa sawit dan tebu. Sedangkan dari limbah hewan biasanya berupa kotoran sapi, kerbau, kuda, dll.

Pengembangan biomassa/biogas yang paling sering untuk menghasilkan listrik adalah dengan menggunakan limbah kelapa sawit. Hal ini karena kelapa sawit lebih memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

Apa Keuntungannya?
  1. Pemanfaatan sumber energi biogas dan biomassa dari limbah kelapa sawit dapat mengatasi permasalahan kekurangan tenaga listrik, terutama untuk daerah perdesaan.
  2. Pemanfaatan sumber energi biogas dan biomassa dari limbah pengolahan kelapa sawit melalui pembangunan PLTMG secara finansial cukup menguntungkan.
  3. Pemanfaatan biogas dan biomasa dari limbah sawit akan menghemat penggunaan sumber energi tak-terbarukan, hingga mencapai 4,37 juta BOE (Barel Oil Equivalent) per-tahun.
  4. Peluang mendapatkan insentif dari pemerintah dan mendapatkan kompensasi dari protokol Kyoto akibat pemanfaatan biogas sebagai energi hijau (green energy) karena dapat mengurangi emisi CO2 di udara.

Teknologi Konversi Biomassa Menjadi Bahan Bakar


Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia
Energi biomassa seperti limbah sampah sendiri tidak bisa dianggap sebelah mata. Nyatanya dengan sedikit sentuhan sampah bisa dijadikan energi listrik tenaga sampah dan juga sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia.

Ketahui Energi Terbarukan di Indonesia
Sampai detik ini energi listrik masih dihasilkan dengan tenaga fosil sebagai komponen utamanya. Padahal potensi energi terbarukan terutama biomassa di Indonesia sangat besar jika dikelola dengan baik. Namun tak perlu khawatir, pasalnya saat ini pemerintah Indonesia sedang melaksanakan proyek pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah (PLTSa). Semoga saja hal ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya yang berada di pedesaan.

Disisi lain bisa menghemat energi listrik konvensional, hal ini juga akan membuat lingkungan sekitar terlihat bersih dari sampah.

Semoga Bermanfaat!
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

43 comments

  1. Waaah! Pas banget nih, semester 2 Rin materi Geografinya ini

    ReplyDelete
  2. Alam memang menyimpan banyak sumber energi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tinggal manusianya saja yang harus memanfaatkannya dgn baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se7 sob, saya sependapat bahwa alam Indonesia ini kaya.
      Sumber energi terutama listrik bisa didapatkan dari macam jenis energi terbarukan.

      Delete
  3. yes, saatnya beralih ke energi terbarukan,
    jurusan Perminyakan saja sudah lebih condong ke energi panas bumi skrg untuk dipelajari lebih lanjut...
    terus gali potensi Indonesia....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap.. semoga kedepannya energi terbarukan lebih banyak digunakan...

      Delete
  4. Semoga energi-energi itu semua bisa dikembangkan dan mengalirkan listrik ke desa-desa yang belum teraliri listrik.

    ReplyDelete
  5. Kreatif akan mendapatkan uang dan mendapatkan doa dari orang yang menikmati energi itu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good , bisa jadi bermanfaat untuk orang lain jika dapat mengelola energi terbarukan dengan baik.

      Delete
  6. Semoga saja semakin banyak kreativitas2 seperri ini yg beesifat masal..jd banyak yg ikut merasakan manfaatnya..

    ReplyDelete
  7. pemerataan kebutuhan listrik memang belu merata mungkin energi alternatif adalah slusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapz benar sekali. Salah satu solusinya adalah dengan mengelola potensi energi terbarukan dengan bijak..

      Delete
  8. Masih banyak saudara kita yang belum menikmati manfaatnya listrik, semoga dengan adanya energi alternatif mereka juga bisa menikmati listrik dan mempermudah kehidupan sehari-harinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Tentu saja mbak, dngn adanya pasokan energi listrik mereka akan terasa terbantu..

      Delete
  9. Sumber daya alam Indonesia berlimpah. Jika sumber daya manusia mampu menggali, maka akan menuai banyak manfaat di masyarakat.

    Kreativitas yg tinggi seperti pemanfaat biomassa dpt di gunakan sbg energi alternafi yg digunakam untuk menikmati listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapz benar sekali.
      Indonesia itu negara yang kaya terutama untuk energi terbarukan.. Tinggal kita sebagai warga negara yang baik untuk pintar dalam mengelola dan memanfaatkan potensi yang besar tersebut..

      Delete
  10. Energibyabg tak pernah habis dan selalu tersedia. Membuat semua kegiatan manusia dapat bergerak dan tentu roda perekonomian bisa berputar. Energi listrik sangat penting bagi manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga energi terbarukan karena jadi tidak akan habis..
      Benar, sangat penting sekali.
      Tanpa listrik rasanya kurang lengkap hehe..

      Delete
  11. Wah, banyak juga ternyata ya sumber energi terbarukan itu. Dan Indonesia potensinya besar banget. Kalo dilihat dari masyarakat yang belum dapet listrik, ini bisa jadi solusi yang tepat. Semoga programnya bisa terlaksana dan sukses. Dan semua orang bisa menikmati listrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak dong jenis energi terbarukan tuh..
      Apalagi di negara kita Indonesia, peluang dan potensinya itu begitu besar..

      Aamiin, semoga cepat atau lambat energi terbarukan akan merubahnya..

      Delete
  12. Baru tahu nih ada istilah sumber energi terbarukan.. Mksh infonya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama.
      Senang bisa membantu dengan konten yang Bermanfaat..

      Delete
  13. Aku membayangkan jika Indonesia di masa depan sudah pakai energi terbarukan, baik kendaraan2 maupun rumah tangga, pasti itu akan menghemat banyak sekali biaya. Selain itu ramah lingkungan. Semoga saja bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sekali itu.
      Semua beroperasi dengan energi terbarukan.. Tak terbayang bagaimana jadinya, hehehe..

      Delete
  14. Tenaga angin emang bisa ya..?
    Tapi apakah angin di Indonesia cukup memutar kincir ...gitu..

    belum paham soal tenaga angin ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angin sebagai salah satu energi terbarukan mbak.
      Sepertinya cukup mbak, melihat potensi yg besar di Indonesia.
      Apalagi sekarang di sulsel sedang ada proyek 30 Wind Turbin Generator kincir angin, yang akan menghasilkan listrik sebesar 75 Mega Watt. Pasti itu sangat membantu banget buat masyarakat disana yang belum bisa mendapatkan pasokan listrik.


      Keuntungan pakai energi angin salah satunya sih ramah lingkungan sebab membuat berkurangnya level emisi karbon dioksida.

      Delete
  15. Keren Mas.
    Sumber potensi energi terbarukan harus dikelola maksimal, demi masa depan dan roda perekonomian negara Indonesia.

    Sangat bermanfaat infonya..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mas, kudu banget itu dikelola dengan cerdas dan bijak.

      Sama-sama mas, senang bisa membantu.

      Delete
  16. Keren, Boleh nih mas akmal saya kutip sedikit artikelnya untuk dibuat konten edukasi di website saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas..silahkan,
      Senang jika dirasa artikel ini Bermanfaat..

      Delete
  17. Ada gerakan energi terbarukan dan sedang dikembangkan merupakan kabar gembira untuk warga indonesia.

    Meski sumber daya alam yang digunakan untuk konversi menjadi listrik melimpah dan alatnya mungkin saja akan disediakan oleh pemerintah, masih ada hal baik yang bisa dilakukan lagi oleh pemerintah seperti ada regulasi berupa perawatan teknologi tersebut yang bilamana alatnya rusak, pihak pemerintah harus mengirim teknisi dan tenaga ahli untuk memperbaiki alatnya supaya warga desa tetap bisa menikmati listrik untuk kebutuhan harian. Tapi kalau hanya sekedar memberi alatnya saja, dan sewaktu2 rusak serta tak ada tindak lanjut perbaikan yang ditindaklanjuti oleh pemerintah, yaudah, warga desa bakalan balik lagi ketergantungan dengan energi fosil dan energi sejenis,alhasil programnya bisa gagal.

    Kalau enggak mau repot, sediakan pelatihan untuk perawatan alat konversinya, jadi tiap desa ada tim yang bertugas melakukan maintenance teknologi terbarukan tersebut.

    Udah itu aja, semoga inovasi ini membantu warga desa mendapatkan haknya agar menikmati listrik. Dan semoga program pengadaan alat teknologi listrik energi terbarukan tidak di korupsi yang ujung2.y rakyat desa juga yang rugi karena programnya tidak merata karena terkendala pengadaan dana alat yang tidak memadai karena dikorupsi oleh pihak yang mendapatkan proyek pembangunan infrastruktur energi terbaru kan di desa seluruh Indonesia.

    Good article. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semoga dan semoga bisa jalan program energi terbarukan dengan terlaksana secara sempurna.

      Thanks atas komentar nya, bagus dan cerdas sekali. Sangat berbobot...

      Delete
  18. Pernah membahas detail juga tentang energi baru terbaharukan terutama dari sampah yang disebut Refuse Derived Fuel. Mulai dari persiapan, pengolahan sampai pemanfaatan.

    Masalah utamanya adalah kesiapan teknologi yang kita miliki dan kemudahan dalam penerapan. Jika itu sudah teratasi, maka tinggal sosialisasi ke daerah yang memiliki potensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Jadi benar ya untuk saat ini yang jadi kendala adalah alat teknologi itu sendiri dan penerapannya.

      Semoga akan bisa terlaksana menuju daerah.

      Delete
  19. Wah artikel nya panjang sekali mas,,, teknologi terbaru menghasilkan listrik dari sampah itu luar biasa mas,, dari air saja saya belum pernah coba hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih bagus menggunakan energi terbarukan. Karena sumber daya nya tidak akan habis. Berbeda dengan energi fosil yang terbatas.

      Delete
  20. Semoga saja energi terbarukan ini bisa dinikmati juga oleh saudara-saudara kita yang ada di perkampungan. Mengingat di daerah perkampungan aliran listrik masih blm merata.

    ReplyDelete
  21. Seriusan nih bisa menghemat tenaga listrik? Boleh juga nih diterapkan di rumah ya, soalnya lumayan boros pembayaran listrik setiap bulan.

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata ada banyak ya jenis2 energi terbarukan. Semoga penerapan energi terbarukan di Indonesia semakin meluas ya mas agar manfaatnya semakin terasa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih