Alasan dari Anjloknya Nilai IPO Xiaomi Pada Tahun Ini!

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Alasan dari Anjloknya Nilai IPO Xiaomi Pada Tahun Ini!
Nilai penawaran (IPO) Xiaomi, turun hingga 6% sejak debutnya pada bulan Mei kemarin yang berada pada angka HK$16,00 dibandingkan sebelumnya HK$17,00. Tentu ini menjadi angka yang sangat mengejutkan, mengingat jual-beli saham Xiaomi sedang berada pada puncaknya. Selain itu, beberapa bulan sebelumnya, Xiaomi juga baru saja meluncurkan produk terbarunya smartphone Xiaomi Note 5 yang langsung menarik perhatian para pencinta Android, khususnya di Indonesia. Terlepas dari kesuksesan produk tersebut, Xiaomi tetap harus menerima kenyataan bahwa IPO-nya telah anjlok. 

Nilai pasar Xiaomi kini berada pada angka sekitar USD 50 miliar atau sekitar IDR 777 triliun, membuatnya menjadi perusahan perangkat seluler terbesar ketiga di dunia, namun masih jauh dari target USD 100 miliar yang disebutkan pada tahun lalu. 


Meski begitu, co-founder Xiaomi, Lei Jun, tetap optimis bahwa Xiaomi mampu mendapat dana tambahan dalam jumlah yang tinggi. 


“Saya pikir harga saham jangka pendek ditentukan oleh kondisi pasar. Apa yang kami lakukan adalah fokus pada pertumbuhan jangka panjang bisnis kami,” jelas Lei Jun. 


Terkait hal tersebut, sampai saat ini belum bisa dipastikan penyebab dari anjloknya nilai saham (IPO) Xiaomi. Namun, diperkirakan adanya kemungkinan hal ini disebabkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang tengah hangat pada tahun ini. Tak hanya itu saja, prediksi faktor lainnya adalah respon negatif investor terhadap ekuitas global saat ini. 


Sebelumnya, nilai IPO Xiaomi sempat melonjak tinggi mengalahkan perusahaan raksasa teknologi seperti Apple sebesar 1,31%, Tencent Holding sebesar 3,49%, dan Facebook 2,63%. Tak lama setelah puncak keberhasilannya, Xiaomi harus mengalami sejumlah kemunduran dan terpaksa harus mengurungkan niat untuk mendapatkan nilai penawaran dengan angka tinggi. 


Hal ini juga berhasil menarik perhatian pemerintah Hong Kong, yang tahun ini telah merevisi peraturan untuk mengizinkan masuknya perusahaan teknologi dengan struktur pemilihan tidak seimbang seperti Xiaomi.


"Perusahaan-perusahaan teknologi yang ingin mendaftarkan saham mereka, perlu mengambil pendekatan yang lebih konservatif dalam penentuan harga," kata Anthea Lai, seorang analis dari Bloomberg Intelligence. 


“Para investor perlu lebih berhati-hati menempatkan uang mereka dikarenakan munculnya ketegangan perdagangan baru-baru ini.” tambahnya. 


Dalam jangka panjang, para pendukung Xiaomi berpendapat bahwa dominasi pasar-pasar utama ekspor-impor ke China, akan membantu pertumbuhan nilai saham perusahaan teknologi besar ini. 


Nilai penawaran (IPO) Xiaomi disebut-sebut sebagai perusahaan teknologi asal China terbesar dalam beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, hal ini berhasil menarik sejumlah investor A-list ke IPO-nya. Salah satunya adalah George Soros yang bergabung dengan sesama miliarder Li Ka-Shing, Jack Ma, dan Pony Ma dalam mendukung IPO Xiaomi. Investor institusional Hillhouse Capital, Qualcomm, dan China Mobile juga ikut masuk dalam list hebat tersebut. Semoga dengan dukungan tersebut, Xiaomi tetap mampu memproduksi berbagai model HP Android Terbaru.



Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Alasan dari Anjloknya Nilai IPO Xiaomi Pada Tahun Ini!

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

6 Responses to "Alasan dari Anjloknya Nilai IPO Xiaomi Pada Tahun Ini!"

  1. Saya pengguna Xiaomi dan berharap agar Xiaomi tetap jaya memproduksi HP-HP kece yang harganya senantiasa terjagkau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, saya juga pengguna xiaomi.

      Bener semoga xiaomi makin jaya dan berkembang, sehingga dapat mengeluarkan produk smartphone baru lainnya.

      Delete
  2. berat bahasannya ada IPO segala euy...kagak paham aku kak

    ReplyDelete
  3. Wuah, aku pengguna xiaomi nih

    turut sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, saya juga pengguna xiaomi.

      Iya bener, turut sedih juga sih.

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih