Ketahui Jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Konten Gaptek - Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) terbuat dari Vinyl bahan semacam plastik. Pemasangan dan penyambungan pipa PVC membutuhkan aksesori. Banyaknya jenis sambungan pipa tersebut diadakan untuk instalasi air yang tidak selalu lurus dan pasti akan terjadi sambungan, belokan, dan lain sebagainya.

Ketahui Jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya
Image Source : Pastigroup.co.id
Berikut jenis sambungan PVC yang sering digunakan:
  

Shock Pipa PVC


Shock pipa PVC ini berfungsi untuk menyambung dua bagian yang lurus dari pipa PVC atau accessories pipa PVC lainnya. Sambungan ini terdiri dari enam jenis :

  1. Pertama, shock pipa PVC polos yang sering digunakan menyambung pipa yang ujungnya tidak memiliki drat atau ulir. 
  2. Kedua, shock PVC drat luar atau pipa yang kedua ujung memiliki drat atau ulir di bagian luar.
  3. Ketiga, shock PVC drat dalam. Kebalikan dari jenis sebelumnya, sambungan ini memiliki drat pada bagian dalam di kedua ujungnya. 
  4. Keempat, shock PVC drat luar polos, yakni sambungan yang salah satu ujungnya memiliki drat di bagian luar dan ujung lainnya polos atau tanpa drat. 
  5. Kelima, shock drat dalam polos, yakni sambungan yang salah satu ujungnya memiliki drat pada bagian dalam dan ujung lainnya tanpa drat
  6. Keenam, shock PVC drat luar-dalam, yakni sambungan yang kedua ujungnya memiliki drat luar dan dalam.

Elbow PVC 9


Sambungan elbow memiliki dua jenis, yaitu 90 dan 45. Sambungan 90 yaitu sambungan yang digunakan untuk membelokkan pipa ke kanan, kiri, atas, atau bawah dengan sudut 90 derajat. Sedangkan sambungan 45 bisa untuk membelokkan dengan sudut 45 derajat.

Water Mur PVC


Sambungan pipa jenis ini biasa digunakan pada dekat pompa atau filter air. Fungsi sebenarnya hampir sama dengan shock tetapi dapat dibuka drat-nya untuk perawatan atau jika terjadi sumbatan. Bentuknya berupa roda di bagian tengah dan kedua ujungnya lebih kecil.

T PVC


Sambungan pipa jenis ini sangat sering kamu jumpai di rumah. Beberapa teknisi pasti memakai sambungan T PVC ini. Fungsinya digunakn sebagai percabangan jalur yang tadinya 1 sumber jalur menjadi 2 sumber jalur. Itulah alasan sambungan ini dinamakan sambungan T.

Reduser PVC


Sambungan yang dinamakan reduser ini memiliki fungsi untuk menyambungkan kedua pipa yang ukurannya berbeda misalnya pipa 1 inci akan disambung dengan pipa berukuran ¾ inci, maka sambungan ini sangat diperlukan. Sambungan ini memiliki ukuran tiap ujung yang berbeda.

P-TRAP PVC


Sambungan ini berfungsi menyambungkan pipa dari posisi atas ke posisi samping, dan pada bagian bawah terdapat tutup yang bisa dibuka. Jika terjadi sumbatan atau kerusakan, kamu bisa memutarnya untuk melakukan pengecekan. Bentuknya seperti cabang tanaman.

Kamu tidak perlu khawatir jika akan membelokkan pipa atau membuatnya bercabang beberapa jalur. Gunakan sambungan pipa Rucika sebagaimana yang tertera di atas. Setiap sambungan bisa disesuaikan penggunaannya di rumah. Semakin paham setiap jenis dan fungsinya, maka semakin mudah untuk menggunakannya.




» Thanks for reading: Ketahui Jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

0 Response to "Ketahui Jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih