Masa Muda Untuk Berbisnis, Masa Tua Untuk Bahagia

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh

Masa Muda Untuk Berbisnis, Masa Tua Untuk Bahagia
Image Source : ekonomi.kompas.com
Konten Gaptek - Hallo guys, balik lagi di blog saya yang alakadarnya ini. Oke pada ulasan kali ini saya akan membahas sebuah tips dan trik menjadi pebisnis muda dengan metode yang sudah saya terapin dan tentunya juga mengikuti jejak kisah para pebisnis lain yang sudah sukses.

Kalo ngomongin masalah bisnis pasti yang terlintas di pikiran orang adalah sesuatu hal yang sulit untuk dikerjakan, karena beralasan harus mempunyai modal ini itulah. Padahal sebenarnya asal kita mau berusaha pasti akan ada jalannya. Persepsi dan tujuan manusia di zaman now ini ketika setelah selesai menempuh pendidikan baik itu sekolah maupun kuliah maka yang dilanjutkan adalah bekerja di perusahaan orang sebagai karyawan/kantoran.

Kenapa kita harus menjadi karyawan, kenapa kita tidak menjadi boss yang memiliki banyak karyawan. Selagi kita memiliki potensi skill dan bakat yang memumpuni why not?

Sebab sangat disayangkan apabila kemampuan yang kamu miliki tidak diasah dan terus dikembangkan. Berbisnis yang saya maksud disini adalah banyak sekali jenisnya misal : bisnis di bidang jasa, bisnis di bidang marketing atau penjualan, dll.

Khususnya anak muda yang masih umur belasan sekalipun, dia pasti bisa berbisnis atau menjadi pengusaha selagi ada niat dan tekad serta kesungguhan. Umumnya yang saya liat di masyarakat para pemuda-pemudi mereka hanya menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang dan bermain, padahal waktu tersebut bisa dipakai untuk hal yang lebih bermanfaat terutama belajar berbisnis.

"Pemuda hari ini adalah pemimpin esok hari"
Saya pun sampai sekarang bertekad untuk menjadi pengusaha yang memiliki bisnis, meskipun masih bisnis kecil-kecilan tapi tidak apa-apa.
Dahulu pebisnis yang sudah sukses pun mereka memulainya dari nol , bukan langsung sukses seperti yang kita lihat sekarang.

Nah sebelum kita memulai menjadi pebisnis anda harus persiapkan mental dan luruskan niat terlebih dahulu, sebab jangan sampai bisnis yang sudah kita jalankan nantinya malah putus di tengah jalan. Oke kita masuk ke persiapan apa saja sih untuk menjadi pebisnis ? Simak ulasan ini sampai selesai.

Sifat Yang Harus Dimiliki Pebisnis


1. Percaya Diri


Semua berawal dari dari diri kamu sendiri, kalo kamu mau menjadi pebisnis harus memiliki mental percaya diri yang kuat. Sebab didalam bisnis pasti nanti akan ada masalah dari sisi internal maupun eksternal, misalnya banyak orang yang mencemooh kamu bahwa bisnis yang kamu jalankan tidak akan berkembang.

Nah, kamu harus siap mental terhadap hinaan orang-orang tersebut, jangan sampai kamu pesimis kepada kemampuan mu sendiri. Percaya diri saja bahwa kamu bisa menjalankan nya semua selagi kamu tetap semangat berusaha.

Kepercayaan diri itu perlu untuk dapat berprestasi, termasuk membawa poduk lokal menjadi go internasional, ungkap pebisnis muda.


2. Semangat Tinggi


Kalo kamu mau memulai berbisnis pastikan kamu adalah tipe orang yang senantiasa bersemangat dalam hal apapun. Sebab bisnis akan sulit untuk berkembang jika kamu tidak memiliki semangat yang tinggi.

Usahakan untuk selalu cepat dan cekatan jangan selalu menunda nunda pekerjaan , itu point penting dalam berbisnis.

3.Pemberani


Seorang pebisnis besar pastilah mereka memiliki sifat yang demikian, pemberani maksudnya adalah berani menanggung dan menghadapi segala resiko dalam berbisnis.

Kamu harus berani bersaing dengan para pebisnis lain untuk menjadi yang terbaik diantara mereka.

4. Kreatif dan Inovatif


Banyaknya pesaing dalam berbisnis membuat kamu harus berbeda dalam dunia bisnis. Kamu harus memiliki ciri khas yang unik dalam bisnis mu yang sekiranya belum ada yang menjalankan bisnis tersebut agar menjadi nilai plus dan keunggulan tersendiri bagi bisnismu.

“Jika sudah berbeda, ada nilai tawar lebih tinggi yang bisa kita ekspose ke dunia luar” ungkap salah satu pengusaha muda.

Misalnya jika sudah banyak yang menjalankan bisnis A, maka cobalah kamu menjalankan bisnis B. Sebab perbedaan inilah yang menjadikan bisnismu lebih dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu kreativitasmu disini sangat diperlukan untuk membuat bisnis yang kamu jalan kan akan berkembang pesat.

5. Rendah Hati


Jika kamu telah menjadi pebisnis besar yang sukses baik di kancah national maupun sudah international. Cobalah untuk tetap rendah hati dan mau membantu dengan berbagi ilmu yang kamu miliki kepada orang lain. Tidak perlu takut akan tersaingi, sebab ilmu akan terus bertambah jika kamu ajarkan kepada orang lain.

Seperti salah satu pebisnis muda yang telah sukses , dia mengatakan "Berapa banyak orang yang bisa sukses karena merasa terbantu oleh saya, adalah sebuah kesuksesan bagi saya" .

"Ilmu yang bermanfaat adalah yang bisa dibagi sebanyak mungkin kepada orang banyak" Tambah tutur dari seorang pebisnis muda.
Nah, itulah sifat yang harus dimiliki pebisnis.
Selanjutnya kita masuk tips  apa aja sih untuk memulai bisnis , terutama untuk pemula yang baru mau memulainya.

Tips Memulai dan Menjadi Pebisnis Untuk Pemula


Melihat minimnya orang yang berminat menjadi pebisnis, membuat saya tertarik untuk menuliskan ulasan seputar tips bisnis buat kamu dan terutama saya sendiri yang baru merintis bisnis kecil-kecilan.
Baiklah berikut dibawah ini :

1. Ketahui Bakat dan Minat


Sebelum memasuki dunia bisnis, perlulah kamu ketahui terlebih dahulu apa sih bakat dan minat mu. Kalau bakat kamu dibidang fashion kamu bisa berbisnis dengan membuka usaha salon perawatan kecantikan dan sejenisnya. Kalau bakat kamu di bidang montir maka kamu bisa berbisnis jasa dengan membuka bengkel.

Atau kamu mempunyai bakat di bidang penjualan, kamu bisa memulai bisnis seperti membuka kios atau kedai.

2. Pelajari Seluk Beluk Pebisnis Lain


Point no 2 ini bukan berarti kamu harus meniru dan mencontek bisnis orang lain, akan tetapi yang dimaksud adalah kamu harus mengetahui sebab akibat dan cerita perjalanan para pebisnis yang sudah sukses hingga Go Internasional.

3. Haus Akan Ilmu


Kamu tidak boleh merasa puas dengan ilmu yang kamu miliki, tetaplah belajar dan mengambil ilmu kepada para pebisnis lain yang telah berpengalaman. Kamu pun harus meminta saran dan kritik dari orang lain terhadap bisnis yang kamu jalankan.

4. Keuangan Yang Memadai


Pastikan kondisi keuanganmu cukup memadai untuk memulai bisnis, sebab beberapa bisnis akan memerlukan biaya modal yang tidak sedikit.
Jadi, jangan takut untuk mengeluarkan modal besar.

Orang bijak berkata : “Kalo kamu mau dapat paus, cobalah untuk membuang hiu”.

Maksudnya adalah kalo kamu mau penghasilan yang besar, kamu pun harus mengeluarkan modal yang besar juga.

5. Konsisten Pada Satu Bisnis


Kalo kamu baru mau memulai berbisnis , kamu jangan mudah tergiur dengan bisnis-bisnis lain ketika kamu telah menjalankan satu bisnis. Sebab, kamu harus fokus pada 1 bidang bisnis yang kamu sukai
Jangan sampai ikut-ikutan orang lain , yang mana bisnis tersebut tidak sesuai dengan bakat dan minat kamu.

Nah itulah 5 point tips berbisnis untuk pemula.


Wempy Dyocta Koto Investor


Memasuki dunia bisnis bisa dibilang bukan hal yang sulit, namun juga tidak bisa dianggap enteng. Kamu harus banyak belajar dari pebisnis besar yang sudah menjadi orang besar nan sukses, seperti saya dalam menulis ulasan ini yang mengambil kisah dari pebisnis sekaligus seorang pengusaha besar.

Siapa sih orangnya , yang dari tadi saya singgung diatas?
Yapz, Orang yang saya maksud itu adalah "Wempy Dyocta Koto"

Wempy Dyocta Koto

Pasti udah gak asing dong ditelinga kamu, Wempy merupakan seorang pria berkelahiran di tanah sumatra padang panjang. Wempy menjadi seorang Pebisnis yang namanya sudah terkenal di mata para pengusaha, pebisnis, dan pelaku UMKM di Indonesia. Wempy ini lah Chief of Officer (CEO) sekaligus orang yang mendirikan Wardour and Oxford.

Wempy telah berhasil mengubah mindset para pemuda Indonesia untuk menjadi pebisnis sukses, dan Wempy pun berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan membawa produk lokal menjadi Go Internasional. Namanya pun kian hari makin terkenal di dunia nyata maupun di sosial media.


Masa Muda Untuk Berbisnis, Masa Tua Untuk Bahagia

Wempy sejak kecil memang sudah cerdas dalam berbisnis semenjak dirinya menginjak bangku kuliah di Sydney Australia Wempy memulai bisnisnya. Bahkan di usianya yang masih muda dia telah berhasil menjadi pebisnis besar sampai menuju luar negara Indonesia. Ia menghabiskan waktunya di luar negeri untuk menuntut ilmu dan belajar. Lalu setelah kepulangannya dari luar negeri Wempy kembali ke tanah air Indonesia untuk mensukseskan para pemuda-pemudi Indonesia.

Saya pun sangat terinspirasi dari sosok Wempy yang tak pernah lelah untuk memberikan ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain, baik muda maupun tua. Ingin sekali rasanya saya menjadi muridnya, pasti kamu pun begitu kan. Tenang saja, walaupun kita tidak bisa menjadi muridnya langsung kita tetap bisa mengambil ilmu dari Wempy dengan melihat video-video nya di youtube dalam mengisi materi perihal bisnis.

Kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut dan belajar dari Wempy Dyocta Koto melalui Akun sosial media instagramnya @wempydyoctakoto .

Yuk sekarang kita harus tekuni bidang bisnis masing-masing, dan semoga kita bisa menjadi pebisnis muda yang sukses seperti Wempy Dyocta Koto. Aamiin.

Sekian dari saya, Semoga Bermanfaat!



» Thanks for reading: Masa Muda Untuk Berbisnis, Masa Tua Untuk Bahagia

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

0 Response to "Masa Muda Untuk Berbisnis, Masa Tua Untuk Bahagia"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih