Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh
Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : www.payfazz.com
Konten Gaptek - Peranan Fintech di dunia digital, apakah membawa pengaruh positif atau malah negatif dan menimbulkan masalah?
Mengapa bisa terjadi konflik antara sisi positif dan negatif atas kehadiran fintech?
Ketahui jawabannya pada ulasan artikel saya kali ini.

Oke, untuk mengetahui fintech itu solusi atau malah masalah akan kehadirannya, kita perlu ketahui dulu apa saja jenis bisnis dalam fintech. Sehingga nanti akan bisa kita simpulkan inti dari keseluruhan artikel ini.

Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Ngomongin masalah fintech, kemarin aku baru saja menghadiri acara Blogger X Fintech Day , disana terdapat StartUp Fintech yang cukup terkenal dan sudah populer yakni KreditCepat dan CashWagon.

Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Selain 2 StartUp tersebut , terdapat pula StartUp Fintech lainnya yaitu (KreditCepat,  Aktivaku, Taralite, Uangme, Pinduit, dan Danain).

Baiklah kita kembali ke topik ulasan kali ini, silahkan dibaca sampai selesai.

Jenis Bisnis Dalam Fintech


Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : www.trentech.id
Jenis dan kategori bisnis dalam dunia fintech sangat banyak jenisnya, seperti yang sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya tentang fintech. Saya disini hanya akan memberikan penjelasan lebih detail terhadap jenis bisnis tersebut. Oke apa saja bisnisnya?

1. Proses jual beli saham.


Kamu yang gemar dalam membeli saham, bisa mencoba salah satu jenis fintech ini. Dengan bantuan fintech ini kamu akan bisa menabung dan berinvestasi saham dengan metode digital yakni secara online.

2. Pembayaran.


Fintech jenis ini contohnya adalah pembayaran dengan metode uang digital/elekronik. Yapz ibaratkan sebuah dompet elektornik diantara nya adalah kartu debit, kartu kredit, e-money, dan lain-lain.

3.Peminjaman Uang (Peer To Peer lending)


Perekonomian dan masalah finansial kamu sedang bermasalah, jangan khawatir kamu bisa mencoba fintech jenis ini. Dengan meminjam uang sebesar nominal yang kamu inginkan dan jangka tenor terencana.

Fintech ini bisa kamu gunakan untuk meminjam uang yang bisa kamu gunakan untuk menanam modal, biaya kebutuhan hidup, membayar hutang, dan lain sesuai kebutuhan dirimu masing-masing. Kamu bisa mencoba fintech jenis ini melalui StartUp fintech KreditCepat dan CashWagon.

4. Transfer Penggalangan Dana


Fintech CrowFunding , jenis fintech ini bisa dijadikan sebagai ladang mencari pahala, tentu saja salah satunya adalah jenis fintech ini. Fintech yang memberikan penawaran untuk kamu yang ingin dan bersedia memberikan sebagian harta untuk disedekahkan kepada yang lebih membutuhkan seperti korban bencana alam, fakir miskin, yatim piatu, dll.

5. Investasi Retail


Fintech memberikan kemudahan bagi anda yang ingin berinvestasi terutama pada jenis retail. Jenis fintech ini sangat membantu toko-toko swalayan seperti alfamart, alfamidi, indomaret, dll.

6. Perencanaan keuangan (Personal Finance)


Merencanakan keuangan kini makin terbantu dengan kehadiran fintech di zaman now seperti sekarang. Kita bisa menemukan dan berkonsultasi perencanaan keuangan langsung kepada pakar dalam urusan finansial, sehingga keuangan kita akan lebih terencana dan teratur.

7. Pengiriman Uang


Fintech jenis ini memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin melakukan pengiriman uang antar negara. Misalnya seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin melakukan pengiriman uang, akan terapi dia tidak memiliki akses perbankan, maka dia bisa mencoba fintech jenis pengiriman uang.

Nah itulah jenis fintech , sekarang kita masuk kepada manfaat fintech.
Apa saja sih?

Manfaat Kehadiran Fintech

Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : finance.detik.com
Kita bisa mengetahui apakah fintech benar menjadi solusi , dengan melihat sisi dari segi kemanfaatannya. Baiklah apa saja manfaat nya?

1. Pinjam Uang Lebih Mudah


Yapz bener aja sih, kehadiran fintech di era digital seperti sekarang merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kekurangan masalah finansial dan ekonomi di kalangan masyarakat. Jika kamu memerlukan uang untuk kebutuhan hidup maka fintech bisa dijadikan alternatif untuk tempat meminjam uang, dan proses nya pun juga sangat mudah dan cepat dana akan segera cair.

Jadi mulai sekarang tidak ada alasan, tidak bisa membiayai kebutuhan hidup. Karena kini ada fintech sebagai solusi dari itu semua. Nah kamu bisa mencoba nya dari sekarang salah satunya adalah Fintech dari KreditCepat dan CashWagon.

2. Pembayaran Semakin Simpel


Kalau dahulu setiap transaksi bisa dilakukan dengan cara barter atau tukar barang dengan barang, kemudian berubah zaman menjadi dengan pembayaran nelalui uang cash. Maka kini di zaman now yang serba digital telah hadir e-money atau uang digital.

Ini merupakan faktor positif yang diberikan oleh fintech, kita tak perlu membawa uang kemana-mana. Tapi cukup membawa sebuah kartu yang cukup ringan dibawa kemana-mana kita sudah bisa melakukan berbagai transaksi seperti belanja, naik angkutan umum, bayar tol, bayar parkir, makan di restoran, dll.

Selain ada e-money masih ada lagi e-wallet, kartu debit, kartu kredit, dan bahkan kini bayar angkutan umum bisa menggunakan saldo ovo.
Zaman benar-benar berubah dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

3. Konsultasi Keuangan


Apakah keuanganmu sering bermasalah? Padahal gaji dan pemasukan yang kamu dapatkan jauh lebih besar daripada pengeluaran mu. Tapi mengapa ini bisa terjadi?

Sebab kurangnya pengetahuan cara mengelola keuangan dengan benar dan baik, nah untuk itu fintech hadir untuk memberikan bantuan bagi siapapun yang ingin berkonsultasi perihal finansial langsung kepada para pakarnya.

4. Perencanaan Investasi Menjadi Teratur


Hampir sama seperti point no 3, fintech dapat membantu kamu dalam merencanakan investasi yang akan kamu jalankan. Nanti kamu akan mendapatkan bimbingan dan nasehat melalui situs web nya fintech yang menyediakan jenis ini.

5. Ladang Pahala


Wah kok bisa? Yap tentu saja bisa , sebab ada jenis fintech crowfunding yang menyediakan penggalangan dana bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian hartanya. Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu para korban bencana atau pun kegiatan bakti sosial, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diambil dari kehadiran fintech. Sekarang kita masuk ke dalam kekurangan dan kelemahan fintech. Apa saja sih?

Ancaman Kehadiran Fintech

Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : infocoin.net

1. Banyaknya StartUp Fintech Ilegal


Ini yang perlu kita waspadai, karena saking banyaknya StartUp Fintech akhirnya pun muncullah StartUp ilegal yang tidak memenuhi syarat dan tak terdaftar di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya hal ini bisa mengesahkan masyarakat, jadi kamu harus cermat dan teliti.
Periksalah kembali perusahaan fintech yang resmi telah terdaftar di situs OJK.

2. Pesaing Perbankan


Bagaimana tidak, kehadiran fintech yang masih baru sudah sangat populer dan banyak yang menggunakan jasa dari berbagai jenis fintech dikarenakan proses nya yang mudah serta cepat.
Contohnya adalah meminjam uang di fintech lebih mudah dan simpel daripada harus ke bank yang lumayan rumit.

Fintech menjadi ancaman bagi perbankan, dengan memberikan dampak digitalisasi perbankan akan memangkas margin hingga sekitar 16%. Menurut Bapak Leonardo Koesmanto selaku Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia mengungkapkan bahwa sekitar 30% pekerjaan di bank akan hilang lima tahun kedepan. Oleh karena itu jika tidak ingin tenggelam, perbankan konvensional harus berani menyesuaikan pada perubahan saat ini.

3. PHK Masal Karyawan Bank


Tentu saja dengan kehadiran fintech membuat masyarakat akan beralih dari bank menuju fintech, sebab pelayanannya dan proses yang lebih mudah dengan teknologi digital. Dan ini akan menjadi ancaman besar bagi para karyawan bank khususnya Customer service, Teller, Back Office.

4. Timbulnya Sikap Ingin Serba Cepat Instant


Mengapa demikian?
Yapz tentu saja, karena fintech menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Semuanya dibuat lebih gampang hanya dengan melalui gadget. Diantaranya adalah perusahaan StartUp ojek online ada GOJEK, pinjam uang lewat online, pesan tiket travelling online, beli pulsa online, dll. Semuanya bisa kita dapatkan dengan duduk santai di rumah Melalui smartphone pun sudah bisa.

Nah dari ulasan di atas, kita telah bisa mengambil kesimpulan tentang kehadiran fintech di dunia digital antara ancaman atau solusi?
Kalo saya sih, kehadiran fintech adalah solusi yang membantu dan membawa positif. Kalo kamu?

Sekian Ulasan Kali Ini.
Semoga Bermanfaat!

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh
» Thanks for reading: Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

32 Responses to "Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?"

  1. Karena banyaknya orang/organisasi yang terjun ke fintech, kita harus pintar-pintar memilih mana yang terbaik untuk kita.

    Btw, background-nya jangan item dong, mendingan warna cerah, hehe... *I'm sorry*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yg sesuai dan pastinya telah terdaftar di OJK.

      Gapapa mas, ini seleraku saja baground warna hitam, hehe..

      Delete
  2. Solusiini. Dan cari yang sudah masuk dalam daftar OJK terus komit bayar. Selesai hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus teliti , jngn smpe dapet fintech yg ilegal.
      Bayar wajib dong, hehe.

      Delete
  3. Menurutku, asal kita sudah tahu semua S&K sih, dan kita juga menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, Fintech jadi solusi yang pas. Tapi kalo sekadar buat memenuhi gaya hidup, apalagi tanpa mengetahui S&K sampe detil, fintech malah bisa jadi masalah buat kita Semoga banyak yang mendapat manfaat ya dari fintech ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali mbak.
      Yg penting udh paham bener dengan fintech dan syarat untuk meminjamnya.

      Kalo hanya sekadar gaya-gayaan , mendingan jangan deh ya.. Hehe.

      Delete
  4. Ibarat pisau ya, kalau kita gunakan untuk mengiris bawang hasilnya jadi positif. Sebaliknya kalau menusuk orang bakal jadi bencana.

    Bersikap bijak dalam menggunakan fintech supaya kita terhindar dari hal yang merugikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak,

      Btw, tapi pembahasan disini tentang kehadiran fintech nya mbak, bukan pengguna fintech.

      Delete
  5. Sekarang jamannya digital ya, pinjam uang pun bisa secara Online . Tapi kudu jeli ya memilih perusaan fintech yg baik agar tidak terjebak utang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak, semuanya makin simpel sekarang. Serba digital.

      Nah itu, kudu teliti ngecek startup fintech yang terdaftar di OJK.

      Delete
  6. Setuju banget lah kalau fintech sekarang itu solusi karena kemajauan zaman dgn teknologinya yg semakin canggih tak bs dihindari dan itu akan mempengaruhi hampir semua bidang kehidupan termasuk keuangan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.
      Semua berubah mengikuti seiring perkembangan zaman..

      Bahkan sudah meranah pada keuangan sekarang dilakukan serba digital.

      Delete
  7. sekarang startup crowdfunding banyak juga ya..bagus nih terutama untuk proyek proyek amal

    ReplyDelete
  8. Fintech saat ini memang sedang berkembang. Misinya bagus dan bisa membantu dalam pendanaan, dari pinjaman hingga pengumpulan uang. Namun , tetap harus hati-hati dan bisa membedakan fintech yang legal dan fintech ilegal agar aman dalam bertransaksi keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali mbak.
      Untuk yg lagi butuh dana, bisa dengan fintech peer to peer.

      Pastinya harus yang legal dan terdaftar di OJK.

      Delete
  9. Jadi fintech itu sebuah platform atau aplikasi kah?
    maaf ni belum mudeng, apakah ada artikel yang membaas secara dasar fintech ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis fintechnya mas, ada yg berbentuk platform contohnya fintech peer to peer lending.

      Delete
  10. Mantap
    Teknologi semakin berkembang d

    ReplyDelete
  11. Benar sekali dengan suksessnya fintech nanti, justru itu akan banyak fintech ilegal yg akan memanfaatkan momentum ini..

    ReplyDelete
  12. e money ini mulai semakin banyak sekarang pilihannya dan persaingan juga semakin berat nampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar uang elektrik / digital makin banyak, itu masih berkaitan dengan fintech

      Delete
  13. Emang sih gan sekarang ini aja starup fintech yg ada masih menyisakan pro dan kontra, terkait persyaratan yang mudah dan payung hukum yg perlu dikaji ulang.... keren gan artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas kunjungannya gan.
      Senang bisa membantu.

      Delete
  14. Saat ini banyak sekali aplikasi ttg fintech ya.. semoga banyak membantu terutama para umkm dan ukm yg mempecepat pertumbuban ekonomi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali.
      Semoga bisa ngebantu para umkm baik yg baru maupun lama.

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih