Mau Beli Jaket? Berikut Jenis Jaket dan Tips Memilihnya

Mau Beli Jaket? Berikut Jenis Jaket dan Tips Memilihnya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Gaya berpakaian menjadi hal yang tak bisa bisa dipisahkan dari seseorang, dengan banyaknya jenis pakaian yang dapat membuat diri menjadi lebih terlihat keren dan tampil modis pun sudah beragam jenisnya, salah satunya adalah jaket. Siapa sih orang tidak suka  atau tidak pernah memakai jaket? Pasti sangat jarang sekali bukan, jaket sudah menjadi pakaian yang selalu menemani kita sehari-hari.

Apalagi ditengah cuaca seperti sekarang ini yang sedang tidak menentu, kadang hujan dan kadang juga panas. Membuat kamu harus siap dan antisipasi dengan memakai jaket yang sesuai dengan keadaan cuacanya. Saya sendiri begitu suka memakai jaket, kemana saya pergi tidaklah pernah ketinggalan dengan yang namanya jaket.

Apalagi saat ini sekarang saya sering bepergian jalan-jalan ke tempat wisata seperti curug dan puncak. Pasti disitu mau tidak mau saya membutuhkan jaket karena suasana di sana begitu dingin. Mengapa saya katakan demikian? Karena saya pernah mengalami sendiri ketika saya pergi jalan-jalan bersama teman saya ke kawasan puncak dimana kawasan tersebut begitu dingin cuacanya sampai membuat tubuh saya menggigil. Ya buat kamu yang sudah pernah pergi ke puncak pasti tau lah bagaimana keadaan udara dingin yang ekstrem diatas puncak sana.

Untungnya sebelum berangkat dari rumah saya sudah siap memakai jaket yang siap melindungi kulit dari cuaca yang begitu dingin, sampai sekarang saya kalau ingin pergi akhirnya sering memakai jaket untuk antisipasi. Nah, ngomongin masalah jaket saya ingin membagi tips dalam memilih dan membeli jaket nih buat kamu semua yang sedang/akan membeli jaket.

Jenis-Jenis Jaket


Kamu tau ga sih kalau jaket itu banyak banget jenisnya, tidak hanya satu atau dua pilihan saja jenisnya. Berikut ini berbagai jenis jaket :

1. Jaket Hoodie  (Sweater)


jaket hoodie
Image Source : blibli.com
Jaket yang paling sering kita jumpai dan cukup populer di Indonesia adalah jaket sweater, dengan jenis bahan yang tebal dan nyaman dipakai dapat membuat hangat dan melindungi tubuh dari cuaca saat dingin. Selain dapat melindungi dari dingin jaket jenis ini juga cocok kok dipakai saat cuaca sedang panas.

Kalau kamu mau membeli jaket, mungkin ini salah satu rekomendasi jenis jaket yang cocok dan pas. Namun perhatikan juga sesuai dengan kebutuhan kamu yaa sob.

2. Jaket Bomber


Jaket Bomber
Image Source : blibli.com
Kemudian ada jenis jaket bomber yang berciri khas dengan bentuknya yang besar dan tebal, sangat cocok dipakai buat seseorang yang memiliki postur badan yang besar. sebab jaket ini juga mampu membuat siapapun orang yang memakainya menjadi terlihat lebih berisi badannya bagaikan berotot. Bagi para olahragawan dan kamu yang gemar dengan aktivitas kebugaran jasmani tidak ada salahnya jika kamu memakai jaket bomber.

3. Jaket Denim


Jaket Denim
Image Source : blibli.com
Ini adalah salah satu jaket yang cukup sering saya lihat keberadaannya, banyak juga para anak sekolah atau mahasiswa yang mengenakan jaket jenis ini. Karena bahannya yang terbuat seperti celana jeans, jadi jaket denim cocok dikombinasikan dengan memakai celana jeans pula.

Jaket denim cocok digunakan untuk kalangan muda maupun yang sudah dewasa sekalipun akan tetap terlihat elegan dan kece maksimal saat mengenakan jaket denim.

4. Jaket Catenzo / Palka


Jaket Catenzo
Image Source : blibli.com
Jaket jenis ini di Indonesia belum lama sempat mendadak populer dan booming setelah banyak orang yang menggunakannya, apalagi jaket Palka dapat melindungi badan dari cuaca yang begitu dingin dengan material bahan utamanya yaitu nilon.

Jaket palka juga tersedia untuk kamu kaum lelaki maupun pria, tentu saja dengan model yang berbeda.

5. Jaket Kulit


Jaket Kulit
Image Source : blibli.com
Jaket dengan material bahannya yang terbuat dari kulit membuat siapa saja yang memakai jaket ini terlihat kece maksimal, dan juga karena dari kulit jaket inipun menjadi terkesan mahal saat dipandang mata. Tunggu apalagi kalau kamu terkesan segera dibeli hehe.

6. Jaket Blazer


Jaket Blazer
Image Source : blibli.com
Jaket jenis ini berbentuk mirip seperti jas, mungkin masih sedikit orang yang menggunakan jaket blazer di Indonesia sehingga terkesan asing didengarnya. Tapi jaket ini juga tidak kalah keren dengan jaket yang lainnya kok, harganya juga relatif terjangkau.

7. Jaket Varsity


Jaket Varsity
Image Source : blibli.com
Jaket varsity dengan bahan utama material pembuatannya adalah dari katun sehingga jaket ini begitu tebal. Kamu dapat memakai jaket ini untuk bepergian jalan-jalan dan juga untuk ke sekolah / kampus, hati-hati ya setelah memakai jaket ini nanti banyak perempuan yang naksir kamu lagi hehe.

8. Jaket Clover / Rompi


jaket rompi
Image Source : blibli.com

Nah yang terakhir ada jenis jaket Clover / rompi, jaket ini yang sering kali digunakan oleh anak motor atau pembalap. Jika kamu pernah melihat anak motor dan pembalap motor pasti mereka kerap sekali memakai jaket rompi / clover seperti yang pernah kamu lihat. Biasanya polisi pun suka mengenakan jaket ini ketika sedang mengendarai motor. Kalau kamu merupakan pecinta otomatif terutama di motor mungkin jaket jenis ini patut kamu gunakan sekarang juga, supaya dirimu terlihat semakin memukau.

Tips Dalam Membeli Jaket


Ketika akan membeli jaket, kamu pun harus memiliki rencana jaket apa yang akan kamu beli dan gunakan nantinya. Jangan sampai kamu salah memilih dan tidak tau jaket apa yang kamu butuhkan, begitupun juga kamu harus kategorikan dan bedakan jaket sesuai dengan kegunaannya seperti antara jaket yang untuk bepergian atau hanya sekedar dipakai dirumah saja.


Kalau mau tau apa aja itu tipsnya? Berikut silahkan disimak.

1. Jenis Jaket


Seperti yang sudah saya berikan contoh beraneka ragam jenis jaket di pembahasan sebelumnya. Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan untuk apa kamu akan memakai jaket tersebut. Jangan sampai salah menggunakan jaket dan tidak sesuai dengan tempatnya misalnya kamu sedang kerja tapi menggunakan jaket jenis Clover, yang ada nanti kamu bukannya terlihat keren dan disanjung orang tetapi malah kamu ditertawakan hehe..

2. Ukuran Jaket


Ukuran jaket juga begitu penting dong saat ingin membeli jaket, kan repot kalo misalnya kamu main asal beli jaket tanpa mengecek dan mengetes nya dulu saat membelinya, apakah ukurannya muat tidak kebesaran atau kekecilan di badan kamu. Tapi saran dari saya adalah ketika membeli jaket pilihlah yang ukurannya lebih besar dari ukuran baju yang kamu pakai, hal ini supaya jaket tersebut dapat menutupi seluruh baju dalam.

3. Warna Jaket


Banyaknya pilihan warna jaket jangan membuat dirimu menjadi ababil (ABG Labil) hehe, bukanlah hal yang lucu jika kamu bingung sendiri ketika ingin membeli jaket. Yang mengetahui bagus atau tidaknya dan cocok nya adalah kamu sendiri, belilah jaket yang sesuai dengan warna favoritmu. Biasanya antara lelaki dan wanita memiliki warna yang cenderung berbeda, tapi tidak mengapa jika memakai warna jaket yang sama misalnya untuk couple pasangan kekasih hehe.

4. Bahan Jaket


Beragam jaket yang terbuat dari bahan material yang berbeda-beda membuat dan memberikan kesan yang berbeda pula saat dipakai. Kamu harus menyesuaikan kondisi cuaca yang sedang tidak menentu ini dengan menggunakan bahan jaket yang cocok, untuk itu kamu tak cukup mempunyai satu jenis jaket saja, tapi cobalah agar memiliki paling tidak minimal 3 jenis jaket.

5. Harga Jaket


Yang terakhir pada point 5 ini adalah masalah harga, ketika point 1 sampai 4 sudah kamu pertimbangkan dengan cukup matang dan sudah keputusanmu sudah bulat untuk membeli jaket yang telah ditentukan. Tetapi disisi lain juga kamu harus melihat kondisi keuanganmu, belilah jaket yang memang kamu rasa memiliki harga relatif murah dan pas dengan uang yang kamu punya.

Oke itulah mungkin yang dapat saya share pada ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment