Alexa Rank : Pengertian, Cara Mengecek, dan Cara Meningkatkannya

Alexa Rank : Pengertian, Cara Mengecek, dan Cara Meningkatkannya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – setiap blog / website masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, paling tidak ada hal istimewa atau nilai yang bisa diambil, salah satunya adalah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang “Alexa Rank”, masih banyak sekali blogger yang belum mengetahui tentang alexa rank ini.

Nah, kamu udah pada tau belum sih sama alexa ? oke kalau belum tau yuk kenalan dulu.

Apa Itu Alexa Rank?


Alexa Rank : Pengertian, Cara Mengecek, dan Cara Meningkatkannya

Alexa adalah nilai atau peringkat dari sebuah situs blog / website. Alexa ini berbentuk kisaran angka, semakin kecil angka nya maka semakin bagus untuk blog. Biasanya blog yang masih baru akan memiliki rank yang besar, atau bahkan belum memiliki rank alexa, tapi nanti seiring bertambahnya usia blog maka nilai alexa rank akan muncul secara otomatis dengan sendirinya. Begitupun sebaliknya blog yang sudah berusia panjang dan lama pasti akan memiliki nilai rank alexa yang kecil.

Kenapa rank semakin kecil semakin baik? Modelnya sama saja seperti kamu saat sekolah, apakah yang tercerdas akan mendapatkan rank besar? tentu saja tidak bukan, justru yang pintar akan mendapatkan rank yang kecil, dan seterusnya berurutan sampai yang tidak terlalu cerdas. Begitu pula dengan alexa rank semakin blog dan website itu memiliki kualitas yang bagus maka semakin membuat rank alexa mengecil.

Alexa rank terdiri dari 2 jenis yaitu Alexa Rank Global (Peringkat Dunia) dan (Alexa Rank in Indonesia). Untuk alexa rank global nilainya pasti akan lebih besar karena ini mencakup seluruh blog dan website yang ada di dunia, berbeda dengan alexa rank in Indonesia yang hanya mencakup di Negara Indonesia saja pasti nilainya akan jauh lebih kecil ketimbang alexa rank global.

Cara Mengecek Nilai Alexa Rank


Bagaimana cara mengecek nya ? nah kalau kamu penasaran dengan peringkat blog / website kamu, yuk ikutin beberapa langkah simpel di bawah ini.
  1. Pertama, silahkan kamu kunjungi situs https://www.alexa.com/siteinfo/
  2. Kedua, setelah itu akan muncul halaman situs alexa dan silahkan kamu masukkan link situs blog / website kamu ke dalam kolom yang telah tersedia.
  3. Ketiga, tunggu hingga loading selesai maka setelah itu akan muncul informasi tentang peringkat alexa rank situs kamu.


Sampai disini kamu telah berhasil mengeceknya, coba kamu otak-atik dan lihat beberapa informasi yang dijelaskan di situs alexa. Disana terdapat informasi bounce rate, daily pageview per visitor, dan daily time on site. Dari sana kamu bisa banyak mengetahui berbagai data informasi penting dari situs blog / web kamu.

Cara Mengecilkan Nilai Alexa Rank


Setelah berhasil mengecek peringkat nilai alexa rank, apa reaksimu yang kamu dapatkan? Terkejut karena nilai alexa situsmu besar atau justru malah sebaliknya terkejut karena nilai alexa situsmu kecil. Selamat jika situs blog / web kamu memiliki rank alexa yang kecil itu menandakan situs kamu berkualitas dan layak untuk mendapatkan peringkat dari alexa, nah buat kamu yang situsnya memiliki rank alexa yang besar jangan berputus asa dan bersedih hati.

Nilai alexa rank yang besar masih bisa diatasi dengan sedikit tips agar nilai alexa tersebut dapat mengecil seperti yang akan dijelaskan di artikel kali ini, apa aja itu tipsnya? Yuk disimak.

1. Update Rutin


Nah cara yang paling utama untuk mengecilkan nilai alexa rank adalah dengan kamu selalu isitiqomah / rutin mengupate konten artikel yang ada di situs blog / web kamu. Semakin kamu rajin dan rutin mengupdate konten maka kemungkinan besar akan memicu nilai rank alexa mengecil. Tetapi disini kamu juga harus memperhatikan konten yang kamu buat, pastikan berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak, dan tentunya juga konten tersebut harus fresh dan murni buatan kamu sendiri, bukan hasil copy paste atau melakukan tekhnik black hat seperti melakukan AGC (Auto Generate Content) dan Spinning Content.

Untuk melakukan dan mempermudah agar kamu bisa tetap rajin dalam mengupdate konten, kamu harus memiliki ide dan inovasi yang banyak agar bisa dijadikan bahan dalam kamu menulis konten. 

2. Backlink Berkualitas


Backlink menjadi penentu salah satu mengecilnya nilai rank alexa, semakin banyak backlink maka semakin bagus untuk peringkat alexa rank situs. Tapi kamu juga harus memperhatikan jenis backlink antara backlink yang berkualitas baik dan rendah, sebab jika situs blog / web kamu banyak backlink yang berkualitas rendah maka dipastikan bukannya nilai rank alexa mengecil justru malah membesar.

Untuk itu perlunya keberhati-hatian dalam menerima dan mencari backlink, jangan sampai asal menanam di sembarang situs yang bereputasi rendah dan berbau spam. Jika blog kamu sudah terlanjur banyak backlink dari blog yang reputasinya jelek, maka kamu harus segera menghapus backlink tersebut caranya adalah dengan menggunakan fitur disavow link yang tersedia di Google Web Master Tools. 

3. Trafik Tinggi


Selanjutnya adalah trafik yang tinggi dalam sebuah situs blog / web dapat mempengaruhi proses mengecilnya nilai rank alexa, seperti yang sudah saya katakan di paragraph sebelumnya biasanya blog yang sudah berusia lama akan memiliki nilai rank alexa yang bagus dan kecil, hal ini disebabkan karena blog tersebut sudah lama terbentuk.

Jika kamu memiliki blog yang baru saja dibuat dan belum memiliki banyak pengunjung, jangan terlalu berharap besar alexa rank akan mengecil. Langkah awal yang kamu harus lakukan adalah dengan memperbanyak visitor terlebih dahulu supaya dapat mengecilkan nilai rank alexa itu sendiri.

Nah itulah 3 point penting untuk mengecilkan nilai alexa rank, menjadi penutup pada artikel kali ini.
SEOmoga bermanfaat.


Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment