Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Menjadi blogger tidak hanya sekedar membuat blog lalu selesai dan dibiarkan begitu saja, tidak hanya sebatas itu tapi kamu juga harus memperhatikan beberapa komponen penting yang harus kamu lakukan terhadap blog / website kamu. Salah satunya adalah yang akan saya bahas di ulasan artikel kali ini.

Yapz pembahasan pada artikel kali ini tentang SSL. SSL adalah salah satu komponen bagian penting di blog, jika blog yang telah memasang SSL maka blog tersebut dapat meminimalisir dari aktivitas pencurian, sadap, hack, atau hal lainnya terkait dengan data identitas kamu dan pengunjung ketika mengunjungi suatu blog mu. Blog yang tidak memakai SSL certificate (HTTPS) akan lebih rentan terkena aktivitas pencurian data, dan selain itu juga jika diliat dari pandangan mesin pencari Google blog tersebut bisa dianggap sampah bahkan blog penipu (ilmu yang saya dapat dari salah satu workshop yang saya ikuti), dan yang lebih parahnya lagi ketika ada visitor yang membuka blog kamu melalui browser chrome dan blog yang kamu punya tersebut tidak memakai SSL maka google chrome akan memberikan notifikasi peringatan tidak aman.

Jika hal tersebut terjadi, tidak menutup kemungkinan akan membuat pengunjung kamu kabur dan enggan untuk mengunjungi blog kamu lagi. Sebab mereka merasa khawatir jika data dan informasi pribadi mereka akan tercuri / dihack seseorang. Nah, buat mengatasi agar tidak terjadi hal demikian maka sudah saatnya kamu untuk memasang SSL Certificate di blog kamu, mau tau cara nya bagaimana? Simak terus ulasan ini sampai selesai. 

Apa Itu SSL?


Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

Secure Socket Layer (SSL) adalah sebuah pengaman yang akan memproteksi blog / website yang kamu miliki, dengan kehadiran SSL bisa membuat blog kamu terlihat lebih professional dan keren. Begitupun Google akan menganggap blog yang memakai SSL lebih baik daripada yang tidak memakai SSL, dan ini juga dapat berpengaruh di hasil SERP Google. Keberadaan SSL dalam sebuah blog itu bagaikan sebuah rumah yang memiliki gerbang pagar atau pintu. Coba kamu bayangkan jikalau rumah tanpa adanya pintu ataupun pagar pasti rumah tersebut akan lebih mudah diincar maling dan dicuri.


Nah, begitu juga dengan layaknya blog (rumah) yang membutuhkan SSL (pintu) agar terhindar dari segala aktivitas yang akan merugikan bagi pemilik blog dan juga bagi pengunjung yang mendatangi blog kamu. Kamu perlu memproteksi dengan tambahan keamanan berupa SSL Certificate.

Bagaimana Cara Memasang SSL di Blogspot?


Lantas bagaimana caranya memasang SSL Certificate pada blogspot? Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

1.   Pertama, kamu masuk ke dashboard blogspot (blogger.com),
2.   Kedua, masuk ke menu setelan atau pengaturan,
3.   Ketiga, masuk ke menu dasar,

Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya

4.   Keempat, pada keterangan ketersediaan HTTPS ubah dari Tidak menjadi Ya,

Pengertian SSL Certificate dan Cara Memasangnya
5.   Kelima, silahkan cek dan buka blog kamu.

Catatan
Silahkan kamu menuju menu pengalihan HTTPS lalu ubah juga dari Tidak menjadi Ya, hal ini agar setiap pengunjung yang membuka HTTP akan redirect otomatis ke HTTPS

Nah sekarang blog kamu sudah terproteksi dan memakai SSL, coba kamu buka blog dan lihat ke address bar lalu lihatlah perubahan yang terjadi di bagian url blog kamu. Sekarang ada tambahan HTTPS sebelum nama blog kamu.

Mengapa Harus Pasang SSL?



Mengapa harus memasang SSL? Jawaban utama adalah agar blog / website yang kamu miliki lebih aman dari aktivitas yang seperti sudah saya jelaskan di paragraph awal. Saya juga masih sering melihat blog yang belum memakai SSL Certificate padahal bagi kamu yang memakai platform blogspot SSL Certificate itu diberikan secara gratis dan seumur hidup, berbeda dengan yang memakai platform wordpress self hosted yang membutuhkan biaya tambahan untuk membeli SSL Certificate.

Harga SSL Certificate saja tergolong lumayan mahal, bahkan sampai bisa mengalahkan harga satu domain TLD (.COM, .NET, .WEB.ID, DLL) nah sekarang kamu sudah tahu dan kebayang kan kira-kira berapa ratus ribu harga untuk SSL Certificate. Dan ini adalah salah satu keuntungan buat kamu yang menggunakan platform blogspot karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli SSL, tapi tinggal kamu memasangnya saja di blog yang kamu inginkan.

Tetapi sudah dikasih gratis, tetap saja masih banyak blogger yang enggan memasang SSL pada blognya. Entah mereka tidak tahu caranya atau mereka memang memiliki alasan tidak memasang SSL, seperti beberapa blogger yang saya ketahui mereka tidak memasang SSL pada blog nya adalah disebabkan jika memakai SSL maka iklan Adsense yang ada di blog tidak bisa tayang atau tampil.

Padahal sepertinya tidak ada pengaruh nya blog yang memakai SSL atau tidak dengan tayang dan tidaknya iklan Adsense, mungkin ada beberapa dari artikel mereka yang memang melanggar kebijakan Adsense sehingga pihak google tidak menayangkan di beberapa halaman tertentu yang terindikasi spam dan pelanggaran.

Nah daripada menyia-nyiakan fitur yang sudah ada ini, kan sayang banget kalo tidak digunakan, kalo kata orang mah mubazir, hehe.. yuk sekarang kita pakai SSL Certificate untuk blog.

Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga bermanfaat!

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment