Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah

Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah

Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah
Image Source: imural.id
Konten Gaptek – Pasti para pembaca sekalian bingung apa maksud dari judul diatas? Terdapat sebuah kata ‘mural’ yang masih asing di telinga banyak orang. Mungkin sebagian para pembaca sudah mengetahui apa itu mural, atau belum tahu?, jika belum simak ulasannya pada ulasan kali ini. Apa itu mural? Jadi mural adalah sebuah sejenis seni lukisan yang biasanya terdapat di tembok/dinding bangunan seperti:museum, bangunan tua, pinggir jalan, trotoar, dll. Mural ini sebenarnya  hampir sama dengan lukisan, hanya saja mural lebih sulit untuk dibuat daripada sekadar membuat lukisan biasa.

Jika dilihat secara bahasa kata ‘mural’ sendiri itu berasal dari bahasa latin yang artinya adalah dinding. Sedangkan jika diartikan dalam pengertian luas mural adalah teknik membuat seni lukisan dengan menggambar/melukis di atas media dinding, tembok, dan media permukaan luas lainnya yang bersifat permanen. 

Pernahkah kamu melihat lukisan grafiti? Ya sebenarnya mural dengan graffiti hampir memiliki persamaan, perbedaanya adalah graffiti hanya berbentuk tulisan, sedangkan mural bisa berbentuk gambar apapun dan lebih umum. Jika dilihat membuat grafiti saja sudah begitu rumit, nah membuat mural tak kalah lebih sulit seperti membuat grafiti. Tidak sembarangan orang bisa membuatnya, karena seni lukisan 3 dimensi ini harus dipelajari dan dikuasai dengan baik jika ingin membuatnya.

Kalo Kamu sendiri udah pernah kan lihat mural? Sebenarnya Kamu sering kali menjumpai mural, hanya saja Kamu belum mengetahui nama lukisan tersebut, sehingga beranggapan belum pernah melihat mural secara langsung. Di zaman sekarang mural semakin merambah dan sering ditemukan di tempat makan dan penginapan seperti café, restoran, hotel, dll.
Mural sendiri bukanlah suatu hal yang baru dalam seni. Pasalnya mural ini sudah muncul semenjak beberapa tahun silam lamanya, menurut sejarah mural sudah ada sejak zaman prasejarah 31.500 tahun yang lalu. Betapa lamanya bukan? Jadi jangan heran lukisan mural ini telah tersebar dan banyak Kamu jumpai di beragam tempat.

Dahulu kala teknik pembuatan mural tidak menggunakan kuas atau cat seperti zaman sekarang ini, sebab di zaman prasejarah masih sulit ditemukan dan bahkan belum tersedia bahan seperti cat untuk melukis. Mural pada zaman prasejarah dibuat mengandalkan buah dengan memanfaatkan sari buah untuk dijadikan cat cair.

Mural dibuat bukan hanya untuk memperindah bangunan saja, lebih dari itu dahulu kala mural juga dibuat bertujuan untuk menyampaikan ungkapan, perasaan, dan kritikan terkait isu sosial atau kepada pihak tertentu. Jadi dahulu mereka menyampaikan unek-unek nya tidak langsung secara ucapan, tetapi melalui media visual lukisan mural yang indah.
Negara yang paling banyak mural didalamnya waktu itu adalah Prancis, yang memiliki mural terkenal hasil karya dari Pablo Picasso yang dibuat saat terjadinya perang sipil di Spanyol pada tahun 1937. Pablo menamakan mural buatannya dengan nama ‘Guernica’.

Sedangkan di Indonesia sendiri hingga saat ini, lukisan mural mulai menjamur ke berbagai tempat dan sudah dijadikan hobby hingga ladang bisnis. Tetapi jika dilihat, para pelukis mural di Indonesia masih belum sepenuhnya menguasai teknik melukis mural yang professional. Untuk itu alangkah baiknya menyimak beberapa tips & teknik melukis mural yang baik dibawah ini. Apa saja itu?

Teknik Melukis Mural


#Persiapan yang Matang


Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah
Image Source: imural.id
Membuat mural tidak bisa asal-asalan jika hasilnya ingin indah, perlu ada persiapan yang matang dari jauh-jauh hari. Misalnya Kamu harus mempersiapkan bahan untuk melukis mural seperti cat, kuas, dll. Lalu juga Kamu harus mempersiapkan dirimu dengan melakukan latihan terlebih dahulu sebelum memulai membuatnya diatas media dinding.

#Pemilihan Warna yang Tepat



Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah
Image Source: imural.id
Setelah persiapan telah matang, maka langkah selanjutnya jika Kamu ingin membuat mural hal yang harus diperhatikan adalah perpaduan warna yang relevan dengan tempat yang akan dibuat mural. Sesuaikanlah warna mural yang akan dibuat, agar tidak terlihat aneh gunakan warna yang lebih dominan pada tempat yang ingin dibuat mural.

#Pastikan Dinding Berkualitas


Lakukan Teknik Ini Jika Ingin Membuat Mural yang Indah
Image Source: imural.id
Setelah warna cat telah dipersiapkan, lalu Kamu harus memastikan dinding untuk pembuatan mural kondisinya bagus dan tidak mengalami kerusakan seperti: berlubang, kotor, retak, dsb. Hal ini guna mempermudahmu dalam membuat mural nantinya, oleh karena itu bersihkan dinding terlebih dahulu jika kotor dan lakukan penambalan dinding untuk menutupi dinding yang sudah mulai terlihat retak atau berlubang. Setelah selesai ditambal, maka dinding tinggal dihaluskan menggunakan amplas.

Nah begitulah beberapa teknik yang bisa Kamu coba sebelum mulai membuat mural, atau jika Kamu ingin dan berencana mempercantik interior bangunan rumah dengan mural tanpa harus repot, maka Kamu bisa mencoba layanan jasa pembuatan mural.

Bagi kamu pecinta seni mural tak perlu bingung lagi membuat mural, karena sudah ada penyedia jasa pembuatan mural seperti di IMURAL.ID . Yapz Imural.id adalah jasa penyedia layanan pembuatan mural terpercaya dan professional.

Imural yang merupakan brand jasa mural terpercaya dan bergengsi, juga sebagai perusahaan yang berpengalaman di bidang kreatif. Bisa dilihat dari website Imural yang sudah dipercaya dan memiliki client dari perusahaan-perusahaan besar dan ternama.

Di Imural teknik pembuatan mural menggunakan metode RED System yaitu sebuah metode pembuatan ilustasi & mural yang digunakan imural yang menjadi dasar setiap karya-karya yang dihasilkan serta untuk memproduksi mural dan tahapan serta prosesnya.

Kamu bisa mengandalakan layanan pembuatan mural dari Imural untuk office & recidential.

Setidaknya ada beberapa alasan untuk menggunakan jasa pembuatan mural di Imural:
  1. Imural memiliki team yang professional dan berkompeten dibidangnya.
  2. Kualitas dari artwork yang terjamin dan terpercaya berkualitas.
  3. Mural output-nya bisa dilukis langsung atau dibuat di atas canva vinyl.
  4. Imural menggunakan teknik RED System multi dari sketsa black & white, colouring basic, colouring final, finishing touch.
  5. Imural memiliki superb team yang experience dibidangnya, yang membuat mural dengan benar dan berkualitas dan tidak terburu-buru.
Yuk pesan mural sekarang…  Untuk melakukan pemesanan jasa pembuatan mural di Imural kamu dapat langsung mengunjungi website Imural.id atau bisa menghubungi kontak yang tertera dibawah ini.
Head Office Imural
Neidi Ifwandi – 082211267378
myteam@imural.id
www.imural.id
Sekian ulasan tentang mural kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment