Berbagai Istilah Dalam Dunia Blog

Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Apa kabar sahabat blogger?
Semoga kalian senantiasa sehat selalu. Aamiin!!
Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah artikel yang berjudul "macam-macam istilah dalam dunia blog".


berbagai istilah dalam dunia blogging



Bagi para pemula yang baru belajar ngeblog atau pun yang sudah master dalam dunia blog, mungkin mereka sudah mengetahui macam-macam istilah dalam blog, namun tak sedikit dari mereka juga yang masih banyak belum mengetahuinya.

Oleh karenanya saya membuat artikel ini, agar sahabat blogger yang baru saja terjun dalam dunia blogging dan masih minim pengetahuan nya paham dan mengerti berbagai istilah dalam blog.

Istilah-istilah dalam blog ini saya dapatkan dari selama saya bergabung dalam sebuah komunitas blog, seperti di facebook dan whatsapp dan juga dari pengetahuan saya selama menekuni dalam dunia blogging.

Baiklah, langsung saja ini dia.
Simak dan bacalah!

1.) BLOG
Blog merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
Blog umumnya dikelola oleh individual atau sekelompok orang yang selalu mengupdate artikel secara rutin dan mencari backlink ke website lain yang dianggap menarik dan disertai dengan komentar-komentar.

2.) Blogspot
Blogspot merupakan sebuah platform blog untuk membuat blog secara gratis yang dikembangkan oleh goggle.
Blogspot ini sangat mudah untuk digunakan bagi para pemula yang baru terjun ke dunia blogging.

3.) Wordpress
Wordpress adalah sebuah platform untuk membuat blog secara gratis ,sama seperti blogspot namun wordpress dikembangkan oleh WordPress Foundation dan menggunakan sistem yang berbasis bahasa pemrograman PHP.

4.) Blogger
Blogger adalah orang yang menulis dan melakukan aktivitas blog baik secara individual maupun perorangan.

5.) Blog Walking
Blog walking merupakan kegiatan mengunjungi blog orang lain untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dan juga bisa meningkatkan pageview dari blog yang dikunjungi ,atau bisa juga dengan memberikan komentar.

6.) Seo (Search engine optimization)
Seo merupakan kependekan dari search engine optimization yang berarti suatu usaha atau kegiatan mengoptimasi agar ranking sebuah website atau blog dapat ditelusuri dengan baik di mesin pencari baik itu goggle, yahoo, bing, dll.
Seo terbagi 2 ada seo onpage dan offpage.

7.) Seo onpage
Seo onpage merupakan kegiatan mengoptimasi dari dalam website, seperti optimasi url domain, meta tag, internal link, sitemap, amp, dll.

8.) Seo offpage
Seo offpage merupakan kegiatan optimasi dari luar website, seperti mempromosikan blog melalui media sosial atau pun mencari backlink dari blog lain.

9.) Sitemap
Sitemap merupakan sebuah peta situs sebuah website yang berisi sekumpulan postingan artikel. Dengan adanya sitemap dapat membuat suatu website lebih mudah terindex oleh mesin pencari.

10.) Postingan
Postingan merupakan sebuah tulisan artikel yang dibuat oleh blogger untuk dipublikasikan dalam website agar dapat dibaca atau dilihat oleh pengunjung.

11.) Domain
Domain merupakan sebuah nama url dalam sebuah website yang berisi huruf, titik, strip, ataupun angka untuk mengunjungi sebuah website yang dituju.

12.) Link
Link merupakan sebuah sekumpulan huruf yang dipisahkan oleh titik, untuk mengunjungi website tertentu.

13.) Url
Url Merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu.

14.) Hyperlink
Hyperlink merupakan sebuah url yang berada didalam sebuah teks ataupun gambar yang bisa di klik untuk menuju ke halaman tertentu.

15.) Sitelink
Sitelink merupakan sekumpulan beberapa links hasil dari suatu pencarian yang tertera di bawah suatu blog atau website yang dituju.

16.) Domain authority (DA)
Domain authority merupakan sebuah kelayakan atau kekuatan domain dimata mesin pencari (goggle, yahoo, bing, dll).

17.) Page authority (PA)
Page authority merupakan ketenaran atau popularitas sebuah website yang ditemukan didalam mesin pencari.

18.) Serp
Serp merupakan kependekan dari search engine result page yang berarti hasil dari pencarian di mesin pencari.

19,) TLD
TLD merupakan kependekan dari top level domain yaitu sebuah format yang berada di paling sebelah kanan url, misal : www.akmalfarabi.com
Maka .com itulah yang disebut top level domain.

20.) Second level domain
Second level domain merupakan nama dari suatu website pada urlnya, misal : www.akmalfarabi.com maka akmalfarabi itulah yang dimaksud dengan second level domain.

21.) Third level domain
Third level domain merupakan kata yang berada di paling sebelah kiri url, misal : www.akmalfarabi.com maka www itulah yang disebut dengan third level domain.

22.) Template
Template merupakan sebuah script html yang telah terbentuk dan yang berisi informasi mengenai model atau tampilan suatu website atau blog. Template yang bagus adalah template yang responsive dan memiliki kecepatan pagespeed yang bagus.

23.) Laman
Laman merupakan sebuah halaman statis yang hampir sama dengan postingan, hanya saja laman akan tampil dalam menu-menu tertentu saja.

24.) Komentar
Komentar merupakan sebuah kolom yang disediakan dalam sebuah website atau blog agar pengunjung dapat mengomentari suatu website yang sedang dikunjungi.

25.) Komentar spam
Komentar spam merupakan sebuah komentar yang semata-mata hanya untuk mendapatkan backlink dari website yang dikunjungi.

26.) Traffic
Traffic merupakan statistik jumlah pengunjung yang mengunjungi suatu website.

27.) Anchor text
Anchor text merupakan sebuah tulisan yang didalamnya terdapat url link yang apabila di klik maka akan menuju ke suatu halaman tertentu.

28.) Backlink
Backlink merupakan sebuah link blog lain yang terdapat pada blog lainnya, sehingga terjadinya keuntungan bersama.

29.) Keyword
Keyword merupakan kata kunci yang akan di cari pada mesin pencari (goggle, yahoo, bing, dll).

30.) AGC
Agc merupakan kependekan dari auto generate content yaitu suatu usaha untuk mencopas sebuah artikel secara otomatis tanpa merubah satu katapun didalamnya.

31.) Author
Author adalah orang yang menjadi penulis dan pengelola website atau blog.

32.) White hat seo
White hat seo merupakan kegiatan optimasi dan meningkatkan popularitas sebuah website pada mesin pencarian dengan metode yang benar dan tidak menyalahi aturan.

33.) Black hat seo
Black hat seo merupakan kebalikan dari white hat seo yaitu suatu perbuatan untuk meningkatkan popularitas suatu website dimata mesin pencari dengan cara yang salah dan melanggat aturan goggle.

34.) Bookmark
Bookmark merupakan tempat untuk menyimpan suatu website yang dianggap penting atau disukai.

35.) Captcha
Captcha merupakan kode yang digunakan untuk memverifikasi bahwa dia manusia bukan robot. Captcha bisa berbentuk kode ataupun gambar.

36.) Kategori / label
Kategori atau label merupakan pengelompokkan artikel dengan memasukkan kata tertentu sesuai dengan pembahasan artikel tersebut.

37.) CSS
Css merupakan kependekan dari cascading style sheet yang digunakan untuk mengedit suatu tema blog, seperti mengubah warna, font, dll.

38.) Dashboard
Dashboard adalah halaman awal dalam suatu blog yang berisi fitur-fitur didalamnya, seperti postingan, label, komentar, statistik, penghasilan, pengaturan , dll.

39.) Draft
Draft merupakan sebuah fitur yang terdapat di blog untuk menyimpan artikel yang belum ingin di publikasikan.

40.) Favicont
Favicont merupakan kependekan dari favorite ikon yang terdapat disuatu website atau blog sebagai ciri khas yang akan muncul pada addres bar pada browser.

41.) Header
Header merupakan bagian kepala yang terdapat di atas ,header biasanya berisi judul dan deskripsi suatu website atau blog.

42.) Index
Index merupakan hasil pencarian suatu website atau blog yang terdapat di mesin pencari, apabila blog anda sudah terindex maka akan muncul didalam mesin pencari.

43.) Meta description
Meta description merupakan sebuah deskripsi singkat tentang artikel atau halaman tertentu.

44.) Redirect
Redirect merupakan sebuah pengalihan dari url yang dituju ke url lainnya.

45.) Subcribe
Subcribe atau berlangganan merupakan suatu fitur didalam blog yang digunakan untuk mempermudah pengunjung untuk mendapatkan artikel lain, yang terdapat disuatu website dengan cara memasukkan email.

46.) Widget
Widget merupakan sebuah fitur yang terdapat dalam dashboard blogspot untuk memberi aksesoris pada tema atau template sehingga dapat memperindah suatu website atau blog.

47.) Footer
Footer merupakan kolom yang berada di paling bawah blog.

48.) Sidebar
Sidebar merupakan kolom yang berada disebelah kanan blog yang dapat diisi dengan berbagai macam widget.

49.) Arsip blog
Arsip blog merupakan sekumpulan artikel yang dikelompokkan dalam kurun waktu.

50,) Plugin
Plugin merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menambah fitur-fitur pada suatu website atau blog.

51.) Javascript
Javascript merupakan bahasa pemograman yang bisa digunakan untuk membuat template blog, dan masih banyak lagi kegunaan dari javascript.

52.) Homepage
Homepage merupakan halaman awal dari suatu website atau blog.

53.) Gadget
Gadget merupakan fitur yang terdapat pada widget untuk menambahkan aksesoris dalam website atau blog.

54.) Followers
Followers merupakan orang yang mengikuti blog kita.

55.) Pagerank
Pagerank merupakan hasil pencarian suatu website atau blog pada mesin pencari.
Pagerank yang paling bagus berada di halaman pertama mesin pencari.

56.) Niche blog
Niche blog merupakan blog yang fokus pada satu tema dan topik tertentu.

57.) Jingling
Jingling merupakan kegiatan mendatangkan pengunjung ke suatu website atau blog dengan cepat melalui bantuan sebuah software.

58.) Goggle sandbox
Goggle sandbox merupakan penalty dari goggle terhadap suatu website atau blog sehingga artikel yang sudah terindex mesin pencari , menjadi hilang.

59.) About
About merupakan deskripsi dari suatu website atau blog yang biasanya terdapat di bagian navigasi.

60.) Contact Us
Contact us merupakan sebuah menu yang berada di navigasi blog untuk menghubungi pemilik blog.



Mungkin itu saja berbagai istilah dalam dunia blog yang saya tau, jika sahabat blogger ingin menambahkan istilah-istilah yang belum saya sebutkan diatas.
Silahkan tambahkan pada kolom komentar .

Sekian dan terimakasih, semoga apa yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk semua sahabat blogger semua..

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Berbagai Istilah Dalam Dunia Blog

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

6 Responses to "Berbagai Istilah Dalam Dunia Blog"

  1. thanks infonya bermanfaat banget gan...

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata istilah-istilah dalam dunia blog tidak sedikit yah, banyak juga. Tapi jadi paham setelah baca istilah-istilah ini! Makasih ya gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama .
      terima kasih .. telah berkunjung ke blog saya

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih