[Studi Kasus] Teknik Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Blog

[Studi Kasus] Teknik Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Blog

 Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


[Studi Kasus] Teknik Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Blog, cara menaikkan da pa blog, cara meningkatkan domain authority dan page authority, apakah da pa bisa turun, bagaimana cara mengecek domain authority dan page authority, situs tempat ngecek da pa blog


Konten Gaptek – Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dalam meningkatkan Domain Authority (DA) & Page Authority (PA), artikel ini dibuat hanya untuk sekedar berbagi apa yang saya lakukan , jika setelah mengikuti tips ini tapi Domain Authrity dan Page Authority mu tidak kunjung meningkat mungkin ada yang salah atau kurang dalam penerapan kamu mengikuti tips ini. Namun sebelum menuju tips nya saya mau jelaskan sedikit apa itu definisi dari Domain Authority dan Page Authority?

APA ITU DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY?


Baiklah, yang pertama adalah Domain Authority atau yang sering disebut oleh orang dengan (DA) merupakan tingkat kekuatan score domain yang ada pada situs web/blog pada mesin pencari (Google, bing, yahoo, dll). Domain Athority inilah yang menjadi salah satu faktor yang akan menentukan posisi artikel blog di Search Engine Result Page (SERP). Semakin besar nilai score DA suatu blog maka semakin bagus dan besar peluangnya untuk bersaing di mesin pencari Google.

Kemudian selanjutnya ada istilah Page Authority atau lebih dikenal dengan sebutan (PA) merupakan tingkat kekuatan dan ketenaran/kepopuleran halaman (statis, artikel, dll.) yang ada di situs web/blog. Page Authority sama saja seperti Domain Auhtority, semakin tinggi score nya maka semakin bagus untuk kualitas blog.

Domain Authority dan Page Authority itu bernilai score antara 1-100 , biasanya blog yang masih menggunakan subdomain gratis (blogspot.com, wordpress.com, weebly.com, dll) akan memiliki nilai score DA PA yang tinggi. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan blog tersebut masih menggunakan subdomain yang terhubung dengan domain utama yang memang dari awal sudah mempunyai score DA PA yang besar.

Lalu bagaimana dengan nilai score domain Top Level Domain (TLD) ? berbeda dengan subdomain gratis, ketika sebuah blog sudah menggunakan domain tld atau domain milik pribadi maka secara otomatis nilai score DA PA yang tadinya besar, akan mengalami penurunan dan mengulang dari awal yakni menjadi 1. Nah, untuk menaikkan kembali nilai Domain Authority dan Page Authority tersebut perlu adanya optimasi berupa SEO Onpage dan SEO Offpage.

Nah kebetulan masih banyak terutama blogger yang belum mengetahui untuk optimasi blog agar DA PA blog mengalami kenaikkan. Disini saya akan membagi sedikit tips nya yang sudah saya buktikan sendiri sesuai dengan pengalaman saya dalam meningkatkan DA PA blog pribadi.

Blog saya kontengaptek.com sekarang sudah mencapai nilai score Domain Authority 48 dan Page Authority 53 dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Dan akan terus saya optimasi agar tidak mengalami penurunan nilai score DA PA itu sendiri.

TIPS DAN FAKTOR YANG MENINGKATKAN DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY


1. Umur Domain


Kenapa umur domain? Ya karena ia merupakan indikator penentu naiknya DA PA, semakin lama usia Domain Authority dan Page Authority sebuah blog maka kemungkinan besar pasti akan mempunyai nilai score DA PA yang tinggi. Umur domain ini dihitung semenjak sebuah blog menggunakan TLD/domain pribadi, bebas mau itu domain berekstensi apapun (.com, .net, .web.id, .id, dll). Namun ada sedikit bocoran bahwa domain dengan berekstensi .id akan lebih mudah dalam proses optimasi untuk meningkatkan DA PA, alasannya saya sendiri masih belum mengetahuinya karena saya sendiri tidak menggunakan domain .id.


2. Rutin Update Artikel


Semakin banyak dan sering kamu dalam mengupdate postingan, kemungkinan dan peluang DA PA blog mu naik sangat besar. karena semakin banyak artikel tandanya mengartikan bahwa blog tersebut sudah lama dan professionalitas apalagi jikalau setiap update artikel selalu bermain dengan internal link.

3. Internal Link


Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah internal link (link yang mengarah dari dalam). Artinya adalah link ini adalah link yang memang dari blog itu sendiri, dengan menautkan dan menanam link satu dengan ke link lain yang masih berhubungan atau relevan. Misalnya kamu memiliki artikel smartphone dan teknologi sinyal 4G, maka dua artikel tersebut dapat kamu saling kaitkan caranya dengan menanam link menggunakan anchor text atau naked link (link tanpa penutup).

Saya kasih saran untuk dalam memberikan internal link sebaiknya menggunakan backlink dofollow, jangan menggunakan nofollow hal ini agar internal link yang kamu tautkan bisa dirayapi oleh mesin pencari Google. 

4. Backlink


Backlink (tautan balik), merupakan link yang tertanam di suatu blog yang mengarah ke link blog lain. Modelnya sama seperti internal link, bedanya kalau internal link kamu dapatkan hanya dari blog pribadimu, sedangkan backlink bisa dari blog mana saja. Untuk mendapatkan backlink banyak sekali caranya : Social Media, PBN, Backlink Profil, Contextual Backlink, dan Blog Walking.

Oke mari kita bahas satu persatu backlink tersebut:
A.   Social Media
Kamu bisa memanfaatkan social media sebagai ladang untuk menanam backlink blog pribadi mu. Caranya dengan memasukkan link blog di setiap bio social media mu (Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Dll). Dengan cara ini kamu sudah mendapatkan backlink berkualitas, apalagi jikalau kamu sering membagikan ke social media setiap artikel blog mu yang baru saja di publish, hal ini selain akan meningkatkan nilai score DA PA tapi juga plus akan meningkatkan pageview dan sebagai sumber visitor blog mu.

B.   PBN
Private Blog Network (PBN) adalah sebuah blog/web yang sudah bekas dan memiliki authority yang bagus , gunanya adalah sebagai sumber backlink untuk blog utama. Kamu dapat menanam sejumlah link artikel blog utamamu di PBN ini guna mempertingkat nilai score DA PA dan plus juga PBN dapat membantu artikel mu memanjat dan menduduki posisi SERP teratas.

Biasanya PBN inilah yang sangat dicari para blogger ketika sedang mengikuti kontes SEO, karena dapat membantu posisi artikel mereka di mesin pencari Google.

C.   Backlink Profil
Backlink profil dapat kamu dapatkan dari beberapa situs yang menyediakan tempat untuk menanam link di bio seperti halnya kompasiana.com, hipwee.com, kumparan.com, dll. Sebaiknya kamu manfaatkan beberapa situs yang sudah saya sebutkan diatas, tapi sebelum itu kamu harus mendaftar dan membuat akun disana dan menulis sebuah artikel, baru kamu diperbolehkan untuk menanam link blog pribadi mu.

D.  Contextual Backlink
Mungkin masih agak asing ya didengarnya, oke saya akan jelaskan sedikit jadi simpelnya contextual backlink adalah backlink yang didapatkan secara natural dan umumnya terdapat di dalam postingan artikel, web 2.0 , forum, web authority (.gov, .edu, .ac.id, .go.id, dll). Dan backlink yang ditanam pastinya diusahakan agar pilih yang relevan antara artikel atau niche blog.

E.   Blog Walking
Blog walking artinya adalah kegiatan mengunjungi web atau blog milik orang lain, lalu kamu bisa membaca artikel yang ada di dalam blog yang sedang kamu BW, setelah itu untuk mendapatkan backlink caranya adalah dengan kamu meninggalkan link blog pribadi mu ke dalam kolom komentar. Kamu perlu ketahui beberapa blog terkadang menggunakan sistem komentar yang berbeda (bawaan blogger/wordpress, disqus, google plus, atau bahkan tidak ada kolom komentarnya).

Dan yang paling mudah untuk ditanam link adalah blog yang menggunakan sistem komentar bawaan dari blogger, yaitu dengan adanya fitur name/url yang dapat kamu gunakan untuk memasukkan link blog pribadimu, cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan nilai score DA PA.

Sebagian pemilik blog terkadang menyembunyikan fitur name/url karena mungkin dianggap merugikan jika blognya di spam link oleh orang lain. Namun tidak sedikit juga blogger yang tetap membiarkan fitur name/url tampil.

Ini merupakan gambar dari fitur name/url yang ada di blogger, tinggal kamu masukkan link blog yang kamu inginkan menjadi backlink.

PERLU DIKETAHUI! Cara ini bisa membuat nilai spam score domain meningkat, oleh karenanya kamu perlu rutin mengecek nilai spam score mu agar tidak tinggi.

Untuk mencegahnya sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan bw dengan menanam link, paling tidak maximal 5-10 kali dalam sehari.


5. Pasang Badge DMCA


DMCA adalah situs untuk memproteksi suatu web/blog dari plagiat dan pencurian, pembajakan konten dan sebagainya. Ibaratnya sebagai hak cipta jika ada seseorang yang meniru hasil karyamu maka kamu dapat melaporkannya melalui situs DMCA.

Nah, lalu apa hubungannya dengan DA PA?
Percaya tidak percaya, bahwa keberadaan logo DMCA di blog dapat meningkatkan DA PA blog. Bagaimana cara kerjanya? Caranya adalah hanya tinggal kamu letakkan script badge DMCA di blog mu terserah di bagian mana saja (header, footer, sidebar) atau kamu juga bisa menggunakan Tag Conditional untuk membuat logo itu hanya muncul di halaman tertentu.

Tapi saran dari saya biarkan logo DMCA tersebut tampil di semua halaman, Karena potensi untuk meningkatkan DA PA akan semakin besar. Jadi seluruh artikel dan halaman blog mu akan dicrawl oleh situs DMCA ini, dan secara otomatis pun blog mu mendapatkan backlink dari situs DMCA sebagai indikator naiknya Domain Authority dan Page Authority.

Untuk memasang logo badge DMCA kamu perlu mendaftar dan membuat akun di situs DMCA.COM .


APAKAH DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY BISA TURUN DAN APA PENYEBABNYA?


Pertanyaan ini kerap sekali diajukan oleh sebagian blogger, jawabannya adalah iya bahwa DA dan PA bisa turun. Dan bahkan banyak blogger yang mengeluh karena kok Domain Authority dan Page Authority nya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Padahal sudah susah payah menaikkannya dengan berbagai cara tetapi tetap saja turun lagi. Kan bikin capek kalo begini hehe..


Lantas apa aja sih yang menyebabkan Domain Authority mu bisa turun ? 

1. Jarang Update Konten


Semakin kamu jarang dalam mengupdate artikel blog , bisa dipastikan sewaktu-waktu nilai score Domain Authority dan Page Authority blog kamu akan mengalami penurunan. Oleh karenanya sifat hal yang perlu dihindari disini adalah rasa sifat malas.

2. Broken Link


Broken link juga dapat menyebabkan DA PA blog mu menurun, sebab makin banyak broken link dapat merusak reputasi blog mu di mata mesin pencari (google, bing, yahoo, dll). Solusinya adalah kamu harus selalu mengecek rutin broken link melalui web master tools atau melalui situs brokenlink checker dan sebagainya.

3. Banyak Backlink Berkualitas Buruk


Kamu pun perlu hati-hati dalam mencari backlink, pastikan terlebih dahulu apakah tempat yang akan kamu tanam backlink tersebut bersih dari history yang buruk. Caranya agar tidak terjadi DA PA turun kamu harus menghapus sumber backlink berkualitas rendah dan buruk yang mengarah ke blog kamu.

4. Sandbox


Jangan heran kalau tiba-tiba blog/web mu mengalami penurunan rank silai score Domain Authority dan Page Authority, coba kamu lihat jumlah artikel kamu yang terindex di google caranya dengan ketik site:namablog.com . jika beberapa artikel mu ada yang hilang dari SERP bisa dipastikan artikel mu masuk ke dalam sandbox, dan inilah yang menyebabkan DA PA turun.

5. Update Algoritma


Point yang terakhir yang bisa menyebabkan suatu web/blog turun adalah terjadinya update algoritma google. Seperti yang diketahui bahwa sering kali mengupdate algoritma, bahkan hampir tiap tahunnya. Jadi, tak perlu heran dan bingung kenapa nilai score Domain Authority dan Page Authority mengalami penurunan.

CARA MENGECEK DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY


Banyak sekali tools di google yang bertebaran yang bisa kamu gunakan untuk mengecek Domain Authority dan Page Authority, berikut akan saya sebutkan :

1. Checkmoz


Checkmoz yang beralamatkan di checkmoz.com adalah situs yang dapat mengecek DA PA kamu, caranya juga sangat mudah tinggal masukkan saja link url blog kamu dan hasilnya akan muncul.

2. Seo Review Tools


Beralamatkan di seoreviewtools.com kamu bisa mengecek nilai score DA PA blog disini, bahkan di situs ini masih banyak tools penunjang SEO yang lain.

3. Small Seo Tools


Hampir sama dengan seo review tools kamu dapat menemukan berbagai tools SEO disitus smallseotools.com, salah satunya adalah tool untuk mengecek DA PA.

4. Website Seo Checker


Websiteseochecker.com dapat kamu gunakan untuk mengecek DA PA blog , bahkan bisa sekaligus mengecek dalam 10 blog sekaligus.

5. Konten Gaptek Tool DA PA


Nah, yang terakhir ini adalah cara biar gak ribet. Kamu bisa menggunakan webtools yang ada di blog kontengaptek ini. Silahkan menuju ke sini DA PA Checker

ALASAN BLOGGER MENAIKKAN DA & PA?


Banyak sekali blogger yang berlomba-lomba ingin menaikkan nilai score Domain Authority dan Page Authority, dan yang sudah saya selidiki mereka memiliki alasan tertentu dan bermacam jenis alasan.


Emangnya apa aja sih? Yuk dikepoin:

1. Mendapatkan JOB Blog


Yang paling banyak alasan dari mereka untuk meningkatkan nilai score DA PA adalah karena ingin mendapatkan JOB dari agency. Karena seperti yang diketahui bahwa beberapa brand atau agency setiap membutuhkan blogger pasti selalu berhubungan dengan DA PA blog, semakin tinggi DA PA maka semakin besar peluang mendapatkan JOB. Apalagi nilai score Domain Authority dan Page Authority dapat dijadikan penentu besar nya fee yang didapatkan dalam JOB dari agency.

Namun tidak semua JOB blog patokannya dari DA PA, itu hanya brand yang kebutuhannya sebagai SEO saja yang mencari blogger dengan blog DA PA tinggi. Jika dari brand marketing biasanya mereka hanya menanyakan jumlah visitor blog dan target visitor nya siapa.


2. Supaya Terkenal


Tak bisa dipungkiri jikalau kamu bergabung di sebuah komunitas blogger dan kamu memiliki blog dengan nilai DA PA yang lebih unggul dari teman blogger mu, maka pasti kamu akan menjadi blogger panutan dan disanjung oleh sebagian blogger. Karena blog kamu memiliki nilai plus dan ciri khas yang jarang dimiliki blogger lain, sebab mereka beranggapan bahwa menaikkan nilai score DA PA itu sulit, padahal nyatanya tidak terlalu sulit seperti yang diduga asal ada kemauan, konsisten, dan ketekunan.

3. Meningkatkan Trafik


Untuk point no 3 ini saya masih bingung, apa benar bahwa jika DA PA besar maka visitor akan besar juga? Menurut saya tidak, kenapa demikian ? karena saya sudah mencoba nya sendiri bahwa nilai score Domain Auhtority dan Page Authority yang besar tidak ada kaitannya dengan trafik yang besar pula.


Dan hal ini juga sudah saya buktikan dengan menggunakan blog yang memiliki DA PA besar , tetapi jumlah visitor nya tidak begitu besar.

4. Menang Kontes Seo


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa nilai score Domain Authority dan Page Authority dapat menjadi salah satu faktor penunjang artikel blog menduduki posisi Page One. Kemungkinan dan peluang bagi blog dengan DA PA tinggi lebih mudah untuk bersaing di SERP.

Jikalau kamu memiliki blog yang DA PA nya besar tidak ada salahnya kamu ikutkan kontes SEO, hitung-hitung sembari mengasah kemampuan SEO hehe.

Oke itulah beberapa tips dan faktor yang dapat meningkatkan Domain Authority dan Page Authority sebuah blog/web. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa menerapkan cara diatas dan semoga blog kamu bisa meningkat DA PA nya.

Baiklah sampai disini dulu ulasan artikel kali ini, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya ya! SEOmoga Bermanfaat!


Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Blognya sangat bagus mas dan juga saya mendapatkan ilmu yg baru juga.

    Sekarang saya mau berusaha naik da pa dalam 6 bulan sampai 30 insha Allah. Setelah baca tips ini saya yakin pasti bisa

    Kunjung balik ya www.zeevorte.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih, Kami sangat senang jika dirasa artikel di blog ini dapat bermanfaat.

      Ayokk semangat menaikkan Da Pa..

      Delete
  2. Thanks min buat artikel nya
    Ini yg saya cari dr td kbanyakan postingan di th 2018
    Blog saya udh gk di update 9 bln soal nya 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ad waltu mampir ya min https://yosinomwb.blogspot.com

      Delete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih