Mudahnya Kelola Keuangan dengan Koperasi Simpan Pinjam

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

https://www.pracico.com/
Mudahnya Kelola Keuangan dengan Koperasi Simpan Pinjam

Jangan Ragu Jadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam, Ini Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan


Konten Gaptek - Banyak sekali orang yang sering membandingkan koperasi dengan bank. Umumnya, muncul anggapan kalau koperasi masih kalah profesional dibanding bank, karena biasanya skalanya memang lebih kecil. Koperasi sendiri sebenarnya merupakan lembaga ekonomi yang dijalankan berdasarkan azas kekeluargaan, sehingga memiliki kebijakan dan aturan yang seringkali lebih mengutamakan anggotanya. Saat ini sudah banyak kok, koperasi yang dikelola secara profesional dan tak kalah besarnya dari bank.


Koperasi sendiri ada beberapa jenis berbeda, salah satunya adalah koperasi simpan pinjam. Seperti namanya, tujuan utama dari koperasi simpan pinjam adalah untuk menyimpan uang alias menabung dan meminjam uang atau melakukan kredit. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Berikut informasi lengkapnya:


Mendapatkan Pinjaman Uang dengan Bunga Rendah

Mendapatkan Pinjaman Uang dengan Bunga Rendah
Sumber Image : Pinjaman24.id

Tak ada orang yang ingin berhutang. Tapi dalam hidup, seringkali memang ada kondisi tertentu di mana seseorang terpaksa untuk meminjam uang. Nah, dengan menjadi anggota koperasi simpan pinjam, Anda bisa mendapatkan dana segar untuk memenuhi kebutuhan dengan bunga yang rendah. 

Dibandingkan dengan bank dan juga lembaga keuangan lain, koperasi simpan pinjam memang memberikan bunga yang lebih rendah sehingga tidak semakin memperparah kondisi ekonomi si peminjam. Jadi, jika Anda butuh dana segar tapi takut meminjam uang karena bunga yang super tinggi, bisa mencoba untuk menjadi anggota koperasi simpan pinjam.


Dapat Meminjam Modal Usaha

Dapat Meminjam Modal Usaha
Sumber Image : Bisnisukm.com

Untuk Anda yang membuka bisnis sendiri di rumah, terkadang memang terkendala masalah dana untuk mengembangkannya. Padahal jika ingin bisnis lebih besar, harus dilakukan beberapa inovasi yang tak jarang membutuhkan dana besar. 

Tapi tak perlu khawatir, sebab Anda bisa memanfaatkan koperasi simpan pinjam. Dengan menjadi anggota koperasi simpan pinjam, Anda dapat memenuhi kekurangan modal bisnis dengan mudah. Persyaratan untuk meminjam modal usaha di koperasi simpan pinjam juga cenderung sederhana, terlebih lagi jika Anda sudah menjadi anggota selama beberapa tahun. 


Memperoleh Pemasukan Tambahan dari SHU

Memperoleh Pemasukan Tambahan dari SHU
Sumber Image : Kreditgogo.com

Kalau Anda menabung di bank, maka ada bunga yang akan diperoleh setiap tahun. Meski demikian, bunga ini jumlahnya cenderung kecil dan langsung dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Sedangkan jika Anda menjadi koperasi simpan pinjam, maka akan memperoleh SHU atau Sisa Hasil Usaha yang diberikan setiap akhir tahun. 

Semakin besar tabungan yang Anda simpan di koperasi, maka SHU  yang diperoleh juga makin besar. Dan SHU ini akan dibagikan dalam bentuk uang tunai dalam Rapat Anggota Tahunan yang digelar tiap masa tutup buku.


Memperoleh Pengetahuan Mengenai Cara Berbisnis Mandiri

Memperoleh Pengetahuan Mengenai Cara Berbisnis Mandiri
Sumber Image : consultantpuls.ru

Koperasi tidak hanya memberikan kemudahan anggotanya untuk menabung dan juga meminjam uang. Di sisi lain, koperasi simpan pinjam juga mendukung anggotanya untuk mencari penghasilan tambahan melalui berbagai usaha mandiri. Tak heran, kalau koperasi simpan pinjam sering mengadakan pelatihan gratis untuk anggotanya. 

Di dalam pelatihan ini, Anda bisa belajar strategi memulai dan mengembangkan bisnis, serta bagaimana untuk memasarkan produk. Anda juga akan diajari cara memanajemen keuangan agar usaha yang dimiliki lebih maju. Sangat menguntungkan sekali bukan, sebab pelatihan seperti ini harganya cukup mahal lho, jika diharuskan untuk membayar.


Menjadi anggota koperasi dijamin tak ada ruginya, kok. Jadi jangan ragu untuk segera mendaftar menjadi anggota koperasi simpan pinjam di mana Anda bisa hidup lebih tenang tanpa perlu dikejar hutang berbunga tinggi.



Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Mudahnya Kelola Keuangan dengan Koperasi Simpan Pinjam

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

6 Responses to "Mudahnya Kelola Keuangan dengan Koperasi Simpan Pinjam"

  1. Replies
    1. Tergantung untuk apa dana pinjaman nya, sepertinya yang saya tau tidak ada ketentuan minimal untuk meminjam.

      Yang penting kita butuh uang tersebut dan mampu untuk mengembalikannya..
      Itu aja sih..

      Delete
  2. resiko yang paling sering saya dengar dari para pemilik koperasi simpan pinjam adalah kredit macet, ini perlu solusi cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat ada solusi untuk perkara ini..

      Delete
  3. Alhamdulillah sih sekarang punya tabungan di Koperasi, tapi bukan untuk simpan-pinjam, cuma nabung aja sebagai perbandingan dengan tabungan yang di bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mba, itu juga sudah alhamdulillah..

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih