Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Inkjet Printer

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Pada era teknologi yang seperti sekarang kita tidak perlu lagi kerepotan dalam melakukan berbagai aktivitas, perkembangan teknologi yang kian hari terus berkembang pesat membuat segalanya jadi lebih mudah. Misalnya saja dalam mencatat sebuah tulisan, kalau dulu orang mencatat sebuah tulisan hanya bisa melalui tulisan tangan yang membutuhkan waktu sangat lama tapi di zaman teknologi seperti sekarang, Kamu bisa mencatat dan menulis melalui sebuah perangkat gadget seperti halnya PC/Laptop.

Software teknologi di perangkat PC misalnya sudah ada yang namanya Microsoft Word, yaitu sebuah software pengolah kata yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan catatan dan tulisan yang ingin Kamu utarakan. Menulis apapun dapat kamu lakukan melalui software Microsoft word. Contohnya para mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kuliah seperti skripsi pasti menggunakan software seperti Microsoft word, ataupun para pegawai/karyawan kantor pasti juga sudah tidak asing dengan software teknologi pengolah kata yang satu ini.

Dengan bantuan teknologi tersebut semua catatan dan tulisan Kamu akan tersimpan melalui perangkat yang Kamu gunakan untuk menyimpannya, sehingga pengerjaan lebih mudah dan efisien waktu karena dapat dilakukan lebih cepat. Jangan khawatir juga jika catatan atau tulisan yang telah Kamu buat nantinya akan hilang atau terhapus, Kamu bisa mengatasinya dengan membuat backup terlebih dahulu untuk menjaga-jaga jika file tulisan terhapus.

Menulis melalui perangkat teknologi bukan berarti kamu hanya dapat membaca hasil catatan dan tulisan melalui teknologi tersebut juga. Kamu pun dapat membaca hasil karya tulisanmu melalui kertas layaknya buku. Yaitu caranya dengan printing / mencetak hasil catatan tulisanmu dengan menggunakan hardware (Perangkat Keras) seperti Inkjet Printer.

Nah, dengan bantuan alat yang bernama inkjet printer ini kamu dapat mencetak hasil catatan atau tulisanmu pada kertas, sehingga Kamu dapat membaca nya seperti Kamu sedang membaca buku. Kalo kamu belum tahu apa itu inkjet printer, yuk terlebih dahulu ketahui apa sih itu inkjet printer.

Apa itu Inkjet Printer


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Inkjet Printer
Image Source : www.indiamart.com
Inkjet Printer adalah sebuah hardware atau perangkat keras untuk mencetak sebuah file berupa tulisan maupun gambar dengan menggunakan kertas. Jadi bukan hanya tulisan saja yang dapat Kamu cetak disini, inkjet printer juga dapat mencetak sebuah gambar seperti misalnya foto pribadi milikmu pun dapat dicetak melalui printer.

Tips Dalam Memilih Inkjet Printer


Nah, sekarang Kamu sudah mengetahu definisi dari Inkjet Printer , langkah selanjutnya bagi Kamu yang ingin mencoba dan membeli inkjet printer terlebih dahulu adalah mengetahui beberapa tips dibawah ini, yuk disimak.

1. Ketahui Jenis Printer


Sebelum Kamu membeli inkjet printer, hal wajib yang kamu harus lakukan adalah mencari tahu jenis-jenis inkjet printer yang dapat digunakan dan pastinya Kamu harus memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai karena ketidaktahuanmu, Kamu menjadi asal dalam memilih inkjet printer.

2. Spesifikasi dan Fitur Printer


Ini juga wajib banget untuk diperhatikan, Kamu harus cermat dan teliti ketika memilih sebuah inkjet printer terutama dalam urusan fitur dan spesifkasinya. Inkjet printer yang baik pastinya memiliki fitur yang lengkap dan multifungsi, misalnya terdapat fitur scan. Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki inkjet printer maka akan semakin bagus kualitas cetakan yang dihasilkan.

3. Sesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki


Kamu juga harus tau kondisi keuangan yang Kamu miliki, jangan sampai salah memilih printer dengan harga yang lumayan tinggi. Ingat kembali tujuanmu memiliki inkjet printer untuk digunakan sebagai apa, jika hanya untuk mencetak file-file biasa seperti tulisan dan gambar dengan resolusi yang tidak High Definition (HD) maka pilihlah inkjet printer dengan kelas low-end atau yang standar saja.

Karena semakin banyak fitur dan bagus spesifikasi dari inkjet printer pastinya akan mempengaruhi juga terhadap harganya.

Macam-Macam Pilihan Inkjet Printer Terbaik


1. Inkjet Printer Epson


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Inkjet Printer
Image Source : Shopee.co.id
Merek Epson sudah tidak asing lagi ditelinga, inkjet printer Epson memiliki kualitas hasil cetakan yang memuaskan dan terbaik. Inkjet printer Epson dapat mencetak dengan ukuran kertas A3+ dan juga dilengkapi dengan 4 warna tinta atau 6 warna tinta. Inkjet printer epson lebih cocok digunakan di kantor ataupun dirumah.

2. Inkjet Printer Canon


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Inkjet Printer
Image Source : Shopee.co.id
Inkjet printer Canon juga tidak kalah bagus dengan merek Epson dengan segala fitur dan spesifikasi yang cukup tinggi. Printer keluaran Canon ini memiliki kemampuan lebih dalam mencetak pada kertas berukuran besar A3, karena pencetak ini menggunakan tinta pigmen ataupun tinta dye-based. Inkjet printer canon terbagi 2 yaitu canon pixma dan canon maxify.

Berbagai jenis inkjet printer diatas sudah terbukti bagus kualitasnya sepanjang tahun, bahkan bisa saja menjadi best inkjet printer untuk tahun 2019.


Berapa Harga dan Dimana Mendapatkan Inkjet Printer


Setelah mengetahui macam-macam printer dan segala advantages of inkjet printer (Keuntungan menggunakan Inkjet Printer) yang Kamu dapatkan, mungkin diantara Kamu ada yang tertarik untuk membeli sebuah inkjet printer guna mempermudah urusanmu dalam tulis-menulis. Nah, tenang saja Kamu dapat menemukan berbagai pilihan inkjet printer berkualitas di online shop shopee dengan pilihan dan harga yang beragam mulai dari yang ratusan ribu-hingga jutaan rupiah.

Perbedaan harga itu semua tergantung dari merek dan spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing inkjet printer, jadi tinggal Kamu pilih sesuai dengan seleramu.

Oke mungkin sekian ulasan saya kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat!
Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment