Pesatnya Perkembangan Ekonomi Digital

Pesatnya Perkembangan Ekonomi Digital

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh

Konten Gaptek - Ekonomi digital (digital economy) , mendengar sekilas dari namanya kita tahu bahwa ini segala aktivitas yang berkaitan dengan teknologi digital.

Pesatnya Perkembangan Ekonomi Digital

Yapz benar sekali, kali ini saya akan mengulas sebuah tulisan dengan tema "Ekonomi Digital" .
Tak bisa kita pungkiri , bahwa dengan kehadiran ekonomi digital telah membawa pengaruh besar di dalam aktivitas manusia terutama dalam bidang perekonomian dan perdagangan. Dengan bantuan teknologi berbasis digital semuanya akan terlihat lebih mudah dan simpel, apapun aktivitas kita dapat terselesaikan dengan adanya sarana teknologi yang memadai.

Hal ini telah di rasakan oleh seluruh negara di penjuru dunia, khususnya negara kita Indonesia yang mana telah memasuki ekonomi dengan sistem digital. Bahkan sekarang kini Indonesia telah  berjalan pelan dan tinggal beberapa langkah lagi menuju ekonomi digital terbesar di yang ada di Asia Tenggara.

Nah sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu definisi ekonomi digital. Jadi sebenarnya apa sih itu ekonomi digital?

Pengertian Ekonomi Digital?


Pesatnya Perkembangan Ekonomi Digital

Oke, sebenarnya definisi ekonomi digital belum memiliki definisi yang mutlak, sebab banyaknya perbedaan pandangan pengertian dari para pakar. Tapi saya akan sedikit menyimpulkan saja.

Jadi simpelnya gini, Ekonomi Digital adalah sebuah kegiatan perekonomian atau perdagangan dengan bantuan sarana teknologi digital, biasanya yang paling umum melalui situs web. Contohnya adalah, Kalo dahulu transaksi jual beli hanya bisa dilakukan dengan bertatap muka atau ditempatnya langsung, namun sekarang transaksi jual beli bisa dilakukan secara digital dengan adanya marketplace atau e-commerce yang bertebaran di internet.

Bukan hanya itu saja, kita bisa liat sekarang para perusahaan teknologi atau StartUp berlomba-lomba dalam membuat sarana digital seperti aplikasi ojek online contohnya.

Atau mau membeli tiket kendaraan, pulsa online, dan sejenisnya pun kini bisa melalui digital hanya dengan bantuan smartphone.

Apalagi selanjutnya? Ada juga yang namanya fintech atau financial technology yang bisa memberikan bagi lender dan borrower untuk saling bertemu dengan meminjamkan uang atau meminjam uang.
Melihat betapa pesat perkembangan ekonomi digital, dan terus akan ada perusahaan StartUp apalagi nanti kedepannya, pastinya akan tetap bermunculan inovasi baru.


Kemudian karena dengan banyaknya perusahaan teknologi StartUp baru akan memberikan persaingan yang makin ketat bagi para pendahulunya baik di level makro maupun mikro.

Dampak Positif dan Negatif Ekonomi Digital


Dampak Positif dan Negatif Ekonomi Digital

Ekonomi digital memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat, baik muda maupun tua kini telah mengerti cara menggunakan alat berbasis teknologi. Dampak positif yang diberikan ekonomi digital bukan hanya terhadap perekonomian akan tetapi telah merambah juga ke sektor hukum, struktur, norma, nilai, dan pendekatan dalam masyarakat yang berbeda budaya serta ras.

Baiklah kalo kita lihat dari sisi positifnya adalah mudahnya segala aktivitas manusia dengan adanya sarana ekonomi berbasis teknologi digital, bahkan dengan teknologi digital perekonomian masyarakat bisa naik. Contohnya adalah seorang freelancer yang memanfaatkan sarana teknologi digital, ia bisa menghasilkan uang untuk perekonomian nya dalam kebutuhan sehari-hari.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa segala hal pasti memiliki sisi positif dan negatif, adapun sisi negatif dari ekonomi digital adalah penyalahgunaan alat dan fitur berbasis teknologi. Contohnya yang kerap terjadi adalah kasus penipuan melalui online, dan sejenisnya.

Jadi sebenarnya adalah kembali kepada pribadi masing-masing individu, apakah dia mampu menggunakan teknologi digital untuk hal yang positif atau malah digunakan untuk hal negatif.

Contoh Ekonomi Digital


1. E-Commerce


langkah рrіоrіtаѕ nasional yang tеngаh dіаkѕеlеrаѕі adalah mеmbеrdауаkаn uѕаhа mіkrо, kесіl, dаn menengah (UMKM). Hаmріr 70 persen, реlаku uѕаhа Indоnеѕіа bеrаdа dі ѕеktоr UMKM, maka dari itu dibentuklah E-Commerce.

Dengan adanya E-Commerce membuat aktivitas ekonomi makin mudah dan gampang tentunya, tanpa harus keluar rumah hanya dengan bantuan gadget smartphone kita bisa berbelanja secara online.

Contohnya jika Kamu ingin membeli barang untuk kekasih atau pasanganmu dihari ulang tahunnya maka kamu bisa memberikan Bunga secara online.  kamu bisa mendapapatkan bunga di Florist Bandung
Toko Bunga Bandung

Pasti pasanganmu senang sekali karena telah memberikan sesuatu yang spesial bagi dirinya.
  
Banyak sekali perusahaan E-Commerce yang ada di Indonesia diantaranya adalah Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak yang menjadi  startup yang bergelar unicorn (sebutan bagi perusahaan rintisan yang memiliki valuasi lebih dari USD1 miliar atau setara Rp13,5 triliun).


Saking banyaknya StartUp di Indonesia, Menurut data dari situs startupranking.com bahwa negara Indonesia menjadi negara dengan StartUp terbesar ke-3 setelah Amerika dan India. tercatat hingga saat ini terdapat 1463 start-up di Indonesia.

2. E-Travel


E-Travel juga menjadi contoh ekonomi digital , dengan adanya StartUp E-Travel kita bisa memesan tiket kereta untuk pulang kampung contohnya, dan pastinya sangat mudah melalui aplikasi. Salah satu StartUp yang menyediakan tiket perjalanan adalah Traveloka.

3. Ojek Online


Gojek mendapat predikat gelar StartUp Unicorn karena banyaknya pengguna aplikasi gojek. Terbukti StartUp ini sangat membantu dalam aktivitas ekonomi masyarakat untuk mengunjungi sebuah tempat dengan cepat. Gojek sendiri bukan hanya bisa untuk manusia, tapi kamu juga bisa menggunakan untuk pesan makanan, dan lain sebagainya.

4. Pembuatan Data Online


Pasti kamu pernah ketika ingin membuat dokumen penting yang mengharuskan untuk datang ke tempat terkait. Nah, Untuk mempermudah masyarakat, ekonomi digital telah memberikan solusinya dengan memberikan pengisian data online. Misalnya dalam pembuatan SKCK, Rekening Bank, BPJS, dll.

5. Pinjaman Online


Pinjaman Online maksudnya adalah kita bisa memberikan pinjaman uang atau meminjam uang melalui platform ke-3 yaitu fintech. Pasti dengan adanya ini perekonomian masyarakat Indonesia akan menjadi lebih baik, terutama yang sedang membutuhkan uang.

Teknologi Digital Pembantu Berkembangnya Ekonomi Digital


Pesatnya Perkembangan Ekonomi Digital

Setidaknya terdapat beberapa teknologi yang mampu mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia, seperti yang dikatakan oleh Bapak Menteri Komunikasi dan Indivatika Rudiantara dari sumber data laporan United Nations.


Apa saja teknologi itu?

1. Advanced Robotics


Teknologi robot ini sangat mirip bentuknya seperti manusia, dengan kecanggihannya dalam melakukan aktivitas kerja layaknya seorang manusia, sehingga dengan seiring meningkatnya perkembangan robot ini kemungkinan akan ada pengurangan jumlah tenaga kerja manusia.


Jepang merupakan salah satu negara yang telah menggunakan teknologi robot tersebut, untuk di Indonesia sendiri belum terlihat akan kemunculan teknologi robot ini.

2. Artificial Intelligence


Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan sebuah pentransferan kepintaran otak manusia ke teknologi digital seperti komputer.

3. Internet of Thing


Dengan adanya teknologi Internet of Thing kita bisa melakukan transfer data melalui jaringan tanpa dengan adanya interaksi manusia dengan manusia atau manusia dengan komputer.

4. Mainframe to Cloud Computing


Maksudnya adalah Kementrian dan Lembaga dapat menjadikan Kementrian Keuangan sebagai pusatnya dari data-data yang ada.

5. Big Data Analytic


Big Data Analytic merupakan proses pengumpulan data yang berguna untuk mendapatkan pola-pola dan indivasi yang bermanfaat.

6. 3D Printing


3D printing adalah tekhnik pembuatan gambar yang bisa dilihat dari segala arah dan memiliki volume serta dapat dipegang.

7. Digital Payment System


Kita bisa lihat sekarang melakukan transaksi jual beli tidak hanya dilakukan menggunakan uang cash, kita bisa menggunakan uang elektronik seperti e-money, dan sejenisnya.

8. Interoperabilitas


Interoperabilitas merupakan sebuah wadah untuk interaksi produk dengan menggunakan metode pengungkapan antar muka secara seutuhnya pada suatu produk atau sistem.

Oke mungkin itu saja ulasan kali ini, harapan saya semoga Indonesia akan terus mengembangkan perekonomian dengan basis digital seperti negara-negara lain yang sudah sukses dalam ekonomi digital diantaranya Singapura, Inggris, Selandia Baru, Uni Emirat Arab, Estonia, Hong Kong, dan Jepang.

Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia baik itu pemerintah dan penduduk harus berusaha semaksimal mungkin menggunakan teknologi digital sebagai sarana positif dengan membawa Indonesia menuju perekonomian yang lebih baik.

Akhir kata dari penulis.
Wassalaamu'alaikum .
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment