Pertama Kali Naik Pesawat? 8 Hal Ini Wajib Diketahui

Pertama Kali Naik Pesawat? 8 Hal Ini Wajib Diketahui

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Tiket Pesawat
Image Source: pegipegi.com

Konten Gaptek – Hai sobat travel! Liburan nanti pada mau pergi kemana nih? Pasti diantara kalian ada yang berencana untuk jalan-jalan kan. Sebuah moda transportasi yang sering dijadikan seseorang untuk melakukan traveling atau perjalanan jauh salah satunya adalah pesawat.

Sebagian orang memilih transportasi udara seperti pesawat dikarenakan perjalanan yang ditempuh lebih singkat ketimbang alat transportasi lain, apalagi jika Kamu akan melakukan perjalanan jauh keluar kota atau negeri misalnya, pesawat memang sangat cocok dijadikan pilihan.

Bagi seseorang yang sudah sering merasakan naik pesawat ini merupakan perkara biasa, mereka sudah mengetahui segala hal berkaitan tentang naik pesawat. Namun bagaimana halnya jika bagi Kamu yang baru pertama kali ingin mencoba naik pesawat, tentu saja akan ada rasa bingung, takut, dan khawatir.

Kalau Kamu baru pertama kali mau mencoba naik pesawat, alangkah baiknya agar mempersiapkan dan mengetahui segala hal sebelum naik pesawat terlebih dahulu, Supaya perjalananmu menaiki pesawat bisa terlaksana dengan baik. Apa saja hal tersebut?

Tips Naik Pesawat Untuk Pertama Kali


1. Minum Obat


Oke yang pertama adalah perhatikan kondisi kesehatanmu. Jika Kamu adalah tipe orang yang gampang mabuk ketika naik kendaraan dan melakukan perjalanan jauh, maka sebaiknya kamu mengonsumsi dan membawa obat-obatan anti mabuk  seperti tolak angin, antimo, dsb. Obat harus Kamu minum setidaknya beberapa jam sebelum keberangkatan pesawat agar dapat bereaksi terhadap tubuh.

Selain itu Kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki aroma sedap seperti permen, sebagian orang percaya dengan mengonsumsi permen dapat menghilangkan rasa mual dan pusing saat naik kendaraan terutama pesawat. Oh iya, Kamu juga bisa memakai minyak seperti kayu putih atau freshcare untuk dihirup dan dioleskan di tubuh.

Ketika sudah didalam pesawat harap tenang dan jangan banyak melakukan aktivitas yang dapat membuat pusing dan mual seperti membaca buku. Lebih baik Kamu bisa tidur agar rasa ingin mabuk tidak muncul. 

2. Sarapan


Ini juga tak kalah pentingnya, alangkah baiknya sebelum menaiki pesawat pastikan keadaan perutmu tidak kosong. Kamu bisa sarapan makanan terlebih dahulu sebelum berangkat. Tapi yang perlu diingat hindarilah makanan yang mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi, sebab makanan tersebut dapat menimbulkan rasa dan emosi negatif terhadapmu seperti panik dan gelisah.

3. Bagasi Maskapai


Setiap maskapai pesawat memiliki kapasitas bagasi yang berbeda-beda, oleh karena itu Kamu harus teliti dan memeriksa barang bawaan Kamu. Jangan sampai melebihi batas maksimal ya. Untuk penerbangan domestik biasanya maskapai menampung bagasi sekitar 20-50 Kg, sedangkan penerbangan Internasional sekitar 20-60 Kg.

Sebenarnya tidak mengapa jika Kamu membawa barang bawaan melebihi kapasitas bagasi maskapai, akan tetapi Kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk per Kg-nya. Sekarang sudah ada juga kok beberapa maskapai yang menyediakan bagasi gratis, jadi lebih hemat kan hehe.

4. Terminal dan Gate Berangkat


Untuk terminal memang setiap bandara berbeda-beda, biasanya bandara kecil hanya memiliki terminal satu saja, sedangkan bandara besar memiliki terminal lebih dari satu. Nah, dalam hal ini Kamu juga harus mengetahui posisi terminal keberangkatanmu dari beberapa hari sebelum keberangkatan, agar ketika sampai di bandara lebih mudah untuk mencari terminal yang bersangkutan.

Kemudian juga gate keberangkatan jangan sampai keliru, Kamu harus menunggu di gate yang sudah tertera di boarding pass. Tetaplah berada di kawasan gate dan jangan terlalu berjauhan, karena sewaktu-waktu akan ada informasi keberangkatan penerbangan pesawat dan informasi lainnya.

5. Perhatikan Barang Bawaan


Penting sekali untuk Kamu memperhatikan barang apa saja yang kamu bawa ke pesawat, pastikan Kamu tidak membawa barang-barang terlarang yang tidak diperkenankan seperti senjata tajam (ini sudah pasti), benda yang mengandung gas dan dapat meledak, dll. Dan satu hal lagi ketika di pesawat hindarilah bermain smartphone dan peralatan elektronik lainnya untuk menghindari terganggunya kinerja penerbangan pesawat.

Ketika barang bawaan sudah siap, titipkan barang bawaan Kamu di bagasi maskapai. Selalu cek and ricek kembali barang bawaanmu, untuk mengantisipasi kehilangan dan sesuatu hal yang tak diinginkan lainnya.

6. Datang Cepat


Kebiasaan orang Indonesia adalah ngaret alias sering menunda-nunda waktu, dalam hal naik pesawat sebaiknya Kamu hilangkan lah mental tersebut. Kamu harus datang lebih awal ke bandara kenapa? Sebab jika telat dan Kamu ketinggalan pesawat, tamatlah sudah uang tidak bisa kembali dan keberangkatanmu pergi traveling jadi tertunda.

Oleh karena itu usahakan agar sudah berada di bandara sejak beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat, karena Kamu harus melakukan check in terlebih dahulu.

7. Bawa Identitas Pengenal


Jangan lupa juga untuk membawa tanda pengenal dan dokumen penting lainnya seperti e-ticket, ktp, sim, boarding pass, dan pasport (ini kalo ketinggalan bisa gawat hehe). 

8. Persiapkan Tiket Pesawat


Hal terakhir dan yang paling penting adalah Kamu harus memiliki tiket pesawat, ya iya dong, kalo tidak bagaimana caranya bisa naik pesawat hehe. Sekarang sudah gampang untuk mendapatkan tiket pesawat, Kamu bisa memesan tiket pesawat secara online.

Secara online dapat dilakukan melalui travel agent ataupun website yang menyediakan pemesanan tiket pesawat. Pasalnya banyak sekali tempat untuk memesan tiket pesawat secara online, hal ini pasti membuat Kamu bingung kan.
Apalagi banyak promo tiket pesawat murah yang diberikan, tambah akan membuatmu lebih bingung lagi. Kalau yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah Kamu dapat mencoba aplikasi PegiPegi.

Kenapa demikian? Nih biar aku kasih tahu yaa.

Di Pegipegi Kamu dapat menemukan beragam pilihan Tiket Pesawat mulai dari yang termurah hingga termahal. Kamu yang ingin traveling, perjalanan bisnis, dan liburan bisa mendapatkan penawaran tiket pesawat murah dan terbaik melalui Pegipegi.

Tiket Pesawat
Tentukan pesanan Tiket Pesawat pulang pergi atau tidak?

Pegipegi menyediakan tiket pesawat dengan tujuan sejumlah Kota yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bali / Denpasar, Medan, Solo, Yogyakarta, Semarang, dll. Cocok banget buat Kamu yang ingin pergi ke luar kota, apalagi ketika akan lebaran misalnya ingin ke kampung halaman.

Tiket Pesawat di Pegipegi

Di aplikasi Pegipegi Kamu dapat memesan tiket pesawat sesuai dengan jadwal keberangkatan pilihanmu, tinggal sesuaikan saja di aplikasi Pegipegi. Kamu juga bisa langsung memesan tiket PP (Pulang Pergi) jika tidak ingin ribet.

Kamu juga bisa lebih mudah mencari tiket pesawat dengan memfilter pencarian sesuai kategori pilihan termurah, berangkat paling awal / akhir, dan tiba paling awal / akhir. Fitur filter ini sudah tersedia di aplikasi Pegipegi. Cek terlebih dahulu rincian penerbangan dan harga tiket yang Kamu pesan.

Pertama Kali Naik Pesawat? 8 Tips Ini Wajib Diketahui

Setelah melakukan pemilihan lokasi keberangkatan, tujuan dan maskapai pesawat telah selesai dan dirasa oke, Kamu diharuskan mengisi data pribadi. Lalu jika sudah selesai langkah selanjutnya adalah konfirmasi pesanan. Dan yang terakhir barulah melakukan pembayaran, untuk pembayaran Kamu bisa membayar tiket pesawat online sehingga lebih praktis dan cepat. Pembayaran dapat melalui transfer bank, internet banking, dan melalui minimarket.

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi Pegipegi yaitu Kamu bisa sering mendapatkan Promo tiket pesawat yang bermacam-macam. Wahh jadi makin hemat pengeluaran deh.

Yuk sekarang sudah tidak perlu bingung dan takut lagi dong untuk naik pesawat. Happy Holiday!
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment