Keinginanku Bisa Umroh Bersama Keluarga

Keinginanku Bisa Umroh Bersama Keluarga

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Keinginanku Bisa Umroh Bersama Keluarga
Image Source: suarakumandang
Konten Gaptek – Setiap orang memiliki impian masing-masing, salah satunya adalah bisa pergi ke Baitullah / Mekah. Bagi umat muslim untuk pergi ke Baitullah bisa dengan melakukan ritual ibadah haji ataupun umroh. Dari segi ritual dan waktunya umroh dan haji memiliki perbedaan, haji hanya bisa dilaksanakan di bulan Dzulhijjah sedangkan umroh bisa kapanpun kecuali 10,11,12,13 Dzulhijjah (waktu yang dilarang). Nah, Insya Allah rencananya aku berkeinginan untuk bisa umroh antara bulan oktober-desember. Maka dari itu aku sekarang sedang mencari Paket Umroh Oktober dengan pelayanan dan harga terbaik.

Kenapa aku memilih dibulan tersebut? Karena pada bulan oktober biasanya cuaca dan suhu di Negara Arab Saudi Mekah itu sedang sejuk. Sejak menginjak bangku sekolah aku sudah bermimpi bisa pergi ke Tanah Suci bersama dengan keluarga dan orang tuaku. Paling tidak aku harus bisa melakukan ibadah umroh ke Tanah Suci. Sebab jika melakukan haji itu antrian waktunya relatif lama, berbeda dengan umroh yang lumayan cepat untuk jadi alternatif bisa pergi ke Tanah Suci.

Walaupun diusiaku yang masih menginjak kepala 2 , tetapi impianku dapat ke Tanah Suci sangat besar. Jika orang biasanya lebih suka pergi ke luar negeri seperti Eropa, Amerika, Jepang, Korea dll, namun aku berniat dan bertekad untuk menjadikan Arab Saudi adalah Negara pertama yang dapat kupijaki setelah Indonesia. Khususnya ialah kota Mekah, ingin sekali rasanya diri ini bersujud dan memanjatkan doa serta memohon ampunan kepada Allah Swt di tempat yang mulia tersebut agar doa lebih mustajab.

Untuk mempersiapkan ibadah umroh pastinya aku harus mengetahui tentang ritual tata cara melaksanakan umroh dong. Oh ya Kamu udah pada tau belum bagaimana tata cara untuk melakukan umroh? Jangan sampai nanti ibadah umroh menjadi tidak sempurna karena ketidaktahuan syarat, rukun, dan apa saja yang dilarang dalam ibadah umroh. Oke aku kasih tau nih yaa.

Syarat Wajib Umroh

  1. Muslim
  2. Berakal
  3. Baligh
  4. Mampu lahir batin

Rukun Umroh


#Niat & Ihram


Pertama kali yang dilakukan dalam rangkaian ibadah umroh ialah berniat, Yapz sebab setiap perbuatan itu semuanya tergantung dari niat. Kemudian dilanjut dengan memakai pakaian ihram pada miqot (garis awal dimulai dalam ritual ibadah umroh) yang telah ditetapkan. Sebelum mengenakan pakaian ihram jamaah harus mensucikan tubuh dengan mandi besar/janabah, barulah diperkenankan memakai pakaian ihram lalu melakukan wudhu untuk melaksanakan sholat sunnah ihram.

Dan ada hal penting untuk diketahui jika sudah mengenakan pakaian ihram, maka jamaah tidak boleh melakukan hal yang dilarang seperti dalam syariat islam yaitu memakai pakaian berjahit (pakaian selain ihram), mengenakan kaos kaki, mengenakan peci ataupun penutup kepala lainnya, memakai parfum dan wangi-wangian, memotong kuku & mencukur rambut. Sedangkan untuk wanita yang berniqob atau menggunakan cadar maka ia dilarang untuk menutup mukanya dan dilarang memakai sarung tangan.

#Tawaf


Selanjutnya adalah melakukan keliling kakbah sebanyak 7 kali atau yang disebut dengan tawaf yang dilakukan di Masjidil Haram. Sebelum masuk ke dalam Masjidil Haram jamaah harus suci dari hadats kecil ataupun besar, untuk itu harus berwudhu terlebih dahulu. Dalam tawaf jamaah boleh mencium, mengusap, dan menyentuh hajar aswad yang merupakan bagian dari Rukun Yamani.

Setelah melakukan tawaf jamaah bisa beristirahat dan mencicipi air yang penuh khasiat yakni Air Zam-zam. 

#Sai


Selanjutnya ada yang namanya Sai yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah. Sai disunnahkan dengan berjalan biasa, kecuali ketika berada di tiang hijau dengan berlari-lari kecil. Sepanjang melakukan sai sebaiknya memperbanyak berdoa dan berdzikir kepada Allah Swt.

#Tahallul


Ritual ibadah umroh yang terakhir yaitu Tahallul atau mencukur rambut, dicukur sampai gundul lebih baik untuk laki-laki walaupun tidak mengapa jika tidak mencukur rambut sampai habis.

Oh iyaa, Untuk ibadah umroh tidak ada wukuf di Padang Arafah, Mina, dan Musdalifah, sebab ritual tersebut hanya dilakukan ketika melaksanakan ibadah haji. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar umroh seperti bacaan doa, dzikir dan lainnya Kamu dapat membeli buku panduan ibadah umroh.

Untuk Kamu yang memiliki impian bisa melakukan ibadah umroh tak hanya dari sisi rohani saja yang perlu dipersiapkan tapi juga dari sisi materill seperti kondisi keuangan harus sudah cukup. Nah sebaiknya Kamu cari tahu dari sekarang nih biro travel yang menyediakan Umroh Promo murah dan terpercaya pastinya.

Oke akhir dari tulisan ini, aku berharap tulisan ini bermanfaat dan kita semua dapat diberikan kesempatan untuk melakukan ibadah umroh ke Tanah Suci. Aamiin…
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment