Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Image Source: scet.berkeley.edu
Konten Gaptek – Pernahkah Kamu menggunakan smartphone yang bisa mendeteksi beragam objek melalui sensor kamera? Lalu coba cek smartphone yang Kamu pakai apakah ada yang namanya fitur face unlock dan apakah Kamu pernah menggunakannya? Jika pernah, itulah apa yang dimaksud dengan Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI seolah tak bisa dilepaskan dari perangkat digital terbaru, contohnya saja smartphone, beberapa tahun belakangan memang brand smartphone telah mengeluarkan smartphone berbasis teknologi Artificial Intelligence.

Lalu apa itu teknologi Deep Learning (kecerdasan buatan)? Teknologi ini masih bagian dari Artificial Intelligence yang berguna untuk mengenali wajah dan menghitung jumlah objek data melalui kecanggihan AI yang kemudian akan tercatat dalam sistem algoritma komputer. Teknologi ini sudah disematkan dibeberapa perangkat elektronik untuk dapat menjadikan Indonesia Smart Nation City.

Beberapa bulan yang lalu aku sempat menulis artikel Smart City dengan dukungan aplikasi Qlue, ya benar aplikasi Qlue yang sudah membawa pengaruh besar untuk perubahan tata kota dan menyelesaikan permasalahan perkotaan di Indonesia seperti dalam permasalahan di jalan raya, kemacetan, jalan berlubang, dan pelanggaran lalu lintas. 

Qlue dan Nvidia Kembangkan Teknologi AI 


Saat ini Qlue terus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning dengan menggandeng partner baru yakni Nvidia. Yapz, Nvidia atau Nvidia Inception merupakan program akselerator virtual yang berguna untuk perusahaan teknologi dengan tujuan mengembangkan perusahaan rintisan berdedikasi, berpotensi tinggi, dan merevolusi industri melalui kecanggihan teknologi Artificial Intelligence serta data science.

Yang menarik dari Nvidia disini adalah setiap StartUp yang bergabung dalam program Nvidia Inception akan mendapatkan berbagai keuntungan yang berkelanjutan, mulai dari pelatihan dari para pakar, program hibah untuk perangkat keras, serta dukungan pemasaran.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning
4 Narasumber dari Kubu Qlue: Ibu Maya, Pak Rama, Pak Andre, dan Pak Surya
Kamis (09/05/2019) Qlue dan Nvidia menggelar acara dan mengundang segenap media untuk hadir dalam pengumuman resminya Qlue bergabung dengan Nvidia Inception Program. Dalam acara tersebut hadir beberapa orang dari kubu Qlue yaitu ada Pak Rama selaku Founder & Chief Executive officer Qlue, Pak Andre Hutagalung selaku CoFounder & Chief Technology Officer, Pak Surya Darmadi selaku Chief Operation Officer, dan Ibu Maya Arvini selaku Chief Commercial Qlue.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning
Pak Surya Darmadi: Chief Operation Officer
Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Pak Surya Darmadi, beliau memaparkan sedikit tentang Qlue yang telah mendapatkan penghargaan di Dubai pada tahun 2018. Talent yang dimiliki oleh Qlue sekarang telah mencapai 94 talent yang tadinya hanya 25 talent.

Kemudian dilanjut dengan Ibu Maya, dia mengungkapkan bahwa dirinya masih baru bergabung dengan Qlue. Akan tetapi dia mengetahui banyak tentang Qlue seperti halnya Qlue yang sudah diintegrasikan pada 15 kota, 50 institusi, dan client.

Kalo dulu Qlue hanya berfokus pada bisnis Government, tetapi sekarang Qlue berempansasi pada bisnis ke bisnis baru salah satunya dengan menggandeng partner baru yaitu Nvidia. Berbagai teknologi baru Qlue akan memberikan solusi secara realtime sehingga dapat  memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik itu di tingkat pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning
Pak Andre Hutagalung: CoFounder Qlue
Pak Andre Hutagalung mengatakan perubahan semakin terlihat jelas untuk Indonesia menjadi Smart City dengan teknologinya Qlue. Semuanya dilakukan lebih mudah dengan bantuan Qlue yang menerapkan teknologi Artifical Intelligence. Sekarang tidak perlu polisi memantau setiap saat, sebab hampir setiap titik persimpangan jalan selalu diawasi oleh komputer dengan teknologi AI berupa CCTV untuk membantu dan menegakkan kedisiplinan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di masyarakat.

Kemudian barulah ketua dari Qlue yaitu Pak Rama menyampaikan sambutannya dan sedikit penjelasan tentang program baru Qlue. Nvidia Inception Program akan membantu kami dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknik dan bisnis dalam memberikan solusi Artificial Intelligence dan Deep Learning, yang telah tersedia dalam Qlue. Dengan adanya dukungan Nvidia ini diharapkan akan mengoptimalkan teknologi Qlue yang telah ada sebagai solusi smart city. Tutur Pak Rama.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning
Pak Rama: Founder Qlue
Kata Pak Rama sebenernya kami sudah terpancing untuk mengaplikasikan teknologi Qlue di luar negeri, akan tetapi saat ini Qlue masih memfokuskan untuk di Negara Indonesia.

Kerjasama antara Qlue dan Nvidia ini semakin mengembangkan produk berbasis Artificial Intelligence dan Deep Learning. Produk baru Qlue salah satunya adalah QlueVision dan QlueSense. QlueVision yang merupakan sebagai solusi analisa video dengan mengusung teknologi Artificial Intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, perhitungan kendaraan dan manusia, dan identifikasi nomor plat kendaraan. Dengan teknologi QlueVision tentu saja akan lebih efektif dan dapat mempercepat penanganan kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning
Image Source: suara.com
Bayangkan saja QlueVision ini mampu mengetahui kepadatan di jalanan walaupun di google maps bisa kita lihat, akan tetapi melalui QlueVision tampilannya akan lebih detail lagi mulai dari plat nomor kendaraan dan jenis kendaraan itu sendiri bisa terdeteksi dengan mudah oleh QlueVision. Kendaraan yang parkir ilegal di pinggir jalan juga dapat diketahui dengan cepat berkat bantuan QlueVision ini. Semua masalah serasa menjadi lebih mudah dan cepat diketahui.

Bahkan QlueVision telah diterapkan di beberapa Mall yang ada di Indonesia untuk mengidentifikasi trafik pengunjung dalam Mall, mengetahui letak posisi strategis untuk berbisnis dengan mengetahui lewat mana umumnya pengunjung akan berlalu lalang apakah ramai atau tidak. Saat ini Rumah Sakit pun telah dilengkapi dengan Teknologi Artifical Intelligence QlueVision.

Qlue Mainkan Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning

Kemudian pada acara itu juga ada Pak Budi Harto selaku Senior Manager Channel and Alliances (Pasific South) Nvidia. Dalam acara itu ditunjukkan kecanggihan teknologi Artificial Intelligence dengan menghadirkan sosok wajah Pak Budi melalui tampilan layar di televisi. Pak Budi Harto mengatakan Nvidia senang dapat mendukung Qlue untuk mengembangkan produk berbasis Artificial Intelligence dan Deep Learning. Melalui kerja sama ini Nvidia berkomitmen untuk terus mendukung berbagai produk dan bisnis dari startup Qlue demi mewujudkan Indonesia Smart Nation City.

Pak Budi bilang salah satu dari kecanggihan QlueVision ini ia mampu monitoring keluar masuk kendaraan di tol. Jadi setiap kendaraan yang masuk tol bisa terdeteksi datangnya/masuk dari tol mana dan keluar tol darimana tanpa harus adanya polisi yang standby setiap saat.

Di acara tersebut juga dihadirkan kecanggihan teknologi Artificial Intelligence dan Deep Learning yaitu Face Recognition atau pendeteksi wajah. Jadi setiap pengunjung yang datang dan berlalu lalang akan terdeteksi dan ditampilkan siapa namanya melalui layar seperti televisi, asalkan sudah mendaftarkan dengan memasukkan data wajahnya pada sih operator warnet nya.

Mulai sekarang mari kita sama-sama jadikan Indonesia menjadi Negara dengan kota positif berkat kecanggihan AI. Kamu  juga bisa turut berkontribusi dengan melaporkan permasalahan sekitar di lingkungan melalui aplikasi Qlue, buruan install aplikasi Qlue yang ada di playstore. Gratis gak pake bayar. Semoga dengan kerjasama Qlue dengan Nvidia ini bisa menjadikan Indonesia Smart Nation dan City yang lebih baik.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment