Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa
Image Source: tempo.co

Konten Gaptek - Pandemi Virus Covid-19 yang saat ini sedang menyerang dan marak di Indonesia ini menjadi salah satu jenis musibah yang cukup membuat kondisi Indonesia terpuruk. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan dijelaskan bahwa gejala virus corona 
sangat mirip dengan gejala flu biasa. Lalu apakah Anda sudah bisa membedakan ciri kedua virus tersebut? Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan di Cina dijelaskan bahwa paling umum gejala yang muncul adalah dengan demam yang sangat tinggi apabila seseorang telah terinfeksi virus corona.

Namun dalam perkembangannya, ternyata virus ini tidak hanya menunjukkan gejala dengan demam saja, tetapi disertai dengan kondisi pasien yang sangat kelelahan dan batuk kering. Dan di beberapa wilayah negara lain yang terjangkit virus tersebut orang yang terpapar virus corona akan menunjukkan gejala seperti kesulitan untuk bernapas dan juga nyeri pada otot. Banyak sekali masyarakat di Indonesia yang terjangkit virus corona dengan menunjukkan gejala yang ringan. Tetapi ada juga pasien yang menunjukkan dengan kondisinya yang parah serta ada juga yang kritis.

Melihat perkembangan dan persebaran virus yang sangat luar biasa cepatnya, masyarakat Indonesia dihimbau untuk bisa tetap berhati-hati dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah bila memang tidak terlalu penting dan mendesak. Dan bila bisa hindari kerumunan dan jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang lain. Bagi Anda yang belum tahu apa saja perbedaan antara virus corona dan gejala akan flu biasa, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

     1. Gejala Flu Biasa

Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa
Image Source : ntmcpolri.info

Sebagai informasi bahwa virus yang menyebabkan flu berasal dari golongan  rhinovirus. Dan sangat mudah menyerang dari manusia ke manusia melalui  percikan cairan dari orang yang menderita flu. Beberapa cirri flu biasa adalah hidung berair, sakit tenggorokan, bersin, batuk, demam tapi jarang terjadi, sakit kepala ringan, lemas dan badan linu. Gejala-gejala tersebut biasanya akan muncul dalam waktu 1-3 hari saat seseorang terinfeksi oleh virus yang menyebabkan flu. Biasanya orang yang rentan terkena virus yang menyebabkan flu adalah anak-anak yang berada di bawah usia 1 tahun atau bisa juga menyerang mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

     2. Gejala Corona Covid-19

Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa
Image Source: pojoksatu.id

Sudah banyak yang tahu dan paham bahwa virus corona juga menyerang sistem pernapasan. Dengan kondisi inilah yang kemudian gejala dari corona virus sangat mirip dengan flu biasa. Virus ini memang bisa menyerang manusia dari segala usia. Dan sangat rentan serta bisa berakibat fatal bila virus ini menyerang orang-orang yang memiliki riwayat penyakit seperti asma, hipertensi, jantung, diabetes dan lain-lain. Untuk gejalanya sendiri virus ini memang akan sangat berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Akan tetapi pada umumnya gejalanya adalah demam tinggi, batuk kering tidak berdahak, lemas dan sesak napas. Gejala di atas adalah termasuk gejala ringan dan bisa muncul dalam waktu yang bertahap. 

Gejala virus corona covid -19 juga akan mengalami beberapa kondisi seperti nyeri pada tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, diare, sakit kepala dan lain-lain. Akan tetapi gejala ini memang terkadang sangat jarang untuk ditemukan. Dan untuk pengobatan virus corona dan flu biasa memang tidak bisa disamakan. Untuk flu biasa bisa disembuhkan dengan beberapa obat sedangkan corona sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa mencegah penyebaran virus tersebut.Kita berdoa saja semoga wabah virus corona ini cepat selesai dan bumi lekas pulih.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment