-->
Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?

Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?

Konten Gaptek – Hai gaess apa kabar nih? Udah lama ga menyapa kalian yaa, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat deh. Aamiin. Oh iya, sebelumnya aku mau mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1443H buat kalian yang merayakannya. Btw, kalian pada mudik gak nihh lebaran? Hehehe. Atau tetap stay di Jakarta aja? Sama dong kayak aku. Enak yaa di Jakarta bisa melihat keindahan IbuKota sedang sepi disaat yang lain pada pulang kampung hahaha.

Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?
Kampung Gasong

Eh tapi, jangan salah lohh dibalik kemewahan Ibukota Jakarta yang di mata dunia merupakan penduduknya bisa dibilang maju dan berada. Ternyata kalau kita mau menelusuri lebih dalam masih banyak lohh daerah tertinggal dan terpencil yang tak terlihat oleh masyarakat, jangankan untuk berkehidupan mewah, untuk makan sehari-hari saja mereka masih sulit. Salah satunya ada di daerah Kampung Gasong, yang beralamatkan di Menteng Atas, Jakarta Selatan.

Yapz, kampung ini memang benar nyata adanya karena akupun sudah melihat langsung bagaimana keadaan kampung disana. Pada hari minggu, 10 Juli 2022 aku berkesempatan menyambangi daerah yang sangat berbeda 180 derajat dari yang aku bayangkan. Begitu aku sampai di kampung tersebut, aku cukup terkejut melihat keadaan kampung ini, dimana kampung ini berdekatan dengan kuburan dan sekelilingnya masih banyak tumpukan sampah.

Memang menurut warga sekitar, dahulu wilayah ini masih berupa tumpukan pembuangan sampah. Namun kini gundukan sampah tersebut telah ada kehidupan yang menjadi tempat tinggal warga kampung Gasong.


Mengenal Lebih Dalam Masyarakat Kampung Gasong / Cahaya


Oh iya jadi kemarin itu aku berkesempatan melihat langsung nih acara “Tebar Berkah Daging” yang dilakukan oleh YBM PLN di Kampung Gasong. Sebelumnya udah pada tau belum apa itu YBM PLN? Oke jadi YBM PLN (Yayasan Baitul Maal PLN) adalah yayasan yang didirikan dengan tujuan untuk menghimpun dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf yang berasal dari masyarakat muslim serta dana-dana halal lainnya.

YBM PLN telah berdiri sejak tahun 2009, yang mana yayasan ini telah banyak memberikan manfaat untuk Negeri, khususnya dalam membantu wilayah-wilayah terpencil agar mereka dapat merasakan hidup yang layak dan berkesinambungan. Hal ini juga yang dilakukan oleh YBM PLN untuk warga kampung Gasong. Kira-kira kurang lebih sudah 3 tahun Kampung Gasong mendapatkan bantuan dari YBM PLN.

Bantuan yang diberikan oleh YBM PLN tak hanya sebatas dengan memberikan sesuatu yang berbentuk materi seperti uang, makanan, dan pakaian saja. Disisi lain YBM PLN pun juga memberikan bantuan berupa pendekatan bagaimana sih untuk hidup yang lebih layak. Karena memang warga disini sangat butuh perhatian dan bimbingan agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Mengenal Lebih Dalam Masyarakat Kampung Gasong / Cahaya
Kampung Gasong

Buat yang belum tahu, Gasong ini artinya kumuh, dekil, dan kotor. Aku pun tidak tau mengapa diberi nama gasong, atau mungkin karena lingkungan disini berdekatan dengan tumpukan sampah. Tapi itu dulu, kalau sekarang Kampung Gasong telah mengubah namanya menjadi Kampung Cahaya semenjak kehadiran YBM PLN di kampung ini. Cahaya yang merupakan singkatan dari Cakap, Agama, Sehat, dan Berdaya.

Perubahan nama ini adalah inisiatif warga disana sendiri lohh. Cahaya yang menandakan cerah yang memang identik dengan PLN untuk memberikan penerangan. Semoga saja warga Kampung Cahaya bisa menjadi lebih terang kesejahteraan hidupnya. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka pun bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan tidak dipandang sebelah mata.  

Kehadiran YBM PLN membawa kebahagiaan tersendiri bagi warga Kampung Cahaya yang mana kini mereka yang masih anak-anak bisa mendapatkan banyak bekal seperti ilmu pendidikan mulai dari belajar mengaji, membaca, menulis, dll. Dalam hal ini YBM PLN menjalankan tugasnya dibantu oleh para relawan untuk memberikan pengajaran bagi anak-anak warga Kampung Cahaya.

produk makanan usaha ibu-ibu kampung cahaya
produk makanan usaha ibu-ibu kampung cahaya

Sedangkan untuk kaum ibu-ibu warga Kampung Cahaya mendapatkan bantuan modal usaha serta keterampilan untuk membuat sebuah produk makanan, yang mana mereka kini akhirnya bisa menjual sendiri aneka jenis makanan seperti macaroni, risol, peyek, dan ikan pesmol. Hal ini diharapkan bisa membantu perekonomian warga Kampung Cahaya untuk bisa melanjutkan hidupnya.

Tak hanya itu saja, untuk menunjung kegiatan warga Kampung Cahaya YBM PLN pun membangunkan sebuah Aula serbaguna yang bisa dipakai apabila ada kegiatan seperti belajar mengajar, mengaji, sholat berjamaah, dll. Lalu di kampung cahaya juga terdapat aneka mainan seperti ayunan dan perosotan yang dapat digunakan untuk bermain bagi anak-anak warga kampung cahaya.

Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?
mainan ayunan

Oh iya sob, warga disini pekerjaan utamanya ialah menjadi pengumpul barang bekas dan sampah plastik untuk melanjutkan hidup, namun sejak YBM PLN hadir ke kampung Cahaya, beberapa warga disini telah ada yang bekerja menjadi asisten rumah tangga dan juga menjual beragam jenis makanan yang nantinya akan dititipkan di warung atau terkadang juga mereka berkeliling sendiri untuk menjualnya.

Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?
Peresmian Penyerahan Tebar Berkah Daging 

Bersyukur buat kita nih yang masih diberikan tempat tinggal yang enak, kehidupan berkecukupan. Kalau kita melihat mereka, rasanya sedih sekali karena mereka hidupnya tak seberuntung kita yang memiliki harta yang cukup. Boro-boro mereka mau foya-foya pergi ke mall untuk belanja, untuk makan sehari-hari saja sepertinya sulit. Nah, untungnya YBM PLN peduli akan hal ini. Kali ini YBM PLN membuat program tebar berkah daging di Kampung Cahaya, yang salah satu tujuannya agar warga disini pun bisa merasakan nikmatnya daging.

Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?
adik-adik kampung cahaya

Sebab menurut informasi bahwa sejak tahun ke tahun Kampung Cahaya tiap Idul Adha tidak pernah mendapatkan kupon untuk mengambil daging kurban
lohh. karena masyarakat kampung sekitar seperti tidak menganggap keberadaan kampung cahaya, oleh karena itu YBM PLN akhirnya menggelar program tebar berkah daging.

Program Tebar Berkah Daging oleh YBM PLN


Program Tebar Berkah Daging oleh YBM PLN
Tebar Berkah daging di Kampung Cahaya

Oh iya sedikit informasi bahwa program tebar berkah daging ini bukanlah program pemotongan hewan kurban dalam rangka hari raya idul adha, melainkan murni program pemberian daging kepada penerima manfaat yang mana dananya hasil dari zakat karyawan YBM PLN. Hanya saja kebetulan program ini bertepatan dengan idul adha, yaa jadi pas banget deh biar warga Kampung Cahaya bisa mencicipi lezatnya daging. Meskipun tidak kebagian daging kurban dari kampung setempat.

Program tebar berkah daging ini tak hanya dilaksanakan di Kampung Cahaya saja, tetapi dilakukan secara serentak di berbagai cabang PLN seluruh Indonesia. Bahagianya melihat senyum bahagia dari warga kampung cahaya yang bisa mendapatkan dan mencicipi nikmatnya daging juga.

Mengenal Lebih Dalam Masyarakat Kampung Gasong / Cahaya
Jajaran YBM PLN

Saat itu acara dihadiri oleh segenap jajaran YBM PLN salah satunya ada Bapak Iskandar selaku Ketua Umum YBM PLN, Bapak Salman Al-Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN. Kemudian juga ada Bapak Bowo selaku Presiden Yoi Skul. Acara ini diawali dengan sambutan, yang pertama ada sambutan dari Pak Iskandar, beliau mengatakan sangat senang YBM PLN bisa membantu kampung cahaya. Sejalan dengan itu juga Pak Bowo pun turut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada YBM PLN yang telah banyak membantu warga kampung cahaya hingga menjadi seperti sekarang ini.

Bapak Iskandar selaku Ketua Umum YBM PLN
Bapak Iskandar selaku Ketua Umum YBM PLN

Bapak Bowo selaku Presiden Yoi Skul
Bapak Bowo selaku Presiden Yoi Skul

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh adik-adik Kampung Cahaya, dan juga mereka menampilan pertunjukkan nari. Selanjutnya pemotongan sapi dalam program tebar berkah daging.

pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh adik-adik Kampung Cahaya
pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh adik-adik Kampung Cahaya


pemotongan sapi
pemotongan sapi

Penerima manfaat dari program tebar berkah daging sebanyak 26.970 KK, Sedangkan di kampung cahaya terdapat 150 KK yang diberikan paket daging mentah plus paket daging yang telah dimasak matang di Solidarity Food Truck YBM PLN. Inilah yang membedakan dengan daerah lain penerima manfaat.

Solidarity Food Truck YBM PLN
Solidarity Food Truck YBM PLN


Dari Gasong Menjadi Cahaya, Apakah Itu?
Foto YBM PLN Bersama Warga Kampung Gasong 

Semoga saja dengan kehadiran dan bantuan dari YBM PLN kehidupan masyarakat kampung cahaya bisa menjadi lebih baik dan tidak lagi dianggap sebelah mata. Pokoknya sukses selalu YBM PLN agar bisa selalu menebar manfaat lainnya ke polosok Negeri.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Our merchandise are made for each sort of plastics equipment out there, including not solely conventionally designed machines, but additionally machines without holes within the base, and very giant / segmented equipment. Injection stretch blow molding process has two main completely different methods, a single-stage and two-stage process; these are the methods by which hole plastic parts are shaped. Deng, Toilet Plungers “Process parameter optimization for MIMO plastic injection molding via soft computing,” Expert Systems with Applications, vol. M. Rodríguez, “Optimization of injection molding process parameters by a hybrid of artificial neural network and artificial bee colony algorithm,” Revista Facultad de Ingeniería Universidad de Antioquia, vol. Rochman, “Analysis of process parameters affecting power consumption in plastic injection moulding,” Procedia CIRP, vol. Martinsen, “Application of machine learning methods for prediction of parts quality in thermoplastics injection molding,” in International Workshop of Advanced Manufacturing and Automation, Springer, Berlin, Germany, 2018.

    ReplyDelete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih