Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat

Konten GaptekMemiliki kendaraan pribadi merupakan keinginan setiap orang, karena dengan adanya kendaraan sendiri kita jadi lebih mudah untuk bepergian kemana yang kita inginkan. Memang tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan transportasi kendaraan sangat membantu mobilitas manusia. Kalau zaman dahulu manusia hanya mengandalkan hewan seperti kuda, namun seiring perkembangan zaman kini telah ada teknologi kendaraan baik itu mobil atau pun motor sebagai salah satu contohnya.

Ini lah sebabnya sekarang hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan dirinya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Disisi lain memang terlihat senang apabila kita memiliki kendaraan, karena kita dapat lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Tapi jangan lupa, di sisi lain kita yang memiliki kendaraan pun harus selalu memperhatikan kondisi kesehatan kendaraan yang kita miliki.

Sama seperti halnya manusia yang bisa jatuh sakit, mesin pun adakalanya mengalami rusak apabila tidak dilakukan perawatan secara rutin. Bagi pemilik kendaraan sudah seharusnya menyadari akan hal ini dengan melakukan service kendaraan setidaknya minimal sebulan sekali, apabila ingin kendaraan tetap prima dan bertenaga.

Memang kebanyakan masyarakat hanya mengerti cara memakai dan mengendarai kendaraan saja, tanpa mengerti hal apa saja yang harus diperhatikan pada kendaraan tersebut. Misalnya pada kendaraan roda dua yakni Motor. Berapa persen sih dari banyaknya masyarakat yang peduli akan kesehatan motornya? Dari hal kecil saja lah seperti rutin mengganti oli motor? Apakah sudah sepenuhnya masyarakat aware akan hal ini? Saya rasa sih belum.

Umumnya para pemilik kendaraan bermotor malas mengganti oli motor, dikarenakan mereka beranggapan bahwa kendaraannya masih bisa dipakai dan berjalan sebagaimana mestinya. Padahal kalau kita mau cek lebih dalam, sudah pasti ada komponen penting pada mesin atau sparepart yang telah usang/rusak, yang mana jika tidak segera ditangani akan berpengaruh pada kinerja motor lohh.

Coba bayangkan saja jika kamu jarang memperhatikan kesehatan motor, lalu kamu sedang menggunakan motor tersebut untuk perjalanan jauh. Tiba-tiba di tengah jalan motormu mogok, dan saat itu posisi mu jauh dari bengkel. Sementara itu kamu pun masih awam soal mesin. Maka kamu harus berbuat apa? repot sendiri kan nantinya kalau sudah terjadi hal demikian.

Itulah pentingnya pengetahuan terhadap dunia otomotif untuk menjaga kesehatan kendaraan termasuk motor. Seminim-minimnya ya paling tidak jangan sampai telat dalam mengganti oli motor. Karena manfaat mengganti oli motor ini agar mesin selalu dalam keadaan bersih.

Aku pribadi selalu mengganti oli motor kurang lebih 2 bulan sekali, itupun juga tergantung pemakaian. Apabila motor telah ku pakai bepergian jauh seperti ke luar kota misalnya, maka aku langsung mengganti oli motor agar performa dan tarikan mesin lebih enteng. Makanya aku selalu mengatur jadwal secara berkala untuk mengganti oli motor agar tidak lupa. Intinya jangan sampai telat lah.

Peranan oli sangatlah penting sebagai pelumas utama pada mesin motor, khususnya motor matic yang mana oli-nya harus diganti secara rutin. Segelintir orang masih banyak yang bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor. Apakah setelah pemakaian 3000 km atau ada faktor lain yang bisa menyebabkan kita harus segera mengganti oli motor.

Mungkin kamu bisa mengenali cirinya ketika menggunakan motor seperti tarikan sudah tidak kencang atau terasa berat, lalu oli telah berwarna hitam pekat, mesin yang terasa lebih cepat panas, suara mesin menjadi kasar, dll. Jika kamu merasakan salah satu ciri tersebut pada motormu, maka itu sudah seharusnya kamu mengganti oli motor, agar tidak menjalar rusak ke seluruh mesin.


Pengalaman Mengganti Oli di Planet Ban Untuk Motor Yang Lebih Sehat

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Planet Ban, Tangsel

Soal masalah pergantian oli motor aku pribadi sih selalu melakukannya secara berkala. Tempat favoritku yang sudah terpercaya kualitas dan pelayanannya yakni di Planet Ban. Aku telah beberapa kali mengganti oli motor matic ku di Planet Ban, dan sepengalamanku selama mengganti oli memang cukup memuaskan. Tak hanya ganti oli saja, di Planet Ban pun menerima layanan servis motor agar kendaraan yang kita miliki tetap terawat kesehatannya.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Motor Ku Sedang Ganti Ke Oli X-Ten

Planet Ban menerima siapapun yang ingin melakukan servis rutin, adapun untuk servis rutin akan dibagi 3 hal yakni: 1. Pengecekan & penyetelan umum (cek kondisi rem, ban, air filter, busi, accu), reset ecu, 2. Servis CVT (pengecekan & penggantian jika perlu), 3. Pembersihan Throttle Body. Menariknya semua kegiatan servis rutin tersebut bisa kita lihat secara langsung tanpa ada yang disembunyikan.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Oli X-ten

Perlu diketahui bahwa oli pun ada berbagai jenisnya, dan ini juga berpengaruh kepada performa mesin motor. Semakin bagus oli motor yang kamu pakai tentunya akan semakin bagus kedepannya. Nah, kalau aku sendiri telah mempercayainya kepada Planet Ban dengan menggunakan Oli X-Ten. Bagiku soal perawatan motor tidak boleh tanggung, demi mesin motor tetap terawat. Kalau bisa pilih yang bagus kenapa tidak yaa kan.

Jangan takut untuk mengeluarkan uang yang lumayan untuk perawatan motor, terutama pada oli. Tapi kalau menurutku harga Oli X-Ten yang aku gunakan di motor matic ku saat mengganti di Planet Ban masih tergolong murah. Hanya 43 ribu saja sesuai dengan pengalamanku mengganti Oli Xten di Planet Ban. Aku menggunakan oli X-Ten tipe XT-30 MATIC SAE 10W 30 JASO MB / API SL, karena oli tersebut cocok untuk motor matic ku.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Aku Ke Planet Ban Ganti Oli X-Ten

Belum lama ini aku pun baru saja mendatangi Planet Ban yang berada di wilayah Ceger, Pondok Aren untuk mengganti Oli motor. Tentunya aku mengganti oli menggunakan oli X-Ten yang memang terbukti cocok degan jenis motor matic yang aku gunakan. Kalau kamu ingin mengganti oli di Planet Ban, dan bingung oli motor apa yang cocok buat motormu, maka kamu bisa bertanya langsung saja pada mekanik disana. Nanti karyawan Planet Ban akan memilihkan oli yang tepat kok. Tapi kalau motor yang kamu punya adalah motor matic, yaa sudah tentu oli X-Ten adalah pilihan yang paling tepat.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Berbagai Ban yang Ada di Planet Ban

Planet Ban bisa menjadi solusi untuk motor yang mengalami tarikannya berat, karena mesin dan injector nantinya akan dibersihkan secara total dengan cairan canggih. Bagian dalam CVT juga akan disemprot hingga bersih, dan tentunya yang terpenting agar tidak ada kotoran yang tertinggal di mesin gunakan selalu oli X-Ten.

Oli X-Ten Untuk Solusi Kendaraan yang Baik

Oli X-Ten Untuk Solusi Kendaraan yang Baik
Oli X-ten Mampu Tahan Lama

Aku telah membuktikannya sendiri selama menggunakan oli X-Ten pada motor matic yang ku miliki. Salah satu keunggulan oli X-Ten ini yaitu bisa bertahan lama digunakan. Menurut informasi, oli motor X-Ten merupakan teknologi oli kelas tertinggi untuk motor matic. Makanya aku sangat suka memakai oli ini. Oli X-Ten juga bisa bertahan 2x lebih lama dari oli biasa lohh.

Saat kamu menggunakan Oli X-Ten pada motor, kamu bisa memakai motor tersebut dengan jarak 5.000 km lohh. Sedangkan jika digunakan pada mobil 15.000 Km. Lumayan lama kan? Itulah mengapa oli X-Ten dikenal dengan tahan lama. Selanjutnya juga oli X-Ten bisa membuat tarikan mesin pada motor menjadi lebih ringan dan membuat nyaman pengemudi.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Aneka Oli X-Ten

Oli X-Ten menggunakan bahan ester yang berbeda dari oli pada umumnya, inilah ciri khas dari oli X-TEN yang bisa membuatnya tahan lama. Selain itu Oli X-Ten juga memiliki ketahanan tinggi terhadap panas. Hal ini memungkinkan performa mesin pada kendaraan tetap stabil meski saat temperature mesin tinggi.

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Aku Pakai Oli X-Ten

Aku pribadi yang telah sejak lama menggunakan oli X-Ten pada motor ku, merasa sangat puas. Motorku terasa jadi lebih nyaman dan ringan tarikannya. Suara mesin pun terasa lebih halus dan tidak berisik.

Berikut beberapa keunggulan oli X-Ten diantaranya: Akselerasi & Engine Power yang sangat baik, menjaga kebersihan mesin dan lebih awet, memberikan lapisan film yang sangat baik hingga celah terkecil, agar tetap prima pada suhu & RPM tinggi, serta waktu penggantian 2x lebih lama dari oli biasa.

Yang aku suka mengganti oli X-Ten di Planet Ban karena pelayan dan stafnya sangat ramah, mereka menjelaskan apapun pertanyaan yang kita ajukan lohh. Jadi misal ada hal yang tidak dimengerti kamu bisa langsung tanyakan saja. Terus juga untuk masalah pembayaran juga simpel, karena di Planet Ban menerima pembayaran melalui berbagai metode seperti dompet digital, qris, kartu debit, transfer, dll.d

Kendaraan Terawat Agar Perjalanan Lebih Selamat
Yuk Pakai Oli X-Ten

Pokoknya happy banget sama pelayanan di Planet Ban, makanya mulai sekarang aku mempercayai servis motor di Planet Ban saja. Bukan hanya ganti oli saja, mengganti ban, ganti kampas rem, dan segala jenis kerusakan yang berkaitan dengan motor aku langsung menuju ke Planet Ban. semoga saja motor ku jadi lebih awet dan terawat.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment