-->
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa

Konten GaptekSebagai seorang content creator tentunya aku membutuhkan segenap perangkat digital untuk menunjang aktivitas pekerjaanku, diantaranya seperti laptop, wifi, smartphone, dll. Sudah hampir 10 tahun aku menjalani sebagai seorang content creator yang mana menjadi seorang content creator tentu ada suka dukanya tersendiri, kalo untuk rasa senangnya sih karena bisa bekerja darimana saja dan kapan pun yang aku inginkan.

Hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet saja aku sudah bisa untuk melakukan pekerjaan seperti membuat konten artikel, editing, atau hanya sekedar untuk bermain game online melalui laptop. Laptop memang sangat dibutuhkan, bukan hanya bagi content creator saja, melainkan hampir seluruh lapisan masyarakat membutuhkan yang namanya laptop.

Contohnya saja mahasiswa dan anak sekolah membutuhkan laptop untuk menyelesaikan tugasnya, para karyawan/pekerja pun perlu laptop untuk mempermudah segala pekerjaan yang mereka lakukan. Jadi bukan hal yang mengherankan lagi kalau sekarang hampir seluruh masyarakat mempunyai laptop semuanya.

Memilih laptop pun harus cerdas yang mana laptop yang memang sesuai dengan kebutuhan yang kita mau. Dalam hal ini paling tidak kita mengerti lah soal spesifikasi laptop yang ingin dibeli, agar tidak menyesal nantinya. Kalau aku pribadi semenjak menggeluti dunia digital, aku sudah menggunakan produk laptop dari Asus. Karena seperti yang diketahui banyak orang kan, Asus merupakan brand yang telah ternama dan terpercaya soal pc/laptop.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Aku Memegang Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Setiap produk laptop yang dikeluarkan oleh Asus tidak pernah mengecewakan para peminatnya. Contohnya saja pada produk laptop Asus yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia yakni Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION. Untuk kali ini ada yang sedikit unik dan berbeda dari produk Asus yang diluncurkan, mau tau seperti apa? yuk, kita kupas lebih dalam.

Pada hari Kamis, 15 September 2022 bertempat di Jakarta Teater acara peluncuran tersebut dilaksanakan. Acara yang sangat meriah ini dihadiri oleh segenap para media, blogger, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam acara tersebut juga banyak keseruan yang bisa diikuti oleh seluruh hadirin yang datang ke lokasi. Aku pun berkesempatan secara langsung hadir untuk menyaksikan bagaimana kemewahan laptop terbaru Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION tersebut.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Aku Mengikuti Games Saat Acara

Oke sebelum acara dimulai, aku sempat terkejut melihat penampakan suasana dan dekorasi ruangan acara yang begitu menakjubkan bagaikan sedang berada di luar angkasa sungguhan. Banyak games seru yang aku mainkan selama di lokasi acara, dan setelah itu bisa ditukarkan dengan merchandise menarik dari Asus. Aku kemarin mendapatkan totebag, wahh pokoknya seru banget sih. Setelah seru-seruan bermain games, aku pun bersegera menempati kursi yang berada di depan panggung utama acara. Terlihat dibagian atas terdapat replika planet luar angkasa yang membuat seolah-olah aku sedang berada di luar angkasa sungguhan hehehe.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Para Pemenang Doorprize

Setelah mengamankan kursi, aku langsung menyantap makan siang sembari menunggu acara yang sebentar lagi akan dimulai. Ternyata benar sekali, tak lama seusai aku makan, akhirnya yang ditunggu-tunggu dimulai juga, Tak sabar rasanya ingin melihat langsung kecanggihan Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION. Acara dibuka dengan sambutan oleh MC, lalu ada pertunjukan dance dan acrobat, penampilan nyanyi yang dibawakan oleh rizky febian, dan juga diakhiri dengan sesi doorprize. Ada yang dapet laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION kemarin. Wahh beruntung banget yaa.

Kehadiran Laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION Bertemakan Luar Angkasa


Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Asus resmi menghadirkan perangkat laptop terbarunya yakni Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (Zenbook SPACE EDITION) di Indonesia. Laptop tersebut hadir sebagai perangkat premium edisi spesial karena telah didesain sedemikian rupa bernuansa luar angkasa yang tentunya sangat futuristik dan memanjakan mata.

Begitu pertama kali diperlihatkan di atas panggung oleh Rizky Febian yang telah menggunakan secara langsung Asus Zenbook 14X SPACE EDITION. WOW! Mataku tidak bisa teralihkan melihat tampilan yang begitu menarik dari laptop Zenbook 14X SPACE EDITION ini. Rasanya ingin sekali memilikinya, terlebih aku memang pecinta setiap produk laptop Asus. Sungguh ini adalah mahakarya dan inovasi yang luar biasa dimiliki oleh Asus.

Menariknya Asus Zenbook SPACE EDITION ini didesain sangat tangguh dengan durabilitas space-grade yang mana telah diakui melalui sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A) dan mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Itu artinya soal ketahanan tidak perlu diragukan lagi, sebab sudah dilakukan pengujian.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Pak Jimmy Lin

Pada acara saat itu juga turut hadir segenap pihak Asus salah satunya ada Pak Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS Southeast Asia. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Zenbook SPACE EDITION ini bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari,” ujar Pak Jimmy Lin.

“Zenbook SPACE EDITION merupakan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya. Laptop ini merupakan bukti konsistensi ASUS terhadap inovasi serta kualitas.”

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini sesuai dengan namanya yakni telah dibekali layar terbaik menggunakan teknologi ASUS OLED yang merupakan teknologi layar laptop terbaik yang dapat membuka cakrawala penggunanya tanpa batas. Nah yang paling menarik dari Zenbook SPACE EDITION juga tampil dengan desain unik yang futuristik serta memiliki fitur eksklusif bernama ZenVision.

Bodi laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi eksklusif, status, atau informasi penggunanya.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
ZenVision

ZenVision ini bisa diatur sesuka penggunanya lohh, jadi kalau kita mau menuliskan kata atau kalimat apapun bisa. Keren banget kan teknologi Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION. Beneran bikin mupeng gak sih hehehe.

Oh iya, buat yang belum tau Zenbook 14X OLED SPACE EDITION Ini hadir dalam rangka memperingati 25 tahun pertama kalinya laptop Asus dibawakan perjalanan menuju luar angkasa. Jadi ceritanya Pada tahun 1997 laptop pertama ASUS P6300 lahir, dan satu tahun setelahnya tepatnya di tahun 1998 terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Dalam misi tersebut, laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah. Laptop P6300 dapat dikatakan sebagai tonggak sejarah bagi ASUS yang hingga saat ini terus mengedepankan inovasi serta kualitas di setiap produknya.

Nah makanya Zenbook 14X Oled SPACE EDITON ini dihadirkan dengan nuansa yang bertemakan luar angkasa. Gak kebayang banget yahh betapa kuatnya laptop tersebut, dibawa ke antariksa aja kuat, apalagi kalau hanya dibawa bekerja seperti ke café, mall, dll. Enggak usah diragukan lagi lah kalo soal itu mah hehehe.

Soal desain dan teknologi tentunya hadir dengan desain dan teknologi paling modern yang ada saat ini dengan tetap mempertahankan tradisi pendahulunya yaitu hadir dengan inovasi teknologi serta rancangan bangun yang berkualitas tinggi.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Kotak Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION 

Bukan hanya sekedar laptopnya saja yang terlihat mewah, bahkan sampai kotak tempat laptopnya pun sangat luar biasa. Sebagai laptop edisi spesial, Asus Zenbook SPACE EDITION hadir dengan paket penjualan yang cukup istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan tentunya tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan. Terus juga pengguna Zenbook SPACE EDITION dapat memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop.

Selain itu, Zenbook SPACE EDITION ini juga ditemani dengan beragam pernak-pernik eksklusif seperti ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya, serta laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik. Pokoknya kalo unboxing Zenbook SPACE EDITION ini akan terasa berbeda dengan laptop pada umumnya, rasanya seperti melakukan perjalanan menembus antariksa.

Seperti yang sudah aku katakan di paragraf sebelumnya bahwa Asus Zenbook SPACE EDITION ini dilengkapi dengan layar OLED monochrome bernama ZenVision yang berada di belakang layar laptopnya dengan ukuran 3,5-inci. ZenVision ini bisa untuk menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi sedemikian rupa untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. Dengan adanya teknologi ZenVision yang disematkan pada Zenbook 14X OLED SPACE EDITION Ini akan membuat siapapun yang sedang bermain laptop ini semakin unik dan personal.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz. Jadi memang telah dirancang sekuat itu yaa agar pengguna bisa menggunakan laptop ini kapanpun dan dimanapun ia mau, termasuk kuat untuk digunakan saat di luar angkasa.

Kemudian untuk masalah layarnya, Layar sentuh Zenbook SPACE EDITION sendiri telah menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan pastinya tidak merusak kesehatan mata. Sehingga pengguna akan merasa lebih aman serta nyaman untuk menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Layar sentuh pada Zenbook SPACE EDITION pun sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. Ditambah lagi, rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif. cocok banget deh buat mengerjakan tugas, atau menonton film pasti akan terasa lebih puas karena kualitas layarnya yang terbaik.

Keunggulan dari layar ASUS OLED yang dimiliki Asus Zenbook 14X Oled SPACE EDITION ini dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, serta mampu menampilkan warna hitam dengan sempurna.

Teknologi layar ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care, yang mana Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Jadi tenang aja soal kesehatan mata, dijamin akan tetap terjaga kok.

Terus kalo soal performanya bagaimana? Tenang aja, karena Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop canggih yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi. Cocok nih buat yang suka menjalankan multitasking, ini laptop memang jawabannya.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Rizky Febian Mengutarakan Tentang Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Tak hanya itu saja, di dalam prosesor tersebut juga telah terintegrasi chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Tak perlu khawatir lagi, saat membawa laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, sebab mampu bertahan lama untuk digunakan seharian.

Untuk lebih mengoptimalkan performa Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION juga dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Tentunya dengan penyimpanan yang sangat besar tersebut dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan beragam aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih cepat tanpa waktu loading yang panjang.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION juga telah dibekali dengan sistem pendingin ASUS IceCool Technology, karena performa yang cukup kencang biasanya akan membuat laptop terasa lebih panas, maka dari itu sistem pendingin ini dihadirkan. Sistem pendingin tersebut memanfaatkan dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology juga tidak hanya mendinginkan prosesor, tetapi juga komponen penting lain seperti VRM.

Asus Zenbook 14X SPACE EDITION pun dibekali dengan fitur penunjang aktivitas komputasi modern, salah satunya adalah konektivitas yang lengkap seperti berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. Selain port tersebut, Zenbook SPACE EDITION juga telah dibekali dengan dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

Dengan kata lain, Zenbook SPACE EDITION dapat dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga dapat diisi daya baterainya menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya. Tambah nyaman banget kan buat digunakan karena fiturnya yang sangat lengkap.

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Tidak hanya tampil dengan desain yang sangat tangguh, tetapi juga kenyamananan pengguna sangat diperhatikan oleh Asus. Dimana Laptop Asus Zenbook 14X Oled SPACE EDITION telah menggunakan teknologi keyboard ASUS ErgoSense. Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik pengguna menjadi lebih nyaman, jadi rasanya seperti menggunakan keyboard PC desktop premium. ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik yaitu sejauh 1,4mm, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat.


Bahkan Zenbook SPACE EDITION juga telah memiliki touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar penggunanya dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat. Touchpad Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan saja. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop super ringkas seperti Zenbook SPACE EDITION. Membuat pekerjaan seperti mengetik data akan terasa lebih cepat dan mudah.

Spesifikasi Laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION


Asus Zenbook 14X Oled SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® X Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Harga Untuk Varian Core i9 / 32GB RAM

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION : Laptop Asus Bernuansa Luar Angkasa
Harga Untuk Varian Core i7 / 16GB RAM

Gimana? Keren banget kan spesifikasinya, yaa sesuai lah sama harganya, menurutku itu masih sangat worth it dengan harga segitu sudah bisa mendapatkan laptop dengan spek gahar yang bisa dibawa ke luar angkasa pula. Jadi kapan nih kamu mau beli laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini? Semoga kita semua bisa berkesempatan memilikinya yaa. Aamiin. Semangat kerja keras biar bisa kebeli hehehe.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment