Menjadi Seorang CEO Dengan Memiliki Jiwa Pemimpin

Menjadi Seorang CEO Dengan Memiliki Jiwa Pemimpin
Menjadi Seorang CEO Dengan Memiliki Jiwa Pemimpin

Konten GaptekMenjadi seorang CEO (Chief Executive Officer) bukanlah suatu hal yang mudah, sebab untuk menjadi CEO diperlukan kemampuan khusus dan jiwa layaknya seorang pemimpin. Hal ini lantaran posisi seorang CEO merupakan posisi tertinggi dan ujung tombak dari sebuah perusahaan, oleh karenanya perlu skill yang mumpuni dan tidak sembarang orang bisa menjabati posisi sebagai CEO.

Sebelum berkeinginan untuk menjadi CEO setidaknya kamu sudah paham betul bagaimana tugas dari CEO nantinya, dan proses ini membutuhkan waktu serta usaha yang sungguhan. Kamu harus lebih giat dalam bekerja jika ingin menjabat sebagai CEO di sebuah perusahaan. Sekilas tentang tugas utama seorang CEO yang perlu kamu ketahui diantaranya seperti menentukan visi misi perusahaan, mengetahui kinerja karyawan dan mempertahankan karyawan terbaik, serta memastikan dana anggaran selalu tersedia di bank.

Namun itu jikalau kamu bekerja di perusahaan orang lain, apabila kamu ingin menjadi CEO dengan cara yang berbeda, kamu bisa memulai usaha rintisan kecil-kecilan hingga nantinya usaha tersebut menjadi besar dan tumbuh berkembang menjadi sebuah perusahaan besar. Maka dari situ kamu telah disebut sebagai seorang CEO, sebab bisa membesarkan perusahaan dari 0 dengan kepemimpinan kamu.

Memang untuk merintis sebuah usaha dari nol tak hanya modal yang diperlukan, disisi lain pun kamu membutuhkan ilmu yang cukup, apalagi sampai bisa menjadi CEO perusahaan. Bisa kamu lihat sendiri diluar sana kebanyakan seorang yang menjabat sebagai CEO adalah orang yang memiliki riwayat pendidikan yang luar biasa. Paling tidak mereka pernah telah selesai menempuh bangku kuliah minimal dengan gelar sarjana. Makanya mengapa banyak orang berlomba-lomba dalam menuntut ilmu seperti kuliah tinggi hingga mendapatkan gelar professor maupun doctor, itu semua salah satunya untuk lebih mempermudah ketika akan masuk ke dunia kerja.

Kalau kamu sudah memiliki skill dan kemampuan yang sekiranya mampu untuk menempati posisi sebagai CEO, maka langkah selanjutnya jangan sampai skill yang kamu telah miliki tersebut menurun atau menetap disitu-situ saja. Kamu harus bisa mengasah dan mengembangkan skill yang memang perlu dimiliki oleh seorang CEO. Nantinya kemampuan ini akan membuat dirimu lebih unggul dan tentunya bisa memimpin perusahaan ke arah yang lebih baik.

Ibaratnya dalam sebuah kapal, CEO ini bagaikan seorang nahkoda yang memegang kendali penuh atas sebuah perusahaan. Bagaimana cara agar dirimu tidak membuat perusahaan mu tenggelam beserta karyawan yang kamu miliki. CEO ini adalah pemimpin bagi perusahaan maupun bagi karyawannya sendiri. Makanya jiwa kepemimpinan itu harus telah tertanam pada diri seorang CEO, kamu harus memiliki keterampilan manajerial yang baik guna memastikan operasi perusahaan tetap berjalan sesuai dengan misi visi perusahaan yang telah dibentuk.

Kamu juga harus lebih aktif untuk berkomunikasi, sebab pemimpin dalam menjalankan perannya tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Pemimpin atau CEO harus menyampaikan pesan atau instruksi secara efektif kepada bawahannya, demi meminimalisir kesalahpahaman antara karyawan, dan juga bisa dijadikan motivasi oleh karyawan. Karna sejatinya komunikasi ini suatu hal yang penting dalam sebuah perusahaan.

Kemudian juga CEO harus memiliki kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan perusahaan agar menjadi berbeda serta dapat bersaing di tengah gempuran perusahaan lainnya. Seorang CEO yang memiliki ide dan inovasi kreatif tentunya dapat membuat perusahaan terus berkembang dalam jangka panjang. Kamu pun dituntut untuk memiliki sifat dan mental baja, tak boleh takut dalam mengambil keputusan. Karena sudah pasti akan ada suatu masa, kamu berhadapan dengan tantangan pada perusahaan, jika kamu memiliki mental penakut, lantas bagaimana bisa untuk menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Makanya seorang CEO itu harus berani dan tegas menghadapi apapun yang akan terjadi kedepannya.

Kualitas seorang CEO bisa dinilai salah satunya melalui bagaimana ia mengatasi masalah dalam sebuah perusahaan. Kalau kamu berniat untuk menjadi CEO, kamu harus siap dan bertanggung jawab penuh jika sewaktu-waktu perusahaan mengalami masalah, entah apapun itu masalahnya. Kamu juga bisa memperbanyak networking atau hubungan kepada CEO di perusahaan orang lain. Menjalin hubungan ini penting banget guna menambah ilmu dan membantumu lebih luas dalam berpikir.

Jadi buat kamu yang memang berkeinginan menjadi CEO, tetaplah semangat untuk menggapainya. Ingatlah bahwa tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Apabila kamu memiliki tekad dan bersungguh-sungguh, maka bukanlah hal yang mustahil kelak kamu akan menjabat sebagai CEO di perusahaan besar. Intinya dari sekarang kamu harus mulai mengasah skill dan kemampuanmu, tak lupa perdalam ilmu mu dengan belajar, belajar, dan belajar.

Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara Jakarta

Menjadi Seorang CEO Dengan Memiliki Jiwa Pemimpin
Kompas 100 CEO Forum

Berbicara masalah CEO, belum lama ini telah digelar acara “Kompas 100 CEO Forumyang dilaksanakan di Istana Negara – Jakarta. Acara ini diselenggarkan oleh Harian Kompas, dan Dalam acara tersebut terkumpul beberapa CEO yang berkompeten turut menghadiri dan memeriahkan perhelatan saat itu. Mereka itulah CEO dari berbagai industri usaha yang ada di tanah air.

Menjadi Seorang CEO Dengan Memiliki Jiwa Pemimpin
Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE

Tak ketinggalan juga Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE yang pada saat itu pun turut hadir di lokasi acara. Kehadiran JNE dalam acara besar ini pastinya karena JNE telah membawa banyak perubahan bagi negeri sebagai perusahaan logistik di Indonesia yang turut memajukan negeri dan membantu UMKM tanah air.

JNE memang tidak pernah melewatkan acara penting, yang mana JNE selalu turut andil dalam membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia terutama dengan berbagai program yang ia miliki. Banyak sudah masyarakat yang terbantu berkat kehadiran JNE, itulah yang selalu dikedepankan oleh JNE sesuai dengan taglinenya “Connecting Happiness” yakni menyambung kebahagiaan kepada umat.

Oh iya JNE memiliki portal media yang bisa kamu baca untuk menambah pengetahuanmu terkait informasi terbaru seputar gaya hidup, bisnis, dll. Kamu bisa langsung menuju link https://jnewsonline.com untuk mengetahui info lebih lengkapnya.

Terdapat pula sesi diskusi panel dengan tema ‘Membuat Terang di Tahun Menantang’. Yang mana saat diskusi panel ini turut mendatangkan tokoh-tokoh penting diantaranya: Pak Airlangga Hartanto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Pak Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, serta Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI.

Menariknya Bapak Presiden Republik Indonesia yakni Joko Widodo pun turut berpartisipasi di acara kompas 100 CEO Forum, dalam sambutannya Pak Presiden mengatakan bahwa kedepannya kita tetap harus menggelorakan optimisme dan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mendukung perekonomian Negara Indonesia.

Bagiku acara tersebut sangat luar biasa, dimana masing-masing CEO dari berbagai perusahaan berkumpul dalam satu tempat dan saling sharing ilmu demi memajukan perekonomian negeri dan semoga dengan acara tersebut, semakin banyak masyarakat yang termotivasi untuk menjadi seorang CEO juga. Sehingga kedepannya akan lahir CEO muda yang berkompeten.

Sukses selalu buat seluruh CEO yang kemarin turut hadir, khususnya bagi Pak M. Feriadi dan buat JNE agar terus menjadi perusahaan yang berkembang dan lebih  besar lagi.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment