Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam

Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam

 
Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam
Image Source : http://www.fin-chick-up.com

Konten Gaptek - Koperasi simpan pinjam sudah menjadi solusi yang terpercaya di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini karena koperasi dapat memberikan solusi bagi tiap orang yang membutuhkan bantuan dalam masalah perekonomian. Ini juga salah satu alasan mengapa koperasi semakin berkembang dan disukai, selain karena ramah terhadap pengusaha kecil, koperasi juga memberikan persyaratan yang mudah sehingga siapapun bisa ikut menjadi anggota dan ikut berkontribusi dalam mengelola koperasi.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Koperasi Simpan Pinjam


Pada dasarnya, bank dan koperasi simpan pinjam merupakan sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sama yaitu membantu masyarakat dalam melakukan pinjaman ataupun menyimpan uang. Hanya saja koperasi memiliki persyaratan dan aturan yang tidak sama dengan bank dan biasanya sistem di dalam koperasi lebih memihak kepada anggota atau bersifat kekeluargaan sehingga anggota mendapatkan banyak kesejahteraan. Dibawah ini merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat Anda lakukan di koperasi, yaitu:

1. Proses peminjaman cepat dan mudah


Berbeda dengan bank, koperasi menawarkan pinjaman dengan syarat yang mudah dan ringan bagi anggotanya sehingga tidak mempersulit para anggota yang hanya memiliki usaha kecil-kecilan. Dengan begitu siapapun dan sebesar apapun usahanya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah sama seperti anggota lainnya. Oleh karena itu, para pengusaha kecil tidak perlu lagi merasa takut tidak dapat mendapatkan pinjaman modal karena koperasi akan menjadi solusi yang tepat bagi Anda.

2. Adanya pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha)


Di koperasi simpan pinjam tiap anggota akan mendapatkan SHU atau sisa hasil usaha. Besar kecilnya SHU ini disesuaikan dengan usaha dan jasa yang dilakukan oleh masing-masing anggota terhadap koperasi. Jadi, setiap penghitungan hasil akhir, sisa dana akan dibagikan kepada tiap anggota sehingga selain mendapatkan kembali uang tabungan Anda juga akan mendapatkan uang tambah dari sisa hasil usaha tersebut. Sisa hasil usaha ini juga tidak dibagikan dengan keputusan sepihak karena pembagian ini juga diatur berdasarkan hasil rapat anggota yang sudah disepakati sehingga bersifat terbuka.

3. Bisa Menyimpan Uang Layaknya di Bank


Kelebihan lain yang dimiliki oleh koperasi simpan pinjam adalah bisa menyimpan uang yang Anda punya selayaknya seperti di bank. Selain itu, pajak penyimpanan di koperasi lebih kecil dan juga bunga penyimpanannya lebih besar daripada di bank. Uang yang Anda tabungkan di koperasi juga bisa menjadi ladang investasi serta bisa menjamin kemapanan perekonomian di masa depan. Tentunya ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang membutuhkan tempat penyimpanan uang selain di bank.

4. Sistem yang Kekeluargaan


Pengurus koperasi simpan pinjam terdiri dari anggota dan pengawas. Kepengurusan ini dibuat berdasarkan rapat anggota. Lalu, untuk pengambilan keputusannya lainnya pun koperasi mengutamakan hasil rapat anggota yang dilakukan secara demokrasi. Koperasi juga memiliki sistem yang gotong royong dan selalu mengutamakan kesejahteraan anggota. Itulah alasan mengapa Anda harus memilih koperasi sebagai lembaga keuangan.

Pracico sebagai sebuah koperasi simpan pinjam juga memiliki kegiatan-kegiatan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu, dengan sistem yang bersifat kekeluargaan membuat koperasi selalu mengutamakan kesejahteraan anggota sehingga tidak akan menyulitkan anggotanya. Koperasi juga memiliki sifat yang terbuka karena keputusan apapun yang dilakukan merupakan hasil rapat yang telah disepakati oleh masing-masing anggota. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai koprasi Pracico bisa mengunjungi situs web Pracico.com. Disini Anda akan mendapatkan info yang lebih rinci mengenai koperasi.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment