Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek - Apa kabar guys? Semoga dalam keadaan sehat selalu yaa. Ngomongin masalah kesehatan aku baru saja menghadiri acara Press Launch UNAIDS Indonesia nih guys.
Jadi dalam acara itu UNAIDS memperkenalkan sebuah aplikasi chatbot user friendly bernama "Tanya Marlo" . Dengan aplikasi chatbot tersebut kamu dapat mendapatkan informasi seputar tentang HIV.

Oh iya kita belum kenalan yak sama UNAIDS , kan kalo belum kenal tak sayang kaya kata pepatah "tak kenal maka tak sayang" hehe. Jadi saya akan kasih tau dulu nih apa itu UNAIDS.

Apa Sih UNAIDS ?


UNAIDS adalah Program Gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk HIV/AIDS yang berdiri pada tahun 1996 silam. UNAIDS telah memimpin berbagai inovasi dan kemitraaan pada level lokal, nasional, bahkan global yang bertujuan untuk menanggulangi HIV sebagai bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Sekretariat UNAIDS telah tersebar di berbagai 70 negara di belahan dunia, salah satunya adalah Indonesia dengan Kota Jakarta. UNAIDS Indonesia merupakan mitra strategis dari Kementerian Kesehatan RI serta berbagai organisasi masyarakat sipil yang bergerak di isu HIV dan populasi kunci.

Nah , itulah sekilas tentang UNAIDS.

HIV dan AIDS di Indonesia


Virus HIV dan AIDS telah terkena oleh banyak masyarakat Indonesia, menurut laporan Kemenkes RI bahwasanya sampai saat ini terdapat 640 ribu orang yang hidup dengan HIV, akan tetapi hanya 48% nya dari mereka yang mengetahui bahwa dirinya terinfeksi HIV. Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) biasanya tak menyadari , dikarenakan mereka tidak mengecek dan melakukan tes HIV.

Masih banyaknya masyarakat yang enggan mengecek apakah dirinya terinfeksi HIV atau tidak dengan melakukan tes HIV. Hal ini dikarenakan mereka takut mendapatkan stigma dari orang lain.

HIV dengan paling tinggi terdapat di kalangan anak muda dengan rentang usia 15-24 tahun, hingga mencapai 52% dari total infeksi HIV baru. Melihat begitu tingginya ODHA di negara Indonesia, maka pemerintah mulai menangani dan mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai hal seperti mengurangi angka infeksi baru HIV, melakukan kampanye pencegahan, hingga mengurangi praktik diskriminasi terhadap para ODHA.

Baiklah saya tidak akan membahas lebih panjang tentang HIV dan AIDS, mengingat saya sudah pernah membahas ulasan tersebut. Bisa anda baca disini ulasan tentang HIV.

Peluncuran Tanya Marlo


Tanya Marlo kamu bisa mengetahui informasi seputar HIV, berkonsultasi masalah HIV, Tes HIV, dan ada juga kuis dengan topik HIV.  Tanya marlo dapat kamu akses melalui aplikasi Line dengan mencari nya pada penelusuran line dengan keyword "tanyamarlo" nanti tinggal kamu tambahkan sebagai teman deh.

Oke, Kita lanjut lagi pada acara press launch UNAIDS dengan meluncurkan sebuah aplikasi chatbot Tanya Marlo. Jadi pada tanggal 18 desember 2018 kemarin UNAIDS Indonesia bersama dengan Nimbly Technologies dan Botika telah meluncurkan "Tanya Marlo" yang merupakan sebuah aplikasi chatbot seperti yang sudah saya beritahu di paragraf awal.

Dalam acara peluncuran Tanya Marlo turut hadir pula beberapa narasumber , diantara mereka adalah :
  1. Inez Kristanti selaku Psikolog dan Social Media Influencer.
  2. Krittayawan (Tina) Boonto selaku UNAIDS Indonesia Country Director.
  3. David Webb selaku Co-founder dan CMO Nimbly Technologies.
  4. Ilona selaku Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS Atma Jaya dalam kegiatan konferensi pers "Tanya Marlo".
Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo
Inez Kristanti,
Krittayawan (Tina) Boonto,
David Webb,
Ilona
Ibu Krittayawan (Tina) Boonto mengatakan kalau Tanya Marlo hadir untuk menjawab tantangan seputar HIV dan AIDS di Indonesia. Dengan aplikasi berbasis digital, kami ingin berinteraksi melalui cara-cara baru dengan generasi muda yang mungkin belum terjangkau dengan informasi seputar HIV dan AIDS.

Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo
Ibu Tina selaku UNAIDS Indonesia Country Director.
“Kami menyadari bahwa cara konvensional untuk berinteraksi dengan masyarakat dan ODHA seringkali tidak cukup. Oleh karena itu, kami mengubah sudut pandang kami dan mulai menerapkan cara baru yang tengah digemari oleh masyarakat, terutama generasi milenial,” lanjut Ibu Tina.
Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo
Inez Kristanti, Ilona, David Webb
Krittayawan (Tina) Boonto, dr. Lanny Luhukay
Nah, dengan Tanya Marlo kamu bisa mengetahui informasi seputar HIV, berkonsultasi masalah HIV, Tes HIV, dan ada juga kuis dengan topik HIV.
Tanya marlo dapat kamu akses melalui aplikasi Line dengan mencari nya pada penelusuran line dengan keyword "tanyamarlo" nanti tinggal kamu tambahkan sebagai teman deh.

Setelah kamu menambahkannya sebagai teman, maka kamu sudah mulai bisa mencoba berbagai fitur dalam chatbot Tanya Marlo tersebut. Emang ada apa aja sih pilihan fitur nya Tanya Marlo?

1. Informasi Tentang HIV dan AIDS


Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Kamu bisa mengetahui tentang HIV dari Tanya Marlo loh guys, informasi nya akurat dan terjamin deh pokoknya. Ketika kamu memilih fitur informasi seputar HIV dan AIDS maka kamu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan informasi lebih khusus lagi seperti mitos dan fakta tentang HIV, Hidup dengan HIV, Pencegahan HIV, dan Pengobatan HIV.

2. Konsultasi HIV


Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Ada juga pilihan fitur untuk kamu yang mau berkonsultasi sama marlo nih. Kamu bisa curhat tentang keluhan kamu seputar HIV dan AIDS melalui fitur chatbot Tanya Marlo. Oh iya jangan khawatir bahwa rahasia atau aib kamu akan terbongkar, sebab Tanya Marlo menjamin kerahasiaan setiap user/penggunanya.

3. Tes HIV


Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Fitur tes HIV ini kamu bisa manfaatkan untuk kepentingan seperti informasi klinik yang menyediakan jasa tes HIV mulai dari lokasi, tatacara, dan jam operasionalnya.
Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat janji untuk melakukan tes HIV secara online melalui chatbot Tanya Marlo ini.

Wah mantap banget kan, kamu jadi tak perlu repot lagi nyari sumber sana-sini. Tinggal Tanya Marlo aja deh selesai.

4. Kuis Seputar HIV dan AIDS


Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Menariknya dalam aplikasi chatbot Tanya Marlo ini terdapat fitur kuis yang mana pertanyaan dalam kuis tersebut bertopik HIV dan AIDS.
Jadi dengan mengikuti kuis tersebut secara tidak langsung kamu akan menambah pengetahuan tentang HIV dan AIDS.

Saya juga sudah mencobanya dan memang seru banget, lumayan ngasah otak hehe..

Mengapa Harus Tanya Marlo?


Zaman sekarang semuanya serba digital guys, apapun bisa dilakukan dengan gadget. Maka dari itu Tanya Marlo pun hadir dalam bentuk digital dengan mengikuti perkembangan zaman. Apalagi sekarang sosial media chatting seperti line dan sebagainya merupakan sarana komunikasi yang potensial sekali.

Bukan hanya melalui line kamu juga bisa berkonsultasi kepada Tanya Marlo melalui WhatsApp. Namun tetap untuk pertama kali kamu harus melalui aplikasi Line terlebih dahulu.

Yuk Guys, kit ngobrol seputar HIV dan AIDS bersama Tanya Marlo.
Buruan Add @TanyaMarlo melalui aplikasi line kalian guys..

Oke, sekian ulasan kali ini.
SEOmoga Bermanfaat!

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

0 Response to "Aplikasi Chat Bot Tanya Marlo"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih