Tips Dalam Mengelola Keuangan

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek - Kali ini saya akan membagikan sebuah ulasan tips dalam mengelola keuangan yang baik dan benar. Tujuan ditulisnya artikel ini supaya kita semua dapat lebih cerdas dalam mengatur keuangan supaya lebih efisien.

Berbicara masalah keuangan, saya mau nanya sesuatu nih. Pernah ga sih kamu sudah lelah kerja hingga pergi pagi pulang sore demi buat mengumpulkan dan mendapatkan uang, akan tetapi uang yang kamu kumpulkan dengan mudahnya lenyap dalam sesaat? Jika kamu pernah mengalami hal demikian, pasti ada yang salah dalam cara kamu mengelola keuanganmu itu sendiri.

Sebenarnya setiap orang tidak ada yang namanya mengalami kekurangan keuangan, akan tetapi hanya saja minimnya pengetahuan seseorang dalam tips mengelola keuangannya. Seandainya jika kita mampu cermat dan cerdas dalam mengatur keuangan pasti hidup kita akan lebih terkontrol.

Tips Dalam Mengelola Keuangan

Oke, seperti ilmu yang saya baru dapatkan ketika acara workshop yang diadakan oleh MoneySmart.Id , saya disana belajar tentang keuangan dalam workshop tersebut yang di bawakan langsung oleh pembicara berkompeten dalam bidang keuangan.

Baiklah langsung aja nih, dibaca sampai selesai ya guys.

Tips Dalam Mengelola Keuangan


1. Catatlah Laporan Setiap Transaksi Keuangan


Tips Dalam Mengelola Keuangan
Image Source : blog.docoblast.com
Laporan keuangan perlu untuk kamu catat pada setiap akhir periode, baik itu akhir minggu maupun akhir bulan. Kamu harus tau apa saja pengeluaran dan pemasukkan dalam keuangan mu guys. Jadi nanti dengan adanya laporan keuangan kamu bakal tau nih apa aja sih yang menjadi pengeluaran mu yang besar dan kecil yang membuat keuanganmu pun cepat habis. Sehingga di kemudian hari kamu bisa lebih meminimalisir hal tersebut.

Perlu diketahui, laporan keuangan disini ada 2 jenis guys :

A. Arus Kas
Apa sih Arus Kas? Jadi arus kas itu adalah laporan setiap transaksi keuangan baik itu pengeluaran ataupun pemasukan. Saran saya  catatlah segala apapun bentuk transaksi keuanganmu walaupun transaksi itu dengan nominal yang kecil. Hal ini biar kita tau betul apa aja yang akan harus kita perbaiki dalam mengelola keuangan nanti.

B. Neraca
Apa sih Neraca? Neraca adalah sebuah laporan keuangan pada setiap akhir periode dengan menunjukkan taksiran dan nominal keuangan itu sendiri. Laporan keuangan Neraca banyak sekali jenisnya diantaranya adalah neraca saldo yaitu sebuah catatan keuangan yang diambil setelah laporan keuangan jurnal dan buku besar selesai.

2. Ketahui dan Aturlah Resiko Keuangan


Tips Dalam Mengelola Keuangan
Image Source : apkpure.com
Resiko keuangan maksudnya adalah sesuatu hal yang kiranya nanti akan terjadi sesuatu hal yang tak diduga-duga, misalnya seperti kecelakaan, sakit, atau bahkan sampai meninggal dunia.
Jadi kamu perlu tau dan cerdas dalam mengelola kerugian finansial dadakan.
Nah, untuk mengatasi itu semua perlunya kita memiliki berbagai jenis asuransi untuk melindungi aset kita jika terjadi suatu hal yang tak disangka dikemudian hari.

Nih ada beberapa jenis proteksi asuransi yang kiranya perlu kamu miliki :

A. Proteksi Individu
Proteksi dan asuransi ini digunakan untuk diri pribadi sendiri, yang akan melindungi diri sekaligus bisa menjadi solusi bagi ahli waris pada saat tidak dapat memberikan penghasilan.

B. Proteksi Aset
Proteksi ini digunakan untuk melindungi aset dan harta yang kamu miliki misalnya seperti rumah. Perlu kamu miliki karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.

C. Proteksi Usaha
Proteksi ini digunakan untuk aset usaha yang kamu miliki misalnya kendaraan. Seorang pengemudi ojek online perlu sekali dalam menggunakan dan memiliki asuransi kendaraan untuk melindungi aktivitas kesehariannya dalam mencari nafkah dari resiko yang mungkin akan datang.

D. Proteksi Masa Depan
Proteksi masa depan yang berguna untuk kebahagaian mu di kemudian hari. Ini sangat penting untuk kamu miliki.

3. Lakukan Investasi


Tips Dalam Mengelola Keuangan
Image Source : http://muhamadazhari.com
Smart Investing mungkin bisa menjadi acuan bagi kamu dalam mengelola keuangan. Dengan berinvestasi setidaknya kamu akan memiliki simpanan yang bisa kamu gunakan nanti kapan saja, jika ada kondisi darurat. Investasi sepertinya masih sedikit orang yang melakukannya, dikarenakan ketakutan akan mengalami kerugian.

Padahal nyatanya jika kamu melakukan investasi , kondisi keuanganmu lebih terkontrol sehingga tidak mudah habis. Sebelum kamu melakukan investasi alangkah bagusnya kamu ketahui apa tujuanmu dalam berinvestasi misal mau buat nikah, pendidikan, atau kebutuhan lainnya. Untuk investasi yang sedang marak saat ini adalah tabungan saham. Kamu mungkin patut untuk mencobanya.

4. Siapkan Dana Khusus


Tips Dalam Mengelola Keuangan
Image Source : elshinta.com
Kalo pada point tadi adalah kamu menabung dengan melakukan investasi, maka pada point no 4 ini kamu harus menyiapkan dana khusus yang akan menimpa kamu sewaktu-waktu, seperti musibah bencana alam, kehilangan harta karena dicuri, atau kamu baru aja abis di pecat dari kerjaan, dan sebagainya.

Bukan berarti saya tidak yakin bahwa tidak akan terjadi apapun pada diri ini, akan tetapi yang namanya musibah kita tidak pernah tau kapan akan terjadi. Maka dari itu perlu sekali dalam membuat dana khusus. Mungkin bisa dengan menyisihkan sebagian keuanganmu untuk ditabung , dan sisanya lagi untuk digunakan kebutuhan sehari-hari.

5. Cerdas Dalam Berhutang


Tips Dalam Mengelola Keuangan
Image Source : kaskus.co.id
Siapa sih diantara kita yang tidak pernah berhutang? Tentu saja tidak mungkin ada. Setiap manusia adakalanya pernah mengalami kondisi ekonomi dan keuangannya lagi sulit maka dia pun terpaksa harus berhutang. Nah, yang jadi masalahnya bukan kamu tidak boleh berhutang, akan tetapi harus kamu ketahui mana yang memang benar kebutuhan dan mana yang cuma keinginan.

Jangan sampai kamu berhutang hanya demi keinginan ini itu , nanti kamu sendiri malah yang kewalahan dalam membayar hutang tersebut. Berhutang lah untuk hal yang penting seperti kebutuhan pokok atau berhutang untuk modal usaha. Kalo seperti itu kan akan lebih efektif.

Nah, itulah ke-5 point yang sekiranya dapat bermanfaat dalam mengelola keuangan. Jika kamu memiliki tips lain, boleh banget buat di share di komentar ya guys.

Oh iya, kamu tau ga sih? Sekarang moneysmart.id lagi ngadain Blog Competition loh. Wah mantep banget kan. Kalo mau tau , oke langsung aja disimak berikut syarat & ketentuannya.

Blog Competition MoneySmart.Id


MoneySmart.id merupakan sebuah situs yang memberikan dan menyediakan berbagai konten seputar keuangan dan gaya hidup. Maka dari itu moneysmart.id mengadakan kompetisi lomba blog bertema #CerdasDenganUangmu . Tujuannya diadakan lomba ini adalah sebagai mengedukasi pengetahuan masyarakat Indonesia tentang mengelola keuangan, terutama para kaum milenial untuk mengatur keuangan pribadinya sendiri.

Dalam kompetisi lomba blog ini akan ada hadiah dengan total uang sebesar Rp. 10.000.000,- untuk para pemenang dalam kompetisi blog ini.
Dengan juara 1 : Rp. 5.000.000
Juara 2 : Rp. 3.000.000
Juara 3 : Rp. 2.000.000
Wah mantap kan guys, jadi jangan disia-siain kesempatan ini.

Berikut syarat dan ketentuan dalam lomba blog MoneySmart.id :

A. Persyaratan Umum
  1. - Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan bukan dari karyawan MoneySmart.
  2. - Peserta lomba wajib mengisi form pendaftaran di link http://bit.ly/CerdasDenganUangmu
  3. - Pendaftaran dibuka dari 10 desember s/d 31 desember 2018
  4. - Kompetisi blog ini tidak dipungut biaya apapun.
  5. - Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan.
  6. - Penilaian dan keputusan juri mutlak tak dapat digugat.

B. Persyaratan Khusus
  1. - Usia blog minimal 6 bulan.
  2. - Blog aktif (Min postingan 1 bulan terakhir).
  3. - Jumlah postingan min 20.
  4. - Blog yang diikutkan boleh berdomain TLD ataupun subdomain blogspot dan wordpress.
  5. - Platforn user generated content tidak diperkenankan untuk ikut kompetisi blog ini.

C. Kriteria dan Topik Artikel
  1. - Kerja Sampingan.
  2. - Investasi.
  3. - Tabungan.
  4. - Utang.
  5. - Kuliner & Travel.

Nah , begitu saja tentang blog competition ini. Untuk mengetahui info lebih detailnya kamu bisa menuju link dibawah ini

Oke , buruan guys kompetisi blog ini hanya sampai 31 desember 2018 dan pengumuman pemenang akan di umumkan pada 5 januari 2019. Jadi buat kamu ayo segera daftar dan ikuti lomba blog ini. SEOmoga menang dan keberuntungan menyertaimu!

Sekian ulasan kali ini.
SEOmoga Bermanfaat!

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
» Thanks for reading: Tips Dalam Mengelola Keuangan

Ingin Dapat Artikel Teknologi Secara Gratis?? Cukup Masukkan Email Di Kolom Subcribe, setelah itu konfirmasi pada email yang dikirim:

4 Responses to "Tips Dalam Mengelola Keuangan"

  1. Kalau bisa mengelola keuangan dengan baik. Insya Allah masa depan cerah

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sharing artikelnya; terkhusus tentang pengelolaan keuangan ini, kalau mencatat pengeluaran sih belum saya lakukan tapi kalau investasi pelan-pelan iya sudah hhahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.
      Senang jika dirasa artikel ini Bermanfaat..

      Coba perlahan dilakukan mba, soalnya penting tuh nyatet pengeluaran..

      Delete

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih