Ketahui Berbagai Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ketahui Berbagai Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang dari internet tidak lah sesulit yang dikira, dan juga tidak semudah yang diduga. Banyak sekali cara untuk mendapatkan pekerjaan atau uang dari internet, apalagi di zaman era informasi seperti sekarang ini. Semua nya serba digital dan apapun dapat dilakukan secara digital.  

Banyak sekali JOB dan peluang bisnis yang bisa kamu dapatkan dari internet, potensi nya cukup besar jika kamu dapat mengolah dan memanfaatkan internet dengan baik. Kalau orang kira menghasilkan uang dari internet itu hanyalah mitos atau fiktif belaka itu kesalahan yang besar, nyatanya banyak sekali peluang bisnis yang bertebaran di internet yang bisa kamu dapatkan.

Mungkin di zaman orang tua kita atau yang lahir di tahun 70-80 an mereka tidak akan tau tentang internet, itulah sebabnya mereka tidak tau cara untuk mendapatkan pundi penghasilan dari internet. Mereka hanya tau adalah untuk mendapatkan uang ya caranya adalah dengan bekerja nyata baik itu menjadi karyawan/pegawai kantoran.

Seperti yang kita tau banyak sekali anak yang ditekankan oleh orang tuanya dengan acuannya nanti kalau kamu sudah lulus sekolah, kamu harus jadi ini jadi itu, kerja disini kerja disitu. Bahkan tidak sedikit orang tua yang terlalu memaksa kehendaknya agar anaknya menjadi karyawan kantor dan sebagainya. Pokoknya kalau belum jadi orang kantoran terlihat kurang keren atau tidak termasuk orang yang sukses ini itulah.

Padahal sebenarnya anak tidak seharusnya diperlakukan demikian, biarkanlah mereka untuk memilih apa pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan bakat mereka. Kalau mereka berbakat di bidang IT tidak ada salahnya untuk mencoba jadi freelancer dan berburu dolar melalui internet. Kerja nyata dengan kerja online itu sama saja potensinya memiliki peluang yang keduanya bagus, tinggal kamu pilih kira-kira kamu lebih berbakat di bidang mana.

Tidak menutup kemungkinan juga kalau orang yang bekerja online itu memiliki penghasilan yang lebih besar daripada orang yang bekerja offline/nyata. Sudah banyak sekali contohnya orang yang sukses dengan kekayaannya dari hasil jerih payah melalui internet, mereka membuktikan bahwa untuk menjadi orang yang berpenghasilan tidak melulu harus menjadi orang kantoran, tapi yang koloran (kerja di rumah) pun bisa berpenghasilan.


Nah, daripada kebanyakan basa-basi mendingan langsung aja yuk dikepoin apa saja cara untuk menghasilkan uang dari internet? Mari kita simak ulasan ini sampai selesai.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet


Ketahui Berbagai Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Blogger


Apa sih itu blogger? Blogger adalah mereka yang pekerjaannya  menuliskan hasil karya nya baik itu pengetahuan, ilmu, atau hanya sekedar curhat melalui media blog. Menjadi blogger adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, cara ini dibilang cukup potensial jika kamu dapat mengelola dan memanfaatkan blog dengan baik.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan uang dari blog? Untuk mendapatkan uang dari blog tidak dapat diwujudkan dalam waktu sebulan atau dua bulan saja , butuh waktu yang lumayan lama agar blog kamu bisa menghasilkan uang.

Nah, agar bisa mendapatkan uang dari blog salah satu caranya ialah dengan mendaftarkan blog kamu ke situs media periklanan. Jadi alurnya adalah kamu menjadi seorang publisher iklan dan tugasmu adalah menayangkan iklan di blog / website kamu, setelah itu kamu akan mendapatkan bayaran ketika ada visitor / pengunjung blog mu yang mengklik iklan tersebut.

Media periklanan yang sudah cukup popular saat ini adalah Adsense, kamu bisa mendaftarkan blog mu kesitus resminya. Langkah pertama untuk memulainya adalah dengan cara kamu membuat blog terlebih dahulu (bagi yang belum memiliki blog), setelah itu tinggal kamu daftarkan deh blog yang akan di pasang iklan nantinya.

2. Youtuber


Selain ada blogger, terdapat juga yang namanya Youtuber yaitu orang yang pekerjaannya membuat konten visual berupa video. Biasanya mereka yang menjadi youtuber adalah orang yang tidak pemalu dan memiliki tingkat kepedean yang tinggi, karena harus berani berbicara di depan kamera. Tapi tidak sedikit juga beberapa youtuber banyak yang sifat aslinya pendiam dan jarang berbicara tapi kenapa mereka tetap bisa menjadi youtuber? Sebab mereka membuat konten video voice over yang bentuknya tidak melihatkan wajah hanya berupa suara seperti halnya opini kamu tentang suatu hal, konten gaming yang isinya berupa game, dan lain sebagainya.

Kalau kamu berkeinginan untuk mencoba menjadi youtuber pastikan kamu memiliki berbagai alat tempur yang siap digunakan untuk bahan pelengkap mu menjadi youtuber, seperti kamera, headset, komputer, laptop, dan pastinya kuota yang berlimpah dan juga koneksi internet yang stabil sebab dalam proses upload video ke youtube itu membutuhkan kuota dan koneksi internet yang stabil, apalagi jika ukuran size videonya besar.

Nah cara menghasilkan uang dari youtuber sama halnya seperti blogger yaitu dengan cara mendaftarkan channel youtube mu ke media periklanan adsense, setelah itu tinggal kamu pasang iklan adsense di channel youtube yang kamu inginkan dan saatnya tinggal menunggu pengunjung mengklik iklan tersebut sampai waktunya payout maka kamu bisa menarik uang nya. 

3. Vlogger


Kalau tadi ada blogger dan youtuber , maka ini adalah gabungan dari keduanya yaitu video blogger (Vlogger) merupakan orang yang pekerjaannya membuat konten video. Hampir sama dengan youtuber tapi agak ada sedikit beberapa perbedaan diantaranya di sisi alat tempur seorang vlogger dapat membuat konten video hanya dengan berbekal kamera dari smartphone, tapi kalo youtuber biasanya akan menggunakan kamera. Dan juga perbedaan selanjutnya jika youtuber membuat konten video sangat serius dan bahkan perlu software untuk mengedit konten videonya, berbeda dengan vlogger yang tidak mengedit videonya dan masih murni video aslinya.


Bagi kamu yang ingin mencoba menjadi youtuber, alangkah bagusnya untuk mencoba menjadi vlogger terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya jika kamu langsung ingin terjun ke dunia youtuber. Nah dari vlogger ini juga kamu bisa mendapatkan uang dan penghasilan lohh caranya sama dengan youtuber dengan mendaftarkan channel vlog mu ke media periklanan adsense.

4. Jual Backlink


Cara ini mungkin cukup sulit buat pemula yang baru terjun dan berkeinginan untuk mencoba mendapatkan penghasilan dari internet. Sebab ini memerlukan keahlian khusus, jikalau kamu yang seorang blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya backlink. Banyak sekali orang yang membutuhkan backlink untuk mendongkrak blog/web menjadi nomor 1 di Google, apalagi para peserta kontes SEO blog.

Kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan uang dari internet, harga untuk satu backlink pun tidak lah bisa dianggap remeh dengan kisaran ratusan ribu untuk per backlink. Tergantung dengan seberapa bagus kualitas authority backlink tersebut. Kalau kamu ingin mencoba menjual backlink setidaknya kamu harus menjadi seorang blogger dulu untuk memahami apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya.

5. Jasa Tulis Artikel


Tidak sedikit blogger yang malas untuk susah payah membuat konten tulisan panjang lebar, dan biasanya mereka pun akan mencari orang yang bisa menulis untuk mengisi konten artikel di blog/web mereka. Nah kamu bisa manfaatkan situasi ini dengan cara menawarkan skill dan kemampuan mu dibidang apa kamu pandai menulis, setelah itu tinggal kamu cari blogger yang niche blog nya sesuai dengan skill mu.

Kamu juga harus memiliki rate/harga sendiri untuk setiap per tulisan yang kamu buat, biasanya harganya tergantung seberapa banyak kata dalam tulisan artikel yang dibuat dan juga harga bisa naik jika ditambah artikel harus mengandung SEO. 

6. Content Writer


Loh apa bedanya dengan point no 5? Jelas tentu saja ada perbedaannya, kalau content writer biasanya membuat tulisan dengan sistem kontrak dengan sebuah brand. Jadi antara content writer dan brand akan bekerja sama dan negosiasi berapa lama dan berapa banyak konten artikel yang nantinya akan dibuat. Berbeda dengan seorang yang membuka jasa tulis biasa, yang hanya membuat beberapa artikel saja dan keseringan orang biasa pun mampu untuk menyewa seorang jasa tulis artikel.

Seorang content writer harus memiliki pikiran yang cerdas dan kecepatan dalam mengetik karena bisa saja dalam perhari harus menyelesaikan artikel sekian , dan tak jarang harus sesuai dengan target dan rencana. Jadi buat kamu yang memang sudah berpengalaman dalam hal bidang tulis-menulis dan menguasai berbagai materi mungkin ini pekerjaan yang sangat cocok buat kamu untuk mendapatkan penghasilan melalui internet.

7. Ghost Writer


Apa itu ghost writer? Ghost writer (penulis hantu) adalah orang yang membuat sebuah konten berupa tulisan akan tetapi mereka tidak memberikan identitas dirinya dan hal inilah disebabkan dinamakan penulis hantu. Jadi seorang ghost writer hanya menulis tetapi orang tidak akan tau siapa pembuat konten tulisan tersebut.

Kalau kamu ingin mencoba nya tidak ada salah nya untuk menjadi ghost writer karyamu tetap dikenang walaupun orang tidak mengetahui siapa pencipta karya tulisan tersebut.


8. Jual Template Blog


Kemampuan dalam hal bahasa pemrograman sangat menguntungkan sekali, hanya dengan kemampuan dan pemahamanmu tentang HTML, CSS, JAVASCRIPT, Dll kamu sudah dapat membuat template untuk dipakai di blog. Setelah kamu berhasil membuat template langkah selanjutnya adalah dengan menjual template mu kepada para blogger.


Kamu bisa menjualnya melalui grup facebook yang isinya blogger, dan mempromosikan template yang kamu buat. Jika ada yang tertarik dengan template mu maka mereka pasti akan segera membelinya apalgi jika template yang kamu buat bagus dari segi desain dan untuk SEO nya. Untuk kisaran harga satu template adalah sekitar 100-300 ribuan tergantung dengan tingkat kerumitan template yang dibuat.

9. Ternak Adsense


Mendaftar adsense itu hal yang mudah, tetapi untuk diterima full approve dari adsense itu bukanlah hal yang mudah. Masih banyak blogger diluar sana yang blog nya belum ada adsense, kamu pun bisa mengambil peluang ini untuk menambah uang dari internet. Hal yang perlu kamu persiapkan disini adalah sebuah blog yang banyak dengan berdomain sudah Top Level Domain (TLD) setelah itu kamu daftar adsense dan setelah di approve oleh pihak adsense, kamu bisa menjual akun adsense tersebut.


Setelah itu tinggal kamu daftarkan kembali blog yang sudah pernah didaftarkan adsense, terus begitu alurnya daftar – approve – jual. Batasan untuk ternak akun adsense hanya bisa dilakukan sebanyak 3 kali untuk satu domainnya, oleh karenanya kamu perlu menyiapkan banyak blog TLD. Bisnis jual akun adsense ini terbukti lumayan untuk penghasilan dari internet, harga kisaran satu akun adsense saja bisa mencapai 500 ribu hingga 1 juta. Wow benar-benar luar biasa bukan jika kamu dapat ternak banyak akun adsense.

10. Crypto Currency


Saya belum pernah mencoba nya untuk crypto currency, tetapi yang saya tau ini dapat menghasilkan uang melalui internet. Salah satu dari jenis crypto currency adalah Bitcoin yaitu uang digital yang tidak ada wujud fisik nya, tetapi uang tersebut hanya tercatat secara digital. Untuk memulai bisnis dan menghasilkan uang dari crypto currency kamu terlebih dahulu harus memiliki akun wallet dan nomor rekening mata uang digital.

Setelah kamu memiliki akun wallet maka saatnya untuk mendulang uang melalui dunia maya, butuh keterampilan dan kesabaran yang ekstra untuk bisnis ini tapi tidak ada salahnya jika kamu mencobanya.

11. Direct Advertising


Direct Advertising adalah jenis bisnis menghasilkan uang dari internet bagi kamu para blogger, yaitu dengan metode dimana kamu menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog/web pribadi kamu. Perlu kemampuan teknik memancing dan meyakinkan kepada pengiklan agar mereka mau beriklan di blog mu.


Biasanya pengiklan akan menanyakan trafik atau jumlah pengunjung blog kamu dalam rentang kurun waktu tertentu, semakin banyak pengunjung blog mu maka kemungkinan besar pengiklan akan tertarik untuk beriklan di blog kamu.

12. Paid Review


Sebuah metode menghasilkan uang dari internet dengan cara mereview produk atau jasa milik orang lain melalui blog kamu dengan gaya dan bahasa tulisanmu sendiri. Kamu akan dibayar setelah selesai mereview sebuah ulasan tentang produk atau jasa yang kamu review. Pembayarannya juga tidak sedikit, untuk sekali review saja bisa sampai kisaran 200-500 ribu tergantung siapa brand yang meminta produk atau jasanya di review.

Namun sebelum kamu mencoba bisnis ini, pastikan bahwa blog kamu memiliki jumlah pengunjung yang banyak hal ini agar produk atau jasa yang kamu review bisa terjangkau banyak orang dan sehingga brand pun merasa puas terhadap usaha kamu, jika mereka puas tidak menutup kemungkinan di kemudian hari kamu pun akan dihubungi kembali untuk diajak menjalin kerja sama kembali.

13. Jual Ebook


Pasti udah pernah sering denger kan isitilah ebook yaitu sebuah buku digital berekstensi .pdf .word dan sebagainya. Jika kamu tidak mempunya blog mungkin kamu bisa membuat ebook dan menuangkan semua pengetahuan dan bakatmu ke dalam ebook kemudian setelah itu menjualnya. Banyak kok orang di luar sana yang ingin membaca ebook, selain murah dan tidak ribet bisa dibaca di mana-mana saja bahkan hanya dengan smartphone sekalipun.

Membuat ebook dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, ya sama saja seperti halnya kamu membuat buku secara fisik hanya saja kalo ebook bentuknya digital. Kamu bisa mencoba bisnis ini untuk menghasilkan uang dari internet dengan menjual berbagai ebook ciptaan kamu sendiri.

14. Progam Membership


Bisnis ini juga ditujukan bagi para blogger, jika kamu memiliki blog yang sudah besar dan memiliki banyak pengunjung mungkin kamu dapat mencoba program membership yaitu sebuah program dimana kamu menyediakan konten premium di blog mu dan konten premium tersebut hanya dapat diakses bagi pengunjung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

Tapi bagaimana jika malah pengunjung blog saya kabur? Tenang saja jika memang konten di blog mu itu berkualitas dan bermanfaat pasti mereka para pembaca blog mu tidak akan takut untuk mengeluarkan uang hanya tetap dapat membaca konten premium yang kamu buat.

15. Menjual Blog


Bisnis ini tidak disarankan buat kamu yang baru memiliki sedikit blog. Blog apa saja sih yang bisa dijual? Salah satunya ada blog zombie yaitu blog yang sudah mati dan kemudian diaktifkan kembali akan tetapi backlink dan authority dari blog tersebut masih tersimpan sehingga blog yang demikian bagus di mata google.


Tidak jarang blog zombie diburu oleh beberapa blogger, selain bisa dijadikan sebagai blog utama, blog zombie bisa juga digunakan untuk pembantu mendongkrak blog utama dengan memberikan backlink dari blog zombie itu sendiri. Mungkin istilah ini begitu aneh bagi kamu yang bukan seorang blogger, tapi jikalau kamu blogger cobalah untuk mencoba bisnis ini untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

16. Lomba Blog / SEO


Lagi-lagi cara ini diperuntukkan bagi blogger, dengan mengikuti lomba blog atau kontes SEO kamu memiliki kemungkinan mendapatkan uang jutaan rupiah jika menang dalam perlombaan tersebut. Tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tau keberuntungan bersama kamu.


Banyak sekali informasi tentang lomba blog dan SEO yang ada di internet, tinggal kamu pilih yang topiknya kamu kuasai dan sekiranya kamu dapat mengerjakannya secara maksimal. Untuk kontes SEO perlu keahlian dan skill tentang SEO yang mumpuni juga, paling tidak kamu mengetahu basic SEO dasar.

17. Content Placement


Program content placement diperuntukkan bagi kamu para blogger yang memiliki blog dengan authority yang bagus, semakin tinggi dan bagus authority blog maka semakin besar bayaran yang didapat dari content placement ini. Sebab patokan dari content placement ini adalah tingkat authority blog yaitu Domain Authority dan Page Authority.

18. List Building


Bisnis online yang satu ini sangat bagus dalam internet marketing, alur kerjanya list building adalah kamu membuat sesuatu hal apapun itu selagi berbau positif dan menarik sehingga orang mau memberikan email aktifnya kepada kamu. Lohh emang buat apa ngumpulin email orang? Jadi email yang terkumpul itu dapat kamu jual ke pada marketing untuk mempromosikan produk atau jasa bisnisnya melalui email yang sudah terkumpul tersebut.

19. Affiliate Marketing


Program bisnis online yang satu ini juga cukup menguntungkan, kamu tidak perlu modal apapun. Hanya dengan menjualkan produk orang lain dan ketika kamu berhasil menjual nya maka kamu mendapatkan komisi atas penjualan tersebut. Semakin banyak produk yang berhasil kamu jual maka semakin banyak juga penghasilan yang kamu dapatkan.

20. Paid To Click


Paid To Click (PTC) adalah program menghasilkan uang dari internet yang menurut sebagian orang cukup terbilang mudah , sebab hanya dengan mengklik iklan kamu akan mendapat bayaran. Jadi tugas kamu adalah mengklik iklan yang ada, semakin banyak klik semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan.

21. Buzzer


Buzzer adalah orang yang mempromosikan sesuatu dengan tujuan agar bisa dilihat dan dijangkau orang banyak. Menjadi buzzer tidak harus menjadi seleb dulu yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan follower, buat kamu yang memiliki follower diatas 1000 pun kamu sudah bisa menjadi buzzer. Menjadi buzzer juga tidak terlalu melelahkan seperti blogger yang menulis artikel panjang lebar.

Biasanya buzzer beroperasi di social media instagram dan twitter.

22. Kuiz Online dan Give Away


Di internet sering sekali ada informasi tentang kuiz online dan give away yang hadiahnya cukup lumayan. Terkadang hadiahnya berupa voucher dan tak jarang juga bisa berupa uang, jadi daripada waktu luang mu terbuang sia-sia mendingan berburu kuis dan give away lumayan buat menambah penghasilan dari internet.

23. Penerjemah Online


Kamu yang pintar dan menguasai beberapa bahasa asing mungkin patut untuk mencoba bisnis menjadi penerjemah online. Walaupun bekerjanya ketika ada proyek saja akan tetapi sekalinya ada proyek kerja sama pendapatan yang bisa kamu dapatkan dari penerjemah online tidaklah sedikit. Tergantung sistem pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak, ada yang pembayarannya dengan banyaknya perlembar halaman yang diterjemahkan dan ada juga yang sesuai dengan tergantung waktu yang dikerjakan dalam menerjemahkan.

Nah itulah berbagai peluang dan cara untuk mendapatkan uang melalui internet secara online, mungkin ada cara lain yang belum saya sebutkan silahkan kamu ajukan pendapat dan gagasan mu melalui kolom komentar yang telah tersedia.

Sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat!


Wassalaamu’alaaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 comments

  1. mencari uang di internet memang banyak sekali caranya, tinggal kita mau memilih jalan yang mana. Selama itu sesuai passion mu., maka gelutilah passion tersebut, sehingga ide ide untuk mendapatkan penghasilkan dari internet akan senantiasa muncul dalam pikiranmu. .,., oiya., adalagi yang belum dibahas dalam artikel ini, yaitu mendapatkan uang dari shortlink.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banyak sekali caranya, tinggal seberapa pintar menggunakan dan memanfaatkan internet tersebut.

      Oh iya benar dari shortlink pun bisa, mantap sekali masukan nya.
      Terima kasih..

      Delete
  2. Sangat bermanfaat. Benar, banyak sekali caranya, yang penting personal branding juga ditingkatkan/diperbaiki, menjadi salah satu cara untuk bisa mencari uang dari internet juga hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapz benar banget mbak, personal branding kudu dan wajib banget dimengerti oleh blogger..

      Delete
    2. Betul hehehe. Semoga semakin banyak blogger yang bisa menemukan jalan untuk menjadikan blog-nya 'ladang Rupiah' :D Amin.

      Delete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih