Manfaat yang Diberikan Colocation Server Bagi Pemilik Bisnis

Manfaat yang Diberikan Colocation Server Bagi Pemilik Bisnis

Konten Gaptek - Perkembangan teknologi yang semakin signifikan membuat kebutuhan manusia semakin mudah. Internet merupakan salah satu teknologi yang sekarang sering digunakan. Internet dapat menghubungkan banyak orang melalui perangkat komputer. Adanya internet juga dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis melalui web atau aplikasi. Berbeda dengan bisnis konvensional, bisnis dengan menggunakan internet tidak banyak membutuhkan arsip dalam kertas. Umumnya mereka menyimpan data dalam sebuah colocation server. Data ini bisa diakses dari perangkat komputer lain melalui jaringan internet.

Manfaat Menggunakan Jasa Colocation Server yang Dirasakan Pemilik Bisnis

Image Source : entrepreneur-resources.net
Menggunakan web atau aplikasi berbasis internet dalam berbisnis sangat mempermudah pelanggan yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Proses pengembangan web atau aplikasi secara mandiri tidak bisa dilakukan dengan mudah. Terkadang pemilik bisnis perlu pihak ketiga untuk mengurusi hal-hal berkaitan dengan IT, salah satunya penyimpanan data. NEX Datacenter merupakan penyedia jasa penyimpanan data yang tersedia untuk banyak pemilik bisnis. Manfaat dari bekerja sama dengan colocation server seperti NEX Datacenter sangat bermacam-macam. Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik bisnis yang memiliki web atau aplikasi berbasis internet.

1.   Menghemat Biaya


Membangun fasilitas mandiri khusus untuk web atau aplikasi bisnis sendiri membutuhkan biaya tambahan. Biaya yang diperlukan lebih besar jika dibandingkan dengan menyimpan data di penyedia jasa penyimpanan data. Pemilik bisnis tidak perlu membangun fasilitas yang dibutuhkan seperti bangunan, ruangan, dan fasilitas pendukung lainnya yang mana pembangunannya membutuhkan perhitungan yang tepat khususnya penggunaan energi sehingga biaya pengembangan tidak akan terlalu besar.

2. Keamanan Data Terjamin


Segi keamanan dari colocation server sangat penting dan diperhatikan dengan baik, mulai dari aspek fisik maupun nonfisik. Keamanan dari data yang disimpan dijaga dengan baik sehingga data tidak akan bocor. Inilah salah satu manfaat yang diperoleh saat pemilik bisnis menyimpan data di penyedia jasa terpercaya. Sistem keamanan akan selalu di-update sehingga tidak mudah dimasuki. Apabila ada kejadian tidak normal akan terdeteksi oleh keamanan yang ada.

3. Pengelolaan Maksimal


Dengan memanfaatkan penyedia jasa untuk menyimpan data, pemilik bisnis tidak perlu repot mengurusi data-data tersebut. Pemilik bisnis hanya perlu menyerahkan semua pengelolaan kepada penyedia jasa. Pengelolaan berupa perawatan teknis dilakukan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Apabila ada permasalahan, ada teknisi profesional dan berpengalaman yang akan memperbaikinya dengan cepat dan tepat. 

4. Skalabilitas


Dalam bisnis yang masih berkembang, kebutuhan server pastinya juga akan meningkat. Apabila pemilik bisnis lebih memilih menyediakan data center secara mandiri, pengembangan ini akan sedikit merepotkan. Pengembangan penyimpanan data perlu penanganan dan perhitungan khusus. Hal ini akan berbeda jika pemilik bisnis memilih menggunakan jasa yang disediakan colocation server. Pengembangan dan peningkatan kebutuhan data bisa disediakan oleh penyedia jasa dengan cepat. Mereka sudah memiliki beberapa fasilitas seperti kabel data, rak data, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pemilik bisnis akan lebih menghemat waktu.

5. Fokus Bisnis Utama Tidak Terganggu


Menjalankan bisnis merupakan hal yang cukup sulit. Ada beberapa permasalahan yang dapat terjadi. Jika pemilik bisnis memilih memiliki data center mandiri, fokus pemilik bisnis akan terpecah. Inilah salah satu manfaat yang akan dirasakan pemilik bisnis ketika menggunakan jasa penyimpanan data.


Itulah manfaat-manfaat yang akan dirasakan pemilik bisnis saat menggunakan colocation server. NEX Datacenter merupakan penyedia jasa penyimpanan data di Indonesia yang telah bekerja sama dengan banyak pihak. Sila mengunjungi nexdatacenter.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Sekian ulasan ulasan kali ini, SEOmoga bermanfaat!
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Mantap nih.. Dengan adanya data center gak perlu khawatir web down lagi.. Nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kudu nyobain nih kalo udah punya bisnis.

      Delete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih