Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Image Source: www.govtech.com

Konten Gaptek
– Pernahkah terbayang di pikiran Kamu seperti apa kondisi dunia di masa yang akan datang. Jika kita melihat kilas balik dari kehidupan tentu saja sangat berbeda dengan zaman sekarang. Dimana yang dahulunya tak ada internet, sekarang hampir seluruh daerah telah dijangkau oleh konektivitas internet. Kecanggihan teknologi juga kian hari selalu saja memunculkan inovasi baru, ini semua merupakan peradaban zaman yang tak bisa dihindari.

Sekarang saja kita sudah masuk menuju era revolusi industri 4.0 dimana nanti segalanya akan dilengkapi dengan kecanggihan teknologi. Jangan heran jika nanti seluruh aktivitas manusia akan ketergantungan dengan teknologi, asalkan itu membawa positif dan mampu menjadikan Indonesia yang lebih baik kenapa tidak.

Ujung tombak aktivitas manusia tak lepasnya dari perlengkapan teknologi. Coba tanyakan pada diri Kamu, kapan terakhir kali dirimu memegang smartphone? Jawabannya pasti tidak ada yang melebihi sepekan yang lalu, atau sehari yang lalu, bahkan sampai detik ini yang kau pegang adalah hasil dari kecanggihan teknologi yakni smartphone dan personal computer.

Smart Citizen Day 2019

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Berbicara soal teknologi, pada tanggal 28 Maret 2019 kemarin telah digelar sebuah acara yang didalamnya menghadirkan kecanggihan instalasi perpaduan seni dan teknologi karya dari anak bangsa. Melalui sebuah perkumpulan yang dihelat di The Tribrata Opus Grand Ballroom inilah rangkaian acara Smart Citizen Day 2019 digelar. Acara yang menghadirkan sosok pembicara ternama yang berkompeten di bidangnya ini adalah acara yang sangat cocok untuk diikuti oleh kaum millenials.

Smart Citizen Day 2019 adalah acara hasil dari persembahan Qlue bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mengumpulkan berbagai individu dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, korporasi, KOL/Influencer, akademisi, startup, dan unicorn, investor, pengusaha sosial, dan dari berbagai media untuk mewujudkan Indonesia Smart Citizen sekaligus mendorong perubahan pelayanan publik supaya lebih transparan dan akuntabel.

Tujuan dilaksanakannya Smart Citizen Day 2019 untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang penggunaan teknologi digital yang benar, cerdas dan bijak, serta sekaligus untuk memperkenalkan aplikasi Qlue kepada publik dan untuk mendeklarasikan Smart Citizen pertama di Indonesia dari 34 provinsi di Indonesia. Deklarasi ini juga disaksikan Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo dalam bentuk Hologram yang merupakan salah satu kemajuan dari teknologi.

Walaupun Pak Presiden tidak dapat datang langsung ke acara Smart Citizen Day 2019, akan tetapi dengan berkat kecanggihan teknologi semua bisa terselesaikan. Melalui Hologram tersebut Bapak Presiden mengucapkan ucapan selamat serta memberikan dukungan penuh terhadap acara Smart Citizen Day 2019 yang telah terselenggarakan untuk menjadikan Indonesia yang Smart.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Peresmian Smart Citizen Day 2019

Setelah itu barulah acara Smart Citizen Day 2019 diresmikan dengan menggunakan teknologi face recogniton yang dilakukan oleh Bapak Rama Raditya dan Bapak Darmin Nasution.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Bapak Darmin Nasution 

Terdapat puluhan lebih pembicara yang hadir dalam acara ini, seperti Bapak Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan juga ada Bapak Rudi Antara selaku Menteri Kominfo. Dalam diskusi panel beliau menyampaikan kepada masyarakat Indonesia kita jangan Cuma sebagai pengguna teknologi saja, namun juga harus mampu menghadirkan inovasi yang bermanfaat. Tutur Bapak Rudi Antara.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Bapak Rama Raditya CEO Qlue

Gotong royong di era teknologi dan digitalisasi ini juga amat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi. Sementara di tempat yang sama turut hadir pula Bapak Rama Raditya selaku Founder dan CEO Qlue beliau mengajak untuk kepada masyarakat agar menjadi smart citizen dengan melaporkan setiap masalah dan keluhan kepada pemerintah agar segera direspon oleh pemerintah untuk ditindak lanjuti.

Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Teknologi Face Recognition

Dalam acara Smart Citizen Day 2019 terdapat kecanggihan teknologi berbasis Artificial Intelligent dan Internet of Things yang dapat langsung pengunjung lihat dan rasakan sendiri salah satunya ada Face Recognition yang mampu mendeteksi wajah seseorang.

Oh iyaa Kamu udah pada tau belum sih apa itu Qlue? Qlue adalah sebuah platform aplikasi berbasis digital yang mampu melaporkan kinerja pemerintah kepada masyarakat di setiap masing-masing daerah mulai dari hal infrastruktur, layanan publik, dan sebagainya. Diharapkan dengan bantuan aplikasi Qlue semua masalah yang ada di lingkungan kita dapat dengan mudah kita laporkan kepada pemerintah.
Membangun Indonesia yang Smart City Melalui Teknologi
Saat ini Qlue siap mendukung program 100 Smart City di Indonesia, terbukti dengan aplikasi Qlue sudah diintegrasikan dan beroperasi di berbagai kota untuk menjadikan Smart City yang dihasilkan dari dampak positif teknologi. Saat ini Qlue telah hadir lebih dari 15 Kota dan 50 Institusi pemerintah. Qlue yang sudah ada sejak tahun 2016 yang lalu telah sukses untuk membantu pemerintah dalam menjadikan Smart City.

Banyak sekali yang telah Platform Qlue berikan melalui kontribusinya untuk mengatasi solusi publik di sekitar masyarakat dan mengetahui kinerja pemerintah dalam penanganan permasalahan kota di Indonesia.

Berbagai permasalahan mulai dari parkir liar, kriminalitas, fasilitas umum, buang sampah sembarangan sekarang tidak perlu bingung lagi akan melaporkannya kemana. Dalam genggaman smartphone semua masalah bisa dilaporkan dengan mudah karena adanya Qlue.

Ayo turut andil dan berikan kontribusi Kamu dalam upaya menangani permasalahan publik di sekitar melalui aplikasi Qlue. Kamu dapat mendownload Qlue melalui PlayStore untuk android. Segera laporkan masalah di sekitarmu untuk menjadikan Smart City dengan bijak menggunakan teknologi yang terus berkembang.

Semoga dengan adanya acara Smart Citizen Day 2019 bisa meningkatkan kesadaran dan membuat masyarakat menjadi Smart dalam memanfaatkan teknologi.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment