6 Tempat Kuliah Murah Untuk Melanjutkan S2 Luar Negeri

6 Tempat Kuliah Murah Untuk Melanjutkan S2 Luar Negeri

6 Tempat Kuliah Murah Untuk Melanjutkan S2 Luar Negeri
Image Source: pixabay

Jika Kamu bosan melanjutkan pendidikan di dalam negeri, namun terkendala masalah biaya jika harus pergi kuliah di luar negeri yang biasanya membutuhkan biaya besar untuk melanjutkan pendidikan, sebenarnya ada banyak universitas di berbagai negara untuk melanjutkan kuliah S2 murah atau bahkan gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku. Berikut ini ada beberapa negara yang menyediakan biaya kuliah murah yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan, diantaranya:

6 Tempat Kuliah Murah Untuk Melanjutkan S2 Luar Negeri


Kenya


Kenya merupakan salah satu negara yang berada di bagian timur benua Afrika, ibukota negara ini adalah Nairobi dan menjadi salah satu negara bergengsi yang memiliki teknologi tinggi serta sistem pendidikan yang sangat mendukung. 

Ada banyak Universitas ternama yang bisa ditemukan di negara ini, sebut saja University of Nairobi yang dibangun tahun 1956 (mendapat peringkat 1 di wilayah Kenya dan ke 728 di dunia, menurut webometrics), kenyataan University yang menjadi institusi terbesar kedua di Kenya (mendapat peringkat ke 1880 di dunia menurut webometrics), dan berbagai Universitas lain yang tidak kalah menarik.

kuliah e learning menjadi salah satu sistem kuliah yang banyak diminati saat ini, karena banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kuliah jenis ini juga bisa ditemukan di luar negeri, termasuk salah satunya di Kenya.

Bangladesh


Negara yang satu ini berada di sebelah Asia Selatan dengan nama ibukotanya yakni Dhaka, menjadi salah satu negara yang menyediakan biaya perkuliahan cukup murah. Kota Dhaka menjadi salah satu kota dengan populasi terbesar ke-8 yang ada di dunia dan ke-5 yang berada di Asia, memiliki banyak universitas yang menyediakan biaya perkuliahan cukup murah untuk mahasiswanya meski universitas tersebut tidak menduduki peringkat tertinggi di dunia.


Salah satu universitas rekomendasi untuk memajukan pendidikan yakni University of Engineering and Technology (menempati peringkat ke-1867 di dunia), selain itu ada juga University of Dhaka (menempati peringkat ke-2096 di dunia) dan Rajshahi University (menempati peringkat ke-2493 di dunia).

Norwegia


Negara yang terkenal dengan olimpiade musim dingin nya ini terletak dibagian paling utara benua Eropa, nama ibukotanya ialah Oslo dan memiliki populasi 5,2 juta penduduk di dalamnya. Ada banyak Universitas terkenal di wilayah ini, salah satunya University of Oslo yang menempati peringkat ke-86 di dunia, University of Bergen yang menempati peringkat ke-159 di dunia, serta Norwegian University of Science and Technology yang menempati peringkat ke-202 di dunia (didasarkan pada webometrics).

Jika kesulitan melanjutkan kuliah S2 murah di dalam negeri, Kamu bisa mencoba peruntungan kuliah murah di luar negeri salah satunya di wilayah Norwegia (dengan memanfaatkan beasiswa pemerintah atau swasta yang tersedia).

Argentina


Negara  yang berada di wilayah Amerika Latin ini menjadi salah satu negara yang menyediakan biaya murah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, ada banyak universitas yang bisa dipilih di negara ini seperti Universidad de Buenos Aires yang mendapatkan peringkat pertama di wilayah Argentina dan ke-314 di dunia dan Universidad Nacional de la Plata yang mendapat peringkat ke 543 di dunia (didasarkan webometrics).

Banyak calon mahasiswa yang berminat belajar di Negara yang satu ini (sekitar 90.000 mahasiswa setiap tahunnya), alasannya karena wilayah ini memiliki biaya hidup yang ringan dibandingkan negara lainnya. Selain itu banyak di antara mereka juga tertarik untuk belajar budaya Amerika Latin yang terkenal sangat kental.

Polandia


Negara ini memiliki ibukota bernama Warsaw, menjadi salah satu destinasi kuliah yang banyak dipopulerkan oleh calon mahasiswa karena biaya yang harus dibayarkan terbilang murah bahkan tidak sedikit masyarakat di wilayah Eropa juga menempuh pendidikan di wilayah ini. bagi masyarakat Polandia asli maupun mahasiswa internasional bisa mendapatkan kuliah secara gratis, syaratnya harus belajar dengan bahasa pengantar Polandia dan mengikuti ujian yang sama.

Ada banyak Universitas pilihan yang bisa dipilih mulai dari University of Warsaw yang merupakan Universitas terbesar di Polandia (peringkat ke-6 menurut EECA), Jagiellonian University yang menjadi salah satu universitas tertua di benua Eropa (peringkat ke-7 menurut EECA), atau universitas lain yang tidak kalah menarik.

Saat ini sistem kuliah e learning banyak diterapkan di Indonesia terlebih di luar negeri, jadi jangan heran jika banyak universitas luar negeri yang terkenal kemajuan teknologi juga menerapkan sistem perkuliahan ini termasuk juga di wilayah Polandia.

Ukraina


Negara yang terkenal dengan keindahan arsitektur katedral yang dimilikinya serta pegunungan yang sangat beragam ini juga menyediakan biaya kuliah yang cukup murah dibandingkan negara lainnya, tidak heran karenanya banyak calon mahasiswa yang berminat kuliah di negara ini.

Ada banyak Universitas pilihan yang bisa dijadikan rekomendasi, seperti Karazin Kharkiv National University (universitas tertua kedua di Ukraina), Taras Shevchenko National University Of kyiv (peringkat ke 38 menurut EECA), National Technical University of Ukraine (peringkat ke-8 menurut EECA), dan masih banyak Universitas menarik lainnya.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 murah, ada taktik yang lebih jitu untuk mendapatkan biaya murah saat ingin kuliah di luar negeri yakni dengan cara mencari beasiswa full dari negara yang bersangkutan. Ada banyak beasiswa luar negeri yang ditawarkan saat ini, baik dari pihak pemerintah negara lain ataupun dari pihak pemerintah Indonesia sendiri dengan berbagai kategori beasiswa yang bisa dipilih.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment