Simbiosis Mutualisme dari Aktivitas Belanja Online

Simbiosis Mutualisme dari Aktivitas Belanja Online

JNE mengalami peningkatan distribusi paket
Image Source: kompas.com
Konten GaptekI Love You! I Miss You! mungkin kalimat itu sungguh menggembirakan hati. Tetapi ada yang lebih bikin hati meronta-ronta apa itu? Permisi, Paket!!.... Nah itulah dia, suara yang akhir-akhir ini menghiasi hariku. Suatu hari aku sedang asik nonton televisi, tiba-tiba ada suara yang tidak asing di telinga. Suara itu terdengar jelas dari dalam kamarku, mengusir lamunanku (dalam hati aku berbisik, inikah diaaa) benar sekali dugaanku ternyata yang datang adalah pak kurir yang mengantarkan paket yang aku pesan beberapa hari lalu. Bahagianya diriku hidup di zaman era industri 4.0 karena bisa dengan mudah belanja online.

Yapz aku adalah tipe orang yang suka belanja baik itu melalui online shop maupun survey langsung ke toko. Aku juga orang yang khilafan kalo pergi ke Mall, sebab kegemaranku shopping yang begitu sulit untuk disembuhkan. Rasanya kalau sebulan tanpa belanja rasa hampa dalam hidup ini muncul seketika. Apakah Kamu termasuk orang sepertiku?

Beruntung kita berada di zaman modern yang serba digitalisasi, segala sesuatunya bisa dengan mudah didapatkan. Butuh ini itu, tinggal buka smartphone semua beres. Perkembangan E-commerce di Indonesia makin menggeliat terlihat dari banyaknya konsumen yang terus meningkat melakukan aktivitas berbelanja online.

Peluang ini membuka pintu lebar bagi perusahaan berbasis distribusi / jasa pengiriman barang untuk memanfaatkan kesempatan emas ini. Berbagai industri jasa kirim barang terus mengepakkan sayapnya agar bisa mengambil celah bisnis ini.

Lonjakan Tinggi Pengiriman Barang JNE 


Image Source: algraphic114.blogspot.com
Ya salah satunya adalah JNE yang merupakan perusahaan nasional dibidang jasa pengiriman barang. Hingga kini JNE terus mengalami kebanjiran pesanan jasa distribusi. Dan mengalami puncak peledakan jumlah paket yang dikirim secara nasional pada bulan Ramadhan sampai lebaran 1440H kemarin. Rata-rata kenaikan 50% dan puncaknya menjelang lebaran atau H-7 mendekati idul fitri kenaikannya mencapai 100% jika dibandingkan hari biasa. Tau sendiri bukan, bulan ramadhan lagi musim-musimnya orang belanja, ditambah THR yang berteriak untuk segera dihabiskan.

Seperti kemarin saudaraku yang berada di kampung halaman tak hentinya memaksaku untuk belanja. Dikarenakan aku tinggal di perbatasan tangsel-Jakarta jadi saudaraku ingin nitip beli barang, selain itu kan barang di Jakarta itu bagus-bagus dan tempatnya untuk belanja barang murah, saudaraku meminta supaya dikirim cepat barangnya karena akan digunakan untuk suatu keperluan penting. Langsung saja tanpa babibubebo saya tancap gas menuju toko dan membelikan barang belanjaan untuk saudaraku.

Sampai di rumah, pikiranku berkecamuk seperti orang kesetanan barang langsung ku packing untuk segera dipaketkan. Teringat bagaimana cara agar paket barang ini segera sampai? Membuang waktu beberapa menit memikirkan bagaimana caranya, ahha aku teringat akan JNE. Jarak memang jauh tapi selagi ada JNE yang bisa mengirimkan ekspress barang itu bukanlah masalah. Mengejutkan, 2-3 hari saudaraku langsung menelpon dan memberi kabar bahwa paketnya sudah sampai dengan baik. Benar-benar puas dengan pelayanan JNE.

JNE sampai saat ini sudah berumur 29 tahun loh, itu artinya JNE telah berdiri sejak 1990 tahun yang lalu (waaww, lebih tua dari umurku). Tak heran pelayanannya sangat baik dan keliatan dengan jumlah pelanggan yang terus mempercayai JNE sebagai jasa pengiriman paket terbaik. Apalagi melihat inovasi-inovasi terbaru yang diciptakannya seperti jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.


JNE mengalami peningkatan distribusi paket
Aku berkesempatan hadir dalam momen halal bi halal JNE bersama media & blogger
Dihelat pada Kamis, 20 Juni 2019 yang bertempat di Sofia at Gunawarman Jakarta, JNE mengumpulkan segenap media dan blogger dalam momen Halal bi Halal. Pada acara tersebut juga turut hadir sekumpulan pelaku bisnis online dan pihak terkait JNE diantaranya: M. Feriadi, Andri Susilowati, dan Elly Tan. Ketiganya sependapat mengakui bahwa telah terjadi peningkatan signifikan pada e-commerce dan aktivitas belanja online di Indonesia.

Hal ini dirasakan Andri Susilowati yang merupakan owner dari Himalaya Outdoor sekaligus member JLC (JNE Loyalty Card) ia juga merasakan dirinya turut kecipratan dari peningkatan belanja online.
“Pemesanan via online untuk perlengkapan aktifitas outdoor meningkat cukup tinggi ketika memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran lalu hingga mencapai sekitar 400%. Biasanya di periode normal, per hari pesanan berjumlah kurang lebih 400 barang, saat bulan puasa dan lebaran kemarin sampai kurang lebih 2000 barang dalam sehari”. Ungkap Andri.
Bisa dilihat kan betapa tinggi kelonjakannya, siapa tau paket Kamu ada di salah satu dari 2000 barang perhari tersebut. Tak tertinggal dari Mitra JNE Elly Tan selaku Owner Sales Counter JNE Explore, Beliau juga mengalami peningkatan jumlah paket pesanan yang dikirimkan hingga mencapai kurang lebih 25% selama ramadhan dan idul fitri lalu.

Paket barang yang dikirimkan tersebut didominasi oleh pakaian muslim seperti: hijab, mukena, sarung, peci, dll. Bukan mengherankan, sebab memang ramadhan adalah bulannya umat muslim jadi wajar saja fashion muslim lah yang menjadi primadonanya.


JNE mengalami peningkatan distribusi paket
M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE
Dalam pertemuan tersebut M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE, menyampaikan “rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada konsumen setia atas kepercayaannya memberikan amanah pengiriman paket kepada JNE”.

Sesuai dengan tagline yang diusung JNE yaitu “Connecting Happiness”, maka dari itu JNE terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanannya sehingga membuat pelanggan tetap dapat menikmati kemudahan pengiriman paket. Sebagai bentuk perwujudan JNE realisasikan dengan penambahan kapabilitas di sektor IT.
“aktifitas pengiriman paket dapat dilakukan dengan lancar dan nyaman dimana pun dan kapan pun apabila informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah. Sehingga JNE pun terus mengembangkan fasilitas dan infrastruktur IT perusahaan agar pelanggan dapat semakin mudah bertransaksi dengan JNE”. Tutur M. Feriadi.
JNE mengalami peningkatan distribusi paket
Elly Tan, M. Feriadi, Andri Susilowati, dan Maskot JNE
Aku semakin yakin dengan pelayanan JNE, semoga JNE terus mengalami peningkatan pengiriman paket bukan hanya di bulan puasa, tetapi di hari-hari biasa juga akan seperti itu.

More Information
Hendrianida Primanti (Head of Media Relations Department)
HP: 0812-106-8081
Email: hendrianida.primanti@jne.co.id
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment