#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Tebar Hewan Kurban (Dok. Pribadi)
Konten Gaptek – Sebagai lembaga filantrophy islam yang begerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Dompet Dhuafa tak henti-hentinya memberikan kontribusinya untuk negeri terutama dalam mengayomi masyarakat. Berbagai program yang telah dilaksanakan Dompet Dhuafa pun banyak sekali seperti Jangan Takut Berbagi, Jangan Takut Berkurban, dan kemarin baru saja Dompet Dhuafa melaksanakan program Tebar Hewan Kurban.

11/08/2019 yang bertepatan dengan Hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1440H, aku bersama rekan influencer dan segenap komunitas mengikuti rangkaian program acara Tebar Hewan Kurban (THK) bersama Dompet Dhuafa yang dilaksanakan di Zona Madina – Parung Bogor. Untuk pertama kalinya aku menyambangi tempat tersebut, ternyata Zona Madina ini adalah kawasan pemberdayaan masyarakat dari Dompet Dhuafa. Letaknya berada persis di samping jalan raya Jakarta-Bogor, jadi aku tidak kesulitan saat datang kesana meskipun baru pertama kali.

Gema takbir bersenandung sepanjang perjalananku menuju Zona Madina, kebetulan aku pergi ke tempat acara menggunakan motor dari Tangerang Selatan. Di tengah perjalanan motorku tiba-tiba tiris bensin, dan aku mendatangi Pom Bensin namun belum ada yang buka sebab masih dalam suasana pagi sekali di hari raya Idul Adha. Dengan penuh keyakinan aku lanjutkan kembali mengendarai motor menuju Zona Madina sambil bersholawat dan takbiran. Dan Alhamdulillah sebuah Ma’unah dari Allah Swt aku bisa sampai ke lokasi dengan bensin yang sudah hampir habis. 

Tebar Hewan Kurban


Oke beberapa jam aku sampai, tak lama kemudian acara dimulai dengan penampilan dari anak-anak Smart Ekselensia yang memainkan alat musik dari bahan yang kearifan lokal (tong dan kaleng), selanjutnya disambung oleh sambutan dari Bapak Yuli Pujihardi selaku Direktur Mobilisasi Zakat Zona Madina. Setelah sambutan-sambutan selesai, ada penyerahan plakat penghargaan sebagai simbolis serah terima donasi kurban yang diserahkan langsung oleh Pak Yuli kepada Influencer Irvan Farhad & Hamidah Rachmayanti.

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Penyerahan Penghargaan Serah Donasi Kurban (Dok. pribadi)
Program Tebar Hewan Kurban sendiri adalah program dari Dompet Dhuafa yang bertujuan untuk mendistribusikan / membagikan daging hewan kurban kepada masyarakat diberbagai belahan Negara, sekaligus juga untuk memerdekakan dan mensejahterakan peternak lokal mandiri serta memotivasi siapapun agar tergerak untuk melakukan ibadah kurban. Program tebar hewan kurban ini dibuat Dompet Dhuafa sudah ada sejak sekitar tahun 1994 yang telah banyak mensejahterkan peternak lokal.

Pada Idul Adha tahun ini Dompet Dhuafa kembali melaksanakan program THK dengan capaian target untuk memberikan hewan kurban sebanyak 30rb hingga hari terakhir tasyrik yang akan didistribusikan ke berbagai wilayah. Hingga saat ini jumlah hewan kurban menurut laporan kurban terhimpun telah mencapai 22.300 ekor dari seluruh Indonesia, dan akan terus bertambah hingga bisa sesuai target yang direncanakan. Tutur Ustadz Herman Budianto yang turut hadir dalam program acara THK Dompet Dhuafa di Zona Madina.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu, hari pertama penyembelihan saja sudah ada kenaikan angka 27 persen. Tercatat untuk Idul Adha tahun ini mengalami pelonjakan angka yang tinggi ketimbang dengan tahun lalu Dompet Dhuafa hanya menerima 18.558 ekor hewan kurban saja. Progress penghimpunan kurban secara nasional hingga siang ini adalah sebesar 20 persen dibanding dengan tahun lalu, Papar Tri Estriani selaku Ketua Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa (11/08/2019).
Untuk pendistribusian pengiriman daging hewan kurban, di tahun ini Dompet Dhuafa akan menyalurkannya ke 25 Provinsi di Nusantara (tahun lalu hanya 23 provinsi) dan 5 negara yang mengalami konflik kemanusiaan seperti: Palestina, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Selain itu juga daerah yang terkena dampak bencana yakni: Palu, Lombok, Konawe, Banten, dan Halmahera pun akan mendapatkan jatah pendistribusian daging hewan kurban dari Dompet Dhuafa.

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Hewan Kurban di Zona Madina (Dok. Pribadi)

Sedangkan kemarin di Desa Jampang Zona Madina sendiri, jumlah hewan kurban yang berhasil disembelih sebanyak 65 ekor kambing/domba kualitas premium hasil dari pemberdayaan peternak lokal mandiri yang telah lolos tahapan seleksi serta pendampingan oleh tim program dari Dompet Dhuafa. Meskipun tidak ada sapi, tapi kambing dan domba yang disembelih memiliki postur ukuran yang besar dan gemuk. Hewan kurbannya yang terlihat segar dan sehat karena memang sudah diuji oleh dokter dan layak untuk dikurbankan. Ke-65 hewan kurban tersebut sebagiannya didistribusikan ke tempat lain untuk dibagikan, dan juga sebagiannya lagi dibagikan kepada warga sekitar desa jampang.

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Proses Penyembelihan (Dok.pribadi)
Proses penyembelihan hewan kurban pun dimulai, semuanya disembelih dengan sesuai syariat islam dan menggunakan adab dalam menyembelih seperti menajamkan pisau, membaca bismillah sebelum menyembelih, melantunkan kalimat takbir selama prosesi penyembelihan, dan tidak membiarkan hewan kurban yang lain melihat hewan lainnya yang sedang disembelih.  

Membagikan Daging Kurban Ke Rumah Warga


#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Daging Kurban Siap Untuk Dibagikan (Dok.pribadi)


Aku bersama influencer (Irvan Farhad & Hamidah Rachmayanti) dan komunitas pun tak mau ketinggalan, kami mengikuti kegiatan tebar hewan kurban ini dengan membagikan daging hewan kurban yang telah disembelih kepada warga sekitar desa jampang. Dengan mengendarai mobil dari Zona Madina menuju perumahan warga, akhirnya kami pun sampai disana dan langsung membagikan daging kurban yang sudah dibungkus dengan wadah besek dari anyaman bambu yang lebih alami dan ramah lingkungan.

Wadah besek anyaman ini merupakan upaya dari pemerintah dalam hal mengurangi jumlah sampah plastik, mengingat banyak sekali sampah plastik yang dibuang sembarangan dan tidak didaur ulang. Lanjut kembali ke cerita, rumah pertama yang kami singgahi adalah rumah dari Ibu Jannah sebagai penerima daging hewan kurban dari Dompet Dhuafa.

#TebarHewanKurban: Upaya Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Masyarakat
Dok: Pribadi
Melihat kondisi rumahnya yang begitu sederhana aku merasa terharu, sesosok ibu yang sudah tua renta tinggal di rumah yang amat sederhana. Bersyukur sekali aku masih bisa memiliki rumah yang nyaman. Selepas itu kami pun langsung menuju rumah selanjutnya yang berhak untuk menerima daging kurban dari Dompet Dhuafa.

Rumah demi rumah telah kami datangi, tak terasa jumlah besek berisikan daging kurban yang kami bawa telah habis. Kami telah berhasil melakukan pembagian hewan kurban kepada warga desa kampung jampang. Semoga apa yang telah diberikan Dompet Dhuafa dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat yang memiliki kemampuan secara ekonomi untuk berkurban.

Jangan takut berkurban selagi kita masih diberikan Allah Swt rezeki yang cukup. Ingatlah semua harta yang kita punya adalah titipan, dan akan ada pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Teringat penggalan ceramah yang mengatakan bahwa “semakin kita berbagi kepada sesama makhluk, maka semakin sang kholiq membagikan rezekinya kepada kita” . Masya Allah, pada hakekatnya harta yang kita sedehkan tidak akan pernah membuat kita jatuh miskin dan justru malah sebaliknya membuat harta kita menjadi bertambah, bertambah, dan bertambah.

Yuk niatkan agar diri kita bisa Berkurban, sebab berkurban sendiri adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt di saat hari raya idul adha.
Dalam Al-Qur’an surat Al-Kautsar yang berbunyi.
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ(1) , فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ(2) , إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3 
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak (1)Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (2)Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus (3)
Sebuah perintah yang begitu jelas dari Allah Swt untuk melakukan kurban. Bahkan dalam ayat pertama terdapat kata ‘innaa’ yang merupakan kalimat taukid artinya sesungguhnya, merupakan penegasan dari Allah bahwasanya sungguh kita telah diberikan nikmat yang banyak. Jadi sudah kewajiban kita yang memiliki harta lebih untuk berkurban.

Buat kalian yang ingin berkurban juga bisa loh melalui THK Dompet Dhuafa, berkurban melalui lembaga tentunya jangkauannya lebih luas hingga ke pelosok negeri. Berbeda hal-nya jika Kamu berkurban di kampung sekitaran rumah yang pendistribusiannya cuma mencakup lingkup kecil saja. Selama ini pun masih banyak masyarakat di tempat terpencil dan pelosok yang belum bisa mencicipi daging hewan kurban, maka dari itu Dompet Dhuafa siap untuk menyalurkan hewan kurbanmu hingga merata ke penjuru negeri.

Yuk kurban di Dompet Dhuafa… Bisa kurban online juga loh. Asik kan..

Semoga kita semua dan khususnya pembaca blog ini bisa menjalankan ibadah kurban di lebaran idul adha yang akan datang.. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment