Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa

Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Konten Gaptek – Masih belum luput suasana hari raya idul fitri, tak terasa tinggal menghitung hari lagi kita akan menjumpai hari raya idul adha. Kalau idul fitri identik dengan Halal Bihalal dan silaturahmi, maka tentu saja yang identik dengan idul adha tidak lain dan tidak bukan adalah haji dan kurban. Yapz idul adha memang waktunya seorang muslim untuk melakukan ibadah haji ke baitullah / makkatul mukarromah.

Ibadah haji ini harus dilakukan bagi seorang muslim yang sudah mampu baik fisik maupun hartanya. Sebab haji merupakan kategori ibadah badaniyah/jasad sekaligus maaliyah/harta. Bagi seorang muslim yang belum mampu untuk melakukan ibadah haji, mereka bisa melakukan ibadah kurban yang sama demikiannya seperti haji yakni masuk dalam kategori ibadah maaliyah/harta. Sebab jika ingin berkurban tentu saja kita membutuhkan uang untuk membeli hewan kurban.

Menjelang idul adha biasanya akan terlihat harga daging di pasaran yang mengalami lonjakan tinggi, hal ini dipicu karena pasokan daging dari sentra ternak mulai berkurang lantaran musim kemarau dan kekeringan yang sedang melanda negeri Indonesia. Jika harga daging mengalami kenaikan, maka tidak menutup kemungkinan akan mengurangi niat dan minat masyarakat untuk berkurban karena keterbatasan dana yang dimiliki.

Mungkin bagi orang berdarah biru hal tersebut sepele dan tidak menjadi masalah, namun bagaimana nasibnya para rakyat jelata dengan ekonomi rendah yang ingin berkurban namun karena keterbatasan budget yang dimiliki akhirnya menguburkan niatnya dalam-dalam untuk berkurban.

Jangan khawatir, semuanya sudah ada solusinya yakni di Dompet Dhuafa. Yapz, lagi-lagi Dompet Dhuafa turut serta dalam membentang kebaikan untuk umat kali ini dengan aksi tebar hewan kurbannya. Lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa ini memang sudah banyak sekali berkontribusi bagi perkembangan masyarakat dhuafa terutama di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan kebencanaan.


Melalui Program Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa akan memberikan kemudahan bagi siapapun yang berniat berkurban dengan memberikan penawaran harga hewan kurban yang terjangkau dan berkualitas. Maka dari itu Dompet Dhuafa telah mengamankan pasokan hewan kurban yang memadai dan teruji mutu kualitasnya.

Sociotrip Bersama Dompet Dhuafa Ke Cibeber


Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa

10/07/2019 Kebetulan aku bersama rekan blogger dan media berkesempatan berkunjung ke salah satu sentra peternakan pemberdayaan Dompet Dhuafa yang ada di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Cianjur Jawa Barat. Disana aku melihat langsung bagaimana Dompet Dhuafa telah mengamankan pasokan hewan kurban yang berkualitas, terlihat dari hewan ternak yang ada disana itu gemuk-gemuk dan sehat.

Disana juga aku belajar edukasi ternak seperti: Memberikan makan hewan ternak, mencukur bulu hewan ternak, dan memandikan hewan ternak. Waktu itu aku mengikuti kegiatan tersebut, dan melihat keseruan kegiatan yang belum pernah aku lakukan sama sekali itu. Hewan ternak yang ada disana sudah layak untuk dikurban sesuai syariat islam karena sudah memasuki batas umur, cara mengetahuinya bisa dengan mengecek gigi hewan ternak tersebut.

Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa
Hewan ternak sedang ditimbang (Dok: Pribadi)
Hewan ternak yang diberdayakan oleh Dompet Dhuafa sangat terjaga kebersihan dan kesehatannya yang telah terseleksi oleh tim Quality Control, hasil tersebut karena hewan ternak secara rutin dilakukan perawatan mulai dari diberi makan secara teratur, dicukur bulunya, dan dimandikan di kali/sungai. Aku beruntung sekali bisa melihat secara langsung bagaimana kegiatan di peternakan Dompet Dhuafa, sehingga aku bisa menambah pengetahuan seputar hewan ternak seperti cara merawat, membersihkan, memberi makan, dll.

Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa
Aku sama hewan ternak lagi maen hehe (Dok. Pribadi)
Nah menjawab kenaikan harga daging di pasaran yang sedang mengalami lonjakan, Dompet Dhuafa menyiasatinya dengan memberikan penawaran harga spesial bagi masyarakat yang ingin berkurban melalui Lembaga Dompet Dhuafa. Selain harganya yang terjangkau, Keuntungan lainnya jika berkurban melalui Lembaga Dompet Dhuafa memiliki nilai istimewa yaitu keterjaminan kualitas hewan ternak yang baik dan terhindar dari cacat, kurang sehat, dsb.

Dompet Dhuafa pun akan menyalurkan pendistribusian daging-daging kurban secara cepat dan tepat kepada yang membutuhkan seperti: wilayah miskin, pelosok, wilayah bencana alam, sesuai dengan tujuannya supaya bisa menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK (Tebar Hewan Kurban) Dompet Dhuafa. Di tahun 2019 ini Dompet Dhuafa memiliki target kurban sebanyak 30.000 ekor yang dapat didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia, termasuk wilayah yang belum lama ini dilanda bencana yakni Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe.

Bahkan tidak hanya sebatas di Indonesia, pasalnya Dompet Dhuafa pun akan mendistribusikan daging hewan kurban ke-7 negara yaitu: Filiphina, Myanmar, Timor Leste, Vietnam, Thailand, Bangladesh, dan Palestina. Jadi diharapkan daging kurban bisa merata dan tak hanya menumpuk di wilayah tertentu saja.

Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa
Dok: Pribadi
Dalam proses memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal, Dompet Dhuafa memiliki program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) dalam melakukan pemasarannya tersebut.
“Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi. Kemudian para peternak dapat memastikan kualitas hewan kurbannya lantaran ada pendampingan oleh tim program dompet dhuafa”. Tutur drg. Imam Rulyawan Selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.
Terkait basis data penyaluran, Dompet Dhuafa sedang berupaya mengembangkan Global Information System (GIS) yang memiliki data penyaluran dan penerima manfaat dengan detail sebab telah bekerja sama dengan berbagai lembaga dan pengembang data. Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan e-commerce dan fintech dalam mengembangkan sistem digitalisasi pengelolaan zakat dan kurban untuk mempermudah pengumpulan dan pengelolaan zakat serta kurban. Bagi yang ingin berkurban dapat melalui kanal online seperti QR Code, Payment Online, E-commerce, jemput kurban, dll.

Yuk Kurban !
Berkurban Salah Satu Upaya Menebus Dosa


Semoga dengan adanya aksi program Tebar Hewan kurban Dompet Dhuafa bisa mengembalikan gelora semangat masyarakat supaya #JanganTakutBerkurban lantaran harga daging yang mahal dan kesulitan pendistribusian. Melalui Dompet Dhuafa kemudahan dan keuntungan berkurban dapat diperoleh sekarang juga, mari kita sambut Idul Adha 1440H yang tinggal beberapa hari lagi dengan semangat berkurban.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment