Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat

Konten GaptekSungguh beruntung bagi warga Jakarta, sebab selain sebagai pusatnya bisnis, Jakarta juga memiliki beragam tempat rekreasi dan destinasi menarik yang cocok dikunjungi saat liburan untuk menghibur diri sekaligus merefresh pikiran. Banyak sekali tempat wisata di Jakarta yang menawarkan keindahan di dalamnya salah satunya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Iyapz Ancol yang letaknya berada di Jakarta ujung tepatnya di Jakarta Utara dan berada dekat dengan lautan luas membuat Ancol menjadi tempat wisata pilihan keluarga. Sampai saat ini Ancol masih menjadi pilihan terbaik dan primadona masyarakat khususnya Jakarta untuk dijadikan tempat berlibur bagi keluarga.

Hal ini disebabkan karena lokasi Ancol yang strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi angkutan umum. Mau naik kereta Commuter Line tinggal turun di Stasiun Ancol/Kampung Bandan, mau naik transjakarta tinggal turun di halte yang lokasinya sudah dekat sekali dengan pintu masuk Ancol. Bukan hanya itu saja, Ancol juga menjadi daya tarik masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburan dikarenakan di dalam ancol memiliki tempat hiburan yang terbilang banyak dan menarik seperti: Atlantis, SeaWorld, Dufan, dan tak ketinggalan pantainya untuk bermain pasir sekaligus menyaksikan sunset di sore hari yang sungguh indah.

Saking populernya, bahkan masyarakat yang berkunjung ke Ancol bukan hanya dari Jakarta saja, melainkan dari Mancanegara pun sudah banyak yang menyambangi Ancol. Turis-turis asing/bule yang kepribadiannya berkulit putih dan senang berjemur diterik matahari memang paling cocok untuk menggosongkan kulit di Ancol, apalagi kalo berjemur di pantainya. Aku sendiri masih suka menghabiskan waktu liburanku di Ancol, dan baru saja kemarin tepatnya tanggal 18-19 Oktober 2019 aku mendapatkan undangan dari Kamadigital Nusantara untuk #KembaliKeAncol dan #StayCationAncol bersama teman Blogger.

Staycation di Putri Duyung Resort Ancol Sekaligus Mengunjungi Pulau Bidadari, Pasar Seni, dan Atlantis


1. Putri Duyung Resort


Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Putri Duyung Resort (Dok. pribadi)

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Cottage Kepiting (Dok. pribadi)
Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Suasana Ruangan di Cottage Kepiting (Dok. pribadi)
Saat itu aku bersama teman blogger melakukan staycation di Ancol selama 2 hari (tgl 18-19) dan menginap di salah satu resort ternama yakni Putri Duyung Resort. Yang aku suka dari Putri Duyung Resort adalah karena ia letaknya mudah dijangkau dan berada dekat dengan tempat hiburan di Ancol, mulai dari Pasar Seni, Pulau Bidadari, Atlantis, dll. Untuk menuju tempat-tempat tersebut juga sangat mudah karena telah disediakan bus wara-wiri yang dapat ditumpangi secara gratis. Nah Putri Duyung Resort ini memiliki tempat penginapan yang diberi nama Cottages yang bentuknya bermacam-macam. Jumlah cottagesnya sendiri sebanyak 130 Cottages. Jadi bakalan puas deh kalo nginep di Putri Duyung Resort karena bisa melihat bentuk bangunan cottages-nya yang berbeda-beda. Nah kebetulan kemarin aku dapat di Cottages Kepiting, untuk satu bangunan Cottages terdiri dari 2 lantai yang isinya lantai dasar untuk kamar bawah dan lantai 2 untuk kamar atas. Aku sendiri kebagian di kamar bawah, perbedaannya adalah kalo di kamar bawah ada pintu yang bisa dibuka untuk keluar dan melihat tepi pantai, sedangkan untuk kamar atas hanya jendela saja yang bisa dibuka.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Sepedaan di Putri Duyung Resort (Dok. pribadi)

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
View  Pintu Belakang Cottage Kepiting (Dok. pribadi)
Untuk fasilitas di dalam Cottagesnya lumayan lengkap, ada televisi, wifi, 2 buah kasur (jadi 1 kamar hanya untuk 2 orang yaa), satu lemari, 2 pasang sandal, dispenser dan galon, dan masih banyak lagi. Oh iya tau ga sih, bahwa Putri Duyung Resort juga menjadi satu-satunya resort di Jakarta yang berada di tepi laut Ancol dengan pemandangan laut lepas, hutan tropis, gedung, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan mulai dari sepeda yang dapat digunakan free (tanpa nyewa), jadi penginap di Putri Duyung bisa kelilingan menjelajahi suasana di Resort Putri Duyung. Beneran paling cocok nih Putri Duyung untuk nginep bersama keluarga.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Infinity Pool Putri Duyung Resort (Dok. pribadi)

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Kolam untuk Anak (Dok. pribadi)
Oh iya Putri Duyung Resort pun memiliki Infinity Pool yang bisa digunakan untuk menyegarkan tubuh dengan berenang, tersedia 2 kolam: yang satu khusus kolam area anak-anak dan satunya lagi kolam yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Kalo berenang di Infinity Poolnya bakal berasa kayak punya Pulau pribadi deh hehe. Soalnya suasananya itu loh bener-bener udah kayak di Pulau Bali, padahal masih di Jakarta. Udah gitu kalo berenang di sore hari tuh enak banget cuacanya yang adem, disertai angin sepoi-sepoi sambil menunggu sunset dan ditemani dengan minum kelapa muda. Huftt seger banget pasti deh.

Jadi buat Kamu yang bingung mau pilih penginapan di Ancol, Putri Duyung Resort bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan dengan bermalam di resort yang indah ini. Dengan menginap di Putri Duyung Resort Kamu dapat dengan mudah menikmati semua wahana , atraksi, dan fasilitas Ancol.

2. Pulau Bidadari


Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Pulau Bidadari (Dok. pribadi)
Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Pulau Bidadari (Dok. pribadi)
Nah dalam kesempatan yang sama, aku juga berkunjung ke Pulau Bidadari yang merupakan resort di Kabupaten Kepulauan Seribu, saat itu keberangkatannya adalah dari Putri Duyung Ancol, jadi kalo nginep di Putri Duyung Resort bisa langsung naik kapal menuju Pulau Bidadari deh. Saat itu kapal berangkat dari Putri Duyung sekitar Jam 09.00 WIB, waktu tempuh hingga sampai di Pulau Bidadari sekitar 20 menitan dengan kapal speed boat. Lumayan cepat kan, begitu sampai di Pulau Bidadari langsung di sambut dengan tarian dan minuman welcome drink yang bikin badan tambah segar.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Selfie Dulu hehe (Dok. pribadi)
Setelah itu aku melihat-lihat sekeliling yang ada di Pulau Bidadari, dan ternyata disana juga menyediakan penginapan resort. Berbeda dengan resort pada umumnya, di Pulau Bidadari Resort-nya berada di atas laut atau yang dikenal dengan cottage apung (floating cottage). Berupa Cottages rumah panggung yang berada di atas permukaan air seperti perkampungan nelayan. Bukan Cuma itu, Pulau Bidadari pun memiliki cottage yang berada di darat yang terdiri dari 2 model yakni: Model panggung, dan bukan panggung. Untuk Model Panggung terlihat sangat mirip dengan rumah adat dari minahasa, dan yang bukan panggung terdiri dari 2 lantai.

Fasilitas di Pulau Bidadari juga lumayan lengkap ada penyewaan sepeda, banana boat, donut boat, kano, karaoke, billiard, dan tenis meja. Asik banget kan di Pulau bisa nikmatin semua permainan tersebut. Dan untuk yang muslim jangan khawatir, sebab di Pulau Bidadari juga tersedia Masjid untuk beribadah. Terus juga ada restoran yang sampingnya itu adalah kolam renang dengan pemandangan lautan luas. Pokoknya super kece banget deh view-nya.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Infinity Pool di Pulau Bidadari (Dok. pribadi)

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Poto di Benteng Martello 
Dan yang tak kalah menarik banyak spot kece yang instagramable buat pamer di akun instagram hehe. Salah satunya yaitu Benteng Martello yang merupakan menara dari bongkahan karang dan pecahan bata merah. Jadi pecahan bata merah tersebut digunakan untuk menutupi bagian-bagian rongga yang berlubang dari bongkahan karang. Dan masih banyak lagi spot instagenic lainnya yang tak kalah kerennya.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Boyband dan Satu Bidadari di Pulau Bidadari

Setelah puas bermain di Pulau Bidadari, aku langsung kembali ke Putri Duyung Resort pada pukul 15.00 WIB, waktu yang diambil tidak terlalu sore, mengingat ombak akan lebih besar disaat sore hari tiba. Jadi kalau Kamu liburan ke Ancol pastikan jangan terlewat untuk ke Pulau Bidadari yang cocok sebagai tempat liburan bareng keluarga.

3. Pasar Seni Ancol


Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Pasar Seni Ancol (Dok. pribadi)
Masih di hari yang sama, selepas dari Pulau Bidadari aku pun menyinggahi Pasar Seni Ancol. Bagi Kamu yang pegiat atau sekadar penikmat seni maka Pasar Seni adalah tempat wajib di Ancol yang harus kamu sambangi. Sebab disinilah surganya mahakarya seni yang diciptakan oleh para seniman berbakat. Terdiri dari lebih dari ratusan studio dengan hasil karya beragam yang luar biasa.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Workshop Pattery Craft (Dok. pribadi)
Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Workshop Ngelukis (Dok. Pribadi)
Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Hasil Ngelukis (Dok. pribadi)
Di Pasar Seni aku juga ikutan kelas workshop ngelukis di ranting pohon dan juga pattery craft. Ini adalah pengalaman kali pertamaku harus melukis di kayu, padahal di kertas saja aku masih belepotan hehe, tapi tak menyerah akhirnya jadi sebuah lukisan bermotif kotak kotak dengan warna hitam putih seperti papan catur wkwk. Harap dimaklumi saja karyaku yang amburadul.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Rekreasi Pasar Seni (Dok. pribadi)

Oh iya buat Kamu yang ingin ikutan kelas sepertiku juga bisa kok, caranya cukup datang ke Pasar Seni setiap hari Sabtu di antara jam 09.00-12.00 dan hanya bermodalkan 50 ribu saja Kamu sudah bisa ikutan kelas seperti: membatik betawi, membuat keramik, naïve painting, graffiti, komik, dll. Nantinya hasil karya milikmu akan dipajang di Pasar Seni, wahh keren banget kan. Jadi buat Kamu yang hobi apapun yang berbau seni, maka Pasar Seni adalah tempat paling cocok untuk Kamu datangi.

4. Atlantis Water Adventures


Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Aku di Wahana Asthatirta 
Di hari ke-2 #StayCationAncol acara ditutup dengan bermain air dan seru-seruan di Atlantis Water Adventures - Ancol. Aku yang memang suka main air, sangat senang mendengarnya, karena di Atlantis aku bisa puas bermain air. Saat ini Atlantis memiliki wahana baru yang bernama Asthatirta. Dinamakan Asthatirta karena memiliki arti 8 wahana slide seluncur yang memiliki nama masing-masing. Nama dari Ke-8 slide perosotan tersebut yaitu: Acalpati, Cakra, Anta, Dawala, Aglis, Apsara, Arsa, dan Arshanti. Namanya unik banget yaa, mirip nama manusia hehe.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat

Wahana Asthatirta lebih didominasi oleh anak-anak karena tiap slide perosotan-nya tidak begitu tinggi, yang hanya berkisar belasan meter. Terdapat sebuah ember besar, yang mana jika sudah penuh akan ditumpahkan ke bawah, disinilah sensasi yang sangat dinanti-nanti oleh penikmat wahana Asthatirta. Di wahana ini aku hanya menaiki satu perosotan saja, karena memang wahana ini lebih cocok untuk anak-anak hehe.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Crazy Slide (Dok. pribadi)
Kemudian juga ada wahana Crazy Slide yang merupakan wahana paling tinggi dan terpanjang di Atlantis. Terdiri dari 2 lintasan slide perosotan yaitu terbuka (149 meter) dan tertutup (122 meter), aku saat itu mencoba yang terbuka berwarna biru-orange, karena kalo yang tertutup lebih kecil dan pengap ketika berada di dalam. Saat melintas di perosotan rasanya awal-awal agak kaget ya karena begitu cepat meluncurnya. Namun setelah di tengah-tengah akhirnya jadi terbiasa, dan malah ketagihan mau nyoba lagi hehe. saat di akhir perosotan ada kolam renang yang sebagai ujung dari lintasan wahana Crazy Slide ini.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Dragon Slide dan Dragon Race (Dok. pribadi)
Terus juga ada Wahana Dragon Slide dan Dragon race yang letaknya berdekatan. Untuk wahana Dragon Slide ini diperuntukkan 3-4 orang, sebab harus menggunakan ban berbentuk lingkaran yang ukurannya cukup besar, begitupun dengan slide perosotannya yang sangat besar. Saat melintas di dalamnya, akan ada terowongan berbentuk bola, disitulah sensasi yang luar biasa karena aku harus berpegangan kuat di tali pada ban, pokoknya seru abis deh naik wahana Dragon Slide.

Terus ada Wahana Dragon Rice, dari namanya pasti bisa ditebak kalo wahana ini bisa untuk balapan. Yapz sebab di Dragon Rice terdapat 4 slide perosotan yang memiliki warna beragam, berbeda dengan wahana lainnya, di wahana ini aku menggunakan papan seluncur dari karet untuk dapat melintas di perosotannya. Lintasannya sendiri terbagi 2 bagian terbuka dan tertutup. Wahana ini cocok banget buat dicobain bareng keluarga atau temen. Bisa balapan deh hehe.

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Menunggu Ombak 
Nah yang terakhir ada sebuah wahana yang paling menegangkan dan sangat menguji nyali yakni wahana SkyBox. Tidak semua pengunjung Atlantis berani untuk menjajal wahana Skybox tak terkecuali dengan diriku. Yang membuat wahana ini ditakuti oleh sebagian orang karena lintasannya berbentuk kapsul yang ukurannya sangat pas-pasan dengan tubuh. Pun juga sebelum meluncur, Kamu harus masuk ke dalam sebuah tabung, dan berdiri di dalam tabung dengan menyilangkan tangan ke bahu serta kaki pun ikut disilangkan. Kemudian barulah detik-detik menegangkan dimana pijakan di tabung terbuka dan Kamu akan terjatuh dengan ketinggian kurang lebih 14 meter. Fyi, wahana skybox ini Cuma satu di Jakarta dan Cuma ada di Atlantis Ancol.

Atlantis Water Adventures (Dok. pribadi)
Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Peta Atlantis (Dok. pribadi)

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat
Atlantis Ancol 

Ancol Tempat Liburan Favorit untuk Melepas Penat

Yuk sekarang giliran Kamu ke Atlantis dan rasakan berbagai wahana yang ada disana. Tiket masuknya gak mahal kok Cuma sekitar 90rban untuk weekday, dan 140rban untuk weekend.


Oke begitulah keseruanku liburan di Ancol, meskipun hanya 2 hari tapi itu sudah lebih dari puas bagiku.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment