Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman

Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman

Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman
Aku Naik Commuter Line (Dok. Pribadi)
Konten GaptekPerkembangan transportasi di Negeri Indonesia patut diacungi jempol. Yapz bagaimana tidak, sebab makin kesini alat transportasi di Indonesia makin canggih dan semakin memudahkan masyarakat untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kita bisa lihat sekarang sudah ada yang namanya KRL / Commuter Line, yang merupakan transportasi massa paling populer di jabodetabek. Commuter line masih menjadi sarana transportasi primadona yang nyaman, aman, dan murah meriah. Aku sendiri adalah pengguna transportasi Commuter Line disaat aku sedang ingin bepergian ke tempat yang lumayan jauh.

Siapa yang sangka ternyata kereta Commuter Line menjadi transportasi yang paling diminati oleh masyarakat saat ini, terutama untuk para pekerja kantoran yang setiap harinya harus berangkat pagi pulang sore, dengan kehadiran KRL Commuter Line tentu saja sangat membantu sekali. Coba  perhatikan setiap pagi dan sore di stasiun kereta Commuter Line yang mana  selalu dipenuhi oleh masyarakat yang hendak pergi beraktivitas mulai dari bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Padahal kereta Commuter Line jika sedang jam kerja dan pulang kerja itu padatnya bukan main di dalam kereta, aku pernah beberapa kali menaiki tranportasi Commuter Line disaat jam berangkat kerja, waktu itu sekitar jam 07.00 pagi, dan kondisi di dalam Commuter Line sedang penuh sesak dengan manusia, sampai aku tidak bisa naik ke dalam kereta, hingga 3 kereta terlewat karena selalu penuh. Namun kendati demikian sampai lokasi aku tetap tidak telat, sebab waktu tempuh transportasi Commuter Line yang sangat cepat.

Sebenarnya apa alasan dan mengapa masyarakat betah untuk terus menggunakan kereta Commuter Line? Itu semua karena 3K yang dimiliki dari transportasi kereta Commuter Line? Apa saja 3K itu: Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan yang diberikan oleh transportasi kereta Commuter Line di zaman saat ini.

Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman


1. Keselamatan


Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman
Aku di Stasiun Maja (Dok. pribadi)
Kereta yang memiliki rute jabodetabek ini sangat memperhatikan keselamatan kepada penumpang seperti dengan memberikan himbauan untuk tidak bersandar di pintu kereta, sebab pintu kereta Commuter Line bisa terbuka otomatis yang mana itu membahayakan seseorang jika ada yang bersandar di pintu otomatis manakala pintu itu terbuka secara tiba-tiba. Kemudian juga Commuter Line memperhatikan keselamatan dengan memberikan peringatan informasi kepada pengunjung ketika kereta sudah mau memasuki stasiun pemberhentian, maka orang yang sedang menunggu kedatangan kereta dan berdiri di peron harus berada di posisi belakang garis kuning untuk menghindari tersambar kereta dari samping.


Pasti Kamu pernah kan ketika di stasiun dan kereta sudah mau datang, lalu petugas PKD-nya meniup pluit sebagai tanda peringatan kalau kereta sudah dekat. Bahkan tak jarang PKD memberikan ucapan yang tegas agar masyarakat yang sedang menunggu kereta datang tidak berdiri terlalu dekat saat kereta akan melintas. Ada juga petugas yang selalu berjaga di penyebrangan antar peron, jadi tidak sembarangan orang bisa menyebrang peron apalagi ketika kereta sudah akan memasuki stasiun.

2. Keamanan


Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman
Aku di Stasiun Tanjung Priok (Dok. Pribadi)
Bukan hanya keselamatan, transportasi saat ini khususnya Commuter Line juga sangat mementingkan keamanan para penumpang. Keamanan tersebut bisa dilihat di bagian sambungan gerbong kereta pasti terdapat alat pemadam api, jika sewaktu-waktu kereta Commuter Line terjadi masalah seperti kebakaran misalnya maka penumpang bisa menggunakan alat pemadam api tersebut untuk memadamkan api dan menyelamatkan diri. Bukan hanya itu saja, pada jendela Commuter Line ternyata jendelanya dapat dibuka secara manual, hal ini dibuat karena jika terjadi keadaan darurat seperti kereta anjlok atau masalah lainnya, maka penumpang bisa keluar melalui jendela.

Bagaimana jika jendela manual tidak bisa dibuka? Tenang saja keamanan yang diberikan oleh transportasi Commuter Line sangat ketat dan terjamin, di tiap gerbong Commuter Line pasti sudah ada alat untuk memecahkan kaca, nah jika jendela manual tidak bisa dibuka, maka masih ada alternatifnya yakni memecahkan jendela menggunakan alat tersebut.

Selain itu juga, di setiap stasiun kini sudah banyak petugas yang selalu mengamankan area stasiun dari penumpang yang mencurigakan, misalnya membawa senjata tajam atau alat berbahaya lainnya. Ini semua demi keamanan dan keselamatan penumpang yang lain.

3. Kenyamanan


Commuter Line! Transportasi Selamat, Aman, dan Nyaman
Aku di Stasiun Kampung Bandan (Dok. pribadi)
Nah yang terakhir Transportasi Commuter line juga mementingkan banget loh masalah kenyamanan penumpang, diantaranya seperti memberikan tempat duduk prioritas saat di dalam kereta. Jadi para penumpang tidak bisa seenaknya menggunakan kursi prioritas, nah kursi prioritas ini biasanya diisi oleh lansia, ibu hamil, ibu membawa anak, dan penyandang disabilitas. Jadi buat buat para penumpang beneran dijamin deh kenyamanannya kalo pakai transportasi Commuter Line.

Terus juga untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang wanita, di Commuter Line juga tersedia gerbong khusus untuk wanita yang di dalam gerbong tersebut hanya boleh diisi oleh kaum hawa saja. Sebab tidak sedikit tindak kejahatan seksual yang dilakukan para lelaki bejat di transportasi kereta Commuter Line, mereka memanfaatkan kesempatan disaat kereta sedang penuh dan sesak oleh penumpang untuk memuaskan hasrat hawa nafsunya. Tetapi dengan adanya gerbong khusus wanita di Commuter Line tentu saja ini dapat memberikan kenyamanan kepada penumpang wanita.

Kemudian untuk saling memberikan kenyamanan sesama penumpang, pihak Commuter Line akan selalu menghimbau dan memberikan informasi terkait kereta yang sedang dinaiki, agar para penumpang dapat memastikan tidak salah jurusan kereta. Dan di dalam gerbong Commuter Line juga tersedia AC/pendingin ruangan, jadi meskipun kondisi kereta sedang bludak dan ramai, penumpang tidak akan merasa kepanasan.

Sekarang juga sudah tidak ada lagi pedagang yang berjualan maupun pengemis yang meminta-minta di dalam kereta Commuter Line ataupun di dalam area stasiun sebab ini dapat mengganggu kenyamanan penumpang yang lain. Lalu juga kenyamanan berikutnya adalah di setiap dalam kereta Commuter Line ada tempat untuk meletakkan barang seperti tas, dll guna tidak menyempitkan ruangan dalam kereta serta memberikan kenyamanan sesama penumpang.

Dan ada salah satu kenyamanan yang lumayan menarik yakni di stasiun tanah abang, di stasiun tanah abang telah dibuat eskalator yang dapat digunakan untuk penumpang transportasi Commuter Line berpindah peron, nah yang menariknya adalah himbauan untuk yang berada di sisi eskalator sebelah kanan maka diharuskan untuk berjalan, sedangkan yang berada di sisi kiri boleh untuk diam saja. Kenapa dibuat peraturan demikian? Ini semua untuk mempercepat perpindahan penumpang yang ingin berpindah peron, jadi buat penumpang yang sedang terburu-buru bisa menggunakan eskalator sisi kanan, sedangkan yang sedang tidak terburu-buru maka mereka bisa menggunakan sisi sebelah kiri. Sungguh memberikan kenyamanan sekali bukan? Begitulah Transportasi Commuter Line mementingkan kenyamanan penumpangnya.

Dan untuk kenyamanan penumpang, Pihak commuter line juga mengadakan kartu KMT / multi trip yang dapat digunakan secara berkali-kali karena ada saldonya yang akan otomatis terpotong jika tap-in dan tap-out kartu saat masuk dan keluar stasiun. Jadi tak perlu repot lagi antri untuk memesan tiket THB  / harian yang hanya dapat digunakan satu kali perjalanan. Selain KMT, masyarakat juga bisa menggunakan kartu dari aneka bank misalnya Bank Mandiri (e-money), Bank BCA (flazz), Bank BNI (tap cash), dan bank BRI (brizzi). Aku pun sudah beralih ke kartu KMT sebab lebih simpel dan nyaman digunakan.

Nah itulah 3K yang diusung oleh transportasi Commuter Line jabodetabek, selain itu pun masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan masyarakat menggunakan transportasi sejuta umat tersebut diantaranya karena lokasi stasiun yang terjangkau dengan tempat tujuan yang mayoritas penumpang kereta adalah para pekerja kantoran, harga tiket yang murah cukup dengan uang kurang dari 20rb saja sudah bisa keliling jabodetabek, bebas dari macet sehingga lebih cepat sampai lokasi tujuan, dan tersedia parkir yang aman di tiap stasiun, jadi buat masyarakat yang membawa kendaraan pribadi ke stasiun bisa merasa nyaman karena kendaraannya terjamin.

Jadi begitulah kira-kira keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang aku rasakan sebagai penumpang transportasi Commuter Line. Kalau kamu bagaimana sih pendapatmu tentang transportasi di Indonesia? silahkan berikan gagasanmu di kolom komentar yaa..

Kamu juga bisa mengetahui berbagai seputar informasi yang berkaitan dengan Transportasi melalui Website dan sosial media Kemenhub:
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment