Lakukan Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Lakukan Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Lakukan Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Konten Gaptek – Semenjak bumi dilanda virus covid-19 kini seluruh manusia jadi lebih memperhatikan masalah kesehatannya. Perubahan kebiasaan manusia yang tadinya hidup asal-asalan sesuka hatinya, sekarang berubah total menjadi lebih waspada dan berhati-hati. Sudah beberapa bulan terakhir hampir seluruh aktivitas manusia pun banyak sekali yang mengalami perubahan dan lebih banyak dilakukan di rumah aja, seperti yang tadinya pelajar melakukan kegiatan belajarnya di sekolah, namun sekarang kegiatan belajar hanya dilakukan di rumah melalui online.

Tak heran sekali jika masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, ketimbang di luar rumah. Namun meskipun kita hanya di rumah saja bukan berarti kita akan terhindar dari segala virus dan lantas tidak memperdulikan kesehatan tubuh. Sebab penyakit tak kenal tempat dan bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Lalu bagaimana cara kita untuk memproteksi dan menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi. Tentu saja banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya agar diri ini bisa terhindar dari virus covid-19.

Berikut beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan disaat pandemi virus corona:

1. Sering Melakukan Olahraga

Melakukan aktivitas fisik dengan olahraga masih menjadi strategi yang cukup ampuh untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, dengan melakukan olahraga setidaknya tubuh kita tidak mudah jatuh sakit sebab fisik kita akan menjadi kuat. Namun masalahnya tetap saja masih banyak yang enggan melakukan olahraga, kebanyakan alasannya adalah karena malas dan tidak sempat.

Padahal melakukan olahraga sangatlah mudah lohh, mulai dari olahraga ringan hingga berat bisa kita lakukan cukup di sekitar rumah. Misalnya dengan bersepeda, jogging, push up, angkat dumble, dll. Memang awal-awal melakukannya akan merasa malas, bosan, dan mudah lelah, tapi percayalah jika dilakukan rutin maka seterusnya pasti akan jadi terbiasa.

2. Mengonsumsi Asupan yang Sehat

Selain melakukan olahraga secara rutin, hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi seperti sekarang ini yakni dengan memperhatikan apa yang kita makan dan minum setiap harinya. Cobalah lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan juga serat misalnya buah-buahan dan sayur mayur. Sedikit saran jika ingin yang sudah pasti terjamin sehat tentunya membuat makanan dengan masak sendiri di rumah, Ya karena kalo masak sendiri di rumah kan kita bisa lebih menjaga kebersihan makanan dan bahan makanan tersebut, ketimbang membeli makanan atau makan di luar.

Tambahan lagi nih bagi para kaum perokok, sebaiknya kurang-kurangin dulu deh merokoknya, justru kalau bisa berhenti total dari perokok aktif. Sebab dengan merokok akan lebih membuat rentan tubuh kita terserang virus dan penyakit.

3. Bersihkan Rumah Secara Rutin

Point ke-3 ini yang sering sekali dilupakan oleh segelintir masyarakat, menganggap dirinya sudah sering berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, tetapi tempat tinggal yang dihuni tidak terawat. Maksudnya tidak terawat disini adalah rumah yang dihuni kumuh seperti tidak terurus. Padahal rumah juga bisa menjadi sarang bakteri yang bisa menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu hal yang perlu kita perhatikan cobalah membersihkan rumah setidaknya minimal seminggu sekali guna pencegahan virus di rumah.

4. Patuhi Protokol Kesehatan Saat Keluar Rumah

Walaupun sekarang sudah masuk era new normal bukan berarti kita bisa bebas kesana-sini tanpa mematuhi protokol kesehatan. Ingat kasus pasien yang positif covid-19 di Indonesia pun terus melonjak, tentunya kita tidak ingin menambah angka kasus tersebut bukan, jadi saat kita keluar rumah senantiasa gunakan masker dan selalu cuci tangan ketika habis memegang sesuatu, kalau bisa selalu bawa hand sanitizer agar kita bisa dengan mudah membersihkan tangan. Dan tetap jaga jarak (physical distancing) dengan sesama manusia saat berada di suatu tempat, khususnya di tempat yang padat manusia seperti di angkutan umum, pasar, dll.

5. Periksa Diri Dengan Melakukan Rapid Test / Covid Test

Point terakhir ini gak ada salahnya loh kita lakukan, yaitu rapid test atau covid test untuk memastikan diri kita tidak terkena virus covid-19. Sebab jangan merasa diri kita terlihat sehat-sehat saja, kita berasumsi bahwa kita tidak membawa virus. Karena pasalnya ada yang disebut dengan OTG (Orang Tanpa Gejala), biasanya mereka yang masih muda yang sering mengalaminya lalu tanpa disadari ia malah menularkan ke orang yang lain. Bahayanya kalau ia pernah kontak fisik dengan lansia atau anak kecil yang memang sangat rentan terpapar virus.

Nah untuk itu perlunya kita melakukan rapid test / covid test, sekarang ini sudah banyak kok rumah sakit yang memberikan pelayanan rapid test. Seperti halnya dengan salah satu rumah sakit yang cukup terkemuka di kota Bogor yakni RS BMC Mayapada Bogor.

BMC Mayapada Bogor


BMC Mayapada Bogor
image source : halodoc.com
Rumah sakit BMC Mayapada Bogor ini merupakan salah satu rumah sakit terbaik yang ada di Bogor dibawah naungan Mayapada Healthcare Group, dengan memiliki banyak fasilitas dan layanan kesehatan yang cukup lengkap serta didukung dengan tenaga medis ahli dan terbaik.

Beberapa fasilitas dan pelayanan di BMC Mayapada Bogor;
1.   Pelayanan penunjang medis :
-      Instalasi Laboratorium 24 Jam.
-      Instalasi Radiologi & CT Scan 24 Jam.
-      Instalasi Farmasi 24 Jam.
2.   Unit Gawat Darurat
BMC Mayapada Hospital memiliki pelayanan gawat darurat selama 24 jam yang didukung oleh tenaga professional dan ahli yang telah berpengalaman. Sarana yang terdapat terdiri dari ruang observasi, ruang resusitasi, dan ruang tindakan (bedah dan non bedah).
3.   Fisioterapi & Terapi Wicara
BMC Mayapada Hospital juga memberikan pelayanan kesehatan untuk mengatasi gangguan kapasitas fisik yang meliputi beberapa pelayanan seperti kasus pernapasan, kasus THT, kasus kandungan, kasus syaraf, kasus otot, dan kasus tulang.
4.   Endoskopi
Endoskopi saluran cerna ini yaitu suatu tindakan yang memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam saluran cerna atau bagian dalam tubuh misalnya mengambil benda asing (gigi palsu, koin atau jarum yang tertelan) dengan menggunakan alat yang fleksibel.
5.   Kateterisasi Jantung & Otak
Kateterisasi jantung & otak adalah suatu prosedur invasive minimal dibidang kedokteran jantung dan pembuluh darah dengan cara memasukkan sebuah pipa plastik berukuran sangat halus ke dalam pembuluh darah manusia hingga masuk ke dalam pembuluh darah jantung.
6.   Cuci Darah
Cuci darah di BMC Mayapada Bogor mempunyai 6 mesin canggih berteknologi tinggi untuk meminimalkan risiko kesalahan manusia. Pasien akan diperiksa dengan cermat sebelum pembersihan darah, sehingga dapat dipastikan apakah pasien memiliki penyakit menular atau tidak.
7.   Ruang Operasi
BMC Mayapada Bogor juga mempunyai kamar operasi yang dikelola oleh ahli bedah khusus.
8.   Ruang ICU
Terdapat pula ruang ICU untuk memberikan pelayanan kepada pasien darurat dan keluarga pada saat kritis yang membutuhkan perawatan intensif setelah kecelakaan.
9.   Kamar Anak
Terdapat kamar anak untuk pelayanan 24 jam menyusui perawatan dan pemantauan, serta keamanan.
10.        Medical Checkup
Bagi yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan juga bisa di BMC Mayapada Bogor.
11.        Pelayanan Rawat Inap.
12.        Poliklinik
Seperti yang sudah aku bilang di awal bahwa BMC Mayapada Bogor juga melayani test covid-19. Selain itu juga terdapat Rapid Test Drive Thru.

Bagi kamu yang tinggal di Bogor bisa banget tuh langsung dateng kesana buat melakukan rapid test atau covid test, namun bagi yang jauh dari Bogor kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Pasalnya Rumah Sakit BMC Mayapada Bogor sudah bekerjasama dengan Halodoc untuk mempermudah pasien yang ingin mendaftar. Jadi jika sudah daftar lewat aplikasi Halodoc, nanti tinggal datang tanpa perlu antri administrasi lagi.

Aplikasi Halodoc
Tampilan Menu Utama Aplikasi Halodoc

Emang kamu belum tau apa itu Halodoc? Oke jadi Halodoc adalah sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membicarakan kondisi kesehatan kamu dengan menghubungi dokter berpengalaman dan terpercaya, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter melalui chat ataupun voice dan video call. Dan semua percakapan saat komunikasi dengan dokter akan tercatat dan bisa diakses lagi sama kamu.

Di Halodoc kamu juga bisa membeli obat dengan upload resep di aplikasi Halodoc kemudian pesan melalui layanan beli obat. Dan juga kamu tidak akan kelupaan untuk minum obat, sebab akan ada yang mengingatkan selalu minum obat dari aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc juga menyediakan kumpulan informasi artikel seputar kesehatan dan gaya hidup sehat terlengkap dan terpercaya. Dan untungnya aplikasi Halodoc dapat digunakan secara gratis, cukup kamu install aja di ponsel dengan mengunduhnya pada playstore (android).

Pokoknya jadi lebih mudah banget deh buat akses kesehatan di aplikasi Halodoc. Apalagi di tengah pandemi gini kan, kamu bisa banget deh konsultasi dan tanya-tanya sama dokter di aplikasi Halodoc.
Alamat BMC Mayapada Bogor : Jl. Pajajaran indah V No. 97, Baranangsiang, Kec.Bogor Timur, Kota Bogor – Jawa Barat 16143 Phone : (0251) 830-7900 / WA : 0811 1015 354 Email : info.bmc@mayapadahospital.com Jam Operasional : 24 jam

Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment