Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa

Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa

Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa
Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa
Konten Gaptek – Tak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah, itu artinya tinggal menghitung hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan lebaran Idul Adha, yang mana didalamnya terletak anjuran kepada umat muslim untuk menjalankan ibadah kurban. Berkurban merupakan suatu amalan yang sangat dicintai oleh Allah swt, sebab berqurban selain sebagai bentuk ketaqwaan kita kepada tuhan, disamping itu juga sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama manusia. Jadi amalan kurban ini masuk ke dua hal yakni hablum minallah (hubungan dengan Allah) dan hablum minannas (hubungan dengan manusia).

Mungkin akan ada sedikit perbedaan pada lebaran Idul Adha tahun ini dikarenakan sekarang dunia juga tengah dilanda pandemi. Pandemi corona yang sedang melanda dunia ini memang sangat berimbas dan membuat perekonomian anjlok, mulai dari kehilangan mata pencaharian/pekerjaan, sehingga banyak sekali sekarang masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja merasa kesulitan. Meskipun sekarang sedang masa sulit-sulitnya ekonomi, hal ini jangan lantas menghilangkan semangat kita untuk tetap berbagi.

Program Sedekah Daging


Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa
Sedekah Daging

Pada kesempatan ini, Dompet Dhuafa mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap bisa merasakan berbagi hewan kurban dengan sedikit konsep yang berbeda yakni melalui Program Sedekah Daging. Apa itu Sedekah Daging? Jadi sedekah daging ini merupakan program dompet dhuafa yang mengajak masyarakat untuk sedekah daging kurban yang akan dilaksanakan pada hari raya Idul Adha.

Di program sedekah daging kalian bisa turut berpartisipasi dengan mulai berdonasi/sedekah nominal senilai Rp.100.000. Nantinya donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban, dan selanjutnya akan disalurkan di pelosok nusantara.

Sebab masih banyak sekali masyarakat yang tinggal di pelosok belum bisa mencicipi daging kurban karena keterbasan ekonomi, khususnya bagi mereka yang tinggal di luar Jakarta. Nah tentunya dengan program sedekah daging ini, mereka yang belum merasakan daging kurban bisa merasakan bagiannya sama rata.

Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa
Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa
Dengan adanya program sedekah daging ini selain membantu mereka yang belum bisa mencicipi daging kurban, disisi lain juga turut membantu orang yang ingin berbuat baik dengan bersedekah karena belum bisa berkurban pada Idul Adha kali ini.

Oh iya, perlu diketahui program sedekah daging ini termasuk ibadah sedekah, bukan ibadah kurban. Jadi dengan kita mengikuti program sedekah daging, bukan berarti kita mendapatkan pahala berkurban individu, tetapi yang kita dapatkan adalah pahala bersedekah. Sesuai dari keputusan dewan syariah Dompet Dhuafa, sedekah daging tidak sama dengan berkurban, Meskipun nanti hasil sedekah yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban, niat dan akadnya pun adalah akad untuk sedekah atau berdonasi, bukan niat dan akad berkurban.
“Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya, Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. AT-Thalaq:7)
Dari firman Allah Swt diatas kita bisa ambil bahwa kalau kita sedang mengalami rezeki sempit, bukan berarti kita jadi enggan bersedekah. Justru hal ini yang harusnya menambah semangat untuk terus bersedakah agar bisa memancing rezeki yang lebih luas datang kepada kita. Sebab janji Allah, bahwa sesudah kesempitan akan ada kelapangan yang telah menanti.

Jadi buat kalian #OrangBaik yang ingin turut andil berbagi kepada sesama, maka yuk kalian bisa banget buat ikutan program sedekah daging dari Dompet Dhuafa ini. Silahkan langsung aja kunjungi dmptdf.com/sedekahdaging

Walaupun Idul Adha tahun ini belum memiliki kesempatan untuk berkurban, setidaknya kalian bisa ikut berbagi dan membantu masyarakat yang kurang mampu, khususnya masyarakat yang tinggal di pelosok bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban melalui sedekah kurban. Mudah-mudahan apa yang sudah kalian sedekahkan nantinya, akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar dan rezeki kalian dilipat gandakan oleh Allah Swt. Aamiin.. #SedekahKurbanDD

Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment