Cara Mudah Membuat Pempek Kapal Selam Palembang

Cara Mudah Membuat Pempek Kapal Selam Palembang
Pempek Kapal Selam Palembang
Konten Gaptek - Jika berbicara kota Palembang, pastinya yang terlintas dalam pikiran kalian adalah makanan tradisional khasnya yakni Pempek. Segelintir masyarakat memang sangat menyukai makanan lezat tersebut, kalau Kalian sendiri apa sudah pernah makan pempek khas Kota Palembang ini? mungkin kalian sudah sering, dan ada juga mungkin yang belum nyoba. Nah makanan yang sangat enak khas Kota Palembang ini sudah cukup populer sekali loh, pasalnya untuk penjualannya sekarang tidak hanyak di Kota Palembang saja. Sekarang di berbagai penjuru kota pasti ada yang menjual pempek palembang itu. Kalian juga bisa loh membuat sendiri pempek Palembang, Teruntuk kalian yang penasaran ingin membuat pempek Palembang, pada ulasan kali ini akan membahas dan memberikan resep pempek Palembang jenis Kapal Selam. Berikut resepnya, silahkan disimak.

1. Persiapkan Bahan

Pertama-tama yang harus kalian persiapkan untuk membuat pempek yaitu bahan-bahannya, adapun bahan yang di perlukan untuk membuat pempek kapal selam diantaranya yaitu:
  1. 250 gram tepung sagu.
  2. 250 gram ikan kakap.
  3. 2 sendok teh garam.
  4. ½ sendok teh gula pasir.
  5. Mentimun yang telah di potong kotak- kotak.
  6. Mie kuning yang sudah di rebus.
  7. 200 ml air kaldu ikan atau ayam.
  8. 4 sendok makan terigu.
  9. 3 siung bawang putih yang telah di haluskan.
  10. 1 batang daun bawang yang telah di iris tipis.
  11. 3 telor yang sudah di rebus.

Nah untuk bahan Cuko atau kuahnya diantaranya:
  1. 250 gram gula merah.
  2. 100 gram ebi kering.
  3. 3 sendok makan cuka putih.
  4. 5 buah cabai.
  5. 4 siung bawang putih yang telah di haluskan.
  6. 1 liter air matang.

2. Proses Pembuatan

Apabila bahan-bahannya sudah siap semua, maka kalian bisa masuk ke proses pembuatannya, untuk bahan yang pertama digabungkan adalah air kaldu ikan atau ayama, tepung terigu, bawang putih yang sudah di haluskan dan daun bawang yang diiris tipis. Lalu masak dengan api yang sedang dan aduk hingga bahan mengental dan terasa berat. Nah setelah itu masukkan ke wadah berukuran besar bahan yang sudah di masak tadi, dan masukkan ikan kakap kedalamnya.

Kemudian tambahkan gula dan garam kedalam adonan pempek, lalu masukan tepung sagunya sedikit demi sedikit sambil di aduk agar merata. Nah jika adonan pempek ini sudah merata, kalian bisa bentuk adonan ini yang menyerupai kapal selam. Jangan lupa masukkan didalam bahan adonan itu potongan telor yang sudah di rebus, agar di dalam pempek ini ada isinya. Jika semuanya sudah di lakukan, langkah selanjutnya adalah merebus adonan pempek hingga mengembang.

Selanjutnya untuk cara membuat kuahnya atau cuko langkah awalnya yaitu campurkan gula merah, ebi kering, cuka putih, cabai, bawah putih yang sudah di haluskan, dan 1 liter air matang. Rebus semua bahan itu hingga mendidih kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah mendidih dan matang lebih baiknya tiriskan terlebih dahulu cuko tersebut.

Langkah berikutnya adalah goreng adonen pempek yang sudah di rebus tadi, hingga berwarna coklat keemasan. Lalu potong- potong pempeknya hingga menjadi beberapa bagian, masukan pempek yang sudah di potong- potong itu ke dalam mangkok dengan menambahkan mie kuning yang sudah di rebus tadi dan jangan ketinggalan masukan juga mentimun dan cukonya. Sampai sini pempek kapal selam pun sudah siap di hidangkan dan siap untuk di santap bareng keluarga kalian. Gimana? gampang banget kan untuk membuat makanan khas Palembang ini?

Mungkin sampai disini saja artikel tentang cara membuat pempek ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu para ibu- ibu yang ingin membuat makanan baru salah satuya makanan khas Palembang ini. Terimakasih, SEOmoga dapat bermanfaat.
Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment