-->
Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Konten Gaptek – Masa muda memang waktunya untuk melakukan hal-hal produktif, sebab mumpung masih muda ini lah berbagai kegiatan bisa dilakukan oleh para pemuda. Di usia yang masih muda tentunya pikiran pun masih fresh, badan masih sehat, nah kelebihan itu yang tidak boleh disia-siakan dan harus digunakan sebaik mungkin selagi masih muda. Seperti kata pepatah, pemuda hari ini adalah pemimpin esok hari. Akan menjadi apa negeri nanti beberapa tahun kedepan, adalah para pemuda hari ini jawabannya.

Jika kita berkaca pada keadaan sekarang, nyatanya masih banyak sekali pengangguran dikarenakan lapangan pekerjaan tidak begitu mudah untuk didapatkan sementara jumlah pelamar semakin membludak, ditambah lagi kondisi pandemi yang melanda Indonesia belum kunjung usai membuat beberapa perusahaan mengurangi pegawainya. Pastinya hal ini akan membuat semakin berat para generasi muda seperti anak-anak sekolah SMA/SMK yang baru lulus dan ingin melamar pekerjaan. Sebenarnya ada peluang atau paling tidak alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar jika belum mendapatkan pekerjaan, yakni dengan berbisnis atau berwirausaha.

Indonesia sendiri dianggap memiliki iklim kewirausahaan yang semakin positif, menurut data Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019, yakni riset yang mengukur kualitas dan dinamika ekosistem kewirausahaan suatu Negara, memasukkan Negara Indonesia dalam daftar 10 negara dengan skor peningkatan tertinggi, kini Indonesia melonjak ke peringkat 75 dari 137 negara, yang sebelumnya peringkat 94 pada GEI 2018. Makanya pentingnya disini generasi muda mulai dididik sedini mungkin untuk memahami bisnis kewirausahaan.

Usaha di bidang bisnis memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani, apalagi untuk kaum fresh graduate yang baru lulus sekolah dan masih awam dalam dunia bisnis. Tetapi tenang saja karena Prestasi Junior Indonesia (PJI) memberikan kesempatan dan peluang bagi para pelajar SMA/SMK agar bisa menggeluti bisnis, bahkan sampai ada yang bisa membuat perusahaan sendiri.

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Informasi ini aku dapatkan ketika mengikuti webinar via zoom pada Sabtu, 10/10/2020 kemarin bersama Prestasi Junior Indonesia. Dalam webinar tersebut juga turut dihadiri oleh berbagai narasumber diantaranya :

  1. Dr. Juandanilsyah, S.E., M.A., selaku Koordinator Bidang Peserta Didik – Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  2. Bapak Siddharta Moersjid, selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia.
  3. Ibu Puni A. Anjungsari, selaku Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia.
  4. Bapak Ichwan Arifin, selaku External Affairs Manager Public & Government Affairs ExxonMobil Cepu Limited.
  5. Bapak Robert Logie, selaku CEO & President Director & CEO AIG Insurance Indonesia.

Nah dalam webinar tersebut pembahasannya itu seputar edukasi kewirausahaan dan bisnis gitu, cocok banget emang teruntuk para generasi muda. Yaudah di ulasan kali ini, aku akan membahas isi dari webinar kemarin. Yuk dibaca sampe selesai.

Program Student Company (Perusahaan Siswa) untuk Mendorong Tumbuhnya UMKM Muda

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Jadi di tahun 2020 ini, Prestasi Junior Indonesia kembali mengimplementasikan Program Student Company (Perusahaan Siswa) yang merupakan sebuah program untuk memberikan kesempatan kepada pelajar SMA dan SMK agar bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis.

Tak ketinggalan juga pihak lain yang turut andil dalam program ini yakni para mitra sponsor diantaranya seperti: Citibank N.A, Indonesia (Citi Indonesia), Caterpillar Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia).

Program Student Company sendiri pada tahun ini berhasil melibatkan sebanyak lebih dari 900 pelajar SMA/SMK yang berasal dari 11 wilayah di Indonesia seperti Batam, Jakarta, Bogor, Semarang, Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Denpasar. Selama periode program berlangsung semenjak Januari – September 2020, Program Student Company telah sukses melahirkan jiwa-jiwa pebisnis baru bagi generasi muda dengan munculnya 44 bisnis baru yang total omzetnya mencapai Rp. 272 Juta.

Tak perlu khawatir apabila pelajar mengalami kesulitan di tengah-tengah menjalani bisnisnya, sebab sepanjang program Student Company dan proses membangun bisnis akan ada relawan bisnis dan mitra PJI juga yang terlibat aktif guna memberikan pendampingan serta berbagi pengalaman dan inspirasi. Dalam prosesnya nanti para pelajar harus membentuk dewan direksi dan tim kerjanya, merencanakan strategi bisnis, kemudian barulah menciptakan dan memasarkan produk yang selanjutnya akan melaporkan kinerja bisnis mereka kepada pemegang saham dan proses likuidasi perusahaan.

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda
“Lingkungan kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Optimisme itu yang kami usung dalam melaksanakan Program Student Company tahun ini. PJI bahkan melihat bahwa program yang telah kami gagas lebih dari satu dekade lalu menjadi semakin relevan dengan kondisi sekarang. Dengan peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui pemberdayaan pelajar, kami meyakini UMKM di Tanah Air akan tumbuh dan diperhitungkan,” ujar Pak Siddharta Moersjid selaku Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia dalam webinar zoom kemarin.

Indonesia Student Company of The Year Competition (ISCC) 2020

Prestasi Junior Membentuk Jiwa Wirausaha Pada Generasi Muda

Perlu diketahui, setelah para pelajar sukses dengan mengikuti program Student Company yang berlangsung selama 9 bulan tersebut dan juga telah terbentuk 44 bisnis baru kemarin juga telah dilaksakan kompetisi ISCC 2020. Jadi dari 44 perusahaan bisnis siswa yang terbentuk, PJI menyeleksinya menjadi 9 finalis yang akan berkompetisi dalam ISCC 2020 diantaranya: Cosera SC (SMK Kartini Batam), Sevone SC (SMAN 71 Jakarta), Nature Piece SC (SMKN 20 Jakarta), Brico SC (SMA MUHAMMADIYAH Cileungsi), Elecra SC (SMAN 11 Bandung), D’Eagle SC (SMA Karangturi Semarang), Rasendriya SC (SMAN 16 Surabaya), Saglova SC (SMAN 1 Tuban), dan Forca SC (SMAN 2 Denpasar).

Di kompetisi ini, semua perusahaan siswa yang telah memenangkan kompetisi regional di kotanya masong-masing akan mempresentasikan performa kegiatan bisnis yang mereka jalankan serta menunjukkan pemahaman mengenai bisnis dan pembelajaran program Student Company di depan juri panel dari kalangan bisnis. Nah setelah itu satu dari 9 finalis tersebut juri akan menyeleksi kembali menjadi 1 perusahaan siswa terbaik yang selanjutnya akan mewakili Indonesia pada kompetisi bisnis di tingkat Asia Pasifik pada Agustus 2021 mendatang. Dan ini merupakan agenda tahunan PJI bersama mitra sponsor untuk merayakan pencapaian pelajar peserta dari Student Company.

Kalian bisa melihat langsung video Opening & Business Presentationnya disini : https://youtu.be/XDCYz5U3hQY


Dan ini video untuk Awarding Ceremony : https://youtu.be/f83d_y-73yE  

Pokoknya siapapun perusahaan siswa yang menang, yang terpenting bisa membawa nama baik dan mengharumkan Indonesia di kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik tahun besok. Bagiku pribadi memang bener-bener bagus program Student Company ini, harus banget sih diikutin oleh para pelajar di penjuru negeri, manfaatnya juga banyak yaa kan. Semoga dengan adanya program Student Company dapat mencetak generasi muda khususnya pelajar yang memiliki jiwa dan mental pebisnis, sehingga para pelajar pun dapat menginspirasi kalangan muda untuk mengeksplorasi langsung bagaimana dunia bisnis bekerja dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan menjadi pilihan karir yang cukup potensial untuk masa depan mereka.

Oh iya, kalian juga bisa follow akun sosial media Prestasi Junior untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Instagram: @prestasijunior, Facebook: @prestasijuniorID, Twitter: @PrestasiJunior

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat. #StudentCompany  #Entrepreneurship #PJI

Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment