Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis

Halo teman-teman, apa kabar nih para pembaca setia blog konten gaptek? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan yaa. Sebab kesehatan itu merupakan aset paling mahal yang ada pada diri kita lohh, jadi kita harus membiasakan gaya hidup sehat setiap harinya yaa agar tubuh kita mudah jatuh sakit.

Penyakit memang tidak bisa kita hindari, tetapi setidaknya kita bisa meminimalisir diri agar imun tubuh lebih kuat, sehingga penyakit pun tidak mudah hinggap pada tubuh. Karna kalo tubuh kita sudah dihinggapi penyakit apalagi kalau penyakitnya sudah lumayan parah, maka ada kemungkinan kita bisa masuk ke rumah sakit.

Tentunya hal tersebut tidak kamu inginkan bukan? makanya, mulai sekarang yuk dijaga tubuh kita yang amat berharga ini. Btw, ngomongin soal rumah sakit, aku jadi teringat beberapa hari lalu tepatnya pada kamis 9 Juni 2022 aku baru saja berkunjung ke RS Premier Bintaro untuk mengikuti rangkaian acara healthy talk & hospital tour bersama kawan-kawan Blogger.

RS Premier Bintaro, Rumah Sakit Dengan Layanan dan Fasilitas yang Keren

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
RS Premier Bintaro

Sebelumnya aku mau ngasih tau nihh kalau RS Premier Bintaro ini merupakan rumah sakit yang berada di tengah-tengah kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Rumah sakit ini masih dalam satu grup dengan RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya yang dikelola langsung oleh Ramsay Sime Darby Health Care. Nah, untuk RS Premier Bintaro sendiri sudah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1998 dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, dan pada 12 Agustus 2010 mengubah nama menjadi Rumah Sakit Premier Bintaro yang memiliki layanan dan fasilitas taraf internasional.

“People Caring for People”, filosofi RS Premier Bintaro

Oke langsung aja pertama kali aku datang ke RS Premier Bintaro aku menggunakan sepeda motor yaa teman2, dikarenakan rumah ku yang juga berdekatan dari lokasi RS Premier Bintaro. Setelah sampai, aku langsung memarkirkan kendaraan di parkiran belakang. Jadi buat kalian yang datang kesini menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, RS Premier Bintaro memiliki fasilitas parkir yang nyaman dan aman lohh.

Langsung aja aku masuk ke lobby RS Premier Bintaro yang ternyata sudah ramai dengan pengunjung yang ingin berobat atau menjenguk. Sesuatu hal yang membuat aku terkejut yaitu adanya robot pembantu yang bisa memandu pengunjung RS Premier Bintaro, robot tersebut bernama Darby. Saat itu robot Darby berkeliling ke area di dalam rumah sakit.

Kemudian setelah semuanya berkumpul, akhirnya aku dan rekan blogger bersama-sama mengikuti hospital tour untuk melihat apa aja sih yang ada di RS Premier Bintaro? Nah, untuk menghindari kerumunan kami dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 10 orang. Kalau aku sendiri kebagian di kelompok 3 yang dipandu langsung oleh Ibu Putri selaku Pihak Personil RS Premier Bintaro.

Selanjutnya barulah aku mengujungi ke ruangan yang pertama yaitu Ruangan Skin & Laser Clinic. Pasti penasaran yaa ruangan untuk apa ini hehehe. Oke, jadi ruangan ini merupakan layanan ruangan yang diperuntukkan khususnya masalah kesehatan kulit. Meskipun layanan ini belum genap setahun sejak peresmian dibuka pada Agustus 2021 lalu, namun ruangan ini telah menghadirkan banyak inovasi teknologi mutakhir yang luar biasa lohh.

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
Janus & Fotona Laser

Pasien yang melakukan perawatan di Skin & Laser Clinic pun sudah cukup lumayan banyak kok, bahkan kata bu Putri sudah ada beberapa artis yang datang kesini. Salah satu teknologi canggih yang ada di ruangan ini yaitu Laser Fotona yang memiliki banyak sekali fungsi diantaranya: Mengurangi kerutan halus dan pigmentasi, Mengurangi bekas jerawat, Menghilangkan tattoo, Snoring / Mengorok, dan Vagina Tightening.

Fotona laser ini menjadi teknologi terkini yang merupakan laser terbaik di Eropa untuk diaplikasikan pada permukaan kulit maupun kulit bagian dalam. Dan satu hal lagi teknologi fotona laser ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi kok, jadi tak perlu khawatir dengan efek samping setelah penggunaan alat ini. Aman gaess pokoknya.

Selain fotona laser, disini juga terdapat alat bernama janus yang bisa digunakan untuk mendeteksi kulit wajah, jadi sebelum pasien dilakukan perawatan terhadap kulit maka terlebih dahulu dilakukan deteksi kulit agar hasilnya bisa lebih maksimal dan tidak terjadi masalah.

Kebetulan saat itu ada salah satu rekan blogger yang mencoba nya secara langsung alat janus ini, jadi nantinya hasil dari pendeteksian jenis kulit akan terlihat pada layar laptop di samping alat janus. Nanti dokternya deh yang akan menjelaskan jenis kulit kita ini bagaimana dan seperti apa. gituhh gaess.

Buat kalian yang punya masalah seperti yang sudah disebutkan diatas, atau ingin memiliki kulit wajah yang sehat, maka bisa langsung ke Layanan Skin & Laser Clinic yang ada di RS Premier Bintaro yaa.

Oke selanjutnya aku pun bergegas naik ke lantai 2 RS Premier Bintaro dan menuju ke ruangan kedua yakni ruang Spine Center –Tulip Clinics. Disini tersedia beberapa layanan seperti: Ortopedi anak, gangguan tidur, terapi bicara, rehabilitasi medik, dan Ortopedi tulang belakang.

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
Ramsay Spine Center

Saat itu aku pun melihat secara langsung pada ruangan tersebut banyak sekali alat-alat untuk pasien dengan masalah tulang belakang. Ruangan ini pun sangat bersih dan higienis, serta untuk penggunaan layanan nya pun dibatasi mulai dari waktu hingga jumlah pasien. Hal ini demi kenyamanan seluruh pasien yaa gaes. Oh iya tak perlu bingung menggunakan alatnya yaa, karena akan ada dokter / staff yang memang ahli pada bidangnya untuk membantu pasien.

Setelah itu aku menuju rungan selanjutnya yaitu ruang Stroke Center, nah untuk ruangan ini aku tidak memiliki gambar isi dalamnya yaa, karena memang terbatas untuk akses masuknya pun menggunakan kartu. Yang jelas layanan stroke center yang ada di RS Premier Bintaro telah terpercaya sejak januari 2022 saat peresmiannya.

Mengingat penyakit stroke sendiri ialah salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, maka RS Premier Bintaro menghadirkan layanan Stroke Center untuk menanggapi hal tersebut. Tentunya layanan Stroke Center ini pun telah dilengkapi dengan tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya.

Ruangan terakhir yang aku liat di RS Premier Bintaro yaitu ruang Radiologi yang dilengkapi dengan ruang tunggu yang begitu nyaman di sebelahnya. Untuk ruang tunggu memang tidak begitu besar, namun masih cukup nyaman untuk duduk dan bisa sambil melihat televisi yang menjadi fasilitas pada ruang tunggu di RS Premier Bintaro.

Untuk ruang layanan radiologi ini menggunakan teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging) 3 Tesla, dan RS Premier Bintaro menjadi rumah sakit pertama yang memilikinya. Wahh keren banget kan. Teknologi ini menggunakan magnet guna pemindaian radiologi-nya untuk menghasilkan gambar struktur tubuh.

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
teknologi MRI 3 Tesla

Menariknya pasien yang sedang melakukan proses MRI dapat sembari menonton Netflix ataupun mendengarkan lagu yang akan dibantu oleh radiograper, sehingga menjadi lebih nyaman. Keren banget yaa layanan & fasilitas Radiologi RS Premier Bintaro, belum lagi ditambah dengan adanya teknologi air coils yang diperuntukkan bagi pasien dengan masalah tulang belakang, agar pasien dapat berbaring saat sedang proses MRI dilakukan.

Setelah selesai berkeliling melihat layanan & fasilitas RS Premier Bintaro, aku dan teman-teman blogger menuju ruang Krakatau untuk mengikuti sesi health talk bersama para dokter dan pakarnya dengan pembahasan terkait Skoliosis.

Healthy Talk “Mitos, Fakta dan Penanganan Idiopatik Skoliosis”

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
aku di acara blogger & vlogger gathering

Emangnya Skoliosis itu apa sih? Oke, singkatnya skoliosis ini adalah orang dengan masalah pada tulang belakang/punggung. Mungkin kalian pernah meliat seseorang yang punggungnya seperti berbelok miring ke samping menyerupai huruf S? nah itu adalah contoh orang dengan penyakit skoliosis.

Berkunjung ke RS Premier Bintaro, Sekaligus Belajar Tentang Skoliosis
dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT K-Spine,

Kebetulan saat itu dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT K-Spine, menjelaskan banyak akan hal ini. Menurut beliau telah banyak pemikiran yang salah beredar di masyarakat bahwa skoliosis itu disebabkan oleh memikul benda berat atau karna posisi duduk yang salah. Padahal sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab skoliosis itu sendiri.

Beberapa mitos mengenai skoliosis seperti:

  1. Skoliosis menyebabkan nyeri.
  2. Skoliosis dapat dicegah.
  3. Berenang dapat mengurangi sudut skoliosis.
  4. Skoliosis dapat disembuhkan dengan posisi duduk yang baik.
  5. Wanita dengan skoliosis tidak dapat hamil.

Lalu upaya pencegahannya bagaimana? Sama seperti penyebabnya, yang mana belum ditemukan cara mencegahnya. Namun jangan khawatir, meskipun demikian kita tetap bisa mengetahui skoliosis dengan cara menganalisa tubuh kita. Jangan malah dibiarin, bisa-bisa nanti malah tambah parah tulang belakang.

Sebenarnya penyebab skoliosis terbagi 3:

  1. Idiopatik: tidak diketahui penyebabnya dan sering ditemukan pada remaja wanita.
  2. Neuromuscular: gangguan fungsi saraf dan kelainan otot.
  3. Congenital: kelainan bawaan, atau terdapat bagian tulang belakang yang tidak sempurna.

Sedangkan untuk tanda dan gejala skoliosis diantaranya: bahu tidak simetris, terdapat punuk di punggung, sering merasa pegal pada punggung dan pinggang, serta ada juga yang tidak memiliki gejala.

Kalau kamu memiliki tanda/gejala yang serupa jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter yaa, lebih baik segera dilakukan perawatan agar tidak bertambah parah skoliosisnya.

Emang tujuannya pengobatan skoliosis buat apa? banyak banget tujuannya seperti: Menghentikan pertambahan kurva skoliosis, menjaga keseimbangan tulang belakang, mengurangi nyeri, dan melakukan koreksi skoliosis.

Seneng banget rasanya bisa berkesempatan berkunjung ke RS Premier Bintaro. Dari sini aku jadi dapet ilmu baru soal skoliosis dan sekaligus membuka mata lebih luas bahwa Rumah Sakit itu tidak selalu identik dengan hawa yang mencekam/menakutkan. RS Premier Bintaro memberikan kesan yang berbeda saat aku pertama kali menginjakkan kaki disana, fasilitas serta layanan RS Premier Bintaro memang luar biasa patut diacungi jempol.

Pokoknya sekali lagi aku mau mengucapkan terima kasih banyak kepada RS Premier Bintaro yang telah membuat acara sekeren ini sehingga aku dapat berjumpa kembali bersama rekan-rekan blogger setelah sekian lama tidak dipertemukan karena pandemi.

Info lebih lengkap terkait RS Premier Bintaro bisa kalian cek langsung di sosial medianya yaa.

Instagram: rspremierbintaro

Facebook: RS Premier Bintaro

Youtube: RS Premier Bintaro

Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment