Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi

Konten GaptekAnak merupakan aset bangsa kedepannya yang patut dijaga keberlangsungan hidupnya termasuk dalam hal gizinya. Bagi orang tua yang telah dikaruniai anak hendaknya ia memperhatikan betul, tumbuh kembang sang buah hatinya sampai ia beranjak dewasa. Terlebih bagi balita, yang mana sangat rentan terkena stunting.

Stunting sendiri merupakan gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh kondisi kekurangan asupan gizi dan nutrisi yang terjadi dalam waktu cukup lama. Seorang anak yang mengalami stunting akan terganggu tumbuh kembangnya, salah satunya anak akan menjadi lebih pendek jika dibandingkan dengan anak yang sepantaran dengannya. Tentu saja hal tersebut tidak ingin menimpa pada anak kalian bukan? makanya, teruntuk orang tua diharapkan lebih aware dan mengetahui apa aja sih ciri stunting pada anak?

Sebelumnya yang perlu digaris bawahi yakni meskipun ciri stunting pada balita dapat diketahui dengan anak tidak memiliki tinggi badan yang sesuai dengan usianya, lantas bukan berarti anak yang memiliki tubuh pendek selalu dikategorikan stunting yaa teman-teman. Stunting akan terlihat pada anak saat menginjak usia dua tahun, nah untuk mencegah terjadinya stunting pada anak, bisa dimulai sejak sang ibu mengandung caranya dengan mencukupi kebutuhan gizi kepada ibu hamil.

Upaya lain yang bisa dilakukan bagi orang tua ialah memperikan asupan gizi yang tepat kepada anak diantaranya seperti memberikan ASI, MPASI, mengobati penyakit yang membuat nafsu makan anak menurun, dan jaga lingkungan sekitar tetap bersih.

Pentingnya menjaga asupan gizi pada anak dan khususnya bagi orang tua selalu memantau apa yang sering anak jajan diluar, karena banyak sekali makanan yang dijual diluar sana jauh dari kata sehat yang bisa menimbulkan berbagai penyakit apabila dikonsumsi. Bahkan lebih parahnya lagi, pernah ada kasus keracunan karna jajan sembarangan. Amit-amit banget, semoga kita semua terhindar dari hal tersebut.

Mengingat kasus stunting yang masih tinggi di Indonesia cukup menjadi acuan bahwa masih kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan asupan gizi yang tepat pada anaknya. Bahkan kata pak Presiden sendiri mengatakan kasus stunting masih menjadi masalah besar yang harus segera diselesaikan di tanah air tercinta kita. Tak hanya berdampak pada kondisi fisik anak saja, lebih dari itu stunting ini bisa mempengaruhi kualitas SDM sebuah Negara.

Karna sejatinya bagaimana keadaan negeri kedepannya, itu ada di tangan mereka generasi penerus bangsa yakni anak-anak kita sekarang. Seperti yang dikatakan bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin esok hari. Jadi yuk sama-sama kita bentuk anak-anak berkualitas yang akan mengharumkan negeri di masa esok.

Ketuk Pintu Gizi Bersama Kampung Gizi Jakarta YBM PLN di Hari Gizi Nasional

Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi
Hari Gizi Nasional

Berbicara soal gizi, belum lama ini kita baru saja memperingat Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Tahun 2023 ini adalah tahun yang ke-63 dari Hari Gizi Nasional selama di Indonesia dan untuk tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Mencegah Stunting Dengan Mengonsumsi Protein Hewani”. Hari Gizi Nasional juga diperingati sebagai upaya membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan gizi seimbang guna meningkatkan kesehatan yang lebih baik khususnya bagi anak.

Melihat akan hal ini, YBM PLN atau Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara kembali menggelar program acara Ketuk Pintu Gizi dalam rangka Hari Gizi Nasional yang bertujuan untuk membagikan paket gizi untuk balita. YBM PLN mengajak para muzakki untuk ikut serta dalam upaya mencegah kasus stunting melalui kegiatan berbagi paket gizi untuk para balita dari keluarga yang kurang mampu.

Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi
Ketuk Pintu Gizi

Bertempat di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kramat Pela, Gandaria, Kebayoran Baru – Jakarta acara tersebut berlangsung. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti: Berbagi makanan bergizi dalam bentuk catering, demo masak makanan bergizi olahan protein hewani, edukasi pola makan secara door to door, dan visit ke rumah para penerima manfaat Kampung Gizi Jakarta. Pada acara tersebut pun juga turut dihadiri segenap jajaran penting dari YBM PLN, Pak Lurah, dll.

Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi
Achmad Syarief selaku Lurah Kramat Pela

Acara begitu disambut dengan antusias oleh segenap ibu kader, dan ibu dengan balita yang berasal dari 3 wilayah kelurahan diantaranya: kelurahan kramat pela, kelurahan cipete utara, dan kelurahan gandaria utara. Sebelum acara dimulai, semuanya diajak mengucapkan yel-yel terlebih dahulu yang dipandu kak tasya, lalu dilanjut bermain tebak-tebakan tanya jawab yang dibentuk dari berbagai tim. Rasanya senang sekali melihat banyak anak kecil tersenyum bahagia.

Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi
Salman AL-Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN

Kemudian barulah acara inti dimulai dengan sambutan pertama dari Bapak Achmad Syarief selaku Lurah Kramat Pela, selanjutnya sambutan dari Bapak Salman AL-Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN, dan Ibu Dokter Titi selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, yang kemudian di sesi terakhir ada wisuda balita sehat Kampung Gizi Jakarta yang berasal dari 3 kelurahan tersebut.

Program Ketuk Pintu Gizi ini telah dilakukan selama 90 hari dengan memberikan asupan paket makanan bergizi dari protein hewani untuk para balita kurang gizi, gizi buruk, dan stunted (terduga stunting). Selama kurang lebih 3 bulan sebanyak 50 balita dilakukan pemantauan bagaimana kondisi gizinya, dan alhamdulillahnya berkat program Ketuk Pintu Gizi ini banyak sudah balita yang mengalami peningkatan gizinya dan semakin membaik.

Cegah Stunting Pada Balita Dengan Asupan Bergizi
Paket Makan Gizi Kombinasi

YBM PLN juga memberikan edukasi pemberian pola makan yang dilakukan secara door to door, sehingga bisa melihat langsung bagaimana kondisi anak balita yang butuh asupan gizi. Ketuk Pintu Gizi menjadi program yang sangat bermanfaat dengan memberikan makanan bergizi dengan menunya yang bervariasi dan dibentuk sedemikian rupa agar menambah nafsu makan sang anak.

Begitulah keseruan program dan kegiatan yang dilakukan oleh YBM PLN bersama Kampung Gizi Jakarta, semoga dengan adanya program ini bisa menambah kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi dan asupan gizi sang buat hatinya agar tidak terkena stunting.

#menjejakmanfaat #ketukpintugizi

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment